Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing

Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing

Apakah kucing Anda kencing sembarang biarpun sudah dilatih kencing dan pup di litter box? Ada tiga kemungkinan yang bisa menyebabkan hal itu, pertama Anda gagal melatih kucing Anda, kedua kucing Anda sedang spraying karena birahi, dan ketiga kucing Anda sedang terserang penyakit saluran kencing (infeksi kandung kemih, infeksi uretra, batu ginjal, dll).

Memang menyebalkan saat kucing kencing sembarangan. Baunya itu loh, tajam banget, Solusi untuk menghilangkan bau kencing kucing, yaitu pertama bersihkan area yang dikencingi kucing menggunakan kain lap atau handuk basah, Kedua berikan produk penghilang bau kencing khusus untuk hewan pada tempat yang di kencingi kucing untuk mendegradasi senyawa amoniak dan asam amino yang menimbulkan bau pesing.

Mudah bukan?

Iya, teorinya mudah. Namun kalau kucingnya kencing di kasur busa, spring bed, di lantai, di sepatu, di sofa, di jok mobil, di pakaian, di tas, di sudut ruangan atau di tembok. Trus bagaimana?

Baik, kita akan bahas satu persatu agar tidak pusing.

Mengapa kencing kucing berbau tajam?

Untuk bisa menghilangkan bau kencing kucing yang pesing, kita perlu tahu penyebab kencing kucing bisa sangat bau. Air kencing kucing menjadi sangat bau karena didalam kencing kucing terdapat senyawa:

  1. Air 95%
  2. Amoniak
  3. Urea
  4. Klorida
  5. Natrium
  6. Kalium
  7. Keratin
  8. Ion terlarut lainnya
  9. Senyawa anorganik
  10. Senyawa organik (protein, hormon, metabolit)

Komposisi senyawa yang terdapat pada air kencing kucing dapat berubah tergantung jenis makanan yang dia makan dan tergantung kesehatan ginjal kucing. Makanan kucing yang mengandung protein tinggi akan meningkatkan pembentukan senyawa urea dan amoniak pada urin kucing.

Apabila kandungan urea dan amoniak kucing tinggi, air kencing kucing yang keluar akan berbau menyengat (pesing). Kadang ada air kencing kucing yang baunya tidak pesing tapi amis dan anyir. Kalau Anda mencium bau tersebut segera periksakan kucing Anda ke dokter.Kemungkinan ada kerusakan pada saluran kencing kucing.

Kerusakan saluran kencing ini dapat disebabkan infeksi bakteri, batu ginjal ataupun gagal ginjal. Misal, jika selaput glomerulus dan capsul bowman’s pada ginjal kucing rusak, maka senyawa organik dan anorganik yang terdapat pada urin akan meningkat, sehingga bau kencing kucing menjadi amis dan anyir atau bahkan bau busuk.

Apabila air kencing kucing Anda sudah berbau menjijikkan, sebaiknya Anda membawanya ke dokter hewan sesegera mungkin. Dokter hewan biasanya melakukan analisis sample kencing untuk mengetahui penyakit saluran kencing pada kucing.

Senyawa organik dan anorganik yang melewati ambang batas normal akan menjadi parameter penentuan suatu penyakit saluran kencing. Pada kasus yang lebih parah, senyawa anorganik dapat memicu batu ginjal dan senyawa organik yang terlalu pekat dapat memicu timbulnya infeksi bakteri parasit yang menyebabkan infeksi saluran kencing kucing.

Bagaimana cara menghilangkan bau kencing kucing?

Setelah kita tahu senyawa yang menyebabkan bau pesing pada kencing kucing. Kita akan lebih mudah untuk mencari solusinya. Penyebab bau pesing adalah senyawa urea dan amoniak yang terlalu pekat. Solusi untuk menghilangkan urea dan amoniak adalah:

1..Menguapkan dan mengencerkan urea dan amoniak dengan air panas atau suhu panas.

2. Mengencerkan urea dan amoniak dengan air + asam

3. Menetralkan urea dan amoniak dengan senyawa basa dari sabun pembersih

4. Menghidrolisis urea dan amoniak dengan enzym penghilang bau menyengat

5. Menimpa bau urea dan amoniak dengan bau yang lebih pekat, misal bau kopi, parfum, kapur wangi.

Anda hanya perlu memilih kombinasi dari solusi diatas untuk menghilangkan bau pesing pada bekas kencing kucing yang sudah kering maupun yang masih basah.

