Biaya Operasi Kucing Persia Ambeien di Klinik Dokter Hewan

Penyakit ambeien pada kucing persia dapat menyebabkan pembuluh darah (vena) di sekitar rektum dan anus membengkak. Pada kondisi penyakit yang lebih kronis seolah usus besar kucing persia tersebut keluar. Permasalahan ini jika tidak segera diatasi dapat menimbulkan penderitaan untuk kucing persai dan bisa juga menyebabkan kematian.

Upaya pertama yang perlu kita tempuh adalah melalu pengobatan ambeien. Bisa dengan menambah makanan berserat, obat melalui anus (supositori) dan operasi pengangkatan ambeien/wasir. Operasi pengangkatan ambeien pada kucing persia bisa memakan biaya 750.000-1.500.000 rupiah. Tergantung reputasi klinik dokter hewan yang kalian gunakan untuk berobat dan seberapa parah komplikasi yang telah ditimbulkan.

Prosedur Operasi Pengangkatan Ambeien Pada Kucing Persia

Operasi pengangkatan ambeien dikenal dengan istilah hemoroidektomi. Secara garis besar ambeien yang telah menonjol keluar akan diangkat melalui tindakan operasi bedah. Dokter hewan akan membuat luka kecil di sekitar anus kucing persia yang terkena ambeien untuk memotong ambeien yang perlu diangkat.

Saat prosesi pengangkatan kucing persia dibius lokal agar dia tidak merasakan sakit. Kemudian jika di rasa sudah siap, dokter hewan dan asistennya akan melakukan operasi pengangkatan. Ketelitian dan kesabaran sangat menentukan hasil akhir operasi ini. Setelah ambeien diangkat, bekas luka sayatan kemudian di jahit untuk menghentikan pendarahan dan mempercepat proses penyembuhan.

Lama Proses Penyembuhan Kucing Persia Setelah Operasi Pengangkatan Ambeien

Kucing persia yang telah selesai melakukan operasi pengangkatan ambeien biasanya tidak perlu rawat inap. Tapi apabila Anda tidak tega dan tidak bisa merawat kucing persia yang baru saja selesai operasi, Anda boleh meminta untuk rawat inap.

Butuh berapa lama masa penyembuhan setelah operasi pengangkatan ambeien?

Pada kondisi kucing persia yang baik, masa penyembuhan bisa cepat yaitu 2 minggu. Namun, untuk bisa pulih dengan normal kucing persia membutuhkan waktu 4-6 minggu. Pada masa penyembuhan Anda harus benar-benar merawat kucing persia Anda dengan hati-hati.

Baca juga: cara merawat kucing hamil sampai melahirkan [PANDUAN LENGKAP].

Perawatan Kucing Persia Setelah Operasi Pengangkatan Ambeien

Minggu pertama setelah operasi ambeien kucing persia Anda pasti sangat tidak nyaman. Dia akan selalu gelisah dan tidak nyaman. Hal ini wajar karena dia sedang dalam masa penyembuhan. Anda perlu melakukan beberapa perawatan pada kucing persia Anda agar mereka lebih baik.

  1. Mintalah obat penghilang rasa sakit pada dokter hewan agar dapat menenangkan kucing persia Anda jika Anda tidak memilih rawat inap
  2. Anda harus rutin memberikan obat pencahar atau obat pelunak feses untuk kucing Anda agar feses/kotoran yang dibuang tidak keras. Anus kucing persia pada minggu pertama masih sakit jika harus mengeluarkan feses/kotoran keras. Catatan: Pemberian obat harus dengan resep dokter hewan.
  3. Berikan makanan kucing persia yang dapat membuat feses/kotoran yang lunak. Misal makanan basah yang mengandung banyak serat. Banyak minum air juga akan membuat feses lebih lunak.
  4. Jangan membuat kucing persia Anda bergerak terlalu banyak, dia butuh banyak istirahat untuk pemulihan.
  5. Lakukan pemeriksaan lanjutan dengan dokter hewan Anda untuk memeriksakan hasil pembedahan. Apakah sudah sembuh sempurna ataukah ada infeksi. Pemeriksaan lanjutan dapat Anda lakukan pada minggu ke 2 atau ke 3 setelah operasi ambeien.

