Info biaya kebiri kucing jantan 2020 (terbaru)

Kebiri kucing jantan merupakan salah satu solusi untuk mengurangi laju populasi kucing yang terus bertambah. Saya pernah beberapa kali mengebiri kucing-kucing jantan. Baik itu yang memang saya pelihara sendiri maupun kucing stray di sekitar kompleks rumah. Pertanyaan yang kemudian muncul dari beberapa teman: berapa biaya kebiri kucing jantan? Mahalkah? Sejujurnya, biaya kebiri kucing jantan tidak bisa dibilang murah. Biayanya mencapai ratusan ribu rupiah per ekor. Namun, jangan khawatir! Ada program subsidi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Info lengkapnya akan saya bahas lebih detail di bawah ini. Yuk, disimak sampai selesai.

Sebelumnya, ini yang perlu kamu tahu mengenai kebiri kucing jantan

Kebiri kucing jantan merupakan tindakan operasi untuk mengangkat organ reproduksi. Tujuannya untuk mengendalikan populasi kucing. Ada juga yang menyebut proses ini sebagai sterilisasi. Kalau kamu sedang berniat mengebiri kucing jantanmu, maka langkah ini sudah tepat. Dibandingkan suntik KB, kebiri jauh lebih aman karena tidak berisiko menimbulkan infeksi. Kebiri juga hanya perlu dilakukan satu kali, tidak perlu diulang seperti suntik KB.

Dilansir dari Journal of the American Veterinary Medical Association, 2004, ada beberapa manfaat kebiri untuk kucing jantan, yaitu:

  1. mencegah masalah prostat;
  2. meningkatkan harapan hidup kucing;
  3. mengatasi sifat agresif karena kucing menjadi lebih tenang;
  4. kebiasaan menandai wilayah dengan urin (marking/spraying) akan berkurang;
  5. menghilangkan kebiasaan kabur si kucing jantan untuk mencari pasangan di musim kawin.

Untuk bisa dikebiri, kucing jantan harus sudah berumur di atas 6 bulan dengan berat lebih dari 2 kilogram. Kondisinya harus sehat (tidak sedang sakit, kutuan, cacingan, jamuran). Biasanya juga akan disarankan supaya kucing sudah mendapatkan obat cacing lengkap.

Terus membaca: Efek samping steril pada kucing: 5 fakta ini mengejutkan! »

Biaya kebiri kucing jantan

Seperti yang sudah saya bilang di awal, biaya kebiri kucing jantan bakal lumayan menguras isi dompet. Apalagi kalau kamu punya beberapa ekor kucing jantan yang perlu dikebiri dalam waktu bersamaan. Biasanya untuk kebiri kucing jantan (lokal dan ras), rentang harga normalnya (non subsidi) mulai dari Rp350.000,00 – Rp800.000,00 per ekor. Biaya ini bisa berbeda-beda di setiap klinik. Bahkan, di tiap kota juga bisa berbeda.

Loh, kenapa bisa begitu? Biaya kebiri kucing akan tergantung pada bahan yang digunakan. Mulai dari jenis obat bius, jenis alat, sampai jenis benang jahit. Belum lagi kalau ada tindakan pra dan pasca kebiri seperti pengecekan darah, penggunaan perban dan infus, atau rawat inap. Jadi, saran saya, kamu tetap perlu mengonfirmasi ulang soal biayanya.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel rincian biaya kebiri kucing jantan di bawah ini:

KeteranganBiaya
Jasa tindakan medis dokter hewan200.000-400.000
Obat bius50.000
Band aid50.000
Pain killer (obat pereda rasa sakit pasca kebiri)50.000
Ear tag10.000
Pemasangan collar kucing10.000
Pembersihan kuku dan telinga kucing15.000
Rawat inap pasca kebiri kucing jantan50.000 per hari
Antar-jemput kucing sebelum dan pasca kebiri15.000-50.000

Catatan: Biaya paling mahal dari kebiri kucing jantan adalah dari jasa medis dokter hewan. Semakin ahli dan semakin terkenal seorang dokter hewan maka biaya steril semakin mahal. Jadi, pengalaman dan profesionalisme dokter hewan itu mahal. Hehe. Untuk biaya lain-lainnya murah sih. Apalagi jika kamu bisa merawat kucing jantan sendiri pasca steril. Kamu bisa menghemat banyak biaya lain-lain.

Mahal juga, ya. Adakah yang lebih murah?

Kalau kamu merasa berat dengan harga normal, coba deh ikuti program kebiri gratis atau program kebiri bersubsidi. Program kebiri gratis biasanya diselenggarakan secara rutin oleh Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). Puskeswan merupakan unit pelayanan kesehatan untuk hewan yang dikelola oleh pemerintah setempat. Contohnya: puskeswan Ragunan. Jadi, pelayanan medis yang diberikan juga harganya menjadi lebih terjangkau, bahkan gratis!

Program kebiri gratis atau program kebiri bersubsidi juga ada yang diselenggarakan oleh komunitas maupun perorangan. Info tentang program tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di media sosial, seperti: Facebook dan Instagram. Coba ketikkan kata kunci #sterilgratis atau #sterilsubsidi. Untuk kebiri bersubsidi, biayanya jauh lebih murah dari biaya normal, yaitu sekitar Rp250.000,00 – Rp400.000,00 saja per ekor.