Oh begitu, tapi apakah bahan-bahan penghilang bau pesing itu ada di sekitar kita? Soalnya sepertinya rumit dan susah mencarinya.

Baik, langsung saja kita studi kasus pada kehidupan nyata ya. Berikut ini beberapa keluhan para pemilik kucing tentang cara menghilangkan bau kencing kucing.

  1. Cara menghilangkan bau kencing kucing di jok mobil
  2. Cara menghilangkan bau kencing kucing di kasur busa
  3. Cara menghilangkan bau kencing kucing di lantai
  4. Cara menghilangkan bau kencing kucing di pakaian
  5. Cara menghilangkan bau kencing kucing di sepatu
  6. Cara menghilangkan bau kencing kucing di sofa
  7. Cara menghilangkan bau kencing kucing di spring bed
  8. Cara menghilangkan bau kencing kucing di sudut ruangan
  9. Cara menghilangkan bau kencing kucing di tas
  10. Cara menghilangkan bau kencing kucing di tembok

Saya akan membahasnya satu persatu secara detail agar mudah dipahami. Okay, lets go!

1. Cara menghilangkan bau kencing kucing di jok mobil

Untuk menghilangkan bau kencing kucing di jok mobil, Anda harus memperhatikan bahan dasar jok mobil Anda dan alat pembersih yang akan Anda pilih. Berikut ini bahan dasar jok mobil yang sering digunakan:

  1. Kulit Asli
  2. Semi kulit
  3. Nilon
  4. Vynil

Jok mobil dengan bahan kulit asli dan semi kulit tidak tahan terhadap senyawa asam dengan konsentrasi tinggi. Jadi jika Anda menggunakan asam cuka atau hydrogen peroksida Anda harus mengencerkannya.

Jok mobil dengan bahan nilon dan vynil lebih fleksible dan banyak pilihan. Namun zat pewarna pada bahan nilon dan vynil lebih rentan terhadap bahan kimia basa dan enzym penghilang bau pada konsentrasi tinggi. Bahan kimia pada konsentrasi tinggi dapat membuat warna cepat pudar. Anda harus bisa mengencerkan alat pembersih Anda dengan tepat.

Okay, kita langsung masuk prosedur pembersihan. Ada 2 kondisi kencing kucing yang sering terjadi di jok mobil:

  1. Kencing kucing yang masih basah
  2. Kencing kucing yang sudah kering.

Kencing kucing yang masih basah lebih mudah dibersihkan dari pada kencing kucing yang sudah kering dan berlarut-larut. Kencing kucing yang tidak langsung di bersihkan biasanya akan meninggalkan noda pada jok mobil Anda, jadi berhati-hatilah.

Prosedur membersihkan bau kencing kucing di jok mobil

1.. Bukalah semua pintu mobil

Anda harus membuka semua pintu mobil Anda agar udara dapat bersirkulasi dengan lancar. Bau pesing dari kencing kucing dapat berkurang saat Anda membiarkan udara bersih masuk.

Setelah itu segera cari lokasi mana saja yang terkena kencing kucing. Harap segera amankan segala barang berharga Anda yang ada didalam mobil agar tidak terkena rembesan kencing kucing.

Anda perlu menggunakan sarung tangan karet, selain untuk menghindarkan dari iritasi bahan kimia, kencing kucing juga dapat menjadi media penyebaran penyakit menular kucing ke manusia.

2. Persiapkan ramuan pembersih

Saya mengasumsikan Anda menangani bau kencing kucing yang masih segar/basah. Alat yang perlu Anda siapkan adalah air hangat, cuka apel (cuka yang lain juga boleh), sabun cuci piring, baskom air, dan sponge busa.

Fungsi setiap bahan yang dipakai:

  1. Air hangat berfungsi untuk mengencerkan amoniak dan urea penyebab bau menyengat
  2. Cuka apel berfungsi sebagai pengencer amoniak, urea dan pembunuh bakteri. Jika Anda tidak dapat menemukan cuka apel, Anda dapat menggunakan cuka yang lain. Atau juga dapat diganti dengan alkohol 70%
  3. Sabun cuci piring berfungsi sebagai bahan kimia penetral amoniak dan urea. Selain itu sabun cuci piring juga dilengkapi pewangi yang mampu menimba sisa bau yang ditinggalkan oleh kencing kucing.

