Home » Grooming Kucing

Grooming kucing: panduan lengkap & praktis untuk pemula

Ini adalah ulasan lengkap tentang grooming kucing.

Kamu akan belajar:

  • Apa itu grooming kucing?
  • Manfaat grooming untuk kucing.
  • Peralatan untuk grooming kucing.
  • Cara melakukan grooming kucing sendiri.
  • Harga grooming kucing di salon kucing.

Jika kamu mencari panduan lengkap tentang grooming kucing untuk pemula, kamu pasti menyukai panduan ini.

Mulai tertarik? Yuk, kita cari tahu.

Apa itu grooming kucing?

Grooming kucing adalah serangkaian prosedur perawatan tubuh kucing yang bertujuan untuk menjaga penampilan dan kesehatan kucing. Grooming kucing biasanya dilakukan dalam rangka perawatan kuku, bulu, kulit, hingga telinga kucing.

Apa manfaat dari grooming kucing?

Ada beberapa manfaat dari grooming kucing bagi kucing. Mulai dari mencegah permasalahan hairballs, melindungi kucing dari serangan kutu hingga meningkatkan kedekatan emosional antara kucing dan manusia. Untuk lebih jelasnya, berikut 10 manfaat grooming kucing menurut goldenmaze.net:

  1. Mengurangi permasalahan hairballs1.
  2. Melindungi kucing dari serangan kutu dan parasit.
  3. Mendeteksi lebih dini benjolan penyakit yang tidak terlihat.
  4. Mencegah bulu terbelit.
  5. Mengurangi bahaya cakar kucing yang tajam2.
  6. Meningkatkan kesehatan kucing secara menyeluruh.
  7. Mengurangi bulu-bulu yang beterbangan yang menyebabkan alergi pada sebagian orang.
  8. Meningkatkan kedekatan emosional antara kucing dan manusia.
  9. Memiliki tampilan kucing yang lebih cantik.
  10. Kucing menjadi lebih bersih, sehat dan terawat.

Catatan:

  • 1Hailballs adalah bola bulu yang terbentuk akibat kucing sering menelan bulu yang rontok saat menjilati bulunya. Akibatnya, kucing sering muntah dan mengalami masalah pencernaan.
  • 2Cakar kucing yang tajam dapat merusak sofa, furnitur dan membahayakan penghuni rumah saat kucing sedang mengamuk.

Peralatan grooming kucing

Untuk melakukan perawatan kucing kamu butuh beberapa alat grooming. Berikut 10 peralatan grooming yang wajib ada untuk melakukan perawatan kucing:

  1. Gunting kuku kucing.
  2. Bak mandi kucing.
  3. Sampo kucing.
  4. Sikat bulu kucing.
  5. Sisir kutu (serit).
  6. Obat kutu kucing.
  7. Sikat gigi kucing.
  8. Perlengkapan ear care & eye care.
  9. Alas kucing.
  10. Handuk kering.

Cara melakukan grooming kucing

Cara melakukan grooming kucing

Jika kamu memiliki peralatan grooming kucing, kamu bisa melakukan grooming kucing sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah cara grooming kucing:

1. Potong kuku kucing dengan benar

Memotong kuku kucing secara rutin adalah perawatan wajib yang perlu dilakukan oleh semua pemilik kucing. Hal ini karena kuku kucing terus tumbuh setiap harinya. Dan semakin lama semakin tajam. Jika dibiarkan, bisa berbahaya bagi penghuni rumah yang lain, khususnya anak-anak. Untuk itu, saya merekomendasikan untuk memotong kuku kucing secara teratur. Minimal seminggu sekali.

Memotong kuku kucing itu ada ilmunya. Jika sampai salam potong, kuku kucing bisa berdarah. Hal ini membuat si kucing kesakitan. Sebelum memotong kuku kucing, sebaiknya kamu belajar dulu cara memotong kuku kucing dengan benar.

2. Memandikan kucing sampai bersih

Tahapan perawatan kucing berikutnya adalah memandikan kucing. Tujuan memandikan kucing untuk menjaga kebersihan kulit dan bulu. Awalnya kucing nggak suka mandi, tapi jika kamu rutin memandikan kucing sejak dia masih kecil, kucing akan nurut. Saat dewasa, kucing nggak akan berontak, mencakar ataupun lari saat terkena air. Berapa kali kucing sebaiknya mandi? Untuk kucing indoor, sebaiknya kamu memandikannya minimal 1 bulan sekali. Kalau bulu kucing sangat lepek dan kotor, kamu bisa memandikan kucing 2 minggu sekali.

Bagi yang belum bisa memandikan kucing, silakan ikuti tutorial cara memandikan kucing dengan benar. Di sana, kamu akan belajar memandikan kucing dengan teknik yang benar, sehingga kucing nurut dan tidak berontak.

3. Hilangkan kutu kucing agar tidak mewabah

Apabila kamu sudah memandikan kucing dengan benar, kamu akan masuk ke tahap perawatan kesehatan kucing. Musuh alami hewan berbulu adalah kutu, maka setelah kucing mandi kamu perlu memeriksa kutu di tubuh kucing. Jika ada invasi kutu, segera basmi agar kucing kamu sehat. Untuk caranya, saya telah mengulasnya secara lengkap di artikel cara menghilangkan kutu kucing dengan mudah dan cepat.

