Home » Grooming Kucing

10 cara menghilangkan kutu kucing (praktis & efektif)

Artike ini membahas secara lengkap tentang cara menghilangkan kutu kucing secara praktis dan efisien.

Apa yang akan kamu pelajari?

  • Pertama, peralatan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghilangkan kutu kucing.
  • Kedua, beberapa cara menghilangkan kutu kucing. Mulai dari cara manual, ramuan alami, hingga obat kutu kucing tersertifikasi.
  • Ketiga, tips mencegah agar kutu kucing tidak muncul kembali.

Kalau kamu benar-benar ingin solusi cara menghilangkan kutu kucing agar kucing bebas kutu, kamu pasti menyukai panduan ini. Berikut 10 cara menghilangkan kutu kucing secara cepat dan efisien:

Nah, supaya makin paham dan bisa langsung praktek, yuk, simak pembahasan lengkapnya. Let’s dive in!

Cara #1: Hilangkan kutu dengan sisir kutu kucing

Belilah sisir kutu kucing dengan ukuran rapat dan sisir bulu kucing secara perlahan dari tengkuk sampai ekor. Jika ada kutu kucing yang tersangkut ke sisir kutu, segera masukkan ke air deterjen biar kutu mati seketika.

Bingung ya? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini:

Kutu memiliki beberapa fase saat dia hidup. Mulai dari telur, larva, pupa, & kutu dewasa. Setiap fase memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda. Perhatikan tabel berikut ini:

Fase Kutu KucingUkuran
Telur kutu kucing0.5-0.7mm
Pupa atau kepompong kutu0.7-1.5mm
Kutu Dewasa1,5-3,2mm

Dengan data tersebut, perusahaan pembuat perlengkapan kucing menciptakan sisir kutu kucing (serit). Prinsip kerja sisir kutu kucing adalah penyaringan. Jadi, apabila ukuran kutu lebih besar dari kerapatan serit maka kutu akan tertangkap.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Sisir Kutu Kucing

Berikut panduan cara menyisir kutu kucing dengan benar:

Sebelum kamu menyisir kutu kucing, sebaiknya kamu persiapkan beberapa bahan & alat berikut ini:

Perlengkapan Untuk Menghilangkan Kutu Kucing

Bahan & Alat:

  1. Satu mangkuk air sabun.
  2. Kain putih / handuk putih.
  3. Sisir Kutu Kucing / Serit ukuran 0.2-1,1mm.
  4. Spatula laboratorium / batang kayu kecil.
  5. Tissu.

Prosedur:

1. Siapkan semua bahan dan alat pada meja kerja

Untuk mempermudah kamu menyisir kutu kucing, pakailah meja yang agak luas. Dan usahakan tinggi meja tidak lebih dari pinggang kamu. Kamu butuh ruang yang luas agar kamu leluasa dalam bergerak.

2. Pasang handuk putih sebagai alas kucing

Handuk putih memiliki 3 fungsi penting:

  1. Untuk melindungi meja agar tidak kotor dan tergores oleh cakar kucing.
  2. Sebagai alas kucing agar nyaman saat disisir bulunya.
  3. Untuk mempermudah kamu menemukan kutu kucing yang kabur. Alas berwarna putih akan sangat kontras dengan warna coklat dari kutu. Jadi, kamu akan dengan mudah menemukan kutu yang berusaha melarikan diri.

3. Bawa kucing ke meja kerja dan mulai menyisir kutu kucing

Cara Menyisir Bulu Kucing Dengan Sisir Kutu Kucing

Kamu dapat mulai menyisir dengan urutan sebagai berikut:

  1. Kepala.
  2. Leher.
  3. Badan.
  4. Kaki.
  5. ekor.

Pastikan kamu tidak melewatkan setiap area lekukan pada tubuh kucing. Kutu kucing serang berdiam di area lipatan. Karena di sana memiliki kulit yang tipis, empuk dan dekat dengan kelenjar keringat. Jadi, kutu betah banget bermain di area ini.

Kadang kamu akan menemukan bulu yang menggumpal atau bulu yang berminyak. Please, jangan dipaksa kalau tidak bisa disisir. Itu akan menyakitkan bagi kucing. Bulu-bulu yang tidak bisa disisir akan menarik kulit dan membuat kucing kesakitan.