Cara membuat ramuan pembersih:

  1. Siapkan baskom air dan isi dengan 2 gelas air hangat (470ml)
  2. Campurkan 15 ml cuka apel + 15 ml sabun cuci piring bersama dengan air hangat, jika Anda tidak punya alat untuk menakar 15ml = 1 sendok makan
  3. Aduk sampai bersampur secara sempurna

Mengapa harus dilarutkan dengan air hangat? Bukannya lebih praktis jika langsung diteteskan ke jok mobil saya?

Di awal sudah saya beri tahu, Anda harus mengetahui karakteristik bahan jok mobil Anda. Bahan kimia dengan konsentrasi tinggi akan merusak serat dan warna jok mobil Anda. Maka dari itu, saya buatkan panduan pengenceran agar bahan pembersih tetap efektif namun tidak merusak keindahan jok mobil Anda.

3.. Bersihkan noda kencing kucing

Sekarang gunakan sarung tangan karet Anda dan ambil sponge busa yang telah Anda siapkan. Masukkan sponge busa kedalam ramuan yang telah dibuat. Celupkan dan peras jangan sambai banyak cairan yang menetes. Setelah itu tempelkan pada noda kencing kucing.

Catatan: Jangan menyeka atau menyapu, hanya tempelkan dengan lembut pada bekas kencing kucing yang masih basah. Biarkan sponge busa menyerap kencing kucing sepenuhnya.

Tindakan mengusap, menyapu atau menekan hanya akan membuat kencing kucing terserap lebih dalam ke jok mobil Anda. Mulailah membersihkan kencing kucing dari luar, baru ketengah secara perlahan. Perlakuan ini untuk mencegah kencing kucing menyebar.

Peraslah sponge ke tempat pembuangan yang telah disiapkan. Kemudian celupkan lagi ke ramuan yang telah dibuat dan lakukan pembersihan lagi. Ulangi sampai semua kencing kucing bersih dari jok mobil Anda.

4.. Pengeringan

Tahap selanjutnya adalah pengeringan. Jika Anda sudah benar-benar merasa bersih, dan semua kencing kucing sudah di bersihkan secara menyeluruh, saatnya proses pengeringan.

Anda membutuhkan kain kering yang lembut. Kain kering digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang tertinggal dan menyerap sisa sisa ramuan pembersih yang masih membasahi jok mobil Anda.

Cara pakainya Anda hanya perlu mengusap-usap jok mobil Anda dan mengeringkan semua bagian yang terlihat lembab atau basah. Setelah itu biarkan jok mobil selama beberapa menit agar bau yang tersisa terbawa oleh angin. Usahakan semua pintu masih dalam kondisi terbuka. Jika dirasa sudah tidak bau dan jok mobil sudah kering, Anda dapat menutup pintu mobil Anda. Selesai, jok mobil Anda terbebas dari bau pesing kencing kucing.

Jika kencing kucing sudah kering dan meninggalkan bekas noda seperti peta dunia, solusinya bagaimana?

Pada kondisi tersebut, biasanya Anda salah perlakuan saat membersihkan. Harusnya kencing kucing diangkat dari jok mobil dengan sponge, tapi Anda malah menekannya sehingga terserap kedalam jok mobil.

Tapi tidak masalah, saya akan sharing solusinya kepada Anda.

Tahap persiapan:

Anda perlu mencari: hydrogen peroksida 3%, baking soda, sabun cuci piring.

Fungsi setiap bahan yang dipakai:

  1. Hidrogen peroksida 3% berfungsi sebagai senyawa asam kuat yang mampu mengangkat kotoran kering yang menempel pada jok mobil.
  2. Sabun cuci piring berfungsi sebagai bahan kimia penetral amoniak dan urea. Selain itu sabun cuci piring juga dilengkapi pewangi yang mampu menimba sisa bau yang ditinggalkan oleh kencing kucing.
  3. Baking soda berfungsi sebagai senyawa pengikat asam dan basa sehingga akan menstabilkan ramuan pembersih yang akan dibuat. Ramuan ini nanti akan sedikit keruh dan agak asam, usahakan Anda memakai sarung tangan karet.

