Home » Info kucing » Cara menghilangkan lem tikus di bulu kucing

Cara menghilangkan lem tikus di bulu kucing

| | Category

Kucing memiliki rasa ingin tahu yang besar. Contohnya si July, salah satu kucing peliharaan saya. Setiap ada benda baru di rumah, dia pasti datang mendekat. Begitu juga saat saya memasang jebakan lem tikus di dapur. Akibatnya, beberapa kali justru si July yang terkena lem tikus. Awalnya saya agak bingung bagaimana cara membersihkannya. Namun, dari hasil bertanya dan mencoba sendiri, saya menemukan cara-cara yang ampuh. Mulai dari membersihkannya dengan minyak, menggunting bulu, sampai membawa ke layanan grooming profesional. Penasaran? Ingin tahu lebih jelas bagaimana cara saya menghilangkan lem tikus di bulu kucing? Yuk, simak pembahasannya sampai selesai. Let’s dive in!

Sebelumnya, pastikan kucingmu tidak menjilati bulunya

Sebelum mulai membersihkan lem, pastikan dulu supaya kucingmu tidak menjilati bulunya. Kucing memiliki naluri alami untuk selalu membersihkan diri dengan cara menjilati seluruh tubuh. Saat terkena lem, kucing akan gelisah karena kondisi bulu yang dirasanya kotor dan lengket. Si kucing pun pasti akan berusaha membersihkan lem yang menempel tersebut. Rata-rata produk lem tikus mengandung bahan kimia berbahaya sehingga tidak aman untuk kesehatan kucing.

Untuk antisipasi, kamu bisa memasangkan collar. Ini akan mencegah si kucing menjilati bulu yang terkena lem tikus. Pilih collar yang ukurannya pas dengan ukuran tubuhnya. Jangan terlalu kencang atau terlalu longgar supaya nyaman untuk dikenakan oleh si kucing. Bagaimana kalau tidak ada persediaan collar di rumah? Kamu bisa gunakan handuk atau kain bersih untuk membungkus tubuh kucingmu.

Jangan lupa, kamu juga perlu memantau reaksi tubuh si kucing. Ada kemungkinan sebelumnya si kucing sudah menjilati lem tikus yang menempel di bulunya. Kalau tidak ada reaksi aneh berarti kondisinya aman. Kamu bisa segera mulai membersihkan bulu si kucing.

Cara menghilangkan lem tikus di bulu kucing

Menghilangkan lem tikus dari bulu kucing bisa dibilang susah-susah gampang. Tingkat kesulitannya tergantung pada area tubuh mana, serta seberapa banyak bagian bulu yang terkena lem. Ada 4 cara yang biasanya saya pakai untuk menghilangkan lem tikus di bulu kucing. Pilih sesuai kondisi saja ya! Hehe.

1. Bersihkan dengan menggunakan minyak

Dilansir dari cuteness.com, minyak merupakan salah satu larutan teraman dan efektif untuk menghilangkan lem dari bulu kucing. Jenis minyak yang bisa digunakan ada bermacam-macam. Saya biasanya menggunakan salah satu dari minyak-minyak ini: minyak goreng, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak sayur, atau baby oil.

Apakah boleh memakai minyak kayu putih? Sebaiknya jangan! Saya pernah membaca di beberapa sumber, salah satunya WikiHow, bahwa kandungan pada minyak kayu putih memiliki efek toksik bagi kucing.

Nah, bagaimana cara penggunaan minyak untuk membersihkan lem tikus di bulu kucing? Pertama, gosokkan minyak ke bagian bulu yang terkena lem. Saat mengaplikasikan minyak, kamu juga bisa sembari memijat perlahan tubuh si kucing. Tujuannya supaya si kucing menjadi lebih santai dan tenang. Kemudian, diamkan dulu selama 10 – 15 menit supaya minyak meresap dan lem menjadi lunak.

Setelah didiamkan, coba lap perlahan dengan menggunakan kain bersih yang agak lembap untuk menarik lem yang menempel di bulu. Alternatif lain, kamu bisa menggunakan sisir. Sisir perlahan sampai lem terlepas dari bulu. Kalau masih terasa agak keras dan susah dibersihkan, jangan dipaksakan karena nanti justru akan membuat banyak bulu tercabut dari akarnya. Cukup oleskan kembali minyak dan coba ulangi membersihkannya.

Terakhir, kalau seluruh lem sudah berhasil dilepaskan dari bulu, bilas bagian bulu yang dibersihkan tadi dengan air hangat. Tujuannya untuk membersihkan sisa lem dan minyak yang masih tertinggal di bulunya. Gunakan shampo khusus kucing supaya hasilnya lebih bersih. Selain itu, ASPCA memang menyarankan untuk tidak menggunakan shampo manusia pada kucing. Kandungan pH pada shampo manusia bisa mengiritasi kulit kucing.

Bagaimana kalau tidak punya minyak? Kamu bisa coba menggunakan mentega atau selai kacang. Sebenarnya saya sendiri belum pernah mencobanya. Namun, beberapa teman pecinta kucing pernah membagikan pengalaman mereka membersihkan lem di bulu dengan kedua bahan ini. Kabarnya, mentega dan selai kacang cukup ampuh untuk menghilangkan lem di bulu kucing karena teksturnya yang berlemak.

