Kelebihan dan kekurangan makanan kucing Whiskas

Whiskas termasuk sebagai salah satu makanan kucing yang mudah kamu temukan di petshop dan Indomaret. Makanan kucing Whiskas memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan makanan kucing Whiskas terletak pada harga yang relatif murah, pengalaman pelanggan yang memuaskan dan jejak sejarah perusahaan yang terpercaya. Bayangkan ya, merek makanan kucing Whiskas sudah ada sejak 1936. Dan Whiskas masih popular sampai hari ini. Untuk kelemahan makanan kucing Whiskas terletak pada varian makanan kucing yang relatif sedikit. Dan kualitas bahan baku tidak sebagus makanan kucing premium di pasaran. Ya, mungkin Whiskas menarget segmentasi market yang berbeda. Penasaran akan ulasan kelebihan dan kekurangan makanan kucing Whiskas? Yuk, simak pembahasannya sampai selesai.

Makanan kucing Whiskas

Makanan kucing Whiskas merupakan merek dagang dari perusahaan Amerika, yaitu: Mars, Incorporated. Perusahaan makanan kucing ini sudah berdiri sejak 1938 dengan kantor pusat yang terletak di Virginia, Amerika. Pada awal peluncuran produk, perusahaan Mars mendaftarkan merek Kal Kan ke USPTO. Setelah perusahaan Mars, Incorporated melakukan ekspansi ke seluruh dunia, merek dagang produk makanan kucing mereka berganti nama menjadi Whiskas.

Pabrik Whiskas sudah tersebar di berbagai negara di seluruh dunia. Dengan begitu, Mars dapat menekan harga Whiskas agar tetap murah. Untuk saat ini ada beberapa jenis varian Whiskas, seperti:

Varian makanan kucing kering merek Whiskas:

  1. Whiskas Dry Junior Ocean Fish Flavour with Milk.
  2. Whiskas Dry Adult 1+ Grilled Saba Flavour.
  3. Whiskas Dry Adult 1+ Tuna Flavour.
  4. Whiskas Dry Adult 1+ Ocean Fish Flavour.
  5. Whiskas Dry Adult 1+ Hairball Chicken & Tuna Flavour.
  6. Whiskas Dry Adult 1+ Mackerel Flavour.
  7. Whiskas Dry Adult 1+ Gourmet Seafood Flavour.

Varian makanan kucing basah merek Whiskas:

  1. Whiskas Pouch Junior Mackerel.
  2. Whiskas Pouch Junior Tuna.
  3. Whiskas Pouch Multipack Junior.
  4. Whiskas Pouch Adult 1+ Tuna.
  5. Whiskas Pouch Adult 1+ Mackerel.
  6. Whiskas Pouch Adult 1+ Tuna & WhiteFish.
  7. Whiskas Pouch Adult 1+ Grilled Saba Flavour.
  8. Whiskas Pouch Adult 1+ Ocean Fish.
  9. Whiskas Pouch Adult 1+ Mackerel & Salmon.
  10. Whiskas Pouch Adult 1+ Tuna & Chicken Meat.
  11. Whiskas Pouch Multipack Dewasa 1+ Mixed Flavour.
  12. Whiskas Pouch Tuna Senior 85g.
  13. Whiskas Pouch Mackerel Senior 85g.
  14. Whiskas Dry Adult Dewasa 7+, Cat food Rasa Mackerel.
  15. Whiskas Can Adult 1+ Tuna.
  16. Whiskas Can Adult 1+ Ocean Fish.

Itulah beberapa varian Whiskas yang ada di Indonesia. Pada chapter berikutnya, saya akan mulai membahas kelebihan dan kekurangan makanan kucing Whiskas. Let’s get started!

Kelebihan dan kekurangan makanan kucing Whiskas secara umum

Pada bagian awal artikel saya sudah sempat menyinggung tentang kelebihan dan kekurangan Whiskas. Pada chapter ini saya akan membahasnya dengan lebih detail.

Bagi kamu yang ingin membaca rangkumannya saja, silakan lihat tabel di bawah ini:

Kelebihan makanan kucing WhiskasKekurangan makanan kucing Whiskas
Harga makanan kucing Whiskas relatif murah.Whiskas tidak memiliki banyak varian produk makanan kucing
Pengalaman pengguna selama menggunakan produk Whiskas memuaskan.Whiskas tidak menggunakan bahan baku setingkat makanan kucing premium di pasaran. Mungkin Whiskas menyasar segmentasi market yang berbeda dari pada brand Royal Canin, Hill’s science diets.
Rekam jejak sejarah selama 84 tahun sangat baik di kancah internasional.Memiliki rasa yang bikin kucing ketagihan. Jadi, setelah kucing doyan Whiskas, sangat susah pindah ke makanan kucing merek lain.