Cara membuat ramuan pengangkat kotoran:

  1. Siapkan baskom air dan isi dengan 2 gelas air hangat (470ml)
  2. Campurkan 280 gram hydrogen peroksida + 41 gram baking soda (setara dengan tiga sendok makan) + 2 tetes sabun cuci piring.
  3. Aduk sampai bersampur secara sempurna

Kenapa ramuan pembersih dan ramuan pengangkat noda berbeda?

Iya, beda. Fungsi ramuan pengangkat kotoran adalah untuk menghilangkan noda yang ditimbulkan oleh kencing kucing yang sudah mengering. Anda perlu ramuan khusus untuk menghilangkannya.

Prosedur pembersihan noda:

1. Masukkan ramuan pengangkat noda kedalam botol semprot. Kita menggunakan cara semprot karena ingin menghasilkan lapisan cairan yang berbusa dan tidak terlalu tebal.

2. Buka semua pintu pada mobil Anda agar udara dapat bersirkulasi sempurna. Udara bebas akan mengurangi bau pesing yang menyengat dan mempercepat proses pengeringan setelah proses pembersihan selesai

3. Semprotkan ramuan pengangkat noda ke seluruh area yang terkena noda. Semprotkan dengan hati-hati, usahakan semua bagian noda yang akan diangkat terlapisi oleh ramuan yang telah dibuat.

4. Biarkan selama satu jam. Proses pendiaman itu untuk menunggu reaksi antara noda organik dari kencing kucing yang mongering dan ramuan pengangkat noda.

5. Setelah satu jam, bersihkan jok mobil Anda dengan kain lembab. Anda perlu berulang kali mencelupkan kain lembab tersebut ke air bersih untuk membantu membersihkan noda dan mengangkat sisa-sisa ramuan. 

Jika kain lembab masih kurang kuat untuk mengangkat kotoran yang membandel, Anda dapat menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat lembuat untuk membantu membersihkan noda. Kemudian keringkan area noda dengan handuk kering

6. Serap kelembaban yang tersisa dengan tissu toilet. Biarpun Anda telah mengelap jok mobil Anda dengan handuk kering, namun secara fisik jok mobil Anda masih lembab. Anda perlu mengeringkannya dengan tissu toilet. Kertas tissu memiliki sensitifitas lebih tinggi terhadap kelembaban dibandingkan dengan handuk kering.

7. Selesai.

Namun, kadang ada kasus bau pesing kencing kucing masih belum hilang dari jok mobil, padahal noda pada jok mobil telah kita bersihkan dengan benar. Itu malapetakan, kencing kucing sudah meresap kedalam busa jok mobil Anda.

8. Cari resleting jok mobil Anda.

 Anda harus mencari resleting kursi mobil Anda untuk dapat mengeluarkan isinya. Kencing kucing kemungkinan sudah bersarang didalam busa isiannya. Jangan panik, perlahan-lahan keluarkan busa isian kemudian kita akan mencucinya.

Bagaimana kalau jok mobil saya tidak ada resletingnya? Jok mobilnya sudah dikunci mati dengan paku atau staples jok atau sudah tidak bisa dibuka?

Tidak masalah, lepas saja semua satu set jok mobil Anda dan keluarkan.

Busa isian bisa dikeluarkan dari jok mobil

Jika jok mobil Anda memiliki resleting, kemungkinan Anda dapat mengeluarkan busa isiannya. Ambil busa isian jok mobil tersebut dan cuci dengan produk deterjen yang mengandung enzim atau antibakteri sampai bersih.

Senyawa enzim dan zat anti bakteri akan masuk kedalam rongga-rongga busa dan membunuh setiap urea, amoniak, dan bakteri yang menyebabkan bau pesing. Anda dapat melakukan proses pencucian ini di wastafel/bak mandi/Ember besar.

Apabila busa isian sudah bersih, segera bilas dengan air bersih berulang-ulang sampai semua busa deterjen hilang dan larut dengan air bersih. Kemudian Anda hanya perlu mengeringkan busa isian jok mobil Anda dibawah sinar matahari.

Panas dan angin akan membantu mempercepat proses pengeringan busa isian yang Anda cuci. Tahap selanjutnya adalah mengembalikan busa isian kedalam jok mobil Anda. Selamat Anda telah berhasil menghilangkan bau pesaing pada jok mobil Anda.

