Berapa lama anak kucing menyusu pada induknya?

Tidak ada batasan pasti berapa lama anak kucing menyusu pada induknya sampai masa penyapihan selesai. Menurut drh. Catherine (Veterinarian), perilaku anak kucing menyusu pada induknya terjadi selama 25-30 hari. Pada masa menyusui tersebut, anak kucing akan menyusu setiap 1-2 jam. Saat masa menyusui, kelenjar susu dari induk kucing akan menghasilkan air susu kucing yang sangat banyak. Setelah melewati masa tersebut, air susu kucing akan mengering. Mulai dari sinilah, anak kucing memasuki masa penyapihan. Pada masa penyapihan, induk kucing akan mengurangi frekuensi menyusui anaknya dan mulai menyapih anak kucing secara bertahap. Pada kasus abnormal, anak kucing masih menyusu pada induknya sampai anak kucing berusia 8 minggu (2 bulan). Untuk lebih jelasnya, yuk baca pembahasannya sampai selesai.

Berapa lama kelenjar susu induk kucing dapat menghasilkan air susu?

Anak kucing yang baru lahir masih memiliki tubuh yang lemah. Dia belum dapat mencari makan sendiri. Sumber nutrisi utama anak kucing adalah air susu dari induk kucing. Pada masa ini, anak kucing akan menyusu setiap 1-2 jam. Setiap menyusu, anak kucing bisa menghabiskan waktu 3-5 menit. Perilaku ini berlangsung sampai anak kucing berumur 30 hari. Pada kasus tertentu, anak kucing masih menyusu sampai umur 2 bulan. Ya, biarpun air susu dari induk kucing sudah habis.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar anatomi kelenjar susu kucing di bawah ini:

anatomi kelenjar susu kucing

Menjelang proses persalinan, puting susu kucing akan berwarna pink dan menjulang (pinky up). Dan area kelanjar susu akan menjadi lebih besar. Hal ini disebabkan oleh adanya aktivitas produksi susu kucing di dalam tubuh induk kucing. Apabila daya tampung susu kucing telah penuh, biasanya akan ada air susu yang menetes dari puting kucing. Menurut pengalaman saya, pada hari 1-3 lahiran, puting kucing mengeluarkan air susu secara alami. Jadi, anak kucing yang baru lahir akan menciumi baunya dan tinggal menjilatinya.

Berapa lama kelenjar susu kucing dapat menghasilkan air susu? Menurut praktisi hewan Patrick, dkk, 1990, induk kucing yang sehat dapat terus memproduksi susu selama 10 minggu pasca melahirkan. 10 kelenjar susu kucing akan memiliki volume persediaan masing-masing. Akan tetapi, apabila kucing memiliki lebih dari 4 anak, konsumsi susu harian anak kucing juga bertambah. Hal ini dapat memperpendek masa produksi susu oleh induk kucing. Karena kelenjar susu akan lebih cepat mengering.

Kenapa induk kucing mulai menyapih anak kucing?

Induk kucing yang mulai merasa tidak nyaman akibat kehabisan air susu mulai memiliki insting menyapih anak kucing. Pada awal lahiran, induk kucing dapat menyusui anak kucing setiap 1-2 jam. Akan tetapi, semakin hari semakin jarang induk kucing menyusui anaknya. Alasannya sederhana, karena saat kelenjar susu sudah mulai mengering, induk kucing akan merasa sakit saat anak kucing menyusu. Pada kasus ekstrim, puting susu tidak mengeluarkan air susu tapi darah.

Menurut pengalaman saya dalam merawat kucing hamil sampai melahirkan, induk kucing akan mulai membatasi anaknya menyusu saat usia anak kucing menginjak 25-30 hari. Pada masa inilah anak kucing sudah mulai disapih dari induknya. Dan pada usia 2 bulan, anak kucing sudah tidak menyusu lagi. Anak kucing sudah bisa makan makanan basah seperti induknya.

Ada 3 alasan kenapa induk kucing menyapih anaknya

Induk kucing tidak akan mengijinkan anak kucing menyusu terus menerus. Karena anak kucing akan menjadi manja, dan tidak mandiri. Di sisi lain, ada batas susu yang bisa diproduksi oleh induk kucing. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 4 alasan kenapa induk kucing menyapih anaknya:

1. Air susu kucing sudah mulai mengering

Dengan begitu, induk kucing merasa tidak nyaman saat anak kucing terus-terusan menyusu. Rasa sakit inilah yang menyebabkan induk kucing selalu menghindar jika anak kucing ingin menyusu.