Klinik Dokter Hewan yang Menerima Operasi Pengangkatan Ambeien

Saat ini semakin banyak penyayang kucing yang membuka petshop. Namun, Anda perlu tahu bahwa tidak semua petshop memiliki klinik dokter hewan yang mumpuni untuk melakukan operasi. Saya akan memberikan daftar klinik dokter hewan yang bagus, yang dapat Anda jadikan rujukan jika ingin melakukan operasi pengangkatan ambeien pada kucing persia.

1. Rumah Sakit Hewan (RSH) Prof Soeparwi

RSH Prof Soeparwi FKH UGM merupakan rumah sakit hewan yang didirikan oleh fakultas kedokteran hewan Universitas Gadjah Mada. Rumah sakit ini memiliki fasilitas yang lengkap dan tenaga medis yang terampil. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di rumah sakit hewan (RSH) Prof Soeparwi:

  1. Unit Hewan Kecil, untuk inspeksi hewan kecil, seperti anjing, kucing, termasuk hewan eksotik, unggas, dan lainnya;
  2. Unit Bedah dan Radiologi, melayani operasi bedah kecil dan besar;
  3. Unit Klinik Hewan Bergerak, untuk layanan hewan kecil yang membutuhkan bantuan layanan kesehatan, termasuk menjemput pasien;
  4. Unit Kebidanan;
  5. Unit Laboratorium;
  6. Unit Farmasi Klinis dan Pet Shop;
  7. Unit Epidemologi Klinis;
  8. Instalasi Perawatan Darurat (IRD);
  9. Instalasi Rawat Inap (IRI);
  10. Ruang perawatan untuk mandi yang sehat, dengan fasilitas lengkap, termasuk fasilitas air dingin dan hangat;
  11. Ruang Vaksinasi, yang terpisah dari area hewan yang sakit;
  12. Ada berbagai alat pendukung diagnostik modern seperti EKG, USG, X-Ray, dll.
  13. Ruang Seminar / Ruang Teater “Elisa Nugroho”;
  14. Ruang registrasi dan ruang tunggu nyaman dan nyaman, tempat parkir luas dan aman;
  15. Didukung oleh praktisi profesional dan paramedis.

Rumah sakit hewan (RSH) Prof. Soeparwi beralamatkan di Jalan Fauna, Jl. Karangmalang No.1, Karang Gayam, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Jadwal buka:

Monday8AM–8PM
Tuesday8AM–8PM
Wednesday8AM–8PM
Thursday8AM–8PM
Friday8AM–8PM
Saturday9AM–8PM
SundayClosed

2. Lab Klinik Hewan Jogja (Lab KHJ)

Lab Klinik Hewan Jogja (Lab KHJ) merupakan klinik/laboratorium hewan yang didirikan oleh keluarga Dr. Senawi pada tahun 2013. Saat ini Lab KHJ di pimpin oleh Prof. Dr. Drh. Ida Tjahajati, MS. Disana ada 11 dokter hewan berbakat, asisten dokter, dan staff medis yang siap merawat hewan kesayangan kita. berikut dokter hewan lab KHJ:

  1. Drh. Tri Ari Widiastuti
  2. Drh. Ety Erarindah
  3. Drh. Anggi Desterina P.
  4. Drh. Lilik Rifqiyanta
  5. Drh. Mitra Atika Candra
  6. Drh. Begum Fatima Ratu Aditya
  7. Drh. Sri Indah Astuti
  8. Drh. Adellyna Chrissandra
  9. Drh. Safitri
  10. Drh. Hardiyanti Dwi Pertiwi
  11. Drh. Avita Pradikasari

Fasilitas Lab Klinik Hewan Jogja (KHJ)

  1. Ruang Laboratorium
  2. Ruang Dokter Staff
  3. Ruang Periksa / Ruang UGD
  4. Ruang Rawat Inap
  5. Ruang Bedah
  6. Ruang Seminar
  7. Alat-alat medis untuk pemeriksaan
  8. Alat-alat medis untuk bedah
  9. USG
  10. EKG / Pasien Monitor
  11. Inkubator Pasien
  12. ICU Kit
  13. Oksigen Unit
  14. Nebulizer pasien

Lab Hewan jogja (LHJ) beralamatkan di Klaseman, Condongcatur, Jl. Pamularsih No.55, Ngabean Wetan, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Jadwal buka:

