Home » Info Kucing » Cara Mengusir Kucing

10 Cara Mudah Mengusir Kucing Tanpa Menyakiti

cara mengusir kucing besar

Sudah mencoba berbagai cara mengusir kucing, tetapi tidak berhasil? Ingin tahu cara mengusir kucing tanpa menyakiti? Yes, kamu berada ditempat yang tepat.

Karena hari ini saya akan mengungkap rahasia cara mengusir kucing tanpa menyakitinya. Saya menggunakan teknik rahasia ini untuk menjauhkan kucing liar dari rumah. 100% working. Mau?

Let’s do this!

Ingin tahu bagaimana cara mengaplikasikannya? Let’s dive in!

1. Semprot Kucing dengan Pistol Air

cara-mengusir-kucing-dengan-pistol-air

Saya mengasumsikan kamu ingin mengusir kucing liar. Jadi, kamu butuh senjata untuk melawan mereka. Senjata ampuh yang mampu mengusir kucing liar tanpa menyakitinya adalah pistol air.

Kucing liar sangat benci dengan air. Jadi, apabila kamu memiliki senjata yang ditakuti kucing maka dia akan lari terbirit-birit.

Pistol air memiliki daya tembak yang kuat dan jangkauan yang jauh. Artinya, kamu dapat mengusir mengusir kucing kawin, kucing berkelahi dan kucing nakal. Kamu juga dapat mengusir kucing yang berada di atas pohon, di atap rumah maupun di kap mobil.

Berapa harga pistol air? Kamu dapat membeli pistol air di toko mainan ataupun melalui marketplace seharga 15.000-200.000. Semakin mahal harga pistol air, semakin kuat daya semprotnya.

Tips #1: Belilah pistol air yang memiliki daya tembak jauh. Jadi, saat ada kucing nakal kamu dapat menakut-nakutinya sampai lari terbirit-birit.

2. Menanam Tanaman yang Tidak Disukai Kucing

cara-mengusir-kucing-01

Kucing memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Pada indra penciuman kucing terdapat 200 juta saraf pendeteksi bau (odor-sensitive cells). Kamu dapat memanfaatkan kelebihan kucing sebagai senjata untuk mengusirnya.

  • Pertama. tanamlah tanaman yang mengeluarkan bau yang tidak disukai kucing. Misalnya: tanaman Citronella, Lemongrass, Eucalyptus, dan Lavender.
  • Kedua, letakkan tanaman pengusir kucing (cat repellant) di lokasi strategis. Jadi, kucing tidak akan mau ke sana lagi.
  • Ketiga, rawat tanaman pengusir kucing jangan sampai mati, layu ataupun rusak. Dengan demikian kucing liar akan pergi jauh dari area kekuasaan kamu.

Kok bisa? Iya, tentu bisa. Tanaman repellant akan mengeluarkan bau yang tidak disukai kucing. Jadi, kucing akan menjauh dan pergi.

Berapa harga tanaman pengusir kucing (cat repellant plant)?

Nama ProdukTempat BeliHarga Produk
Bibit Tanaman citronella untuk Dekorasi Taman TokopediaRp 81.800
Bibit Tanaman Serai/Sereh/Lemongrass TokopediaRp 20.000
Bibit Pohon Pelangi – Tanaman Hias Eucalyptus TokopediaRp 30.000
Bibit Bunga LavenderTokopediaRp 12.000

Oia, kamu juga harus membuang tanaman yang memancing kedatangan kucing. Misalnya: Cat Grass (Dactylis Glomerata), Catnip, Catmint, Valerian & seluruh keluarga tanaman mint. Tanaman ini memiliki bau yang menarik kehadiran kucing.

Tips #2: Letakkan tanaman pengusir kucing pada lokasi yang tepat. Misal: area yang sering dipakai kucing liar untuk BAB dan kencing. Solusi ini 100% working untuk mengusir kucing liar.

3. Membuat Suara Bising yang Membuat Kucing Takut

cara-mengusir-kucing-02

Saya mendapatkan ide ini secara tidak sengaja. Saat itu dirumah tetangga sedang ada hajatan. Di sana menyalakan sound sistem yang agak bising. Kucing saya menjadi sangat gelisah dan berlari menjauh. Saat saya pegang, dadanya berdentum kencang.

