Home » Info Kucing » Jenis Motif Kucing Bengal

Jenis Motif Kucing Bengal

jenis motif kucing bengal besar

Kamu pecinta kucing bengal? Ingin tahu jenis motif kucing bengal yang bagus? Kamu berada di tempat yang tepat. Beberapa menit kedepan saya akan berbagi pengetahuan tentang kucing bengal. Mulai dari warna bulu dan pola yang tergambar di badan kucing bengal.

Berdasarkan corak pola yang tergambar di badan, kucing bengal dibedakan menjadi dua, yaitu: kucing bengal dengan pola spotted, dan marbled. Berdasarkan warna dari bulunya, kucing bengal terbagi menjadi 3 kelompok utama, yaitu brown, snow, dan silver. Dari ketiga warna tersebut nanti akan ada turunan warna lagi. Seperti: gray brown, sandy brown, tawny brown, brown, sorrel, seal lynx, seal mink, seal sepia, silver bengal dan non-standard colors.

Ingin tahu lebih detail tentang jenis motif kucing bengal? Simak penjelasan di bawah ini.

Jenis Motif Kucing Bengal: Spoted & Marbled

jenis motif kucing bengal spotted dan marbled
Photo by Kathrin Schier

Saya cerita sedikit tentang kucing bengal ya. Kucing bengal adalah kucing hasil eksperimen dari dr. Centerwall. Dia adalah seorang ahli genetik yang tinggal di California, Amerika. Dalam percobaan genetiknya, Dr. Centerwall terobsesi untuk mendapatkan kucing domestik jenis baru dengan pola bulu spotted. Spotted itu kayak macan tutul gitu deh.

Lalu, dr. Centerwall mengawinkan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Namun, anakan dari hasil kedua persilangan ini belum sesuai. Kemudian, dr. centerwall mengawinkan anak betina hasil persilangan dengan bapaknya. Jadi, kucing ini kawin sedarah (inbreeding).

Hasil dari perkawinan inbreeding tersebut menghasilkan kucing baru dengan pola bulu spotted (totol). Dr. Centerwall menamai kucing ini dengan nama latin Leopard cat iaitu felinebengalenis. What? panjang bener namanya? Hehe. Agar lebih praktis, banyak orang mengambil nama bengal-nya saja. Alhasil, kucing temuan dr. Centerwall ini dikenal dengan nama kucing bengal.

Setelah melalui eksporasi genetik panjang, saat ini ada tiga jenis pola bulu kucing bengal, yaitu spotted, dan marbled. Ingin tahu lebih detail tentang kedua pola tersebut? Let’s dive in!

1. Spotted Coat (Pola Mantel Berbintik/Totol)

kucing belang dengan pola mantel totol atau spotted
Photo by www.bengalcats.co

Kucing bengal spotted memiliki ciri khas mantel bulu dengan motif totol layaknya cheetah atau macan tutul. Pola yang paling umum dan paling popular adalah kucing bengal spotted warna cokelat emas. Banyak orang menyebut kucing bengal spotted cokelat emas dengan nama macan tutul mini.

Coba perhatikan gambar di bawah ini:

kucing bengal spotted terlihat seperti macan tutul mini
Photo by www.bengalcats.co

Mirip macan tutul, bukan? Tapi ukurannya mini. Kucing bengal sudah diakui sebagai ras kucing yang dapat di breeding oleh TICA sejak 1991. Setelah diakui secara internasional, banyak breeder tertarik mengembangbiakannya. Akhirnya, muncul beberapa variasi kucing bengal spotted baru. Berikut ini 7 jenis motif baru dari kucing bengal spotted:

  1. Single-Spotted.
  2. Arrowhead Rosettes.
  3. Donut Rosettes.
  4. Paw-print Rosettes.
  5. Clouded Rosettes.
  6. Chain Rosetting.
  7. Cluster Rosettes.

Jika kamu tertarik, pada artikel berikutnya akan saya bahas satu per satu. Tulis pilihanmu di kolom komentar ya.

2. Marbled Coat (Pola Mantel Marbled)

kucing bengal dengan pola mantel marbled
Photo by www.bengalcats.co

Kucing bengal dengan mantel pola marbled ini unik. Pola ditubuh kucing seperti gambar karpet-karpet mahal gitu. Hehe. Bulu di sekujur tubuh kucing bengal marbled sangat tebal dan rapat. Pertanyaannya, bagaimana cara menghasilkan kucing bengal dengan mantel marbled?

Kucing bengal marbled pertama kali ditemukan oleh Jean Mill. Jean berhasil melakukan seleksi gen dari berbagai persilangan kucing bengal. Kucing bengal yang dihasilkan Jean diberi nama Millwood Painted Desert. Nama kucing bengal Jean kemudian menghebohkan acara Incats di Madison Square Garden. Dan media mulai meliput keunikan kucing Jean sehinggal viral keseluruh negeri.