Tips Sederhana:

  1. Pakaikan tepung jagung pada bulu yang kusut karena lemak/minyak. Taburkan saja secukupnya. Selanjutnya diremas-remas sampai semua bulu terurai. Baru deh kamu lanjutkan menyisir bulunya.
  2. Potong bagian bulu yang menggumpal, gimbal dan terbelit menggunakan gunting. Bulu yang sudah terlanjut terbelit susah untuk di urai. Jadi, ikhlaskan saja dengan langsung dipotong.

4. Bersihkan sisir kutu setiap kamu menemukan tanda-tanda adanya kutu & telur kutu

Hasil Kutu Kucing Yang Tertangkap Setelah Menyisir Dengan Sisir Kutu Kucing

Saat kamu sedang asyik menyisir bulu kucing, kamu akan menemukan 3 hal ini:

  1. Bulu kucing yang rontok.
  2. Kotoran debu, remah makanan, & pasir.
  3. Kutu kucing & telur kutu.

Jangan panik, stay cool & keep calm. Setiap sisir kutu kucing kamu penuh dengan bulu & kutu, segera bersihkan dengan tissu. Selanjutnya, buang kotoran & bulu kedalam mangkuk yang berisi air sabun. Kutu beserta telurnya akan tenggelam di dalam air sabun dan mati seketika.

Bunuh Kutu Kucing Yang Tertangkap Dengan Cara Memasukkannya Ke Mangkok Yang Berisi Air Sabun

5. Periksa setiap kotoran yang jatuh ke alas kucing. Jika kamu menemukan kutu kucing, langsung saja gilas pakai spatula

Kutu Kucing Yang Melompat Dari Tubuh Kucing

Handuk/kain berwarna putih akan membantu kamu menemukan kutu yang berusaha melarikan diri. Kamu sudah tahukan bentuk dan warna dari kutu kucing itu seperti apa?

Belum? Sumpe loh?

Kutu kucing memiliki 5 ciri-ciri yang menonjol:

Gambar Kutu Kucing Secara Jelas
  1. Berwarna merah kecoklatan hingga kehitaman.
  2. Memiliki panjang tubuh 1,5-3,2mm.
  3. Berbentuk serangga tapi tidak memiliki sayap.
  4. Memiliki ctenidia (gigi sisir), namun tidak memiliki gigi apikal.
  5. Memiliki bau busuk saat dia mati karena kamu gilas pakai spatula.

Tuh lihat aja gambarnya biar jelas seperti apa bentuknya. Hehe.

6. Ulangi penyisiran 2-3 kali untuk memastikan bahwa seluruh bagian tubuh kucing telah bersih

Kutu kucing yang pintar tidak hidup ditubuh kucing. Dia akan tinggal diarea tempat tinggal kucing. Saat kutu lapar, dia baru lompat ke tubuh kucing untuk memakan darah kucing.

Nah! Saat kamu menyisir bulu kucing, kadang ada kutu yang tidak tertangkap. Untuk membersihkan mereka kamu perlu melakukan pengulangan 2-3 kali. Capek? enggak kok. Cobain ajah, pasti sangat menyenangkan.

7. Setelah selesai, beri kucing hadiah cemilan agar dia senang

Memberi hadiah pada kucing adalah salah satu teknik ampuh untuk melatih kucing. Jadi, kucing akan mengingat perilaku positif yang dia kerjakan.

Kamu dapat memberikan reward berupa pujian, kasih makanan enak ataupun beri pijatan lembut. Setelah semua proses menghilangkan kutu dengan sisir kutu kucing selesai. Tahap terakhir adalah beri bedak anti kutu sebagai upaya pencegahan.