Busa isian tidak bisa dikeluarkan karena tidak ada resleting

Jika Anda tidak menemukan retsleting pada jok mobil Anda yang memungkinkan Anda menghapus bau pada busa isian, Anda masih bisa mengikuti langkah diatas, tetapi Anda mungkin ingin bertindak secepat mungkin sehingga noda tidak punya waktu untuk masuk ke busa isian.

2. Cara menghilangkan bau kencing kucing di kasur busa

Kadang kucing Anda akan sedikit nakal dengan kencing di kasur busa Anda. Ada beberapa penyebab kucing Anda bertingkah seperti itu:

  1. Kucing spraying karena dia dalam masa birahi.
  2. Kucing sedang terserang penyakit infeksi saluran kencing sehingga dia tidak bisa menahan kencingnya.
  3. Kucing Anda sedang usil dengan Anda, misal saat dia minta makan tapi Anda tidak menggubrisnya.

Jika Anda menemukan bau kencing kucing di kasur busa Anda, segera periksa dan bersihkan sebelum mengering. Apabila cairan kencing terlalu lama tidak dibersihkan, air kencing kucing akan semakin meresap kedalam kasur busa Anda.

Rongga-rongga pada kasur busa akan sangat mudah untuk menyerap cairan dan memerangkap cairan tersebut didalamnya, sehingga bau pesing dari kencing kucing akan awet dan tahan lama.

Disini saya akan berbagi cara membersihkan bau kencing kucing di kasur busa. Untuk dapat mencoba teknik ini, Anda membutuhkan beberapa bahan dan alat, seperti:

  1. Ruangan yang gelap
  2. Handuk
  3. Tissu kamar mandi
  4. Kain lap
  5. Baking soda
  6. Vacuum Cleaner
  7. Cuka putih
  8. Sabun
  9. Ember
  10. Hidrogen peroksida cair
  11. Sprayer/botol semprot plastik.

Prosedur:

Langkah #1: Hapus noda sesegera mungkin.

Jika Anda tidak dapat menemukan noda kencing kucing, bawalah kasur Anda ke ruangan gelap dan terangi dengan senter. Air kencing kucing akan bersinar dalam gelap. Apabila Anda sudah menemukannya, tandai area tersebut.

Langkah #2: bersihkan noda kencing dengan tissue atau handuk bersih

Usap area yang telah Anda tandai sebagai zona kencing kucing dengan tisu kamar mandi atau handuk kering jika air kencing kucing masih basah. Tisu atau handuk kering berfungsi untuk menyerap cairan kencing kucing agar tidak merembes lebih dalam kedalam kasur busa Anda.

Langkah #3: Keluarkan air kencing yang telah merembes kedalam kasur busa

Keluarkan cairan kencing kucing dari kasur busa dengan cara menaburkan soda kue di atas noda basah. Soda kue akan menyerap cairan dan kelembaban zona kencing kucing. Sehingga air kencing yang masuk kedalam kasur busa dapat ditarik keluar.

Ciri-ciri soda kue berhasil mengikat air kencing kucing adalah munculnya warna kekuningan dari bubuk soda kue yang telah Anda taburkan. Segera setelah soda menguning karena urin kucing, angkat, taburkan dan oleskan lebih banyak soda kue.

Ulangi proses ini sampai soda kue tetap putih. Hal tersebut menandakan bahwa tidak ada lagi cairan/kelembaban akibat kencing kucing yang bisa diserap. Setelah itu, bersihkan bubuk soda kue diatas kasur Anda dengan cara menyedotnya dengan Vakum cleaner di atas zona kencing kucing yang sudah kering.

Langkah #4: hilangkan bau menyengat yang masih bersisa dengan air + cuka

Anda perlu membuat ramuan penghilang bau kencing kucing seperti panduan sebelumnya. Kita akan membuat ramuan pembersih dengan campuran air can cuka putih.

Fungsi setiap bahan yang dipakai:

  1. Air hangat berfungsi untuk mengencerkan amoniak dan urea penyebab bau menyengat
  2. Cuka putih berfungsi sebagai pengencer amoniak, urea dan pembunuh bakteri. Jika Anda tidak dapat menemukan cuka putih, Anda dapat menggunakan cuka yang lain. Atau juga dapat diganti dengan alkohol 70%
  3. Sabun cuci piring berfungsi sebagai bahan kimia penetral amoniak dan urea. Selain itu sabun cuci piring juga dilengkapi pewangi yang mampu menimba sisa bau yang ditinggalkan oleh kencing kucing.