Keturunan dari kucing bengal marbled generasi awal ini menyumbangkan gen dominan dengan garis besar. Gen garis besar dengan aliran horisontal menghasilkan bintik-bintik ‘rosetted’ pertama di tahun 2000-an. Wow, amazing!

Bonus: Sparbled Coat

Berkat kegigihan breeder dalam melakukan percobaan perkawinan silang, muncul kucing bengal Sparbled. Apa itu sparbled? Sparbled adalah singkatan dari nama Spotted dan Marbled. Jadi, kucing bengal kombinasi spotted dan marbled menghasilkan spartbled.

Ingin tahu kucing bengal sparbled seperti apa? Cek video di bawah ini:

Pola totol acak dari kucing bengal spotted dan pola garis tebal dari kucing bengal marbled bersatu. Kucing sparbled tidak diakui resmi dan kurang popular dari pada pendahulunya. Tapi tetap menjadi kucing yang unik.

Menurut saya pola yang muncul malah menyerupai pola sisik ular. Iya ga sih? hehe. Bagaimana menurutmu? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

Jenis Motif Kucing Bengal Berdasarkan Warna

ada 6 warna dasar dari kucing bengal untuk motif spotted dan marbled
Photo by www.bengalcats.co

Setelah kucing bengal menjadi sangat popular, para breeder kembali melakukan eksplorasi genetik. Namun, sekarang breeder ingin mendapatkan keturunan kucing bengal dengan berbagai warna. Saat ini ada 6 warna kucing bengal yang terdaftar pada The International Cat Association (TICA). Dari keenam warna tersebut, TICA mengelompokkan warna kucing bengal menjadi 2 kelompok besar.

  • Pertama, warna kucing bengal standart.
    • Kucing bengal warna cokelat (brown).
    • Kucing bengal warna salju (snow).
    • Kucing bengal warna perak (silver).
  • Kedua, warna kucing bengal non-standart
    • Kucing bengal warna arang (charcoal).
    • Kucing bengal warna biru (blue).
    • Kucing bengal warna melanistik atau hitam solid.

Sangat menakjubkan, keindahan pola dan motif dari kucing bengal. Kamu akan semakin takjub saat kucing bengal hadir dalam berbagai warna yang menawan. Pola mantel dan warna yang seimbang akan menghasilkan kontras yang artistik.

Ingin tahu lebih detail tentang berbagai warna kucing bengal? Let’s dive in!

Kucing bengal warna cokelat (brown)

KUCING BENGAL WARNA COKELAT (BROWN)
Photo by bengalcats.co

Kucing bengal berwarna cokelat terlihat seperti macan tutul mini, bukan? Motif pada mantel bulunya sangat indah dengan kontras yang sangat menakjubkan. Kucing bengal brown pertama kali diakui oleh The International Cat Association (TICA) pada tahun 1983. Selanjutnya, kucing bengal warna cokelat popular ke seluruh penjuru dunia.

Kucing bengal tradisional yang berwarna cokelat memiliki mata hijau dan emas. Warna dasar bulu kucing terdiri dari warna abu-abu kecokelatan hingga oranye-emas cerah. Kucing bengal spotted, rosetting atau marbled cenderung berwarna hitam, cokelat muda, cokelat gelap dan cokelat kemerahan.

Jika kamu pernah memiliki kucing bengal berbulu cokelat, kamu mungkin sadar bahwa ada banyak varian warna cokelat. Seperti: Cokelat Emas, Krim, Tawny, Madu, Taupe, Tan, Beige, Karamel, Kayu Manis. Semua warna cokelat dari kucing bengal diakui, tapi warna orange-cokelat lebih disukai banyak orang.

Karakteristik kucing bengal warna cokelat:

  • Kucing bengal berwarna coklat-orange dengan totol hitam legam.
  • Ekor kucing bengal ujung hitam.
  • Hidung berwarna merah.
  • Mata berwarna cokelat, tembaga, emas, atau hijau.
  • Perut berwarna putih lebih disukai banyak orang.

Kucing bengal berwarna cokelat-orange benar-benar makhluk yang cantik, bukan?

Kucing bengal warna salju (snow)

Kucing bengal juga memiliki varian warna salju (snow). Secara sepintas kucing bengal snow terlihat seperti macan tutul salju berukuran mini. Jika ditelusuri lebih jauh, kucing bengal juga memiliki beragam warna krem dan gading yang terkait dengan bentuk albinisme. Warna ini yang berasal dari keturunan kucing Siam dan Burma.

Secara genetik, kucing bengal warna salju terdiri dari 3 jenis yang berbeda:

  • Pertama, Seal Lynx.
  • Kedua, Seal Mink.
  • Ketiga, Seal Sepia.