Rekomendasi Sisir Anti Kutu Kucing

Produk Sisir Anti Kutu Kucing Kelebihan Harga
Sisir Kutu Handle untuk Kucing by toko kucingbillyBahan sisir terbuat dari stainless steel yang kuat. Ujung sisir tidak tajam dan aman untuk kucing. Sisir memiliki pegangan yang sangat nyaman.Rp 12.000
Sisir Anti Kutu Kucing by Toko DSKerapatan sisir mencapai 0.6mm. Bahan material bagus dan berkualitas.Rp 20.000
Sisir Kutu Elektrik by Tina Theng StoreDapat membunuh kutu secara langsung. Memiliki konstruksi sisir yang kokoh. Mudah dibersihkan. Rekomen banget!Rp 70.000

Cara #2: Basmi kutu dengan shampo kutu kucing

Adakalanya, kucing dihinggapi telur kutu yang tidak bisa dihilangkan dengan sisir kutu kucing (serit). Pada kasus ini, mau tidak mau kamu harus memandikan kucing kamu dengan shampo anti kutu.

Shampo anti kutu adalah shampo yang diformulasikan khusus untuk membasmi kutu kucing beserta telurnya. Senyawa kimia yang dipilih aman untuk kucing, tetapi mematikan untuk kutu. Jadi, kutu kucing akan mati dengan cepat.

Nah, sebelum mulai memandikan kucingmu, siapkan dulu beberapa perlengkapan tambahan. Kucing biasanya akan sering memberontak saat dimandikan. Jadi, jangan sampai kamu meninggalkan si kucing karena repot bolak-balik mengambil perlengkapan tersebut.

Perlengkapan apa saja sih yang diperlukan untuk memandikan kucing yang berkutu? Persiapkan ember besar berisi air hangat, wadah kecil berisi air garam, sisir kutu, alat pencabut kutu, sampo anti kutu, dan handuk lembut. Kalau kamu belum bisa memandikan kucing, bisa belajar dulu dari artikel cara memandikan kucing ini.

Setelah semua perlengkapan siap, kamu bisa mulai memandikan si kucing. Basahi tubuh kucing dengan air hangat secara perlahan. Setelah benar-benar basah, mulailah mengolesi sampo ke seluruh tubuh kucing.

Perhatikan terutama pada area-area seperti tengkuk, pangkal kaki, telapak, dan ekornya. Area-area ini biasanya sering menjadi tempat bersembunyi kutu. Memandikan kucing untuk menghilangkan kutu perlu kamu lakukan dengan teliti dan sabar.

Apalagi kalau kucingmu memiliki bulu yang tebal dan panjang. Sembari mengolesi sampo, kamu perlu menyibak sedikit demi sedikit bulu-bulunya untuk menemukan kutu yang menempel di kulit. Kalau kamu menemukan kutu yang cukup besar, ambil perlahan menggunakan pinset atau alat pencabut kutu. Kemudian, masukkan kutu tersebut ke dalam wadah yang sudah diisi dengan air garam.

Setelah semua selesai, bilas kembali tubuh kucingmu dengan air hangat. Pastikan tidak ada busa sampo yang masih tertinggal di tubuhnya. Selanjutnya, keringkan dengan handuk lembut hingga bulunya kering sempurna.

Bagi yang belum pernah membeli sampo kutu kucing, saya punya rekomendasi menarik. Berikut 3 rekomendasi produk shampo kutu kucing:

Nama ProdukKelebihanHarga
D&C Shampo & Spray Anti Kutu by ProdukkitaTerdapat 3 rangkaian produk yang mampu dengan cepat membasmi kutu.
Produk shampo anti kutu, bedak anti kutu & spray anti kutu.
Rp 90.000
Veterinary Formula Clinical Care Flea & Tick Shampoo by Kayra KayroAman untuk kucing.
Terbuat dari senyawa alami, seperti pyrethrins, aloe, lenolin.
Aromanya wangi.
Ampuh membunuh kutu kucing seketika.
Rp 195.000
Adams Plus Flea & Tick ShampooMembunuh kutu, larva, dan telur dewasa seketika.
Formula memiliki aroma yang menenangkan
Membersihkan dan merekondisi kulit/mantel kucing.
Menghilangkan ketombe, kotoran, dan menyehatkan bulu
Harga terjangkau
Rp 140.000

Cara #3: Musnahkan kutu dengan obat kutu tersertifikasi

Cara ketiga yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kutu kucing adalah dengan menggunakan obat kutu kucing tersertifikasi. Misalnya, Revolution dan Frontline. Cara pengaplikasian obat kutu kucing tersebut cukup dengan meneteskannya ke kulit kucing (biasanya pada kulit area leher belakang). Obat kutu tetes ini efektif menghilangkan kutu selama satu hingga tiga bulan.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Obat Kutu Kucing Tersertifikasi

