Home » Cara Merawat Kucing » Cara Memotong Kuku Kucing

Cara Memotong Kuku Kucing Agar Tidak Berontak

Cara memotong kuku kucing yang salah dapat menyebabkan kucing trauma. Trauma ini disebabkan karena pemilik kucing memotong kuku kucing kependekan. Jadi, kuku kucing berdarah dan dia kesakitan.

Kamu harus tahu, kucing itu hewan yang sangat sensitif. Apa bila dia sudah trauma akibat potong kuku, dia akan menjadi agresif, galak dan tidak mau dipegang. Nah loh, jadi, kamu harus hati-hati saat ingin memotong kuku kucing.

Bagaimana cara memotong kuku kucing agar kucing tidak kesakitan?

  • Pertama, kamu harus paham anatomy kuku kucing.
  • Kedua, kamu harus menggunakan pemotong kuku yang tepat.
  • Ketiga, sebelum dan sesudah memotong kuku kucing, kamu harus memberinya makanan enak. Untuk apa? Untuk membuat kucing senang dan tidak takut grooming kuku.

Singkat banget? Saya butuh panduan yang detail agar bisa langsung saya praktikkan.

Oh, iya-iya. Sabar dong!

Dengar baik-baik, 5 menit kedepan saya akan menjelaskan teknik rahasia memotong kuku kucing. Pastikan kamu fokus dan memperhatikan.

Cara Memotong Kuku Kucing dengan Benar

Memotong kuku merupakan bagian penting dalam merawat kucing. Kucing membutuhkan kuku yang sehat untuk memanjat dan mencakar. Kamu perlu memotong kuku kucing secara teratur sebelum dia panjang. Idealnya sih setiap 2 hingga 4 minggu sekali. Okay, langsung ke tutorialnya saja ya. Let’s dive in!

  1. Buat kucing kamu nyaman dan aman saat bantalan kakinya dipegang.

    Cara-memotong-kuku-kucing-01
    Untuk mengeluarkan kuku kucing dari tempat persembunyiaannya, kamu perlu menekan telapak kaki kucing. Akan tetapi, tidak semua kucing senang disentuh telapak kakinya. Mulai dari sekarang, kamu perlu membiasakan kucing kamu nyaman saat disentuh telapak kakinya.

    Bagaimana caranya?

    Simple kok, pangku atau gendong aja kucing kamu. Selanjutnya, kamu usap-usap deh kaki mereka sambil kamu ajak bicara. Biarkan mereka merasa nyaman agar rasa terancam dan takut hilang.

    Jika kucing sudah merasa senang, pijat-pijat lembut telapak kakinya. Pastikan sampai keluar secara penuh satu-per satu kuku kakinya. Setelah itu, kasih kucing kamu snack kucing sebagai hadiah. Misal: Meo Creamy atau Eureka Holistic. Lakukan latihan ini 1-2 minggu.

  2. Siapkan pemotong kuku kucing yang tajam dan sesuai dengan ukuran kuku kucing kamu.

    Cara memotong kuku kucing 03Kamu dapat menggunakan pemotong kuku khusus kucing (scissor nail clipper). Beli aja di petshop. Murah kok, cuma Rp 20.000. Akan tetapi, jika didaerah kamu tidak ada petshop, kamu dapat memakai pemotong kuku orang dewasa.

  3. Tekan bantalan kaki yang menompang kuku kucing. Dan potong bagian kuku mati di bawah area pink.

    Cara memotong kuku kucing 02Area pink ini disebut Quick. Quick adalah tempat paling sensitif pada kuku kucing. Di dalam Quick terdapat saraf dan pembuluh darah. Pastikan kamu tidak kependekan dalam memotong kuku kucing. Jika kamu memotong sampai area pink (Quick) maka darah akan keluar. Dan kucing akan kesakitan.

  4. Potonglah kuku kucing dari arah samping, bukan dari arah atas.

    Cara memotong kuku kucing 04
    Kamu dapat mulai memotong kuku kucing saat kucing terlihat rileks. Ingat, kamu hanya perlu memotong bagian kuku yang berwarna putih.

    PERHATIAN:
    1. Jangan terlalu dekat dengan area pink (quick).
    2. Jangan sampai terkena bagian pink (quick).
    3. Potonglah kuku kucing dari samping.

    Berdasarkan pengalaman saya, memotong kuku kucing dari arah samping lebih aman. Dan cara ini mampu mencegah kuku patah. Kelebihan lainnya adalah kamu dapat melihat area pink (Quick) dengan lebih jelas. Jadi, kamu bisa meminimalisir kesalahan dalam memotong kuku kucing.

  5. Potong semua kuku kucing yang telah panjang secara hati-hati.

    Cara memotong kuku kucing 05Kamu perlu memotong satu per satu kuku kucing yang telah panjang. Pijat saja setiap bantalan jemari kucing. Nanti kuku kucing akan keluar dengan sendirinya. Tolong pastikan kucing dalam keadaan rileks. Jika terlihat tanda-tanda cemas dan ketakutan, beristirahatlah terlebih dahulu.

  6. Jika kamu tidak sengaja memotong area pink (quick), segera beri obat. Styptic powder sangat mujarab untuk kasus seperti ini.


    Cara memotong kuku kucing 06
    Kuku kucing berdarah saat dipotong sering terjadi saat pemilik kucing memotong area quick. Kamu tidak perlu panik. Kamu hanya perlu menghentikan pendarahannya.

