5 alasan kenapa makanan kucing repack lebih murah

Apakah kamu tahu makanan kucing repack? Kenapa makanan kucing repack dijual lebih murah dari makanan fresh pack (kemasan original)? Makanan kucing repack adalah makanan kucing yang dikemas ulang dengan kemasan plastik tanpa label dan merek. Biasanya, penjual makanan kucing repack membeli makanan kucing karungan langsung dari distributor atau pabrik. Setelah itu, penjual mengemas ulang makanan kucing dalam satuan kecil. Misalnya: 1kg, 2kg, 2,5kg, 5kg, dll. Alasan kenapa makanan repack lebih murah adalah:

  • Pertama, penjual membeli langsung dari pabrik makanan kucing dalam jumlah besar. Dengan begitu, penjual mendapatkan harga grosir dan diskon. Jadi, lebih murah.
  • Kedua, makanan kucing repack dijual dengan kemasan plastik murah. Dan makanan kucing repack tidak menggunakan teknologi kedap udara di kemasan. Alhasil, ongkos pengemasan sangat murah.
  • Ketiga, makanan kucing repack dijual tanpa label dan tanpa merek. Dengan begitu, penjual dapat menjual dengan harga sesuka hati. Karena penjual tidak terikat oleh aturan reseller resmi dari pusat marketing makanan kucing tersebut.
  • Terakhir, ongkos pengemasan makanan kucing repack jauh lebih murah. Karena hanya ditimbang dan dimasukkan plastik bening. Tanpa ada QC pengemasan dan jaminan mutu yang ketat.

Secara singkatnya seperti itu. Penasaran dengan detailnya? Yuk, simak pembahasannya sampai selesai.

Apa itu makanan kucing repack dan makanan kucing freshpack?

perbedaan kemasan makanan kucing repack dan freshpack

Jika kamu teliti saat membeli makanan kucing di petshop, kamu akan melihat makanan repack dan makanan freshpack.

  • Makanan kucing repack adalah makanan kucing yang dikemas ulang dengan plastik tanpa label dan tanpa merek dagang. Penjual makanan kucing biasanya menjual makanan repack dengan harga lebih murah. Dan kamu dapat membeli makanan repack secara kiloan dengan berat yang bervariasi. Contohnya, makanan kucing Bolt repack 1kg, 2kg, 2,5kg, 5kg, dll.
  • Makanan kucing freshpack adalah makanan kucing yang dikemas langsung dari pabrik makanan kucing dengan kemasan resmi/original. Agar lebih mudah, makanan kucing freshpack saya istilahkan dengan makanan kucing dengan kemasan original. Jadi, makanan freshpack dijual dengan kemasan yang mewah, ada label makanan kucing yang jelas. Ada label komposisi makanan, ada label sertifikasi, ada label jaminan mutu dan kualitas, ada logo merek dagang. Pengemasan makanan freshpack menggunakan teknologi tinggi dan higienis. Makanan freshpack dijual pada kemasan tertentu. Misal: Royal Canin kemasan 400gr, 2kg, 5kg, 10kg.

Pada artikel ini, saya akan membahas secara lebih mendalam kenapa makanan repack dijual dengan harga lebih murah. Jika kamu tahu jawabannya, silakan tulis opini kamu di kolom komentar.

Berikut ini beberapa makanan kucing repack yang dijual secara kiloan di petshop:

No Brand makanan kucing repack Harga makanan repack per 1kg
1 Bolt Rp19.000
2 Oricat Rp19.500
3 Eureka Rp80.000
4 Maxi Rp25.000
5 Profelin Rp25.000
6 Felibite Rp25.500
7 StarPro Rp35.000
8 Whiskas Rp44.000
9 Meo Rp24.500
10 Royal Canin Rp112.000

*Catatan: Harga makanan kucing repack sewaktu-waktu bisa berubah, bisa lebih murah, bisa juga lebih mahal. Semua tergantung dari jumlah keuntungan yang diincar pengecer.

Terus baca: Kelebihan dan kekurangan makanan kucing Bolt »

5 alasan kenapa makanan kucing repack dijual dengan harga lebih murah

Pada awal artikel saya sudah sedikit menyinggung, alasan kenapa makanan kucing repack lebih murah dari yang original. Spesial pada chapter ini, saya akan membahas secara lebih mendalam. Let’s dive in!