Obat kutu tetes untuk kucing bisa kamu beli di petshop atau klinik hewan terdekat. Beberapa merek yang pernah saya coba antara lain Detick, Frontline, Revolution, dan Virbac. Untuk dosis pemakaiannya tercantum pada kemasan masing-masing produk. Biasanya, dosis obat kutu akan berbeda-beda tergantung usia dan berat tubuh kucingmu. Jadi, pahami dulu dengan cermat mengenai dosis dan cara pemakaiannya, ya. 

Berdasarkan pengalaman saya, produk obat kutu tetes sangat ampuh membasmi kutu. Ada tiga kelebihan obat kutu kucing bentuk tetes:

  1. Kamu tidak perlu memandikan kucing. Jadi, kamu akan banyak waktu hemat waktu.
  2. Mampu memberi perlindungan anti kutu selama 1-3 bulan. Jadi, kucing kamu akan terlindungi dari kutu selama 1-3 bulan kedepan. Kamu bisa tenang dan santai.
  3. Praktis. Artinya, cara pemakaiannya mudah dan mampu membunuh kutu dengan sangat cepat.

Obat Kutu Kucing Revolution, Frontline Plus & Detick memiliki cara kerja yang sama. Jadi, obat diberikan melalui tengkuk kucing. Pernahkah kamu berfikir, bagaimana cara obat pembasmi kutu ini bekerja?

  1. Senyawa aktif dari obat kutu akan terserap ke dalam kulit kucing. Dia tersimpan dalam kelenjar minyak di area tengkuk kucing.
  2. Selanjutnya, zat aktif ini menyebar keseluruh jaringan minyak tubuh kucing secara bertahap (slow release). Seluruh area kulit & kelenjar rambut.
  3. Jika kutu kucing menghisap darah atau keringat kucing, dia akan mati. Zat aktif akan menjadi racun untuk kutu kucing. Akan tetapi, sangat aman untuk kucing.

Senyawa pembunuh kutu kucing yang sering dipakai adalah Fipronil dan (S) -methoprene. Senyawa obat kutu kucing tersebut telah terbukti mampu menghilangkan kutu 100% dan aman untuk kucing.

Tertarik untuk mencoba obat kutu kucing? Berikut detail harga obat kutu kucing.

Nama ProdukKelebihanHarga Produk
Obat Kutu Kucing RevolutionCara pemakaian mudah.
Mampu membunuh kutu kucing beserta telurnya dalam waktu cepat.
Melindungi kucing dari kutu selama 1 bulan ke depan.
Rp86.000
Obat Kutu Fronline PlusMemberi perlindungan aktif selama 3 bulan dari serangan kutu.
Cara pemakaian mudah.
100% aman untuk anak kucing & kucing dewasa.
Rp80.000
Obat Kutu Kucing DetickHarga murah dan kualitas OK.Rp25.000

Cara #4: Basmi kutu kucing dengan spray kutu

Ada combo cara menghilangkan kutu yang hebat. Kombinasi cara 1 & 4. Jadi, setelah kucing disisir pakai sisir kutu kucing, semprot bulu kucing menggunakan spray kutu kucing. Lakukan berulang-ulang sambil terus menyisir bulu kucing.

Teknik ini sangat ampuh untuk menghilangkan kutu kucing dengan cepat. Selain mampu membunuh kutu, spray kutu kucing juga mampu mengobati jamur dan scabies. Jadi, kucing kamu akan menjadi sangat bersih, sehat dan terawat.

Tertarik untuk mencoba spray kutu kucing? Berikut produk spray kutu kucing yang layak untuk kamu coba:

  1. Frontline Spray – Obat Kutu Spray Kucing. Rp 123.000.
  2. D&C Spray Anti Kutu. Rp 90.000.
  3. Bob Martin Clear Flea & Tick Spray for Cats. Rp 140.000.

Cara #5: Basmi kutu dengan ramuan alami dari air lemon

Melansir dari The Spruce Pets, kandungan asam sitrat pada lemon efektif membunuh kutu pada kucing. Cara penggunaannya cukup mudah. Terlebih dahulu rebus dua hingga tiga potong irisan lemon selama kurang lebih 30 menit dengan api kecil.