4. Hilangkan jamur yang menyerang kulit kucing

Selain kutu, kucing juga rawan terkena penyakit jamur pada kulitnya. Hal ini karena kucing yang jarang mendapatkan grooming akan memiliki kulit mantel yang lembap. Alhasil, jamur sangat mudah sekali tumbuh. Serangan jamur pada kucing biasanya disebabkan oleh jamur Microsporum canis. Kalau jamur ini sudah menyebar, cukup repot untuk menanganinya.

Untuk itu, sebelum serangan jamur pada kucing semakin menjadi-jadi, kamu harus segera mendeteksinya saat melakukan grooming. Dan membasmi jamur sampai keakar-akarnya. Solusi kucing jamuran, sudah saya kupas tuntas di artikel cara menghilangkan jamur kucing dengan cepat. Langsung klik dan praktikkan tutorialnya.

5. Lakukan perawatan telinga dan mata kucing

Membersihkan telinga kucing dan mata kucing adalah salah satu grooming kucing yang tidak boleh terlupakan. Di mana, telinga kucing yang jarang dirawat mudah sekali kotor. Kotoran pada telinga kucing yang menumpuk akan mengundang kutu telinga. Kutu telinga ini sangat berbahaya, lho! Berikut beberapa bahaya serangan kutu telinga pada kucing:

  1. Congek telinga kucing jadi bau banget.
  2. Kucing tidak bisa tidur nyenyak karena ada kutu ditelinganya.
  3. Pelipis kucing akan pitak karena sering digaruk.
  4. Kucing menjadi kurus karena stres dan tidak nafsu makan.
  5. Terjadi infeksi telinga.

Sebelum hal buruk menimpa kucing kesayanganmu, saat melakukan grooming, kamu wajib membersihkan telinga kucing. Biar kamu bisa membersihkan telinga kucing dengan benar, ikuti cara membersihkan telinga kucing ini. Di sana, saya sudah membahas secara detail prosesnya.

Untuk perawatan mata kucing, kamu bisa membersihkan belek kucing dan meneteskan tetes mata kucing saat diperlukan. Tujuannya agar mata kucing selalu bersih, sehat dan bersinar.

6. Sisir atau cukur bulu kucing agar rapi dan cantik

Selain untuk kesehatan, grooming kucing juga untuk mempercantik tampilan kucing, khususnya kucing kontes. Di mana, kucing yang akan ikut kontes wajib memiliki bulu yang cantik, sehat dan penampilannya menarik. Oleh karena itu, setelah selesai melakukan perawatan kesehatan, kamu perlu menyisir bulu kucing agar rapi dan cantik.

Jika bulu kucing sudah terlalu lebat dan berantakan, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencukur bulu kucing. Nanti, bulu yang baru akan tumbuh lebih sehat, lebih rapi dan lebih menawan.

7. Kasih snack kucing setelah selesai grooming

Proses grooming yang lama akan membuat kucing stres. Jika kucing mengasosiasikan hal ini dengan hal negatif, kucing menjadi nggak mau di grooming lagi. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu memberikan hadiah berupa snack kucing yang lezat pasca grooming. Tujuannya adalah untuk melakukan positive reinforcement.

Sederhananya gini, jika kucing melakukan grooming sampai selesai, kucing akan mendapatkan snack yang lezat. Artinya, kucing akan mengasosiasikan grooming dengan jatah makanan enak. Alhasil, kedepannya kucing nggak lagi berontak saat kamu melakukan grooming.

Harga grooming kucing

Sebagai pemilik kucing yang pengertian, kamu wajib melakukan grooming kucing secara teratur. Biar kucing kamu selalu sehat dan berpenampilan cantik. Namun, adakalanya kamu nggak punya waktu luang buat grooming kucing karena sibuk bekerja atau punya prioritas lain. Nah, biar kucing kamu tetap terawat, kamu bisa memakai jasa grooming kucing.

Jasa grooming kucing adalah layanan perawatan kucing dari petshop atau klinik dokter hewan bagi pemilik kucing yang sibuk. Artinya, petugas petshop akan menggantikan peran pemilik kucing dalam melakukan grooming. Jasa grooming kucing dibanderol mulai dari Rp50.000-250.000. Harga menyesuaikan tingkat kerumitan grooming kucing dan branding petshop.

Biar kamu ada gambaran, saya kasih daftar harga grooming kucing. Berikut harga grooming kucing:

Nama PaketGrooming KucingHarga Grooming Kucing
Mandi Bersih.Nail trimming, ears cleaning, pads shaved, brush out, bathing, blow dry, & cologne.Rp80.000.
Mandi Bersih + Basmi Kutu.(Nail trimming, ears cleaning, pads shaved, brush out, bathing, blow dry, cologne) + treatment kutu.Rp100.000.
Mandi Bersih + Basmi Jamur.(Nail trimming, ears cleaning, pads shaved, brush out, bathing, blow dry, cologne) + treatment jamur.Rp100.000.
Grooming Lengkap.Grooming Komplit: Nail trimming, ears cleaning, pads shaved, brush out, bathing, blow dry, cologne, treatment kutu, treatment jamur.Rp120.000.
Cukur Bulu KucingSesuai model yang dikehendaki pemilik kucing. Misalnya: lion cut, comb cut, panther cut, stripe style, dll.Rp50.000.
Tabel harga grooming kucing di petshop.

Catatan: Harga grooming kucing pada tiap petshop kadang berbeda, tergantung strategi marketing dan kemewahan fasilitas yang dimiliki petshop. Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai strategi dagang pemilik petshop.

Demikian proses grooming kucing yang perlu kamu lakukan secara rutin. Jika ada yang kurang jelas, silakan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini.

Baca lebih lanjut: 10 rekomendasi hair dyer kucing terbaik (2021) »