Saya berasumsi bahwa telinga kucing yang sensitif, tidak menyukai kebisingan. Jadi, kamu dapat memanfaatkan kelemahan tersebut.

Bagaimana cara membuat suara bising agar kucing takut?

  • Pertama, ambil sapu lidi dan pukul-pukulkan di dinding atau dilantai. Kucing akan kaget mendengar suara ratusan lidi bertumbukan dengan lantai. Dia akan mulai merasa terancam, takut dan lalu kabur.
  • Kedua, ambillah batu dan lempar ke area sekitar kucing. Jangan dikenakan tubuhnya. Kamu hanya menakut-nakutinya saja. Lempar 3-5 buah baru agar menimbulkan suara bising. Kucing akan merasa dirinya dalam bahaya dan akhirnya kabur.

Mudah, bukan?

Tips #3: Teknik membuat kebisingan ini jangan terlalu sering kamu pakai. Karena kucing memiliki kecerdasan untuk mengingat.

4. Hilangkan Sumber Makanan Kucing

cara-mengusir-kucing-03

Ada 3 penyebab kucing liar mendatangi rumah kamu:

  1. Kamu memiliki kucing betina yang sedang birahi.
  2. Kamu memiliki kebun yang nyaman untuk berteduh, BAB & kencing.
  3. Kamu memiliki sumber makanan kucing, seperti: makanan sisa, tulang, & tempat sampah.

Okay, di sini saya hanya membahas poin no. 3. Jika kamu ingin mengusir kucing, kamu harus menghilangkan sumber makanannya. jadi, dia tidak lagi berkeliaran di rumah.

Make sense?

Cara menghilangkan sumber makanan kucing cukup mudah. Kamu tutup saja semua akses menuju dapur dan tutup semua tempat sampah. Pastikan tidak ada sisa makanan yang bisa dimakan oleh kucing. Jika kamu disiplin, kucing tidak akan lagi datang ke rumahmu.

Tips #4: Jangan membuang sisa makanan sembarang. itu akan menarik kucing liar yang kelaparan. beli tempat sampah yang bisa ditutup rapat dan tutup akses menuju dapur.

5. Datangkan Hewan Predator yang Ditakuti oleh Kucing

cara-mengusir-kucing-04

Kucing kadang tidak takut dengan manusia. Akan tetapi dia takut dengan anjing dan hewan pemangsa. Hewan predator memiliki auman dan aura yang menakutkan. Hanya mencium bau keringatnya saja kucing akan bersembunyi dan ketakutan.

Kamu dapat mendatangkan atau memelihara salah satu hewan yang ditakuti kucing. Misalnya: Anjing. Dijamin deh, kucing tidak lagi datang ke tempat kamu. Apalagi anjing tersebut sudah dilatih untuk mengejar kucing, wah bisa terkencing-kencing kucing itu.

Tips #5: Pastikan hewan yang kamu pakai telah jinak. Jangan membawa hewan buas yang malah mencelakakan keluarga kamu.

6. Pasang Alar Pengusir Kucing, Seperti: Ultrasonic cat repellent, Gel/spray cat reppellent.

cara-mengusir-kucing-05

Ledakan populasi kucing liar telah meresahkan masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa industri teknologi menciptakan alat pengusir kucing. Kenapa kucing perlu diusir?

  1. Kucing liar tidak pernah divaksin. Jadi, dia bisa menjadi media penularan penyakit menular yang berbahaya.
  2. Kucing jalanan susah diatur dan sering membuat keributan. Misal: berkelahi diatas atap, plafon, internit. Kencing dan BAB sembarangan.
  3. Kucing liar sering merusak tanaman, perabotan dan bahkan mencuri makanan.

Itulah alasan beberapa orang mengusir kucing. Bukan karena mereka tidak lucu, tapi karena orang tersebut terganggu dengan keberadaan kucing.

Saya akan menjelaskan satu per satu alat pengusir kucing di atas.

1. Ultrasonic Cat Repellant

Sistem kerja ultrasonic cat repellant adalah mengeluarkan gelombang ultrasonik yang mengganggu pendengaran kucing. Gelombang ini memiliki frekuensi yang sangat tinggi. Di mana hanya terdengar oleh telinga kucing dan tidak terdengar oleh telinga manusia.