Kalau di klinik dokter hewan apakah tidak ada diskon khusus? Nah, kalau ditanya begitu saya tidak bisa memberikan jawaban pasti. Ini tergantung pada kebijakan klinik / dokter hewan yang bersangkutan. Sepanjang pengetahuan saya, ada beberapa dokter hewan yang memungkinkan opsi pembayaran dengan cicilan. Tentunya ada syarat dan ketentuan yang berlaku, ya.

Selain itu, ada juga nih klinik yang memberikan diskon khusus untuk kebiri saat perayaan tertentu. Misalnya seperti saat ulang tahun klinik. Diskonnya bisa mencapai 50% dari harga normal. Lumayan, kan? Yang penting, rajin-rajin saja mencari infonya di media sosial. Saran saya, bergabunglah di grup pecinta kucing atau grup pro steril hewan di area kamu supaya lebih cepat mendapat info terbaru.

Kamu bisa ke tempat ini untuk kebiri kucing jantan

Layanan kebiri kucing jantan tersedia di semua klinik dokter hewan, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), atau Rumah Sakit Khusus Hewan (RSKH). Kamu bisa mengunjungi yang terdekat dari lokasi rumahmu. Di tempat-tempat tersebut tindakan kebiri akan dilakukan oleh tenaga profesional yang sudah berpengalaman.

Nah, yang akan sedikit membingungkan adalah kalau kamu berencana ikut program kebiri subsidi yang diselenggarakan oleh komunitas atau perorangan. Terkadang, ada penyelenggara yang tidak mau membuka identitas dokter atau klinik yang bekerja sama dengan mereka. Jadi, kamu tidak bisa mengetahui di mana kucingmu akan dikebiri. Untuk pemilik kucing yang baru akan mulai mengebiri kucingnya, ini pasti akan menimbulkan keraguan. Terpercaya tidak, ya? Aman tidak, ya? dan masih banyak pertanyaan lainnya lagi.

Hal ini sebenarnya sudah biasa terjadi. Sebabnya, masih ada pro dan kontra terkait penyelenggaraan kebiri berbiaya murah. Itulah sebabnya beberapa penyelenggara memutuskan untuk merahasiakan identitas dokter hewan atau klinik yang bekerja sama dengan mereka.

Saya sendiri sudah sering mengebiri kucing jantan melalui program subsidi. Awalnya dulu saya juga khawatir dan ragu. Lalu, saya mencoba mencari tahu reputasi program subsidi dari penyelenggara tersebut. Caranya dengan bertanya ke beberapa teman di komunitas pecinta kucing. Baik itu bertanya langsung secara personal atau melalui media sosial.

Cara lainnya adalah kepo ke media sosial penyelenggara. Saya mengecek kejelasan prosedur programnya dan sudah berapa kali menyelenggarakan program serupa. Terkadang, saya terbantu juga dengan testimonial dari peserta sebelumnya. Supaya lebih yakin lagi, saya juga menanyakan kepada pihak penyelenggara apakah tindakan kebiri memang akan dilakukan oleh dokter hewan. Dengan cara tersebut, sampai saat ini kucing-kucing jantan saya berhasil dikebiri dengan aman dan sehat walaupun melalui program kebiri subsidi.

Perawatan pasca kebiri kucing jantan

Sebenarnya perawatan kucing jantan setelah dikebiri jauh lebih mudah dibandingkan dengan kucing betina. Berbeda dengan kucing betina yang memerlukan rawat inap, kucing jantan biasanya bisa langsung dibawa pulang setelah dikebiri. Kamu cukup menjaga dan mengawasi si kucing agar tidak melakukan gerakan yang berlebihan. Terutama saat efek biusnya belum benar-benar hilang untuk mencegah kemungkinan si kucing menjadi muntah. Jika tidak ada masalah yang serius, dalam 1-3 hari kucing jantanmu sudah bisa beraktivitas kembali seperti biasa. Sepanjang pengalaman saya dengan kondisi kucing jantan yang sehat, tidak ada biaya tambahan untuk perawatan pasca kebiri. Kecuali dalam kondisi tertentu yang memerlukan perawatan intensif, maka kamu perlu memastikan ulang besaran biaya tambahannya.

Kesimpulan

Untuk saat ini biaya kebiri kucing jantan tergolong murah. Kamu bisa memilih 3 jenis program kebiri kucing jantan, berikut ini:

  • Pertama, biaya kebiri kucing jantan secara mandiri. Harga normal sekitar Rp500.000,00 – Rp800.000,00 per ekor.
  • Kedua, biaya kebiri kucing jantan bersubsidi. Harga setelah subsidi sekitar Rp250.000,00 – Rp400.000,00.
  • Ketiga, biaya kebiri kucing jantan gratis adalah Rp0,00 (nol rupiah). Jadi, kamu tidak perlu membayar biaya medis dan jasa pelayanan dokter hewan. Biasanya pada event tertentu ada program kebiri gratis dari komunitas pecinta kucing atau program pemerintah.

Mungkin menurut kamu, harga normal kebiri kucing jantan Rp500.000,00 – Rp800.000,00 per ekor sangat mahal. Apalagi kalau kamu memiliki lebih dari satu ekor kucing jantan. Wah, bisa dibayangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan. Namun, kamu bisa memanfaatkan program kebiri gratis ataupun program kebiri subsidi untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Cek info terbarunya melalui komunitas atau pusat kesehatan hewan terdekat di kotamu, ya.

Baca lebih lanjut: 10 pelajaran berharga dari pengalaman steril kucing »