Setelah mendidih, diamkan air rebusan lemon tersebut sekitar 8 jam. Selanjutnya, saring air rebusan lemon dan masukkan ke dalam botol semprotan. Air rebusan lemon ini bisa langsung kamu semprotkan secara merata pada tubuh kucingmu.

Ulangi cara ini beberapa kali hingga kutu benar-benar menghilang. Namun, pastikan kamu mengamati reaksi tubuh si kucing, ya. Cek apakah ada reaksi alergi atau iritasi.

Cara #6: Membuat cairan pembasmi kutu kucing dari cuka apel

Cuka apel bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kutu dari tubuh kucing. Kutu tidak menyukai aroma dari cuka apel sehingga cenderung berusaha menghindari bau cuka ini. Jadi, dengan menyemprotkan cuka apel ke bulu kucing, kamu dapat membersihkan kutu dengan lebih mudah.

Cara membuat larutan semprotan kutu dari cuka apel ini sangat mudah. Cukup campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 2 : 1. Selanjutnya masukkan ke dalam botol semprotan dan langsung semprotkan secara merata ke tubuh kucingmu. Sama seperti sebelumnya, pastikan untuk mengecek reaksi alergi yang mungkin muncul, ya.

Cara #7: Membasmi kutu kucing dengan air garam

Melansir dari kompas.com, beberapa penelitian menunjukkan bahwa air garam efektif untuk menghilangkan kutu dan telur kutu dari bulu kucing. Cukup campurkan garam secukupnya ke dalam air hangat yang akan kamu gunakan untuk memandikan kucingmu. Aduk hingga garam larut sempurna. Kemudian, mulailah memandikan kucingmu dengan perlahan dan hati-hati menggunakan air garam tersebut.

Cara #8: Menggunakan minyak telon

Minyak telon merupakan ramuan minyak yang terbuat dari campuran minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa dengan perbandingan 3:3:4. Aroma minyak telon sangat tidak disukai oleh kutu kucing. Maka dari itu, minyak telon bisa kamu pakai sebagai salah satu cara menghilangkan kutu kucing.

Berikut cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon:

  1. Siapkan bak atau ember yang agak besar untuk menaruh kucing. Ember berfungsi untuk menangkap kutu yang loncat saat kucing kita beri minyak telon.
  2. Letakkan kucing ke dalam ember yang telah disiapkan. Belai-belai kucing agar tenang.
  3. Tuangkan minyak telon ke tangan secukupnya. Dan usap-usap sampai merata ke telapak tangan.
  4. Mulai pijat dengan lembut punggung kucing dengan telapak tangan yang telah dilumuri minyak telon. Biarkan minyak telon menempel di bulu kucing. usahakan memijat sampai menyentuh kulit kucing. Biar minyak telon menempel ke kulit kucing.
  5. Tuangkan minyak telon lagi dan usap-usapkan ke tangan.
  6. Pijat ke area belakang leher kucing. Pijat dengan lembut sampai minyak telon menempel ke bulu dan kulit kucing.
  7. Lakukan hal yang sama pada area perut bagian bawah, dan kaki. Hindari area wajah dan kepala.
  8. Saat memijat perhatikan pergerakan kutu kucing, jika ada yang terdeteksi segera ambil dan binasakan. Beberapa kutu kucing yang tidak tahan bau minyak telon akan melompat keluar dari tubuh kucing. Nah, kutu ini akan terperangkap di ember yang telah kamu siapkan. Tinggal dimatikan aja kalau kelihatan.
  9. Beberapa kutu kucing nanti akan bergerak ke area kepala dan wajah kucing untuk menghindar dari aroma minyak telon. Jika kamu melihatnya, segera ambil dan binasakan. Misalnya, kamu masukin ke baskom yang berisi air sabun.
  10. Lakukan teknik ini setiap hari selama seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Cara #9: Menggunakan baking soda dan garam

Cairan baking soda dan garam dapat kamu gunakan untuk menghilangkan kutu kucing secara cepat. Caranya cukup mudah, buatlah larutan air, backing soda dan garam dengan perbandingan 2:1:1. Setelah larutan tercampur secara sempurna, masukkan ke dalam semprotan.