Kelebihan Whiskas dry food

Secara keseluruhan, Whiskas punya banyak kelebihan. Keunggulan berikut ini bisa jadi pertimbangan untuk kamu lho, dan diantaranya:

1. Popular

Saat pertama kali memelihara kucing, kamu pasti bingung, makanan apa sih yang cocok untuk kucing kesayangan. Banyak orang akan menyarankan Whiskas. Termasuk saya awalnya dulu juga memilih Whiskas karena tahunya hanya merek ini.

Dulu saya belum tahu tuh merek lain. Jadi ketika di petshop, saya langsung memilih Whiskas. Kepopuleran Whiskas membuat siapa saja, terutama pemilik kucing pemula, tidak akan segan memilih merek ini.

2. Mudah dicari

Whiskas termasuk makanan kucing yang mudah dicari. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ya harus membelinya di mana. Bahkan, kamu bisa kok menemukannya di supermarket.

Tapi, kalau kamu mau cari Whiskas dengan pilihan rasa yang bervariasi, ya adanya di pet shop. Kalau di supermarket biasanya hanya ada Whiskas wet food. Tapi beberapa supermarket ada kok yang menyediakan jenis dry food.

3. Terpercaya

Whiskas termasuk merek makanan kucing yang paling digemari lho. Banyak yang mengatakan kalau kucingnya cocok dan doyan sekali waktu diberi Whiskas. Tidak heran ya kalau akhirnya banyak yang merekomendasikan Whiskas sebagai pilihan untuk makanan kucing kesayangan.

Sayangnya, kucing saya bukan salah satu penggemar Whiskas. Pernah saya beri yang rasa tuna tapi kucing saya tidak terlalu nafsu. Kucing saya justru lebih nafsu makan waktu diberi makanan universal dan Felibite.

Walaupun begitu, kamu tetap bisa mencoba Whiskas lho. Ini karena selera makanan kucing berbeda-beda sehingga bisa saja kucing kamu cocok dengan Whiskas.

4. Harga relatif murah

Buat saya, Whiskas itu cukup murah, bahkan untuk takaran 480 gr ataupun 1,1 kg. Untuk Whiskas Dry Junior Kitten 1,1kg memiliki harga sekitar Rp 64.000. Sedangkan Whiskas Adult Tuna 480gr memiliki harga sekitar Rp 24.000.

Harga tersebut 2x lipat lebih mahal daripada makanan universal ataupun Felibite. Tapi, menurut saya kualitas dari nutrisi, aroma dan rasa sangat bagus. Jadi, kucing lebih doyan makan.

Kekurangan Whiskas Dry Food

Whiskas juga memiliki kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan, diantaranya:

1. Makanan kering Whiskas memiliki tekstur keras

Whiskas Adult memiliki pebbles yang berwarna warni dan berbentuk seperti bantal. Beberapa menganggap jika Whiskas memiliki tekstur yang renyah dan empuk. Tapi buat saya, pebbles Whiskas memiliki tekstur yang cukup keras dan tebal.

2. Makanan kucing Whiskas tidak memiliki banyak varian

Jika Whiskas kamu bandingkan dengan makanan kucing premium, seperti: Royal Canin, Blue Buffalo dan Hill’s science diets, Whiskas masih kalah. Produk Whiskas hanya fokus pada makanan basah dan makanan kering kucing. Whiskas tidak mengembangkan varian lain seperti pesaingnya. Mungkin Whiskas memiliki segmentasi market tersendiri.

Kelebihan dan kekurangan makanan kucing Whiskas berdasarkan jenisnya

Whiskas memiliki beberapa pilihan rasa dan jenisnya. Mulai dari untuk kitten (2-12 bulan), adult (1+ tahun) dan adult (7+ tahun), diantaranyat:

Whiskas Dry Junior Ocean Fish Flavour with Milk

Whiskas jenis ini diperuntukkan anak kucing yang berusia 2-12 bulan. Bahkan, produk ini memiliki 41 nutrisi esensial yang baik untuk induk kucing hamil dan menyusui. Adanya kandungan susu pada Whiskas jenis ini membantu memaksimalkan pertumbuhan kucing lho.

