Kelebihan dan kekurangan makanan kucing BOLT

Nama makanan kucing BOLT pastinya nggak asing di telingamu. Merek makanan kucing satu ini memang jadi penyelamat buat banyak catlovers di Indonesia. Apalagi, buat kamu yang punya kucing banyak banget. Harganya yang murah bikin BOLT jadi makanan kucing terfavorit. Banyak banget review positif yang bikin makin semangat buat beli merek ini. Tapi, jangan keburu memutuskan! Kamu juga harus tahu kalau makanan kucing BOLT ini juga punya sisi kekurangan. Baca ulasan kelebihan dan kekurangan makanan BOLT, yuk. Supaya kamu bisa kasih makanan kucing terbaik buat si meong.

Tentang Makanan Kucing BOLT

Sekilas info, BOLT adalah makanan kucing buatan Indonesia. Makanan kucing ini diproduksi oleh PT. Central Proteina Prima, Tbk. Perusahaan ini memang terkenal banget dengan produk pakan kucing murahnya. Biarpun murah, kualitas BOLT ternyata nggak murahan. Makanan kucing ini sudah mengantongi standar yang diterapkan oleh AAFCO. AAFCO atau American Feed Control Officials kurang lebih sama seperti Kementerian Peternakan di Indonesia. Jadi, kualitas BOLT bisa dibilang lumayan bagus. Yuk, cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan cat food BOLT berikut ini:

Kelebihan Kekurangan
Bulu kucing jadi lebih sehat dan berkilauVarian rasa yang ada nggak banyak
Bagus buat daya penglihatan si kucingMinim nutrisi yang dibutuhkan si meong
Bagus buat merawat kesehatan gigi kucingNggak bagus buat kucing dengan penyakit saluran kemih
Turunkan resiko FLUTDKurang bagus buat pencernaan kucing
Tingkatkan daya imunitas tubuhKurang cocok buat kitten dan kucing lansia
Harga yang ramah di kantong

Dari tabel di atas, kamu bisa tahu kelebihan yang dimiliki BOLT. Yaitu:

1. Membuat Kulit dan Bulu Kucing Sehat Berkilau

Ingin punya kucing dengan bulu yang halus dan kulit sehat? BOLT bisa kamu jadikan pilihan. BOLT dilengkapi dengan kandungan vitamin yang bagus banget buat kesehatan bulu si meong. Nutrisi seperti Omega 6, Asam Linoleat, Niacin, dan Zinc bantu rawat kesehatan kulit kucingmu. Alhasil kucing kesayanganmu terbebas dari penyakit gatal-gatal dan jamur. Nggak hanya itu, bulu kucing juga bakal jadi halus banget. Soalnya, BOLT juga mengandung Asam Panthotenic dan Bionic yang bagus banget buat pertumbuhan bulu. Bulu kucingmu juga jadi nggak gampang rontok.

2. Bantu Rawat Daya Penglihatan Kucing

Kedua mata kucingmu juga bakal kelihatan lebih cemerlang berkat BOLT. Makanan kucing ini mengandung Taurine dan vitamin A. Kedua zat itu dibutuhin banget supaya daya penglihatan kucingmu tetap tajam. Dengan daya penglihatan yang sehat, kucingmu jadi bisa menemani kamu bermain. Asupan taurine dan vitamin A yang cukup juga bisa jaga si meong dari terkena katarak.

3. Teksturnya Renyah Supaya Gigi Kucingmu Tetap Sehat

Kalau kamu lihat seksama, bentuk makanan kucing BOLT memang tebal banget. Apalagi, kalau kamu bandingkan dengan makanan kucing komersial lainnya. Nggak heran, kalau kucingmu jadi harus kerahin tenaga lebih saat makan kibbles ini. Eh, ternyata ada alasan tersendiri di balik itu. Tekstur BOLT yang tebal dan crunchy ternyata dimaksudkan supaya kesehatan gigi kucingmu terjaga.  Tekstur kibbles yang keras dan renyah bisa bantu cegah terbentuknya plak dan karang gigi. Kucingmu jadi terhindar deh dari masalah gigi dan mulut. Aromanya yang sedap juga bisa bikin nafsu makan kucing meningkat.

4. Menurunkan Resiko FLUTD

FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Disease) memang jadi momok tersendiri. Penyakit ini bikin kucingmu nggak bisa buang air kecil. Kalau nggak segera ditangani, FLUTD bisa bikin nyawa si meong melayang. FLUTD disebabkan oleh adanya sumbatan kristal struvite di saluran kemih kucing. Nah, salah satu biang kerok yang memicu pembentukan kristal ini adalah magnesium. Untungnya, BOLT punya kandungan magnesium yang lumayan rendah. Dengan begitu, kucingmu pun bisa terhindar dari bahaya FLUTD.