Nama GelombangFrekuensi
Gelombang infrasonik<20 Hz
Gelombang normal yang bisa di dengar manusia 20 Hz – 20.000 Hz
Gelombang Ultrasonik> 20.000 Hz

Belilah ultrasonc cat repellant yang memiliki sensor getaran. Jadi, alat pengusir kucing hanya akan berbunyi saat ada tanda-tanda kucing disekitarnya. Dengan demikian, kamu lebih hemat baterai.

Di mana tempat memasang alat pengusir kucing yang baik? Kamu dapat menaruhnya di tempat yang sering dipakai kencing/BAB. Di atap plafon kamar kamu. Dan di area dekat kap mobil.

Rekomendasi Ultrasonic Cat Repellant

Nama ProdukHarga Produk
Clever sprouts Cat Repellent Rp 325.000
Advanced Ultrasonic Cat Scarer Repeller Rp 269.000
Humutan Ultrasonic Cat Repellent, Solar Powered and Waterproof PIR Sensor Repeller for Cats Rp 283.000

2. Gel Cat Repellant (Produk Bau Pengusir Kucing)

Gel cat repellant adalah senyawa kimia yang diramu khusus untuk mengusir kucing. Produk bau pengusir kucing ini berbentuk gel siap pakai. Kamu tinggal mengoleskan gel cat repellant pada tempat yang ingin kamu lindungi. Misal:

  1. Sofa.
  2. Jok motor.
  3. Jok mobil.
  4. Furnitur.
  5. Karpet.
  6. Kasur.
  7. Kap mobil.
  8. Bagian atas plafon.
  9. Bagian atas pohon kesukaan kamu.

Bagaimana cara gel cat repellant mengusir kucing?

Gel cat repellant terbuat dari ramuan essensial oil yang tidak disukai kucing. Saat dia dioleskan pada benda, benda tersebut akan diselimuti bau yang dibenci kucing. Jadi, kucing akan pergi menjauh dan tidak datang lagi.

Apakah aroma produk bau pengusir kucing gel cat repellant tidak enak?

Ya, tidak enak bagi kucing. Tapi wangi bagi manusia. Karena komposisi dari cat repellant adalah minyak atsiri.

Rekomendasi Produk Bau Pengusir Kucing Gel Cat Repellant

Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Produk
Alat Pengusir Kucing Gocat Kemasan Ekonomis Mengandung essensial oil yang dibenci kucing namun harum bagi manusia.
Memiliki ketahanan hingga 3 hari.
Harganya murah.
Rp 35.000
Bye Bye Cat, pengusir kucing/ccat repellent Harga murah.
Memiliki ketahanan hingga 4 hari.
Sangat efektif untuk mengusir kucing bandel.
Rp 35.000
Daiso Cat Repellent / Pengusir Kucing Produk terbukti ampuh mengusir kucing.
Repellant berbentuk block.
Mampu bertahan hingga 60 hari.
Harga sangat bersahabat.
Rp 45.000

3. Spray Cat Repellant

Spray car repellent adalah model cair dari produk bau pengusir kucing gel cat repellant. Cara penggunaannya lebih praktis, karena hanya tinggal semprot saja. Kelebihan model spray adalah kamu dapat menjangkau area sempit. Misal: bagian atas plafon, bagian kap mobil, sudut rumah yang sempit.

Berapa investasi yang perlu saya keluarkan untuk memiliki spray cat repellant? Harga spray cat repellant sekitar 50.000. Kamu dapat membelinya di tokopedia.

Rekomendasi Produk Bau Pengusir kucing Spray Cat Repellant

Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Produk
Gocat Spray Pengusir KucingMemiliki kapasitas besar, yaitu 100 ml.
Daya semprot jauh.
Harga relatif murah.
Rp 50.000
Bye-bye Cat SprayMemiliki kapasitas besar, yaitu 100 ml.
Daya semprot jauh.
Harga relatif murah.
Rp 50.000
Cat Guard Pro Pet Safe Furniture Cat Repellent Memiliki senyawa kimia yang ditakuti kucing.
Mampu mengusir kucing dengan cepat.
100% working.
Rp 184.000

Tips #6: Belilah produk cat repellent yang dapat bertahan lama dan memiliki reputasi baik.