Whiskas Dry Junior Ocean Fish Flavour with Milk memiliki keunggulan dan kelemahan seperti berikut ini:

Kelebihan WhiskasKekurangan Whiskas
Memiliki nutrisi yang seimbang dan pas untuk anak kucing.Memiliki harga yang cukup mahal, sekitar Rp 64.000 per 1,1 kg.
Tersaji dalam potongan kecil sehingga anak kucing mudah untuk memakannya.
Dapat dicampur dengan sedikit air agar tekstur lebih lunak.
Cocok untuk makanan pertama pendamping air susu kucing.

Whiskas Dry Adult 1+ Mackerel Flavour

Whiskas Dry Adult 1+ Mackerel Flavour diformulasikan untuk kucing berusia 1-6 tahun. Makanan kering untuk kucing ini memiliki kandungan 41 nutrisi esensial. Beberapa diantaranya adalah Omega 3 & 6, Zinc, Vitamin A, taurine, protein.

Whiskas Dry Adult 1+ Mackerel Flavour punya keunggulan dan kelemahan seperti berikut:

KelebihanKekurangan
Memiliki 41 kandungan nutrisi esensial yang dibutuhkan kucing.Memiliki harga yang cukup mahal, sekitar Rp 59.000 per 1,2 kg.
Membantu menjaga kesehatan bulu dan kulit.
Membantu menjaga kesehatan gusi membersihkan karang gigi.
Berbentuk potongan dadu kecil sehingga mudah dimakan.

Whiskas Adult (+1 Year) Tuna

Whiskas Adult (+1 Year) Tuna termasuk salah satu jenis Whiskas yang paling mudah ditemukan. Memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk kucing seperti Omega 3 & 6, vitamin A, zinc dan fatty acids. Kandungan gizi tersebut membantu untuk kesehatan kucing, menjaga kilau bulu dan penglihatan kucing.

Secara keseluruhan, Whiskas Adult (+1 Year) Tuna memiliki keunggulan dan kelemahan seperti berikut:

KelebihanKekurangan
Memiliki nutrisi yang seimbang untuk kesehatan kucing.Memiliki harga yang cukup mahal, sekitar Rp 62.000 per 1,2 kg.
Membantu menjaga kesehatan bulu dan kulit.
Membantu menjaga kesehatan gusi.
Membantu membersihkan karang gigi.
Berbentuk potongan dadu kecil sehingga mudah dimakan.

Whiskas Dry Adult 7+ Mackerel Flavour

Whiskas Dry Adult 7+ Mackerel Flavour diformulasikan untuk kucing dewasa usia lebih dari 7 tahun. Memiliki kandungan nutrisi yang membantu menjaga pencernaan dan menunda efek usia tua. Whiskas Dry Adult 7+ Mackerel Flavour juga diperkaya kalsium, vitamin D dan fosfor untuk kesehatan tulang.

Whiskas Dry Adult 7+ Mackerel Flavour mempunyai keunggulan dan kelemahan seperti berikut ini:

KelebihanKekurangan
Dilengkapi dengan 41 nutrisi untuk tubuh kucing.Memiliki harga yang cukup mahal, sekitar Rp 62.000 per 1,2 kg.
Diformulasikan khusus untuk menunda efek tua, memperkuat tulang dan menjaga kesehatan pencernaan.
Whiskas dapat membantu membersihkan karang gigi.
Makanan kucing Whiskas dapat menjaga kesehatan gusi kucing.
Berbentuk potongan dadu kecil sehingga mudah dimakan.

Jadi, apa kelebihan dan kekurangan Whiskas?

Makanan kucing Whiskas memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan makanan kucing Whiskas, yaitu:

  1. Harga yang relatif murah.
  2. Pengalaman pelanggan yang memuaskan.
  3. Jejak sejarah perusahaan yang terpercaya. Bayangkan ya, merek makanan kucing Whiskas sudah ada sejak 1936. Dan Whiskas masih popular sampai hari ini.

Kelemahan makanan kucing Whiskas, yaitu:

  1. Whiskas memiliki varian makanan kucing yang relatif sedikit.
  2. Kualitas bahan baku tidak sebagus makanan kucing premium di pasaran. Seperti: merek Royal Canin dan Hill’s Science Diets. Ya, mungkin Whiskas menarget segmentasi market yang berbeda. Karena harga Whiskas relatif murah, jadi mohon dimaklumi. Hehe.

Jadi, itulah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan makanan kucing Whiskas, semoga bisa membantu kamu mendapatkan makanan kucing terbaik untuk kucing kesayangan.

Baca lebih lanjut: Kelebihan dan kekurangan makanan kucing BOLT »