Home » Info Kucing » Cara Melatih Kucing Berenang

Cara Melatih Kucing Berenang

Cara-Melatih-Kucing-Berenang-besar

Anda mungkin bertanya-tanya, “Mengapa seseorang perlu belajar cara melatih kucing berenang? Bagi saya ini masalah keamanan, Bagi sebagian pemilik kucing yang memiliki kolam renang di area rumahnya, memiliki kucing yang dapat berenang akan membuat hati mereka tidak was-was saat berpergian.

Kucing yang hidup di dalam ruangan, kadang memiliki keinginan besar untuk menjelajah ke luar rumah anda. Apabila di dekat ruang bersantai Anda langsung menuju kolam renang, mungkin kucing Anda akan memanfaatkan kesempatan untuk keluar dari sana saat pintu tersebut terbuka.

Sering kali kucing berlari kencang untuk memanfaattkan momen saat pintu terbuka, dan apa akhirnya? Mereka langsung masuk kedalam kolam renang yang tepat berada di depan pintu.

Banyak hewan peliharaan akan “berenang panik” jika mereka jatuh ke dalam kolam renang. Di sinilah mereka mengepakkan kaki, pada dasarnya naluri mereka mencoba membimbingnya untuk berjalan di atas air daripada berenang melewatinya.

Namun, usaha mereka sia-sia. Mereka akan basah kuyup dan tenggelam.

Kalau Anda sedang dirumah sih tidak masalah. Namun, bagaimana jika kucing Anda tenggelam di kolam renang saat Anda tidak ada di rumah?

Banyak kasus, kucing akan tenggelam dan mati.

Kucing yang sudah terbiasa mandi, pasti akan lebih mudah beradaptasi dengan air di kolam renang. Jadi, mari kita mulai program latihan berenang untuk kucing.

Informasi tambahan:.

1. Kolam memiliki pemanas matahari dan sekitar 90 derajat F.

2. Tingkat klorin di kolam dipertahankan hingga di atas air minum.

3. Sebaiknya kucing dibiasakan berada di kolam renang selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Hal ini dilakukan agar dia tidak benar-benar takut lagi.

Prosedur pelatihan renang untuk kucing:

Langkah 1: Bawa Kucing Secara Aman ke dalam Air

Langkah-1-Bawa-Kucing-Secara-Aman-ke-dalam-Air

Ini bisa menjadi bagian tersulit dari semuanya. Sebagian besar kucing akan menolak dan mencakar Anda, kemudian dia akan melompat terbang meninggalkan Anda, jika mereka melihat Anda membawanya ke kolam. Jadi triknya di sini adalah tidak membiarkan mereka melihat air saat Anda masuk.

Pegang kucing dengan nyaman di lengan Anda dan lakukan apa pun yang Anda bisa untuk menjaga kucing tetap tenang. Berjalan mundur ke air sehingga kucing tidak bisa melihat Anda memasuki kolam.

Langkah 2: Buatlah kucing Anda nyaman dan tenangkan saat berada di air

Langkah-2-Buatlah-kucing-Anda-nyaman-dan-tenangkan-saat-berada-di-air

Bagian ini sangat tergantung pada kucing. Apakah mereka trauma terhadap air kolam renang ataukah mereka tertarik dengan air kolam renang? Perbedaan tersebut akan mempengaruhi proses pelatihan.

Setelah Anda berada di dalam air, pegang kucing erat-erat dan eratkan ke tubuh Anda. Pegang kaki belakang dengan kuat di satu tangan. Ini akan mengurangi kemungkinan mereka bisa berbalik dan mencakar Anda jika mereka mencoba keluar dari air.

Belailah kucing Anda untuk memberinya isyarat agar tenang. Tetaplah dalam posisi diam sampai kucing Anda tenang di lengan Anda. Usahakan sampai kucing Anda tampak nyaman, merasa aman dan tidak terganggu oleh air kolam renang.

Langkah 3: Apa yang Harus Dilakukan Jika Kucing Berusaha Melarikan Diri

Langkah-3-Apa-yang-Harus-Dilakukan-Jika-Kucing-Berusaha-Melarikan-Diri

Pada saat Anda berpikir kucing Anda cukup tenang dan santai, Anda harus melonggarkan pegangan untuk memulai melatihnya berenang. Ini adalah risiko yang perlu tahu bahwa kucing akan mencoba memanjat lengan Anda untuk menjauh diri dari air.

Jangan tergoda untuk menarik kucing dari tubuh Anda atau Anda akan mengalami goresan yang tidak menyenangkan. Cara termudah untuk mengatasi ini adalah dengan hanya berlutut sehingga tubuh Anda berada di bawah air sambil memegang kucing keluar dari air. Kucing itu akan melepaskannya. Segera kembali dan dorong kucing dalam posisi nyaman yang Anda gunakan pada langkah sebelumnya.