7. Memasang Wewangian yang Tidak Disukai Kucing

Cairan pengusir kucing diy

Kamu juga bisa membuat cairan pengusir sendiri dirumah. Ingin tahu bagaimana cara meraciknya?

Ramuan #1: Essensial Oil Cat Spray

  • Minyak esensial lemon dua tetes.
  • Dua tetes minyak atsiri jeruk.
  • Minyak esensial lavender dua tetes.
  • Dua ons air.

CATATAN: Campurkan semua resep ke dalam botol semprot dan kocok sebelum digunakan.

RAMUAN #2: Citrus Cat Repellent

  • Satu cangkir kulit jeruk.
  • Dua sendok teh jus lemon.
  • Beberapa tetes sabun cuci piring beraroma lemon.

CATATAN: Giling kulit jeruk dalam food processor atau blender dan aduk sampai rata. Taburkan di halaman atau kebun untuk mengusir kucing.

Ramuan #3: Vinegar Cat Repellent

  • Satu cangkir cuka.
  • Satu gelas air.
  • Beberapa tetes sabun tangan cair.

CATATAN: Aduk sampai rata dan semprotkan.

Ramuan #4: Garlic Cat Repellent

  • Satu siung bawang putih dihancurkan.
  • Satu sendok teh lada hitam.
  • Satu sendok teh kayu manis.
  • Satu sendok teh bubuk mustard kering.
  • Minyak esensial lemon empat tetes.
  • Satu gelas air.

CATATAN: Kocok semua bahan secara bersamaan sampai tercampur. Dan pakai dengan cara disemprotkan.

Tips #7: Selain menggunakan produk pengusir kucing komersial, ada cara diy. Kamu hanya perlu mengais-hais bumbu daput di rumah kamu dan menciptakan cat repellent spray sendiri.

8. Menghilangkan Tempat Tinggal Kucing (Shelter)

cara-mengusir-kucing-07

Kucing yang sering datang ke rumah kamu, menganggap rumah kamu aman dan nyaman untuk ditinggali. Mereka biasanya menemukan tempat berlindung. Pada kasus terburuk, semua anak kucing akan dipindahkan ke tempat tersebut.

Bagaimana cara mengusir kucing tanpa melukainya?

  • Pertama, hilangkan sumber makanannya.
  • Kedua, hancurkan tempat tinggalnya.

Jika kamu melakukan kedua hal itu, satu keluarga kucing akan pergi. Karena mereka sudah tidak aman dan tidak nyaman. Ini termasuk tindakan buruh sih. Tapi biasanya berhasil mengusir kucing.

Tips #8: Pastikan kamu membersihkan semua tempat yang berpotensi menjadi rumah kucing. Jangan kasih peluang membangun rumah di sekitar tempat tinggalmu.

9. Memasang Pagar Anti Kucing

pagar anti kucing

Kebun bunga kamu selalu menjadi incaran kucing liar untuk kencing dan berak sembarangan? Saatnya membangun pagar anti kucing.

  • Pertama, kamu bisa membangun pagar dengan kawat listrik. Jadi, jika ada kucing yang melewatinya akan tersetrum.
  • Kedua, kamu membangun pagar yang tidak bisa dipanjat oleh kucing. Jadi, kamu membangun pagar yang tinggi & memberi duri untuk menghalangi kucing masuk.

Tips #9: Kucing itu hewan cerdas dan perusak. Jadi, carilah material yang kuat dan kokoh sehingga pagar kamu tahan lama.

10. Jebak, Tangkap & Buang yang Jauh

cara menjebak kucing

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menangkap kucing si biang kerok. Jadi, idenya gini, karena kucing tidak bisa diusir dengan cara baik-baik. Kamu harus menangkapnya dan membuangnya.

Kamu dapat menjebaknya dengan perangkap & makanan. Kucing liar yang kelaparan pasti akan mudah sekali di jebak. Pastikan saat menangkap kucing kamu memakai sarung tangan. Karena kemungkinan besar kucing pasti berontak.