Kamu dapat menggunakan semprotan burung atau semprotan tanaman sebagai wadah larutan. Selanjutnya, semrptokan cairan obat pembunuh kutu ke tempat tidur kucing, sofa, dan ruang tempat kucing bermain. Diamkan selama 30 menit.

Catatan: cairan pembunuh kutu ini mungkin tidak disukai oleh kucing. Jadi, khusus kamu pakai untuk membasmi kutu yang bersembunyi di karpet, sofa dan tempat tidur kucing saja. Jangan pakai langsung ke tubuh kucing.

Keesokan harinya, periksa lagi tempat tidur kucing, sofa, ruang bermain kucing dan karpet. Jika masih ada kutu kucing yang terlihat, segera semprotkan lagi cairan pembunuh kutu yang masih tersisa.

Jika semua kutu sudah banyak yang mati dan hilang, segera bersihkan dengan vacum cleaner (penyedot debu). Hisap semua debu, kotoran dan dan kutu yang ada di ruang bermain kucing, sofa, karpet hingga tempat tidur kucing. Pokoknya, bersihkan sampai ke sudut terkecil.

Cara #10: Membuat larutan sulfur atau asam borat

Cara menghilangkan kutu kucing yang terakhir adalah menggunakan larutan sulfur atau asam borat. Kedua larutan tersebut sangat toksik bagi kutu kucing tapi aman bagi manusia dan hewan.

Kamu dapat membeli sulfur dan asam borat di toko bahan kimia. Jika semua bahannya sudah ada larutkan sulfur atau asam borat dengan air secukupnya. Masukkan ke dalam sprayer. Saya biasanya menggunakan semprotan tanaman.

Semprotkan ke tempat-tempat yang kamu curigai menjadi sarang kutu kucing. Misalnya, tempat tidur kucing, cat condo, karpet, sofa, ruang bermain kucing, tempat sampah, dll. Pokoknya, di mana ada tanda kemunculan kutu kucing, segera semprot area tersebut. Dan diamkan.

Catatan: Saat mau melakukan penyemprotan, pastikan memakai masker dan sarung tangan. Karena bau dari sulfur atau asam borat tidak begitu enak.

Sehari setelah penyemprotan, segera bersihkan semua ruangan dengan penyedot debu. Karena nanti pasti ada banyak bangkai kutu kucing yang berserakan. Biar tidak memicu kehadiran kutu lainnya, segera bersihkan semua ruangan yang telah kamu semprot.

Pertanyaan yang sering ditanyakan pembaca

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pembaca terkait topik “cara menghilangkan kutu kucing”. Jika pertanyaan kamu belum terjawab, silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah.

1. Bagaimana cara menghilangkan kutu kucing di rumah?

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Di Rumah

Untuk menghilangkan kutu kucing di rumah, kamu perlu bersih-bersih. Memakai mesin penghisap debu adalah pilihan yang paling tepat.

Kamu perlu menyedot semua karpet dan berbagai furnitur di area rumah kamu. Misalnya sofa, permadai, tempat tidur kucing, sela-sela kasur, lekukan kursi, tempat pakaian.

Pastikan kamu memeriksa setiap celah di furnitur yang mencurigakan. Tempat yang lembab dan gelap wajib kamu bersihkan. Di situlah sarang dari kutu kucing.

Jika kamu menemukan kotoran kutu kucing, segera tandai area itu. Di sana pasti ada telur dan larva kutu. Karena kotoran kutu kucing yang ditinggalkan akan menjadi makanan untuk anak kutu.

Setalh kamu selesai menghisap semua debu, kotoran dan telur kutu. Ada kemungkinan kamu mendapatkan telur kutu, larva, pupa dan kutu dewasa.

Segera musnahkan saja semua kotoran dan wabah itu. Kamu bisa membakarnya, menenggelamkannya atau menyemprotnya pakai pembasmi kutu spray.

Yey, akhirnya selesai. Belooom!

Kamu harus membersihkan tabung penghisap debunya. Saya sarankan bersihkan tabung penghisap debu dengan air panas.