Langkah 4: biarkan kucing membiasakan diri dengan air

Langkah-4-biarkan-kucing-membiasakan-diri-dengan-air

Jadi sekarang Anda harus memasukkan kucing ke dalam air. Perlahan-lahan turunkan kucing ke dalam air, tetapi pegang erat-erat tubuhnya dan pastikan untuk tidak membiarkan kucing masuk ke dalam air sepenuhnya. Perhatikan perilaku dan mimik wajah kucing, lakukan dengan lembut dan berhenti saat kucing merasa sangat ketakutan.

Langkah 5: mulai melatih kucing berenang

Langkah-5-mulai-melatih-kucing-berenang

Cara melatih kucing berenang sangat sederhana. Setelah kucing terlihat santai di dalam air, kendurkan cengkeraman Anda (JANGAN BIARKAN DIA PERGI) dan biarkan naluri beradaptasi kucing keluar secara alamiah. Sekarang, masalah yang Anda miliki adalah kucing Anda terlalu mempercayai Anda dan telah memutuskan dia untuk memegang erat Anda selamanya. Anda dapat mencoba menggenggam bagian dada kucing untuk menyangganya tetap di atas air, lalu biarkan dia mengayuh kaki dengan rileks.

Pada awalnya, kucing akan canggung saat menggerakkan kakinya di dalam air. Namun, tetaplah temani kucing Anda beradaptasi dengan air kolam renang. Pegangan Anda pada tubuh kucing Anda harus longgar. Posisikan badan Anda tetap berdiri dengan nyaman sambil memegangi kucing.

Langkah 6: Mengajari kucing cara berbelok saat berenang

Langkah-6-Mengajari-kucing-cara-berbelok-saat-berenang

Setelah kucing menggerakkan kakinya dengan cukup baik, mulailah membimbing kucing untuk berbelok dan berbalik. Naluri dan pengalaman kucing harus membantu kucing mengetahui cara menggunakan cakarnya untuk bernavigasi. Perhatikan turbulensi di air di depan kucing. Dorongan dan gerakan mengayuh dengan pola memutar akan membuatnya berbelok dengan mudah.

Langkah 7: biarkan kucing berenang, tapi jangan biarkan dia pergi

Langkah-7-biarkan-kucing-berenang-tapi-jangan-biarkan-dia-pergi

Sekarang saat kucing Anda sudah terbiasa, dia mungkin sudah dapat berenang dengan baik. Saya akan menghentikannya keluar dari kolam jika dia berenang kearah tepi. Hal ini dilakukan untuk membangun keterampilan berenangnya.

Semakin lama dia dilatih, semakin santai dan tenang saat dia berenang, bahkan kucing akan terlihat sangat menikmati air.

Anda harus membiarkan kucing berenang lebih lama setiap Anda melatihnya. Jadi mengapa melakukan ini? Untuk membuatnya berenang lebih kuat. secara alami kucing ingin pergi meninggalkan kolam. Arahkan dia ke tepi kolam, tapi pegang dengan ringan agar dia bisa berenang, tetapi jangan izinkan dia pergi.

Langkah 8: biarkan kucing pergi

Langkah-8-biarkan-kucing-pergi

Saat Anda yakin kucing Anda sudah bisa berenang dengan aman, inilah saatnya untuk melepaskannya. Beri kucing itu kasih sayang, arahkan dia ke tepi kolam dan biarkan dia pergi.

Saya ingin menekankan bahwa tidak semua kucing dapat dibawa ke kolam tanpa pendekatan terlebih dahulu. Kucing yang senang berpetualang dan lincah biasanya lebih mudah untuk di beri pelatihan renang.

Yupss, itu adalah serangkaian cara melatih kucing berenang. Anda dapat mencobanya sendiri di kolam renang Anda. Sangat menarik bukan? Berikut ini beberapa pengetahuan tambahan untuk melengkapi pemahaman Anda.

Bisakah Kucing Berenang Secara Alami?

Kitten tidak dapat berenang secara alami. Namun, kucing dewasa yang hidup liar di hutan dapat berenang secara alami. Sebenarnya, saat kucing dewasa, mereka sudah dilengkapi insting bertahan hidup yang kuat. Insting ini akan membimbing kucing dengan presisi bagaimana cara dia bertahan hidup (berenang) apabila jatuh ke danau/sungai/telaga.

Namun, kucing yang hidup serba nyaman di dalam ruangan (indoor) kehilangan insting dan kemampuan berenang mereka. Oleh karena itu, Anda perlu membantunya untuk dapat berlatih berenang. Panduan tentang cara melatih kucing berenang sebenarnya hanya stimulus untuk mengembalikan kembali kemampuan kucing berenang.

Bisakah Kucing Dilatih Untuk Menyukai Air?