2. Anak kucing sudah mulai memiliki gigi dan kuku yang tajam

Secara naluri, anak kucing akan memijat kelenjar susu induknya dengan jari-jemarinya. Dan mulai mengenyut puting susu dengan kuat. Perlakuan ini akan membuat air susu mengalir dengan lebih deras. Akan tetapi, saat gigi susu anak kucing dan kuku anak kucing sudah mulai tumbuh, praktik ini menyakiti induk kucing. Di mana, anak kucing yang tidak sabar akan menggigit puting susu induk kucing dan mencakar perutnya. Ini sangat menyiksa induk kucing lho.

3. Induk kucing ingin melatih anak kucing mencari makan

Setiap induk kucing akan mengajari anak-anaknya untuk mengenali makanannya. Induk kucing biasanya akan mulai membawakan makanan ke depan anak kucing setelah anak kucing berusia 1 bulan. Dan induk kucing akan memperlihatkan bagaimana cara memakan makanan tersebut. Praktik ini akan menjadikan anak kucing mandiri dan dapat memilih makanan yang tepat. Untuk mensukseskan pelatihan tersebut, anak kucing harus mulai tidak ketergantungan dengan air susu induknya. Jadi, anak kucing harus mulai disapih.

Bagaimana cara mengatasi anak kucing kehabisan jatah air susu dari induknya

Anak kucing memiliki perilaku aneh saat menyusu pada induknya. Di mana, kebanyakan anak kucing akan selalu menggunakan puting yang sama setiap kali menyusu pada induknya. Ini gimana ya? Udah bikin perjanjian atau ada konspirasi. Hehe.

Nah, kasus mulai terlihat pada anak kucing yang mendapatkan puting susu bagian bawah, yaitu dekat dengan kaki belakang induk kucing. Anak yang mendapatkan spot tersebut terlihat lebih kurung dari pada teman-temannya. Sepertinya, anak kucing ini tidak mendapatkan nutrisi yang cukup selama menyusu. Dan sepertinya anak kucing ini selalu kalah kuat saat minum susu. Mungkinkan jatah susu anak kucing ini dihabiskan oleh teman-temannya?

Bisa jadi, karena kelenjar susu bagian atas memiliki volume besar dan nutrisi yang melimpah. Apabila anak kucing yang menghisap kelenjar susu ini sangat kuat, jatah susu di area lain akan lebih cepat habis. Jadi, anak kucing yang dapat posisi tidak strategis akan kehabisan jatah air susu dari induknya.

Ada 2 cara mudah untuk mengatasi anak kucing kerdil karena kekurangan asupan nutrisi dari induknya

  • Pertama, kamu catat kapan jadwal kucing menyusui anaknya. Setelah itu, setiap masuk jadwal menyusui, kamu bawa induk kucing dan anak kucing kerdil di ruang kurus. Pegangi induk kucing agar tidak berontak. Dan posisikan agar anak kucing menyusu dengan nyaman. Biarkan sampai anak kucing sampai puas menyusu baru kamu kembalikan ke ruangan anak-anak kucing yang lain.
  • Kedua, kamu carikan susu yang diformulasikan khusus untuk anak kucing. Kamu dapat membelinya di petshop seharga 8.000-250.000. Produk yang saya rekomendasikan adalah Whiskas Milk for Cat, Beaphar Kitty Milk, & Royal Canin Baby Milk. Susu anak kucing tersebut sudah diformulasikan khusus untuk memenuhi nutrisi anak kucing hingga usia 2 bulan. Tambahan nutrisi akan membuat kucing kerdil tumbuh sehat seperti teman-temannya. Kamu dapat memberikan susu kucing secara langsung atau menggunakan botol susu kucing. Jika kamu jauh dari petshop, kamu dapat membuat botol susu kucing sendiri. Saya sudah mencontohkan cara membuat dot kucing sendiri di sini.

Kesimpulan

Setelah membaca uraian di atas, sekarang kamu jadi lebih paham tentang, “Berapa lama anak kucing menyusu pada induknya”. Ya, benar. Anak kucing yang baru lahir akan menyusu setiap 1-2 jam. Lama proses menyusu 2-5 menit. Dan waktu retensi ini akan semakin renggang saat anak kucing semakin besar. Pada akhirnya, saat anak kucing usia 35-30, induk kucing sudah mulai menyapih anak-anaknya. Hal ini disebabkan produksi air susu kucing sudah mulai mengering di kelenjar susu kucing. Batas maksimal induk kucing bisa memproduksi air susu sekitar 10 minggu pasca melahirkan. Sampai di sini paham ya? Hehe.

Akhir kata, jika ada informasi penting yang saya lewatkan terkait topik “berapa lama anak kucing menyusu?”, ingatkan saya melalui kolom komentar ya! Dengan begitu, saya bisa melakukan koreksi untuk memperbaiki artikel ini. Makasih.

Baca lebih lanjut: Cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mati »