5. Tingkatkan Daya Imunitas Tubuh

BOLT juga dilengkapi nutrisi tambahan supaya kucingmu nggak gampang sakit, lho. Kucingmu bisa dapatkan manfaat antioksidan, vitamin E, dan vitamin C yang bantu memperkuat daya tahan tubuhnya. Selenium yang ada di dalam makanan kucing ini juga bantu mencegah kerusakan sel-sel membran.

6. Harganya Murah Banget

BOLT bisa dibilang punya harga yang lebih murah dibandingkan merek dry food lainnya. Petshop biasanya jual BOLT dalam 2 pilihan kemasan. Salah satunya adalah kemasan 20 kilogram yang cocok banget buat kamu yang punya kucing banyak. Harga makanan kucing BOLT kemasan 20 kilogram berkisar mulai dari Rp 360.000 hingga Rp 370.000 saja, Murah banget, kan? Sedangkan kalau kamu cuma punya kucing 1 atau 2 ekor, mending pilih kemasan repack. Kemasan repack ini biasanya dikemas  dengan berat 1 kilogram. Kamu bisa beli makanan kucing Bolt kemasan repack dengan harga Rp 17.000 – Rp 35.000. Harga bisa jadi berbeda-beda tergantung domisili, ya. Tapi, rata-rata kamu bakal dapatkan harga di kisaran yang tercantum tadi.

Terus membaca: 9 makanan penggemuk kucing yang bikin gendut dan bulu halus >>

Kekurangan Makanan Kucing Bolt

Ternyata banyak banget ya kelebihan yang dipunya makanan kucing BOLT. Tapi, kamu juga perlu tahu kalau makanan kucing ini juga punya beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum belikan BOLT buat si meong:

1. Nggak Terlalu Banyak Varian

Ini adalah salah satu hal yang paling saya sayangkan dari BOLT. Makanan kucing ini nggak punya terlalu banyak varian rasa. Kamu cuma bisa beli 1 varian rasa saja, yaitu tuna. Kamu jadi nggak bisa punya pilihan rasa yang lain. Apalagi, kalau kucingmu tipe yang gampang bosan. Satu-satunya variasi produk makanan kucing ini adalah bentuk butiran kibbles-nya. BOLT terdiri dari 2 jenis kibbles, yaitu: kibbles bentuk donat dan bentuk ikan. Walaupun sama-sama tebal, kibbles bentuk ikan lebih disukai oleh kucing saya. Memang, kibbles BOLT bentuk donat punya potongan yang tebal dan gede banget. Jadi, kucing saya jadi ogah buat mengunyahnya.

2. Nggak Mengandung Nutrisi yang Cukup

Poin ini pastinya terlihat berlawanan banget ya? Apalagi karena saya sudah jabarkan kelebihan-kelebihan yang dipunya BOLT. Kalau dilihat dari kemasannya, BOLT mengandung protein sebesar 28%. Itu sebenarnya sudah memenuhi anjuran dari AAFCO yang mewajibkan takaran minimal 25%. Tapi, masalahnya protein sebesar itu ternyata bukan murni protein hewani. Kamu bisa lihat ini dari daftar bahan komposisi yang dimiliki. Komposisi utama BOLT adalah:

  • Jagung
  • Tepung daging unggas
  • Tepung gandum
  • Tepung tuna
  • Tepung gandum
  • Protein kedelai isolate
  • Lemak unggas
  • Hati ayam digest
  • Vitamin dan mineral
  • Taurine, dan antioksidan.

Nah, dari sini kamu bisa lihat kalau mayoritas bahan yang digunakan ternyata menggunakan bahan nabati. Sedangkan satu-satunya protein hewani yang ada cuma berasal dari hati ayam digest. Digest merujuk pada jaringan-jaringan sisa hewan yang belum membusuk. Jaringan itu diolah dengan melalui proses hidrolisis kimia. Padahal, kucingmu butuh protein yang 100% berasal dari hewan. Bahan-bahan nabati seharusnya jadi bahan tambahan atau filler saja. Itu pun persentasenya nggak boleh lebih banyak dari bahan daging asli. Kalau nutrisi kucingmu nggak terpenuhi, jangan heran kalau dia jadi minta makan lebih banyak. Akibatnya, bisa-bisa dia kena obesitas gara-gara kebanyakan makan.