MondayOpen 24 hours
TuesdayOpen 24 hours
WednesdayOpen 24 hours
ThursdayOpen 24 hours
FridayOpen 24 hours
SaturdayOpen 24 hours
SundayOpen 24 hours

3. March Animal Clinic

March Animal Clinic merupakan klinik hewan yang sangat popular di Jakarta timur. Klinik hewan ini didirikan oleh drh. Wywy Goulda March pada tahun 2012. March animal clinic bergerak di bidang pelayanan jasa medis hewan berupa pengobatan dan perawatan umum. Fasilitas pelayanan berupa :

– Buka setiap hari senin – minggu
– Ruang periksa
– Konsultasi dengan dokter
– Bedah (surgery)
– Roentgen (x-ray) dan anastesi inhalasi
– Housecall / panggilan ke rumah klien
– Makanan diet khusus
– Antar-jemput pasien
– Ruang tunggu yang nyaman
– Ruang rawat inap
– Salon hewan dan pet shop 

berikut ini dokter hewan ahli dari march clinic yang siap merawat hewan kesayangan Anda:

  1. drh. Prista
  2. drh Wahyu
  3. drh Erfiandini
  4. drh Wywy
  5. drh. Wena
  6. drh Yeni

March Animal Clinic beralamatkan di Jalan Kelapa Dua Wetan Perumahan Cibubur Indah V Blok S 1 No 5 Ciracas, RT.6/RW.5, Klp. Dua Wetan, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13730.

Jam buka:

Monday8AM–9PM
Tuesday8AM–9PM
Wednesday8AM–9PM
Thursday8AM–9PM
Friday8AM–9PM
Saturday8AM–7PM
Sunday8AM–7PM

4. Practice Veterinarians Gunawan Rahardja

Practice Veterinarians Gunawan Rahardja merupakan klinik hewan yang sangat terkenal di daerah kelapa gading, Jakarta Utara. Practice Veterinarians Gunawan Rahardja didirikan pada tahun 1977 oleh drh. Gunawan Rahardja. Beliau mempunyai visi menjadi layanan kedokteran hewan yang sangat handal di Indonesia dengan praktik standar kelas dunia.

Klinik hewan ini memiliki ruang operasi dengan fasilitas sebagai berikut:

  • Hidrolic table
  • Halogen lamp
  • Surgery instrument
  • Patient monitoring
  • Infusion instrument
  • Air purifier and ionizer
  • Electrocardiography (ECG)
  • Ultrasonography (USG)
  • X-ray machine
  • Anesthetic machine

Klinik ini memiliki banyak dokter ahli dan staff ahli yang siap merawat hewan kesayangan kita. Secara rutin setiap tahunnya drh Gunawan melatih praktisi-praktisi kedokteran hewan yang handal.

Practice Veterinarians Gunawan Rahardja beralamatkan di Jl. Raya Klp. Hybrida No.Blok QG-10/21, RT.4/RW.11, Klp. Gading Bar., Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Jam buka:

Monday9AM–8PM
Tuesday9AM–8PM
Wednesday9AM–8PM
Thursday9AM–8PM
Friday9AM–8PM
Saturday9AM–8PM
Sunday9AM–5PM

5. Ragunan Animal Hospital

Ragunan Animal Hospital atau rumah sakit hewan jakarta merupakan rumah sakit hewan swasta pertama di indonesia yang didirikan oleh yayasan sapta nawami bhakti. Rumah sakit hewan ini diresmikan pada tahun 1993 oleh Ibu Tien Soeharto.

Rumah sakit ini memiliki banyak dokter, perawat dan staff yang telah handal mengurusi hewan. Ragunan animal hospital menerima perawatan dan pengobatan berbagai macam hewan, diantaranya: Anjing, Kucing, Kelinci, Hamster, Burung, Ayam, Iguana, Ular, Harimau, Kura-Kura, Penyu, Primata (Orangutan&Kera), Landak, Berang-Berang, Rusa Dan Lain-Lain.