Mayoritas kucing sangat membenci air. Hal ini dikarenakan sejak mereka lahir di alam liar, tidak ada yang mengenalkan mereka tentang air, mandi dan grooming. Jadi, saat kucing merasakan sensasi air membasuh tubuhnya dia akan kaget dan lari karena tidak terbiasa.

Anda dapat melatih kucing Anda untuk menyukai air, jika Anda dengan sabar mengenalkan kucing Anda tentang air sejak dia masih kecil (umur 2 bulan). Anda perlu melatihnya dengan sabar dan tekun.

Pertama, kenalkan terlebih dahulu bulu-bulu anak kucing dengan air hangat (suhu sekitar 37-38 derajat celcius/hangat-hangat kuku). Biarkan kucing merasakan sensasi basah kuyup oleh air hangat. Anda dapat memulainya dengan mengelap bulunya dengan handuk basah.

Kedua, kenalkan jari jemari kucing dengan air. Masukkan kucing kedalam baskom atau ember besar yang berisi air hangat setinggi 5-7 cm. Biarkan kaki kucing terendam. Pegangin kucing Anda dan belai-belai kepalanya agar kucing tenang dan merasa aman. Jika kucing sudah merasa nyaman, tekan bagian bokong kucing kebawah agar dia mau duduk dan beberapa bagian tubuhnya terendam air.

Ketiga, mandikan secara rutin setiap 2 minggu sekali. Semakin kucing sering mandi, semakin dia akan terbiasa dengan air. Berikan sensasi mandi yang menyenangkan untuk kucing Anda. Jangan biarkan dia stress dan trauma terhadap prosesi mandi.

Keempat, jika kucing sudah tidak takut dengan air, Anda dapat mulai membiasakan kucing di kolam renang. Mungkin butuh waktu beberapa minggu sampai kucing menyukainya. Namun, hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan. Setelah itu, silakan latih kucing Anda untuk berenang.

3 Spesies Kucing Besar Yang Memiliki Kemampuan Renang Terbaik

Jika Anda bertanya kucing spesies kucing besar yang jago renang saya pasti akan dengan lantang menyebutkan nama cheetah. Cheetah ada sebangsa kucing yang memiliki tubuh besar dan hidup liar di alam bebas.

#1. Cheetah

Dia adalah perenang yang handal, pemburu yang ulung dan pelari yang sangat cepat. Cheetah yang hidup di hutan belantara akan dilatih oleh alam dalam menghadapi berbagai medan, seperti tebing, gunung, sungai, danau, pepohonan dan semak belukar.

Otot-otot sangat kuat dan terlatih. Sehingga saat cheetah berada di sungai/telaga/danau instingnya akan membimbingnya belajar terapung, mengayunkan kaki-kakinya yang terlatih dan menahan kepalanya agar dapat bernafas dengan tenang.

Kapasitas paru-paru yang besar juga menjadi kelebihan cheetah menjadi nominasi pertama kucing besar yang memiliki kemampuan renang yang unggul.

#2. Singa

Urutan kedua saya memilih singa. Singa masuk dalam kelompok kucing besar yang memiliki badan kekar dan auman yang sangat dahsyat. Kemampuan singa memimpin kelompok dan menjadi jagoan disetiap pertarungan menjadikannya kucing yang paling disegani di hutan, banyak yang menjulukinya si raja hutan.

Singa yang lahir di hutan belantara dan hidup liar sejak kecil memiliki kemampuan berenang yang sangat hebat. Biasanya singa dapat menyeberangi sungai untuk migrasi setiap pergantian musim. Anak-anak singa telah dilatih oleh induknya berenang sejak mereka kecil.

Kemampuan renang mereka dapat digunakan untuk bertahan hidup, mencari makan dan migrasi saat terjadi bencana alam. Jika dibandingkan dengan cheetah, singa lebih kurang gesit saat berenang. Namun, dia masih termasuk perenang yang handal.

#3. Harimau

Kucing besar yang satu ini tidak takut air. Harimau merupakan salah satu keluarga kucing yang beringas dan susah diatur. Harimau yang lahir di hutan sejak kecil akan sering berburu. Induk harimau akan melatih anaknya untuk menjadi hewan pemangsa yang agresif.

Harimau tidak pandang panas, angin ataupun hujan. Jika mereka sudah menargetkan mangsa, harus bisa di mangsa. Harimau memiliki kemampuan berenang yang handal. Otot-oto kaki yang terlatih dan tubuh yang kekar menjadikan harimau memiliki kemampuan mendayung yang kuat.

Harimau mampu menyebrangi sungai dengan cepat. Kapasitas paru-paru yang besar, mempermudah harimau dalam melakukan berbagai manuver saat berenang. Kemampuan berenang harimau sangat sering digunakan dalam menyebrangi sungai/danau/rawa saat harimau berburu, migrasi saat pergantian musim dan saat terjadi bencana alam.

Tinggalkan komentar