Ada 2 pilihan setelah kamu menangkap kucing:

  • Pertama, kamu pakai cara TNR (trap-neuter-release). Jadi, kamu tangkap, terus di kebiri, baru dilepas ke tempat yang berbeda.
  • Kedua, kamu tangkap kucing nakal itu, selanjutnya kamu buang jauh-jauh dihutan.

Kucing yang dibuang sering bisa balik lagi dan melakukan balas dendam. Jadi, kamu harus membuangnya dengan hati-hati.

Kenapa kucing yang dibuang bisa pulang lagi? Ya, karena kucing memiliki daya penciuman yang sangat tajam. Akan tetapi, kucing tidak dapat mengingat bau dalam waktu lama.

Jadi, ide dasarnya, sebelum kucing kamu buang, kamu kacaukan kemampuan penciumannya.

Kamu bisa mengolesi area hidung kucing dengan minyak gosok/minyak tanah/lotion. Semakin bau yang kamu olehkan tahan lama, semakin kacau penciuman kucing.

Selanjutnya, kucing kamu masukkan karung dan buang ditempat yang jauh. Misal: hutan, gunung atau perkebunan.

Tips #10: Untuk menjebak kucing, pastikan kamu membuat perangkap yang kuat. Karena kucing liar memiliki kekuatan yang sangat kuat.

Bonus

Cara Mengusir Kucing dengan Botol Air

cara mengusir kucing dengan botol air

Saat saya menulis artikel ini, banyak artikel menyarankan cara mengusir kucing dengan botol air. Pertama saya bingung, emangnya bisa ya?

Begini caranya:

  • Pertama, kamu kelupas semua label botol air mineral. Biarkan botol dalam kondisi polos.
  • Kedua, isi botol dengan air bersih.
  • Ketiga, tempatkan botol berjejer ditempat yang sering dilalui kucing. Tujuannya adalah memasang penghalang agar kucing tidak menjamah area tersebut.
  • Keempat, kasih pencahayaan agar botol memantulkan cahaya berkilau.

Mitosnya teknik ini berasal dari jepang. Dan katanya cara ini ampuh untuk mengusir kucing. Tapi, apakah itu benar?

Saya mengetes metode ini pada kucing saya. Selama beberapa kali percobaan. Dan hasilnya…

…NIHIL. Tidak ada efek seperti yang dimitoskan.

Youtuber Kenny Teeologi juga melakukan eksperimen tentang mitos ini. Kamu dapat melihat video detalnya di sini. Dari video Kenny tersebut, kamu dapat melihat bahwa botol air tidak mampu mengusir kucing.

Teori pantulan bayangan kucing dan refleksi cahaya oleh air ternyata tidak membuat kucing takut. Jadi, menurut saya, cara mengusir kucing dengan botol air itu tidak bekerja. Myth busted.

Cara Mengusir Kucing di Kap Mobil

cara mengusir kucing di cap mobil

Ada 3 kemungkinan kenapa kucing senang bersembunyi di kap mobil:

1. Kucing mengejar tikus

Tikus sering menjadikan kap mobil sebagai tempat bersembunyi. Kondisi suhu kap mobil yang hangat membuat tikus betah berlama-lama. Kucing yang mengetahui bau tikus akan mencari keberaannya. Akibatnya, kucing juga ikut masuk ke kap mobil.

2. Kucing Mencari Tempat Hangat

Biarpun kucing merupakan hewan berbulu. Tapi kucing juga dapat merasa kedinginan saat musim hujan. Naluri mencari tempat hangat tersebut membawa kucing ke kap mobil.

Mobil yang masuk garasi pada malam hari adalah favorit kucing. Suhu kap mobil yang hangat dan ruangan yang tidak terkena angin membuat kucing betah.

3. Kucing Ingin Tahu

Kucing memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal baru. Saat kucing mengejar tikus di area mobil, dia akan menadai tempat tersebut. Selanjutnya, saat santai, kucing bermain-main di sana. Bau oli, bau roda, bau radiator membuat kucing semakin penasaran.

Akibatnya, kucing tersangkut di kap mobil. Kucing mati di dalam kap mobil. Kucing terjebak di kap mobil. Dasar si kucing. Kamu kena batunya, kan!