3. BOLT Ternyata Bisa Picu FLUTD

Tadi, katanya BOLT bisa cegah FLUTD. Kok, sekarang beda lagi? Eh, jangan keburu emosi dulu. Ini saya sisipkan berdasarkan pengalaman sendiri. Selain itu, saya juga sempat mengobrol dengan dokter hewan langganan. Ternyata, jumlah pasien kucing yang kena FLUTD rata-rata gara-gara dikasih makan BOLT. FLUTD kucing saya sendiri juga langsung kumat setelah saya berikan BOLT. Karena saat itu, memang keuangan sedang mepet. Sehingga, saya coba-coba saja buat memberikan si meong makanan BOLT.

Bisa jadi ini ada hubungannya dengan komposisi dari makanan kucing ini. Seperti yang diulas sebelumnya, kamu tahu kalau BOLT dibuat dengan menggunakan by-product. Memang, BOLT diracik dengan kadar magnesium yang rendah. Tentunya, ini dengan harapan mencegah pembentukan kristal struvite. Tapi, itu saja nggak cukup. Soalnya, kucingmu adalah obligate carnivore. Alias, seekor karnivora sejati. Dia nggak hanya dapat nutrisi yang dibutuhkan dari daging. Tapi, kucing juga dapat cairan dari mangsanya itu.

Memang, dry food apapun cuma punya tingkat kelembapan yang rendah. Jadi, gimana pun juga kamu harus mengimbangi pemberian makanan kering dengan air minum yang banyak. Tapi, makanan kering yang berkualitas paling nggak menggunakan daging asli sebagai bahan utama. Tujuannya, supaya kucingmu tetap dapat sedikit cairan darinya. Tapi, hal ini nggak bisa didapatkan dari makanan kucing BOLT. Pembentukan kristal bisa dipicu urine yang terkonsentrasi. Konsentrasi urin bisa jadi tinggi banget kalau kucingmu nggak dapat asupan cairan yang cukup. Kalau kucingmu bukan tipe yang rajin minum, lebih baik jangan kasih BOLT. BOLT juga kurang bagus buat kucingmu yang sudah menderita FLUTD. Makanan kucing ini nggak disertai dengan formula Urinary. Padahal formula itu dibutuhin banget buat mencegah pembentukan kristal kemih.

Baca juga: 5 makanan untuk kucing ompong agar tetap sehat >>

4. Kurang Bagus Buat Pencernaan Kucing

Beberapa orang memang melaporkan kalau pup si meong tetap bagus walaupun dikasih makan BOLT. Tapi, ternyata reaksinya beda banget kalau kucingmu punya pencernaan yang sensitif. Komposisi utama BOLT kebanyakan terdiri dari jagung dan tepung nabati. Padahal sistem pencernaan kucingmu nggak dibangun buat mencerna bahan-bahan itu. Jadi, nggak heran kalau kotoran si meong jadi lembek. Bahan nabati juga bisa bikin perut kucingmu jadi kembung. Kucingmu jadi hobi kentut, dan itu bau banget! Beberapa kucing juga bisa kena kram perut yang pastinya menyakitkan. Gangguan pencernaan juga bisa timbul sebagai reaksi alergi, lho. Jadi, jangan langsung kasih makan BOLT dalam jumlah banyak, ya. Beri sedikit saja dulu dan cek reaksi pencernaan si meong.

5. Kurang Cocok Buat Kitten dan Kucing Lansia

Tekstur kibble BOLT memang renyah dan enak didengar. Tapi, teksturnya yang terlalu keras nggak terlalu cocok buat anak kucing. Kitten kesayanganmu bisa jadi mengalami sedikit kesulitan buat memecah kibbles. Apalagi, kalau kamu memilih varian kibble donat yang memang ukurannya gede banget. Nggak hanya itu, kibble BOLT juga kurang cocok buat kucing usia senja. Apalagi, kalau gigi kucingmu sudah ada beberapa yang copot. Bisa jadi, dia bahkan nggak mau menyentuhnya sama sekali.

Poin penting dari kelebihan dan kekurangan makanan kucing Bolt

Dari segi kelebihan, BOLT memang pantas bersaing dengan merek cat food lainnya. Harganya yang ramah di kantong memang menggoda. Nggak hanya itu, bulu kucingmu juga bisa jadi lembut dan sehat banget. Selain itu, BOLT juga mengandung vitamin A dan taurine yang bagus buat jaringan mata si meong. Teksturnya yang renyah dengan aroma menggoda juga cocok buat memancing nafsu makan si kucing. Tapi, BOLT nggak mengandung protein hewani yang cukup buat si meong. Selain itu, makanan kucing ini juga bisa bikin kucingmu terkena FLUTD dan gangguan pencernaan.

Baca lebih lanjut: 50 makanan terbaik untuk anak kucing persia umur 2 bulan >>