Home » Info Kucing » Cara Menjinakkan Kucing

Cara Menjinakkan Kucing

| | Category

Pada hakikatnya, kucing adalah hewan karnivora yang hidup liar di alam bebas. Akan tetapi, kucing tidak memiliki sifat buas yang berlebih. Jadi, dia mudah untuk dijinakkan. Bagaimana cara menjinakkan kucing dengan benar?

Untuk dapat menjinakkan kucing kmu perlu melewati 3 tahap penting:

  1. Proses adaptasi. Jadi, kamu harus membuat kucing beradaptasi dengan lingkungan rumahmu.
  2. Menanamkan rasa aman dan nyaman. Artinya, kamu harus bersikap lembut dan jangan membentak. Biarkan kucing mempercayaimu secara perlahan. Jadi, dia akan merasa nyaman berada di sekitarmu.
  3. Memberi kasih sayang. Maksudnya gini, Kamu manjakan dia dan dia akan manja kepadamu. Hukum asosiasinya tepat, bukan? Pertama, kamu pelajari kebutuhan utama kucing berdasarkan jenis ras kucing. Kedua, kasih perlakuan spesial kepada kucing tersebut. Ketiga, beri makanan enak.

Secara singkat, proses menjinakkan kucing seperti itu. Teknik tersebut dapat dipakai untuk menjinakkan kucing galak, kucing penakut, dan kucing liar. Bagaimana cara menjinakkan kucing yang baru di adopsi? Sama, saja. Prosesnya seperti itu.

Kamu perlu pelan-pelan menjinakkan mereka. Setelah itu, kamu bisa melatih kucing agar cerdas, jinak dan penurut. Saya telah menulis panduan lengkap cara melatih kucing. .Silakan dipelajari.

>>> klik di sini untuk belajar cara melatih kucing menggunakan metode clicker training.

Cara Menjinakkan Kucing yang Baru Beli

Kucing yang baru kamu beli atau baru kamu adopsi terlihat gelisah saat dibawa pulang. Itu hal yang wajar. Kucing perlu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Ada tiga respon kucing baru dengan tempat tinggal barunya:

  1. Kucing menjadi penakut.
  2. Kucing menjadi galak.
  3. Kucing menjadi suka menggigit.
  4. Kucing menjadi liar.

Itu adalah respon alamiah kucing saat dipindahkan habitat. Biasanya hanya butuh beberapa hari untuk adaptasi. Saya akan membagikan pengalaman saya untuk menjinakkan kucing baru agar jadi jinak dan penurut.

Kucing mengenali majikannya dan rumahnya melalui bau. Ketika kamu membeli kucing baru, kamu akan dianggap orang asing olehnya. Secara alamiah, kucing akan melindungi diri dan tidak mau disentuh. itu hal wajar, mengingat kucing belum mengenalmu.

Lakukanlah pendekatan terlebih dulu. Kasih umpan makanan enak seperti snack kucing meo cream. Biarkan kucing akrab dengan bau tubuhmu. Jangan berusaha memegangnya dengan tangan. Cukup kasih makan enak dan perhatian. Ketika kucing sudah mengenal maka mereka akan lengket dan minta untuk dimanja.

Ada kalanya, kamu mendapatkan kucing galak dan susah dijinakkan. Jangan takut, kamu tetap bisa menjinakkannya.

Kamu perlu memahami seni merawat kucing. Pelajari perilaku dan insting natural yang dimiliki kucing. Saya akan mengulas beberapa cara menjinakan kucing galak, kucing penakut, dan agresif. Berikut beberapa tips yang dapat kamu coba.

11 Tips Cara Menjinakkan Kucing Penakut, Galak, dan Agresif

Penakut, galak, dan agresif merupakan respon dari kucing ketika belum mengenal majinaknnya. Sikap tersebut akan terjadi selama dirinya masih beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang baru. Hal tersebut akan berangsur-angsur menghilang ketika kucing sudah percaya kepada majikannya. Berikut adalah beberapa tips cara menjinakkan kucing yang bisa kamu pelajari.

1. Amati Kebiasaan kucing

amati kebiasaan kucing

Kucing penakut, kucing galak dan kucing baru adopsi selalu menjauh dari manusia saat pertama kali. Tips cara menjinakkan kucing yang pertama adalah mengamati perilaku kucing dari jarak jauh.

Kamu akan melihat perilaku kucing saat makan, saat bersembunyi dan cara dia berinteraksi. Biarkan saja seperti itu dulu. Biar dia beradaptasi dan nyaman dengan tempat barunya.

Kucing penakut, galak, dan agresif akan sangat sensitif ketika didekati oleh manusia. Jadi, biarkan dia tenang dan nyaman dengan lingkungan barunya.