Bagamana cara mudah mengusir kucing di cap mobil?

Kamu dapat menggunakan combo ultrasonic cat repellent & gel cat repellent.

  • Pertama, beli ultrasonic cat repellent yang memiliki radius luas. Selanjutnya, pasang di tempat parkir mobil. Alat pengusir kucing ini akan mendeteksi kedatangan kucing melalui sensor getaran. Setelah itu, alat akan mengeluarkan bunyi ultrasonic untuk mengusir kucing.
  • Kedua, tempelkan gel cat repellent berbentuk block pada kap mobil. Pastikan kamu beli yang mahal, tahan panas dan memiliki daya tahan lama. Gel akan mengeluarkan aroma yang tidak disukai kucing. Jadi, kucing tidak beratah berlama-lama di kap mobil.
  • ketiga, selalu periksa kap mobil sebelum berpergian. Jika kamu menemukan kucing, segera ambil dan karantina kucing tersebut. Hehehe.

Setiap alat memiliki batas pemakaian. Jadi, kamu juga harus sering-sering mengontrol kinerja dari alat pengusir kucing yang kamu pasang. Jika ternyata kucing kamu punya kebiasaan masuk ke kap mobil, kamu perlu mendisiplinkannya. Kamu harus melatih kucing agar nurut perintah kamu.

>>>>Klik di sini untuk mengetahui cara melatih kucing agar mengerti bahasa manusia.

Cara Mengusir Kucing di Atas Plafon

Tidakkah menjengkelkan jika kucing berisik di malam hari? Dia ribut diatas plafon kamar kamu sehingga mengganggu waktu istirahat berhargamu. Pasti kamu sangat emosi karena hal tersebut.

Ada 3 penyebab kucing senang bermain di atas plafon.

  1. Kucing sedang mengejar tikus.
  2. Kucing mau kawin.
  3. Kucing mencari tempat untuk tidur.

Apapun alasannya, kucing berada di atas plafon itu sangat mengganggu.

Bagaimana cara mudah mengusir kucing di atas plafon?

Kamu dapat menggunakan combo ultrasonic cat repellent & gel cat repellent.

  • Pertama, beli ultrasonic cat repellent yang memiliki radius luas.
  • Kedua, saat kucing mulai berisik di atas plafon, segera nyalakan ultrasonic cat repellent. Arahkan gelombang ultrasonic ke lokasi kucing. Kamu tidak akan mendengar suara apapun. Akan tetapi, kucing akan lari tunggang langgang.
  • Ketiga, jika kamu bisa mengakses bagian atas plafon, pasangkan gel cat repellent. Kamu harus membeli gel yang memiliki daya tahan lama. Jadi, kamu tidak perlu terlalu sering mengganti gelnya.
  • Terakhir, selalu ganti gel cat repellent secara teratur sampai kucing sudah kapok main di atas plafon.

Saya sarankan kamu membeli alat pengusir kucing yang memiliki jangkauan luas. Kadang kucing yang diusir hanya bersembunyi di pojok atas plafon.

Kesimpulan

Kucing yang bertindak seenaknya sendiri memang menjengkelkan. Apalagi saat mereka berkelahi atau saat musim kawin. Haduhhh, bisa-bisa kamu tidak tidur semaleman. Tapi tenang, saya sudah membagikan 10 cara mudah mengusir kucing.

Teknik mana yang akan kamu coba lebih dahulu? Tulis pengalaman kamu dikolom komentar. Kalau teknik yang saya suka adalah kombinasi ini:

  1. Ultrasonic Cat Repellent: Untuk mengusir kucing yang berada di atas plafon atau tempat yang sulit dijangkau.
  2. Gel Cat Repellent: Untuk mencegah kucing kembali ke rumah kita.
  3. Menghilangkan sumber makanan: Untuk memaksa kucing pindah tempat.

Kadang, satu teknik tidak cukup kuat untuk mengusir kucing. Jadi, tidak ada salahnya kamu mengkombinasikannya.

Jika kamu suka dengan artikel seperti ini, share ke teman-teman kamu ya. Nanti, saya akan semakin semangat meng-update info menarik seputar kucing lainnya.

Tinggalkan komentar