Mengapa tabung penghisap debu harus dicuci dengan air panas? Tentu saja, untuk membunuh telur-telur dan pupa kutu yang tersisa ditabung. Kadang, karena ukuran telur dan pupa yang terlalu kecil, kita tidak menyadarinya.

Setelah selesai membersihkan ruangan dengan penghisap debu, semprotan anti-kutu (flea spray) atau fogger. Saya merekomendasikan produk Vet’s Best Flea & Tick Spray. Saya sudah coba, produknya bagus dan terbukti ampuh membasmi kutu kucing sampai keakar-akarnya.

Untuk membunuh kutu dan larva dewasa yang mungkin terlewatkan oleh penyedot. Ikuti instruksi pada kemasan flea spray atau fogger. Perhatikan tentang dosis pemakaian dan frekuensi penyemprotan. Upaya ini untuk mencegah berkembangnya anak kutu kucing yang baru menetas.

2. Bagaimana cara menghilangkan kutu kucing di kasur?

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Di Kasur

Kasur memiliki banyak sekali lekukan. Tempat tersebut sangat cocok sebagai sarang kutu kucing. Suhu kasur yang cenderung hangat membuat kutu kucing betah. Jadi, kamu sudah memeriksa kasur dirumah kamu belum? Jangan-jangan banyak kutu kucingnya.

Bagaimana cara menghilangkan kutu kucing di kasur?

  • Pertama, lepaskan semua sprei dan bed cover. Selanjutnya, bawa kasur ke ruangan kosong dan terang. Kemudian, periksa setiap sudut dan lipatan kasur.
  • Kedua, pakailah sarung tangan karet. Karena kamu harus membunuh kutu kucing langsung ditempat. Kamu harus menggunakan jarimu.
  • Ketiga, bunuh semua kutu yang kamu temukan.
  • Keempat, jemur kasur yang telah ditinggali kutu di bawah terik matahari. Hawa panas akan memaksa kutu yang bersembunyi keluar.
  • Kelima. periksa semua area kasur sekali lagi. Bunuh semua kutu yang kamu temukan.
  • Keenam, semprot setiap bagian kasur yang ada kutunya dengan spray anti kutu. Diamkan beberapa saat.
  • Ketujuh, jika dirasa cukup, pasang kembali kasur pada posisinya.

Tips: Jadilah pembunuh kutu kucing yang tangguh, jangan jadi pengecut. Jika kamu lari saat menemukan kutu, ya dia akan meneror kamu selamanya. Hehehe.

3. Bagaimana tips agar kucing tidak terkena kutu kucing lagi?

Sampai di sini, apakah kamu sudah paham bagaimana cara menghilangkan kutu dari kucing kesayanganmu? Jika iya, maka selanjutnya kamu wajib mengetahui cara mencegah agar kutu tidak muncul kembali. Walaupun sudah berhasil dihilangkan, tetapi kutu bisa muncul lagi kapan saja dan dari mana saja.

Apalagi kalau kucingmu suka bermain di luar rumah. Berikut saya bagikan 5 tips untuk mencegah agar kutu tidak muncul kembali di tubuh kucingmu. Sepengalaman saya, kelima cara ini terbukti efektif.

a.    Berikan obat kutu dengan jadwal teratur

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kutu muncul kembali adalah dengan memberikan obat kutu dengan jadwal teratur. Saya biasanya memberikan obat kutu setiap 6 bulan sekali. Bahkan mungkin lebih cepat dari itu untuk kucing-kucing outdoor.

Ada banyak pilihan obat kutu yang bisa kamu gunakan. Mulai dari yang berbentuk cair, pil, hingga salep. Berkonsultasilah dengan dokter hewan mengenai obat kutu apa yang paling cocok untuk kucingmu.

b.   Bersihkan ruang tidur dan area bermain si kucing

Cara berikutnya adalah menjaga kebersihan ruangan di mana kucing sering tidur dan bermain. Kutu atau telur kutu bisa saja tertinggal di tempat-tempat yang pernah didiami kucingmu. Oleh sebab itu, bersihkan ruang tidur, kandang, dan area bermainnya secara rutin.