Prosedur:

  1. Campurkan 2 gelas air hangat pada mangkuk atau ember.
  2. Tambahkan 15 ml-20 ml cuka putih. Jika Anda ingin membuat campuran yang lebih pekat, gunakan perbandingan 2 (air) : 1 (cuka putih).
  3. Aduk sampai bercampur secara semputna
  4. Hapus bau dan noda kering dengan mengusap zona kencing kucing dengan kain lap yang telah dibasahi ramuan pembersih (air + cuka putih). Ramuan ini akan mengurai amoniak, urea, odor, dan membunuh bakteri yang menyebabkan bau.
  5. Saat larutan cuka mengering, bilas noda dengan air hangat.

Langkah #5: pembersihan

Bersihkan noda secara menyeluruh dan hilangkan bau kencing kucing saat dia kering dengan ramuan pembersih kedua. Ramuan pembersih kedua dibuat dengan mencampurkan 2 sendok makan soda kue ditambah 2 gelas hydrogen peroksida, dan dua tetes sabun cuci piring cair.

Masukkan ramuan pembersih kedalam botol semprotan plastic (sprayer) dan kocok sampai semua bahan tercampur sempurna. Kemudian semprotkan ramuan pembersih pada noda kencing kucing di kasur busa Anda dan bilas dengan air hangat. Setelah itu keringkan dengan hairdryer atau diangin-anginkan ditempat terbuka. Selesai.

3. Cara menghilangkan bau kencing kucing di lantai

Untuk dapat menghilangkan bau kencing kucing di lantai Anda memerlukan beberapa bahan dan alat pembersih. Seperti:

  1. Tissu kamar mandi
  2. Kain lap
  3. Cuka putih
  4. Wipol
  5. Ember
  6. Spon cuci piring

Menghilangkan bau kencing kucing dilantai cenderung lebih mudah dari pada ditempat lain. Hal ini disebabkan lantai memiliki permukaan yang halus dan tidak mudah menyerap cairan, sehingga kencing kucing hanya berada dipermukaan lantai.

Prosedur membersihkan bau kencing kucing dilantai:

Langkah #1: tandai area yang dikencingi kucing

Anda harus segera menandai area yang dikencingi kucing Anda, dan pastikan tidak terinjak ataupun mengotori barang-barang lain.

Langkah #2: serap air kencing kucing yang masih menggenang

Ambil tisu toilet secukupnya untuk menyerap air kencing kucng yang masih menggenang. Usahakan mengusapnya dari area luar area kencing kucing. Serap secara perlahan dari area luar kemudian perlahan bergerak kearah tengah. Lakukan berulang-ulang sampai air kencing kucing terserap sepenuhnya.

Mengapa tidak langsung menjatuhkan tisu dari atas dan mengelapnya?

Jika Anda melakukan itu, cairan kencing kucing akan menyebar dan terpercik kemana-mana.

Langkah #3: buatlah ramuan pembersih dan penghilang bau pesing kencing kucing

Anda tidak dapat menghilangkan bau pesing kencing kucing saat kering jika hanya mengelap air kencing kucing. Air kencing kucing terdiri dari amonia, urea dan zat mineral lain yang mudah menempel di permukaan suatu benda.

Untuk dapat menghilangkan bau kencing kucing secara menyeluruh Anda perlu membuat larutan air hangat + cuka putih. Cara membuat nya seperti ini:

  1. Siapkan baskom/ember untuk mencampur larutan.
  2. Masukkan air hangat dan cuka putih dengan perbandingan 2 (air hangat) : 1 (cuka putih). Cuka putih memiliki sifat asam lemah, senyawa asam dapat mengurai amoniak dan urea dengan mudah, sehingga akan menghilangkan bau pesing saat bekas kencing kucing mongering.
  3. Aduk larutan agar tercampur secara merata.

Langkah #4: bersihkan area yang dikencingi kucing dengan spon cuci piring

Masukkan spon cuci piring kedalam ember/baskom larutan pembersih yang telah dibuat dan dorong seluruh bagian spon cuci piring sampai terendam. Anda juga dalam meremas-remas spon agar cairan dapat masuk kedalam spon cuci piring.