2. Rendam bulu yang terkena lem dengan air sabun hangat

Cara berikutnya yang pernah saya coba dan terbukti ampuh adalah dengan merendam bagian bulu yang terkena lem tikus. Air yang digunakan adalah air hangat yang sudah dicampurkan dengan sedikit sabun cair. Air sabun hangat akan lebih cepat membuat lunak bulu-bulu yang mengeras karena terkena lem. Kalau sudah melunak, cobalah untuk menggosok-gosok bulu sampai semua lem terlepas.

Cara ini bisa digunakan kalau bulu yang terkena lem ada di bagian tubuh seperti kaki, ekor, bagian bawah perut, atau malah hampir di semua bagian tubuh si kucing. Namun, cara ini mungkin kurang nyaman untuk kucing. Kebanyakan kucing tidak suka tubuhnya terkena air. Pasti mereka akan berontak saat bagian tubuhnya direndamkan ke dalam air. Jadi, kalau menggunakan cara ini pastikan ada orang lain yang membantumu, ya.

3. Gunting bagian bulu yang terkena lem

Pada beberapa kondisi, kamu bisa saja tidak segera mengetahui saat kucingmu terkena lem tikus. Akibatnya, lem terlanjur mengeras dan sulit dibersihkan. Kalau ini yang terjadi, maka mau tidak mau bagian bulu yang terkena lem harus digunting.

Ah, itu sih gampang! Gunting doang, kan? Eitss, jangan salah. Menggunting bulu kucing yang terkena lem tidak semudah yang dibayangkan, lho. Saya pernah kesulitan menggunting bulu July yang terkena lem. Selain karena si July yang terus berontak, kondisi bulunya juga sudah lumayan kusut dan menggumpal. Kalau tidak berhati-hati, kulitnya bisa terluka. Saya akhirnya menggunakan sisir sebagai alat bantu. Sisir dimanfaatkan sebagai pembatas antara bulu dan kulit si kucing. Bulu yang terkena lem akan lebih aman dan mudah digunting dengan cara ini.

4. Bawa kucing ke layanan grooming

Saya sering mendengar keluhan begini dari beberapa teman: duh, saya sudah coba bersihkan sendiri, tapi kok lem yang menempel masih banyak, ya? Wah, saya tidak berani membersihkan sendiri, takutnya malah bulu kucing saya rontok.

Nah, kalau kamu juga punya keluhan yang sama, ada baiknya segera membawa kucingmu ke layanan grooming profesional. Kamu bisa kunjungi layanan grooming terpercaya di kotamu. Layanan grooming profesional sudah terlatih. Mereka memiliki alat dan cara terbaik untuk membersihkan lem tikus di bulu kucing.

Perhatikan hal ini saat menghilangkan lem tikus di bulu kucing

1. Jangan menggunakan larutan atau bahan kimia yang berbahaya

Membersihkan lem tikus yang menempel di bulu kucing perlu ekstra sabar. Jangan memilih jalan pintas dengan menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan si kucing. Misalnya seperti pengencer cat atau aseton. Beberapa bahan kimia memang mampu menghilangkan lem dengan cepat. Namun, bahan-bahan tersebut sangat keras dan justru berbahaya bagi kesehatan si kucing, terutama untuk bulu dan kulitnya.

2. Hati-hati kalau lem juga menempel sampai ke bagian kulit

Saat akan membersihkan lem tikus di bulu kucing, kamu perlu mengecek dengan teliti. Apakah ada lem yang juga menempel di kulitnya? Kalau iya, kamu perlu menghilangkannya dengan sangat hati-hati. Kulit kucing lumayan tipis dan sensitif. Cara terbaik untuk menghilangkan lem di kulitnya adalah dengan mengoleskan minyak sedikit demi sedikit dan pijat perlahan. Ulangi terus sampai seluruh lem bersih dari kulit si kucing.

3. Lakukan di ruangan tertutup

Saran saya, kalau kamu akan menghilangkan lem tikus dari bulu kucingmu, lakukanlah di ruangan tertutup yang tenang dan nyaman. Proses menghilangkan lem tikus pada bulu kucing tidak selalu bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Ada kemungkinan kucing menjadi stres dan berontak. Daripada si kucing ngambek dan kabur, maka lebih baik diantisipasi sebelumnya.

Kesimpulan

Nah, sudah paham, kan, cara menghilangkan lem tikus di bulu kucing? Tidak perlu panik! Pasangkan dulu collar atau bungkus dengan handuk supaya kucing tidak menjilati bagian bulu yang terkena lem. Kemudian, coba bersihkan dengan cara yang paling sesuai dengan kondisi bulu yang terkena lem. Kalau masih tidak bisa diatasi sendiri, bawa ke layanan grooming profesional. Jangan biarkan lem tikus menempel terlalu lama di bulu karena nantinya malah akan sulit dibersihkan. Selamat mencoba.

Baca lebih lanjut: Cara mudah membersihkan pup yang menempel di bulu kucing »