Kamu bisa menyapu atau menggunakan alat penyedot debu untuk membersihkan area di seluruh ruangan. Setelahnya, semprot atau pel dengan menggunakan cairan khusus yang mengandung desinfektan sehingga lebih steril.

c.    Cuci semua benda yang digunakan oleh kucingmu

Kucingmu punya alas tidur, handuk, dan mainan? Nah, pastikan untuk dicuci juga, ya. Benda-benda ini berpotensi menjadi tempat berlindung bagi kutu dan telur kutu. Gunakan air panas atau air hangat (tergantung bahan) untuk merendam benda-benda tersebut. Setelah dicuci, jemur hingga benar-benar kering.

d.   Rutin mandikan kucing

Jangan lupa untuk rutin memandikan kucingmu. Apalagi kalau kucingmu sering bermain di luar rumah. Sesekali gunakan sampo yang mengandung formula anti kutu untuk mencegah kutu datang kembali. Saya sendiri biasanya memandikan kucing-kucing di rumah 3-5 kali dalam sebulan.

Lumayan sering, sih, karena kucing-kucing saya hampir semuanya suka bermain di luar rumah. Hal penting yang perlu kamu ingat, setelah memandikan kucing, pastikan kamu mengeringkan bulunya dengan sempurna, ya. Bulu yang tidak benar-benar kering berpotensi membuat kulit kucing menjadi lembab dan berjamur.   

e.   Pakaikan kalung anti kutu

Cara untuk mencegah kutu muncul kembali adalah dengan memakaikan kalung anti kutu. Kalung anti kutu khusus kucing sudah banyak tersedia di petshop atau toko online. Bentuk dan warnanya pun bervariasi. Kalung anti kutu ini memiliki kandungan kimia flumethrin dan imidakloprid yang efektif untuk menghilangkan kutu kucing.

Cara ini cukup praktis karena kamu tinggal memasangkannya pada kucingmu. Kalung akan bekerja dengan sendirinya melepaskan bahan pembunuh kutu. Namun, penggunaan kalung anti kutu perlu kamu awasi terlebih dahulu, ya. Beberapa kucing mungkin tidak tahan dengan reaksi dari kandungan bahan pada kalung anti kutu. Efeknya bisa menimbulkan iritasi kulit dan kerontokan bulu di sekitar leher kucing.

Poin penting

Ada 5 cara mudah untuk menghilangkan kutu kucing. Ada cara tradisional, manual, & modern. Kamu pilh saja salah satu cara yang kamu suka. Jujur, cara termudah dan paling efektif menurut saya adalah no. 3. Hanya dengan sekali tetes kutu kucing beserta telurnya akan mati.

Akan tetapi, obat kutu kucing ini harganya relatif mahal. Bagaimana menurut kamu? Tulis cara menghilangkan kutu kucing favorit kamu di kolom komentar. Saya ingin tahu.

Akhir kata, untuk membasmi kutu sampai keakar=-akarnya, kamu perlu melakuakn 2 hal.

  1. Hilangkan kutu yang ada ditubuh kucing dan seluruh hewan peliharaan kamu
  2. Bersihkan lingkungan tempat tinggal kucing.

Udah, sepertinya sampai di sini dulu artikel kali ini. Jangan lupa share dan komen ya!

Baca lebih lanjut: Kutu Telinga Kucing: Gejala, Pengobatan & Pencegahan »

2 thoughts on “10 cara menghilangkan kutu kucing (praktis & efektif)”

    • Hi, kak Rifqi.

      Usia minimal pemakaian obat kutu kucing adalah 8 minggu. Artinya, obat kutu kucing seperti Revolution, Frontline, detict, baru bisa dipakai saat anak kucing berusia minimal 3 minggu.

      Cara pemakaiannya cukup mudah. Saya contohkan pemakaian obat kutu kucing Revolution.
      1. Ambil 1 tube obat kutu kucing Revolution 0.75ml.
      2. Tetekan 1 tube obat kutu kucing Revolution ke kulit kucing di bagian tengkuk.
      3. Diamkan selama beberapa saat sampai obat kutu terserap sempurna.
      4. Selesai. Kucing kamu akan mendapatkan perlindungan dari kutu kucing selama 30 hari kedepan.

      Mudah, bukan? Silakan mencoba.

      Reply

Leave a Comment