Bersihkan area yang di kencingi kucing dengan spon cuci piring yang sudah dicelupkan ke dalam larutan pembersih. Bagian spon kasar untuk membersihkan noda membandel (Anda dapat menggunakan tekanan untuk menggosok kotoran agar hilang) dan bagian lembut untuk mengusap atau membersihkan kotoran yang ringan. Lakukan pembersihan secara berulang-ulang.

Langkah #5: bilas dengan air hangat

Jika proses pembersihan sudah selesai, segera bilas dengan air hangat. Air hangat mampu melarutkan sisa amonia, urea, asam dan senyawa yang membuat bau lainnya. Setelah itu keringkan dengan kain lap kering sampai semua air terangkat.

Jika Anda ingin memberikan wewangian, Anda dapat meneteskan sedikit wipol pembersih lantai dengan aroma cemara pada area yang dikencingi kucing untuk mengganti bau pesing yang tersisa dengan baru yang harum dan segar.

Langkah #6: pengeringan

Setelah Anda selesai melakukan langkah 1-5, Anda sudah benar-benar membersihkan bau pesing kencing kucing pada lantai. Selanjutnya adalah proses pengeringan. Anda dapat melakukan pengeringan dengan mengarahkan kipas angin ke lantai yang lembab, atau bisa juga Anda membiarkan lantai agar kering dengan sendirinya. Selesai.

4. Cara menghilangkan bau kencing kucing di pakaian

Jengkel bukan kepalang, apabila kucing kesayangan kita kencing di keranjang pakaian kita. Sudah mencoba dibersihkan namun tetap meninggalkan bau pesing. Anda jangan panik dulu, pakaian yang terkena kencing kucing jangan langsung dibuang.

Disini saya akan berbagi tips membersihkan bau kencing kucing di pakaian. Apabila Anda membersihkan dengan metode yang benar, maka pakaian Anda akan kembali bersih seperti semula.

Langkah #1: pisahkan pakaian yang masih bersih dan pakaian yang terkena kencing kucing.

Apabila kucing Anda mengencingi keranjang pakaian, lemari pakaian atau tumpukan pakaian Anda, segera pisahkan pakaian yang terkena kencing kucing dengan pakaian yang yang masih bersih.

Langkah #2: bersihkan cairan kencing kucing dengan tisu toilet

Serap air kencing kucing yang masih basah di pakaian dengan tisu basah, usahakan mengusapnya mulai dari bagian luar genangan kencing kucing. Jangan ditekan, biarkan terserap kedalam tisu secara perlahan. Menekan dan menggosok bekas kencing kucing hanya akan mengunci air kencing ke bagian yang lebih dalam dari serat pakaian.

Langkah #3: bilas dengan air dingin

Setelah air kencing yang menggenang dibersihkan dengan tisu, saatnya membersihkan area pakaian yang dikencingi kucing menggunakan air dingin yang mengalir. Jadi, arahkan keran air dingin ke area yang dikencingi kucing selama beberapa saat. Air dingin akan mengencerkan kencing kucing yang mengental di pakaian.

Langkah #4: rendam pakaian dengan larutan pemutih (oxygen bleaching)

Rendamlah pakaian yang terkena kencing kucing di ember/wastafer yang telah di isi air hangat. Setelah itu tambahkan satu sendok larutan pemutih (oxygen bleaching). Diamkan pakaian selama beberapa saat.

  1. Untuk pakaian berwarna diamkan selama 1 jam.
  2. Untuk pakaian putih diamkan selama 4 jam.

Mengapa perlakuannya berbeda?

Karena pakaian putih akan mudah membekas noda kekucingan jika air kencing tidak dibersihkan secara tuntas. Makanya untuk pakaian butuh membutuhkan waktu perendaman lebih lama.

Produk larutan pemutih (oxygen bleaching) ini biasanya dijual sebagai Oxiclean, Vanish, atau hanya pemutih oksigen. Hindari produk yang menggunakan pemutih klorin. Ketika dikombinasikan dengan amonia dalam urin, ia dapat menciptakan gas berbahaya.

Langkap #5: hilangkan bau kencing kucing dipakaian menggunakan cuka putih

Campurkan air + cuka putih dengan perbandingan 3 : 1. Cuka memiliki sifat yang mampu mengurai amonia, urea dan bakteri penyebab bau pesing pada pakaian yang dikencingi kucing. Cuka putih dapat digunakan pada pakaian berwarna maupun pakaian putih.