Fasilitas yang dimiliki Ragunan Animal Hospital:

RUANG RAWAT INAP

  1. Ruang  Rawat  Inap  untuk Penyakit Menular  (Ruang  Isolasi)
  2. Ruang  Rawat Inap untuk  Penyakit  Tidak Menular
  3. Ruang  Rawat Inap untuk Pasien Hewan yang Baru Melahirkan dan bayi yang dilengkapi dengan Inkubator
  4. Ruang  Rawat  Inap  untuk  Hewan Berkutu
  5. Ruang  Rawat Inap Sementara (UGD)
  6. Ruang  Rawat Inap  untuk  Hewan  Anjing  Jenis Besar (VIP)
  7. Ruang Penitipan bagi hewan-hewan yang sehat/Pet Hotel, khusus  untuk  Hewan  Anjing  dan  Kucing
  8. Ruang Rawat Inap Bedah  (Ruang untuk pasien Hewan yang Baru Selesai di Bedah/di Operasi)
  9. Ruang Mayat/Kadaver 

Baca juga: panduan untuk membasmi kutu kucing beserta telurnya disini.

RUANG RAWAT JALAN

  1. Ruang Poli (Ruang Pemeriksaan).
  2. Ruang Pemeriksaan UGD.
  3. Ruang Infus.
  4. Ruang Pemeriksaan Laboratorium.
  5. Ruang Rontgen  dan USG.
  6. Ruang Akupuntur.
  7. Ruang Perawatan Kesehatan Hewan / Salon.

RUANG PEMERIKSAAN

  1. 1 Ruang Rontgen/USG
  2. 1 Kamar Gelap
  3. 1 Ruang Laboratorium

Ragunan Animal Hospital beralamatkan di Jl. RM. Harsono No.28, RT.9/RW.4, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550.

Jam buka:

MondayOpen 24 hours
TuesdayOpen 24 hours
WednesdayOpen 24 hours
ThursdayOpen 24 hours
FridayOpen 24 hours
SaturdayOpen 24 hours
SundayOpen 24 hours

Anda juga dapat mengunjungi PDHB drh Cucu K. Sajuthi Greengarden, Klinik Hewan Awal Care, dan drh. Cucu Kartini S. Joint Veterinary Practice apabila Anda berada di kawasan Jakarta. Keahlian, profesionalitas dan reputasi mereka sangat baik.

Baca juga: cara mudah memberi obat pada kucing tanpa takut di cakar.

Alternatif Pengobatan Ambeien Pada Kucing Persia Selain Operasi Pengangkatan Ambeien

Kucing persia yang belum terlalu parah menderita ambeien dapat disembuhkan dengan pemberian obat ambeien. Berikut ini beberapa alternatif pengobatan ambeien yang dapat Anda lakukan untuk kucing persia Anda:

  1. Krim Ambeien: Anda perlu berkonsultasi dengan dokter hewan apabila menggunakan produk krim untuk ambeien kucing persia. Sekarang ini banyak beredar secara online berbagai obat ambeien. Salam satunya krim ambeien. Krim ini berfungsi untuk meredakan inflamasi dan peradangan pada bagian anus yang terkena ambeien. Perberian krim secara berkala diklaim mampu menyembuhkan ambeien.
  2. Pet metronidazole. Obat ini diklaim mampu menyembuhkan diare dan ambeien pada kucing. Cara menggunakannya cukup dengan meneteskan obat kedalam mulut kucing 2-3 kali sehari. Obat ini dikemas dalam wadah botol plastik kecil ukuran 20ml.
  3. Kapsul supositori merupakan obat ambeien yang dikemas dalam bentuk kapsul. Cara pakainya dimasukkan kedalam anus penderita ambeien. Pada dosis yang tepat ambeien akan mereda dan sembuh dengan cepat.
  4. Obat pelunak feses merupakan obat yang mampu membuat feses kucing menjadi lunak sehingga kucing tidak merasakan sakit saat pup/buang kotoran.

Kesimpulan

Kucing persia juga dapat terserang penyakit ambeien. Penyakit Ambeien ini ada yang menimbulkan bengkal didalam anus dan ada yang menimbulkan bengkak di luar anus. Kucing persia yang menderita ambeien luar yang parah, seolah ususnya keluar dari dubur kucing. Anda dapat melakukan pengobatan alternatif dan perawatan medis. Perawatan medis pada kucing persia yang sudah mengalami ambeien parah adalah hemoroidektomi atau operasi pengangkatan ambeien. Proses penyembuhannya memakan waktu 2-6 minggu.