1. Penjual membeli langsung dari pabrik makanan kucing dalam jumlah besar

Semua orang tahu kalau membeli langsung makanan kucing di pabrik dalam jumlah besar pasti harganya murah. Apalagi untuk penjual militan yang membeli ratusan ton per bulan. Pasti dia mendapatkan diskon dan bonus khusus. Nah, karena pengecer mendapatkan harga yang sangat murah, maka makanan repack dapat dijual dengan harga murah. Dan kebanyakan pasti di bawah harga reseller di pasaran.

Awalnya terlihat seperti untungnya tipis, tapi kenyataannya bisnis repack untungnya besar.

  • Pertama, untung dari penjualan ratusan kuintal makanan kucing repack.
  • Kedua, untung dari bonus bulanan saat penjual mencapai target penjualan dari produsen/distributor/agen.
  • Ketiga, untung dari penjualan item perlengkapan kucing lain di petshop miliknya (cross selling).
  • Terakhir, untung dari diskon pembelian dalam partai besar.

Mulai dari sini, kamu mulai paham ya kenapa makanan kucing repack lebih murah. Okay, yuk lanjut!

2. Makanan kucing repack dijual dengan kemasan plastik yang lebih murah

Untuk menekan harga jual agar tetap murah dan terjangkau, pengecer biasanya menjual makanan kucing repack dengan bungkus plastik murahan. Plastik bening, tipis, dan mudah sobek. Pengemasan makanan kucing juga secara sederhana. Ada yang hanya di steples saja pada ujung plastik kemasan. Dan ada juga yang pakai segel pemanas.

Karena tidak menggunakan kemasan mewah dan teknologi pengemasan tergolong sederhana, kamu bisa makanan kucing repack dengan harga lebih murah.

Komponen biaya dalam pengemasan freshpack (original) ala pabrik.

  • Desain kemasan bagus.
  • Bahan kemasan premium.
  • Teknologi kedap udara.
  • Penerapan QC ketat pengemasan untuk menjaga mutu, nutrisi dan kebersihan produk.

Pengecer dapat memangkas semua biaya tersebut. Dengan begitu, kamu dapat membeli makanan repack dengan harga lebih murah.

3. Makanan kucing repack dijual tanpa label dan tanpa merek

Semua orang tahu kalau beli makanan repack, pasti kemasannya tidak memiliki label dan merek. Di kemasan hanya di kasih tulisan pakai spidol atau print dari kertas. Ini bukan karena penjual tidak punya uang. Ini strategi penjual untuk membantu kamu mendapatkan makanan kucing repack dengan harga lebih murah.

Kok bisa? Begini, kamu pernah beli tepung/gula/minyak di toko kelontong vs di Indomaret? Dengan minyak merek yang sama, harga jauh lebih murah di toko kelontong. Hal ini karena toko kelontong menjual tanpa label dan tanpa merek. Jadi, harga barang tidak terikat oleh aturan reseller resmi dari produsen.

Jika kamu pernah menjadi reseller, kamu pasti tahu perang harga. Nah, untuk menghindari perang harga, reseller menetapkan batas bawah harga barang. Dengan begitu, semua reseller masih mendapatkan untung yang memadai. Nah, aturan ini hanya terikat pada penjual yang menjual produk dengan kemasan resmi.

Bagaimana dengan penjual dengan kemasan tidak resmi? Ya, suka-suka dia. Karena dia menjual produk tanpa merek, tanpa label dan tanpa jaminan. Jadi, kamu tidak bisa komplain ke distributor resmi jika terjadi masalah saat membeli makanan kucing repack. Tapi, kamu mendapatkan kelebihan tersendiri, yaitu: kamu dapat harga lebih murah.

4. Takaran makanan repack tidak presisi

Ini bisa disebut human error, bisa disebut juga kecurangan, bisa disebut juga strategi dagang. Semua orang tahu, kalau membeli makanan kucing repack hal yang paling menjengkelkan adalah perbedaan takaran. Di mana, timbangan di tempat penjual berbeda dengan timbangan yang ada di rumah. Jadi, bisa terjadi pengurangan timbangan.

Tapi, semua orang memaklumi itu. Ya, namanya juga makanan kucing murah. Jangan terlalu berharap tentang presisi, jaminan mutu dan kebersihan. Dan kamu tidak bisa komplain ke distributor inti tentang takaran ini. Karena penjual menjual makanan kucing repack tanpa label resmi. Akibatnya, layanan konsumen tidak bisa kamu pakai untuk komplain. Hehe.