Langkap #6: proses pencucian

Setelah perendaman dengan larutan cuka ( air : cuka dengan perbantingan 3:1), segera lakukan pencucian. Anda dapat mencuci pakaian Anda secara manual ataupun menggunkan mesin cuci. Jika Anda menggunakan mesin cuci, cucilah dengan keadaan tabung mesin cuci yang tidak terlalu penuh pakaian (hanya beberapa pakaian yang terkena noda saja). Hal ini bertujuan agar mesin cuci dapat membersihkan noda secara sempurna.

Langkah #7: tambahkan soda kue jika aroma pesing masih menyengat

Kadang kucing yang memakan makanan tertentu menimbulkan bau pesing yang menyengat. Ada juga kucing yang sedang mengalami sakit saluran kencing mengeluarkan kencing yang sangat bau pesing dan amis. Untuk mengatahi hal tersebut Anda dapat menambahkan bubuk soda kue. Campuran soda kue akan menyerap bau pesing dari bekas kencing kucing di pakaian.

Tambahkan bubuk soda kue secukupnya, misal satu cangkir (240 g). Tutupi area yang dikencingi kucing dengan soda kue sebelum Anda melanjurkan pencucian. Soda kue akan menarik dan menyerap zat-zat pembuat bau yang ada di serat kain.

Langkah #8: pengeringan

Setalah Anda mencuci dengan bersih area yang di kencingi kucing dengan mengaplikasikan langkah 1-7. Saatnya mengeringkan pakaian Anda. Anda dapat mengeringkan pakaian di luar ruangan dengan cara dijemur. Anda juga dapat mengeringkan pakaian dengan cara diangin-anginkan saja.

  1. Pengeringan dengan cara di jemur diluar ruangan memerlukan waktu 3-4 jam dalam kondisi terik.
  2. Pengeringan dalam ruangan dengan cara diangin-anginkan memerlukan waktu 24 jam – 36 jam.
  3. Jangan menggunakan pengering panas di mesin pengering atau setrika, kondisi panas berlebih akan mengunci amoniak, dan urea yang ada di dalam serat kain. Sehingga susah untuk dibersihkan.

Setelah pakaian kering, periksa bekas area yang dikencingi kucing apakah masih berbau pesing atau sudah hilang secara sempurna. Jika sudah bersih, saya ucapkan selamat, pakaian Anda sudah kembali seperti semula.

Namun, kadang ada kasus kencing kucing yang pekat dengan bau yang membandel. Pada kasus seperti itu, Anda perlu langkah ke-9, yaitu mencuci dengan detergen enzymatic.

Langkah #9: cucilah pakaian yang memiliki bau pesing membandel dengan detergen yang mengandung enzym protease.

Belilah detergen yang mengandung enzym. Periksalah komposisi dan aturan pakai detergen enzymatic untuk memastikan bahwa detergen tersebut memiliki bahan enzym yang dapat membersihkan kotoran dan bau sampai ke serat-serat pakaian.

Pilihkan detergen enzym yang mengandung enzym protease. Enzym ini mampu bekerja dengan sangat baik pada kondisi air dingin. Sehingga pakaian Anda akan lebih bersih dan bau akan cepat hilang.

Setelah Anda mendapatkan detergen enzym segera rendam pakaian Anda dan cuci hingga bersih. Anda dapat mencuci pakaian Anda secara manual ataupun dengan mesin cuci. Apabila dirasa sudah bersih segera jemur di hingga kering.

Hindari pengeringan menggunakan pemanas ataupun hairdyer. Pengeringan di luar ruangan atau diangin-anginkan didalam ruangan lebih direkomendasikan. Selesai.

5. Cara menghilangkan bau kencing kucing di sepatu

(segera dilengkapi)

Saya akan mencoba terlebih dahulu setiap metode yang saya tuliskan, sehingga saya tidak bisa langsung melengkapi semua panduannya. Saya akan mengupdate artikel ini setiap munggunya sampai semuanya lengkap. Jangan bosan untuk mengecek update dari website www.goldenmaze.net. Anda dapat subcribe dengan mengeklik lonceng di pojok kanan bawah ataupun bookmark website ini di handphone Anda.

Leave a Comment