Kamu dapat mengetahui perasaan kucing dengan mempelajari tingkah lakunya. Perhatikan secara cermat ekspresi kucing. Ciri-ciri ekspresi kucing yang sedang stress:

  1. Kucing cenderung membungkukan tubuhnya.
  2. Telinga kucing melebar
  3. Mata kucing membesar.
  4. Kucing sering mengeong dengan suara keras tanpa sebab.
  5. Kucing kehilangan nafsu makan.

Kondisi demikian haruslah kamu sadari. Sebaiknya hindarilah kontak ketika kamu mendeteksi gejala tersebut.

2. Pelajari Bahasa Tubuh Kucing

pelajari bahasa tubuh kucing

Kucing merupakan hewan yang mudah dijinakkan secara cepat. Namun untuk menjinakkanya kamu harus mengambil hatinya terlebih dahulu. Cara yang pertama yaitu pelajari bahasa kucing.

Bahasa Tubuh kucing:

  1. Kucing bersuara “meow” pelan saat bertemu dengan kamu, artinya dia memberi salam.
  2. Kucing rebahan di lantai sambil melihat kamu beraktivitas, artinya dia sedang santai.
  3. Kucing berguling-guling dilantai tanpa sebab yang jelas, artinya dia birahi.

Mempelajari tingkah laku kucing akan berguna untuk mengetahui tentang kondisi yang di alami kucing. Kucing yang ketakutan dapat terlihat dari ciri-ciri pupil yang membesar. Ketika mereka ketakutan maka hindarilah untuk berinteraksi.

mengetahui tentang kondisi yang di alami kucing. Kucing yang ketakutan dapat terlihat dari ciri-ciri pupil yang membesar. Ketika mereka ketakutan maka hindarilah untuk berinteraksi.

Berikanlah waktu untuk kucing menyendiri dan beradaptasi dengan lingkungan. Semakin kamu paham bahasa tubuh kucing, semakin mudah kamu menyesuaikan diri dengannya.

Memperlajari bahasa tubuh kucing akan mempermudah kamu dalam proses menjinakkan kucing. Kucing galak, penakut, dan agresif memiliki bahasa tubuh tertentu yang dapat dipelajari.

3. Jaga Jarak

Jagalah jarak agar kucing tidak terlalu terintimidasi

Salah satu cara menjinakan kucing penakut adalah dengan menjaga jarak. Kucing yang penakut akan selalu kabur dan berlari ketika bertemu dengan manusia. Oleh sebab itu amatilah tingkah lakuknya dari jarak jauh untuk mencegah stress dari kucing yang diperlihara. Berikanlah waktu untuknya beradaptasi dengan lingkungan baru.

Hal tersebut juga berlaku untuk kucing galak dan agresif. Perbedaan kucing penakut dan galak hanya pada respon. Ketika kucing penakut kabur maka kucing galak akan melawan dan mencakar. Namun pada hakikatnya, itu adalah respon ketidaknyamanan mereka. Jagalah jarakmu dan amatilah perilakunya dari jauh.

4. Perlakukan dengan Lembut

perlakukan kucing dengan lembut dan penuh kasih sayang

Umumnya kucing akan lebih tenang ketika sudah berada beberapa jam di ruangan baru. Ciri-ciri kucing yang sudah merasa nyaman di lingkungan baru:

  • Gerakanya tidak agresif.
  • Tidak bergumam.
  • Tidak takut terhadap manusia

Saat itulah kamu dapat berinteraksi dengan kucing. Ajaklah berinteraksi dengan berbicara secara lembut. Tunjukan ekspresi terbaik kamu untuk memberikan rasa nyaman pada kucingmu.

Ucapkanlah kata “pus” atau sebut namanya untuk memancing respon dari kucing. Ketika kucing mendekat maka kucing sudah merasa aman dan nyaman berada di rumah kamu.

5. Hindari Saling Beradu Pandang

hindari saling beradu pandang agar kucing tidak merasa diawasi

Kucing yang galak dan agresif akan merasa tertantang ketika kamu menatap wajahnya. Menatap mata secara terus menerus dalam durasi yang lama bisa memancing emosi. Mereka akan membalas pandangan dan seolah-olah mengajak bertarung.

Hal tersebut akan membuat kucing merasa marah dan makin menjauhi dari kamu. Oleh sebab itu, hal tersebut harus kamu hindari.

6. Berikan Rasa Aman Kepada Kucingmu

berikan rasa aman terhadap kucing

Kucing membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. Berikanlah rasa nyaman terhadapnya guna mempercepat adaptasinya. Jangalah mengeluarkan suara keras dan seolah olah membentak. Hal itu akan menakuti kucing dan membuatnya menjauh.

Selain itu, sebaiknya juga hindari benda-benda yang dapat menakuti kucing. Misalnya: sapu, lidi, gagang pel, dan sebagainya. Semakin kucing stress dan takut, semakin lama proses adaptasi kucing. Kucing juga akan membenci manusia dan menjauhinya.

Buatlah suasana aman dan nyaman untuk kucing kamu.