Kamu tidak dapat membedakan ketiga jenis kucing bengal salju melalui warna bulu. Perlu pengujian generik untuk membedakan ketiga jenis kucing bengal salju secara tepat. Beberapa breeder berpengalaman kadang bisa membedakan kucing bengal salju dari warna matanya.

Kucing Bengal Seal Lynx

KUCING BENGAL WARNA SALJU (SNOW) seal lyxn
Photo by bengalcats.co

Kucing bengal salju jenis Seal Lynx memiliki:

  • Warna krem ​​putih sangat ringan.
  • Tanda seal lynx gelap atau terang.
  • Ujung ekor coklat tua.
  • Mata biru.

KUCING BENGAL SEAL Mink

KUCING BENGAL WARNA SALJU (SNOW) seal mink
Photo by bengalcats.co

Kucing bengal salju jenis Seal Mink memiliki:

  • Bulu berwarna gading, krem, atau cokelat muda.
  • Berbagai corak mink seal hingga tanda mink seal gelap.
  • Ujung ekor berwarna cokelat tua.
  • Mata berwarna biru-hijau atau aqua.

KUCING BENGAL SEAL Sepia

KUCING BENGAL WARNA SALJU (SNOW) seal sepia
Photo by bengalcats.co

Kucing bengal salju jenis Seal Sepia memiliki:

  • Warna cokelat muda, gading, atau krem.
  • Berbagai corak tanda sepia hingga tanda sepia segel gelap.
  • Ujung ekor berwarna cokelat tua.
  • Mata berwarna hijau atau emas.

Kucing bengal warna apa yang paling kamu suka? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya.

Kucing bengal warna perak (silver)

KUCING BENGAL WARNA PERAK (SILVER)
Photo by bengalcats.co

Kucing bengal berwarna perak (silver) merupakan kucing bengal yang kekurangan warna. Gen dari kucing bengal perak menghambat warna-warna hangat. Gen dalam tubuh kucing memberikan lapisan dasar hampir putih. Warna putih ini sangat kontras dengan motif totol yang gelap. Jadi, sangat mencolok.

Kucing bengal silver hadir dalam berbagai warna dasar, mulai dari putih hingga warna baja yang sangat gelap. Kucing bengal perak juga dapat ditemukan dalam kombinasi warna lain: Perak Salju, Perak Arang, Biru Perak, dll. Berkat kecantikan dan kharisma kucing bengal perak, pada tahun 2004 kucing bengal perak resmi dipertandingkan.

Karakteristik kucing bengal perak (silver):

  • Terdapat sedikit noda (kucing/berkarat coklat) di mantel.
  • Memiliki motif abu-abu gelap ke hitam pekat.
  • Memiliki ekor dengan ujung hitam.
  • Hidung berwarna merah bata.
  • Mata berwarna hijau atau emas.

Kucing bengal warna arang (charcoal)

KUCING BENGAL WARNA ARANG (CHARCOAL)
Photo by bengalcats.co

Kucing bengal warna biru (blue)

KUCING BENGAL WARNA BIRU (BLUE)
Photo by bengalcats.co

Kucing bengal warna melanistik atau hitam solid

KUCING BENGAL WARNA MELANISTIK ATAU HITAM SOLID
Photo by bengalcats.co

Jadi, Ada Berapa Jenis Motif Kucing Bengal?

Berdasarkan motif dan pola bulu kucing bengal dibedakan menjadi 2, yaitu: kucing bengal spotted dan marbled. Jika ditilik dari warna bulu, kucing bengal dibedakan menjadi 6, yaitu: kucing bengal brown, snow, silver, blue, charcoal, dan black.

Bolehkah saya tahu kucing bengal seperti apa yang paling kamu suka? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya. Nanti, akan saya buatkan artikel khusus untuk mengulas jenis kucing bengal tersebut.

Akhir kata, tolong dukung website ini dengan cara share artikel kesukaanmu ke sosial media. Semakin banyak share, semakin semangat saya membuat konten berkualitas. Sudah di share? Good! Jika kamu tidak ingin ketinggalan artikel menarik dari website goldenmaze.net, kamu bisa menyalakan tombol subscribe di pojok kanan bawah. Klik saja tombol loncengnya.

2 pemikiran pada “Jenis Motif Kucing Bengal”

  1. Ijin tanya kak, kalau kucing white bengal jantan dan kucing brown bengal betina di kawinkan, nanti hasil anaknya kira-kira seperti apa ya motif/coraknya?

    • Jika kucing kak Norpauji pedigree, bisa coba dihitung menggunakan rumus galur murni.

      Jika kucingnya bukan pedigree berarti tidak bisa dihitung pakai galur murni. Jadi, kalau mau menebak corak atau warna akan susah. Tapi, biasanya gen anak kucing lebih dominan berasal dari pejantan. Alhasil, sebagian besar anak yang lahir akan memiliki kemiripan dengan kucing jantan (white bengal).

Tinggalkan komentar