    Kamu dapat memakai obat penahan darah (stypic powder) / menutup area quick secara langsung. Tips jitu: jika kamu sulit melihat area quick, potong bagian kuku yang tipis dan melengkung.

  7. Untuk kucing yang baru pertama kali perawatan kuku, jangan memotong semua kuku sekaligus. Berikan jeda 1-2 hari per kaki. Setelah itu, coba potong kukunya lagi.


    Cara memotong kuku kucing 07 Kamu tidak perlu terburu-buru memotong semua kuku kucing. Biarkan dia terbiasa terlebih dahulu. Tujuan jangka panjangnya adalah kucing senang saat menjalanan perawatan kuku (grooming).

    Jika kucing telah menyukai perawatan kuku, kamu dapat memotong beberapa set kuku sekaligus. Pastikan semua kegiatan perawatan kuku sangat menyenangkan untuk kucing.

  8. Terakhir, beri kucing kamu reward berupa snack kucing yang enak.


    Tujuan dari pemberian reward ini adalah untuk menguatkan kebiasaan baik kucing. Jadi, kucing akan mudah dipotong kukunya setiap 2 atau 4 minggu sekali. Jika kamu masih bingung, kamu bisa meminta penjaga petshop atau dokter hewan mencontohnya.

Harga Gunting Kuku Kucing

Untuk memudahkan kamu merawat kuku kucing, kamu perlu membeli gunting kuku kucing. Berikut ini beberapa gunting kuku kucing yang bagus untuk kamu beli.

Nama ProdukKelebihanHarga
Gunting Kuku Kucing MurahHarga murah. Selengkapnya cek di sini.Rp 20.000
M-Pets Nail Clipper Ukuran kecil, mudah disimpan dan dibawa. Mata gunting tajam dan awet. Selengkapnya cek di sini. Rp 37.000
Nail Clipper + NailFile Gunting kuku kucing kokoh dan dilengkapi kikir kuku. Selengkapnya cek di sini.Rp 35.000
Gunting Kuku + Kikir Kucing Terdapat satu paket gunting kuku dan kikir kuku kucing. Selengkapnya cek di sini (rekomended).Rp 35.000
PetpedicureAmplas kuku kucing modern. Petpedicure menggunakan mesin berukuran kecil. Tidak berisik. Selengkapnya cek di sini.Rp 59.000

Apakah Kuku Kucing Bisa Tumbuh Lagi

Jawaban singkatnya ya, kuku kucing bisa tumbuh lagi saat patah ataupun dipotong. Kuku kucing sama seperti kuku manusia, setelah kuku dipotong dia dapat tumbuh lagi. Kuku kucing tumbuh dengan sangat cepat. Jadi, setiap 2 minggu sekali, kamu harus mengecek kuku kucingmu.

Proses Pertumbuhan Kuku Kucing

Proses pertumbuhan kuku kucing dimulai dari matriks kuku. Matriks kuku adalah sebuah kantong kecil yang berada di area quick. Pada matriks kuku terdapat syarat, pembuluh darah dan penghasil keratin. Matriks kuku akan terus-menerus memproduksi sel baru.

Dia akan mendorong sel yang lebih tua keluar kearah ujung kuku. Lapisan kuku yang telah tua akan mengeras. Lapisan keras ini terbuat dari senyawa keratin. Kucing dapat mengasahnya agar menjadi lebih tajam, dan kuat. Jadi, kuku kucing sangat berguna saat berburu dan berkelahi.

Apakah Bisa Menggunakan Gunting Kuku Bayi untuk Memotong Kuku Kucing?

Bisa, asalkan muat dimasukkan kedalam celah pisau potongnya. Akan tetapi, kebanyakan gunting kuku bayi memiliki celah sempit. Jadi, dia tidak cocok untuk memotong kuku kucing.

Saran ya!

Kalau kamu belum punya scissor nail clipper, sebaiknya pakai pemotong kuku orang dewasa. Pisau potongnya lebih tajam dan konstruksinya lebih kokoh. Jadi, kuku kucing akan terpotong dalam sekali klik.

Apakah Kuku Kucing yang Patah harus Dipotong?

Menurut saya, iya. Kamu harus memotong dan merapikan kuku kucing yang patah. Kuku kucing yang patah akan membuat kucing tidak nyaman. Dari pada kuku kucing rusak akibat memaksakan diri untuk mencakar, sebaiknya kamu rawat. Kamu dapat merapikan kuku kucing yang parah dengan amplas. Rapikan saja.

Kesimpulan

Kucing memerlukan perawatan kuku setiap 2-4 minggu sekali. Kamu dapat memotong dan merapikan kuku kucing menggunakan scissor nail clipper ataupun pemotong kuku manusia. Cara memotong kuku kucing harus benar.

Kamu hanya boleh memotong kuku kucing pada ujung runcing yang berwarna putih. Hindari memotong kuku kucing pada area pink (quick). Karena jika terpotong akan menimbulkan sakit, luka dan berdarah. Pastikan kamu berhati-hati saat memotong kuku kucing.

Akhir kata, jika ada informasi penting yang terlewat, tolong ingatkan saya. Kamu dapat meninggalkan catatan pada kolom komentar. Jangan lupa share ke teman-teman kamu ya. Jika kamu tidak ingin ketinggalan update terbaru dari website ini, klik subscribe. Cari saja gambar lonceng di pojok kanan bawah, trus klik allow. Thanks.

Tinggalkan komentar