7. Hindari Memainkan Ekor Kucing

jangan memainkan ekor kucing

Salah satu bagian yang cukup sensitif dari kucing yaitu ekornya. Ekor kucing memiliki sensitifitas yang lebih dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Kucing akan marah dan tidak segan mencakar saat dimainkan ekornya. Oleh sebab itu, hindari memainkan ekor kucing.

8. Berikan Rumah yang Nyaman

berikan rumah kucing yang nyaman

Kucing membutuhkan tempat berlindung. Kamu dapat membuatkan rumah kucing dari kardus ataupun membelikannya di online shop. Banyak kok yang jual rumah kucing yang bagus.

Rumah kucing dapat dipakai kucing untuk bersembunyi, tidur dan bermain. Kucing akan sangat senang saat memiliki rumah pribadi. Dia akan senang berlama-lama di sana.

Pastikan rumah yang kamu berikan nyaman. Sediakan ventilasi yang cukup agar sirkulasi udara lancar. Sediakan pula makanan dan minuman yang didekatnya agar mereka semakin nyaman dan senang.

9. Kenalkan dengan Aroma Manusia

kenalkan dengan aroma manusia

Seringkali kucing takut dengan manusia karena masih asing dengan manusia. Kucing menandai majikannya melalui baunya. Jika kucing kamu sudah tidak takut dan tidak galak, cobalah menggendongnya. Biarkan kucing membau tubuhmu.

Semakin dia nyaman, semakin mudah kucing mengingat majikannya. Kamu juga dapat meletakkan pakaian maupun selimut bekas di kandang kucing. Biarkanlah kucing mengendus benda tersebut. Hal tersebut akan membantu kucing untuk lebih akrab dengan manusia.

10. Berikan Makan dan Minum secara Teratur

cara menjinakkan kucing 10

Kucing membutuhkan makanan dan minuman untuk dapat bertahan hidup. Manfaatkanlah hal tersebut untuk mendekatkan diri dengan kucing. Saya biasanya menggunakan snack kucing Meo Cream. Snack kucing ini sangat mudah membuat kucing ketagihan.

Panggilah kucing dengan memberikan makanan. Ketika kucing lapar maka kucing akan datang kepada kamu. Sentuhlah dengan lembut. Bangun interaksi dengan baik.

Ketika kucing sudah merasa nyaman maka mereka akan mudah untuk didekati. Bahkan ketika kita melintas, kucing akan mendekati dan minta dimanja. Oleh sebab itu, penuhilah kebutuhanya dan rawatlah dengan penuh kasih sayang. Lama-kelamaan kucing akan menjadi jinak dan penurut.

11. Ajaklah Bermain

cara menjinakkan kucing 11

Untuk membuat kucing lebih jinak dengan kamu, sempatkanlah untuk bermain dengannya. Belilah beberapa mainan kucing, misal:

  1. Cat teaser.
  2. Bola rajut.
  3. Robot tikus.

Saya sudah menuliskan tips membeli mainan yang di sukai kucing di sini.

>>> klik di sini untuk mengetahu 17 tips membeli mainan kucing.

Silakan dipelajari. Klik di sini untuk melihat berbagai mainan kucing terbaru 2019.

Kucing yang senang dengan mainan yang kamu berikan, akan berinteraksi dengan energik. Bermain akan menjalin kedekatan antara pemilik kucing dan kucing secara intens. jadi, ajaklah kucing bermain secara rutin ya.

Fakta membuktikan, kucing yang sering diajak main akan lebih jinak. Hal ini dikarenakan kucing merasa senang dekat dengan kamu. Jadi, dia menjadi penurut dan mudah untuk dilatih. Kamu dapat melatih kucing sambil bermain.

CATATAN: Jangan pernah mengajak bermain kucing dengan tangan atau kaki. Biasakan menggunakan mainan. Hal ini untuk melatih kucing agar tidak menyerang manusia.

Kesimpulan

Cara menjinakkan kucing yang baik dan benar dilakukan dengan pengenalan terlebih dahulu. Mirip seperti orang taaruf. Hal itu dilakukan guna memberikan waktu pada kucing untuk mengenal majinaknya. Pemaksaan akan berakibat fatal. Hal itu akan membuat kucing semakin liar dan akan trauma ketika bertemu dengan manusia. 

Apakah kamu suka dengan tips diartikel ini? Jangan lupa share ke teman-teman kamu ua. Jadi, saya akan semakin bersemangat memproduksi konten yang berkualitas.

Akhir kata, jika ada info tentang cara menjinakkan kucing yang saya lewatkan, tolong ingatkan saya melalui kolom komentar. Klik subscribe pada lonceng dipojok kanan bawah ya. Subscribe iut gratis. Dan kamu akan selalu mendapatkan notifikasi artikel tentang dunia kucing dari goldenmaze.net.

Tinggalkan komentar