5. Makanan repack tidak perlu biaya desain kemasan, branding dan marketing

Alasan terakhir makanan kucing repack lebih murah adalah karena tidak perlu biaya desain kemasan, branding dan marketing. Biaya branding dan marketing dari makanan kucing Royal Canin dan Whiskas itu sangat besar. Biaya branding dan marketing tidak secara langsung masuk ke dalam ongkos produksi. Tapi, makanan kucing yang bermerek dan terkenal pasti harganya lebih mahal. Kenapa? Karena hukum permintaan dan penawaran. Jika permintaan tinggi dan barang terbatas, maka harga bisa naik. Barangnya sama, kualitasnya sama, tapi setelah terkenal harganya beda. Itulah efek dari branding dan marketing. Hehe.

Balik lagi ke makanan kucing repack. Karena pengecer tidak peduli tentang branding dan marketing, ya dia tidak perlu mengeluarkan biaya lebih. Alhasil, kamu dapat membeli makanan kucing repack dengan harga jauh lebih murah.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan makanan kucing Whiskas »

Pertanyaan yang sering ditanyakan pembaca (F.A.Qs)

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pembaca tentang topik “kenapa makanan kucing repack lebih murah”. Apabila pertanyaanmu belum terjawab melalui kolom F.A.Qs, silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

1. Apakah ada perubahan nutrisi pada makanan kucing repack dibandingkan dengan makanan kucing kemasan original?

Jika mau jujur, ada. Ini berhubungan dengan teknik pengemasan. Makanan dengan kemasan pabrik memiliki QC ketat tentang jaminan mutu makanan kucing. Ada teknologi kemasan kedap udara, kemasan kedap cahaya, ada sterilisasi peralatan pengemasan dan tidak boleh ada kontaminasi luar. Dan kamu bisa menelepon pelayanan konsumen jika mendapatkan produk yang tidak sesuai standard ketentuan jaminan mutu.

Berbeda dengan makanan kucing repack yang di kemas ulang dengan ala kadarnya.

  • Pertama, kemasan plastik murah dan bening. Cahaya dan udara dapat menurunkan kualitas makanan kucing. Jadi, makanan kucing repack yang sudah di kemas lama dan belum pasti mengalami penurunan kualitas. Entah makanan kucing menjadi melempem atau terdapat penurunan nutrisi.
  • Kedua, kebersihan waktu pengemasan ulang tidak terstandardisasi. Karena di kemas ala kadarnya, banyak penjual yang masa bodoh dengan kontaminasi bakteri. Padahal bakteri dapat mengkontaminasi makanan kucing dari timbangan, alat pengambil makanan curah (scoop) dan tangan dari penakar. Bahkan ruangan pengemasan yang berdebu bisa menjadi sumber kontaminasi bakteri.

Ya, tapi semua yang senang membeli makanan kucing repack, pasti akan memaklumi hal itu. Pokoknya murah, titik. Hehe.

2. Apakah makanan kucing repack aman bagi kucing?

Jika penjual benar-benar jujur dengan apa yang dia jual, makanan kucing repack aman. Tapi, apabila si penjual tidak jujur dan melakukan pemalsuan, maka makanan kucing yang kamu beli tidak aman.

Ini dilema sudah dari dulu sih. Di mana, makanan tanpa label dan tanpa merek lebih mudah dipalsukan. Dan pembeli tidak dapat komplain ke distributor resmi karena makanan yang dia beli tanpa label. Jadi, jika kamu penggemar makanan kucing repack, cari penjual yang amanah ya.

Kesimpulan

Ada beberapa alasan kenapa makanan kucing repack dijual dengan harga murah. Mulai dari penjual yang membeli makanan dalam partai besar langsung dari pabrik sampai penjualan dengan kemasan plastik murah tanpa label. Tapi, ini tidak masalah bagi kamu yang hobi membeli makanan kucing repack, bukan? Simbiosis mutualisme, penting murah. Hehe.

Saran saya, selalu beli dari penjual yang amanah. Karena banyak kasus, ada pemalsuan makanan kucing tanpa label. Dan ini sering terjadi. Jadi, kamu harus jeli dan berhati-hati dalam berbelanja.

Baca lebih lanjut: 5 makanan kucing termahal di Indonesia [2020] »