Home » Info Kucing

10 Ras Kucing Abu Abu yang Cantik dan Memesona

Pernahkah pandanganmu terhenti sejenak akibat pesona kucing abu-abu yang lucu? Bayangkan ada di depanmu, kucing ras dengan warna bulu abu-abu solid, bermuka bulat, berbadan gemuk dan sehat. Pasti jika cat loversmu akan berontak dan segera ingin menggendongnya. Pesona kucing abu-abu memang sangat kuat. Terlebih pada ras kucing tertentu. Sejujurnya, jika saya kasih tahu, kamu pasti tidak bisa mengalihkan pandangan dari ras-ras kucing dengan bulu warna abu-abu ini. Berikut 10 ras kucing spesial yang memiliki warna bulu abu-abu yang memesona:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. American Shorthair

Kucing Abu Abu Ras American Shorthair
Kucing ras American Shorthair warna abu-abu.

American Shorthair abu-abu ada yang seperti Russian Blue dan ada yang bercorak tabby abu-abu seperti gambar di atas. Adakah warna atau corak lain selain abu-abu? Ada karena American Shorthair memiliki lebih dari 80 warna dan corak, di antaranya hitam, putih, coklat, biru

Kalau kamu perhatikan, sekilas, American Shorthair terlihat seperti kucing domestik di Indonesia dengan muka dan tubuh yang lebih gemuk. Padahal, American Shorthair lebih memiliki muka yang bulat dan cenderung agak rata seperti kucing Persia. Badannya pun cenderung lebih kekar dan kuat.

Kucing yang sudah ada di Amerika Utara sejak 1620 ini memiliki bulu pendek. Jika kamu bandingkan, bulu American Shorthair lebih tebal dibandingkan kucing domestik biasa. Uniknya, bulu ras kucing dari Amerika ini bisa menebal ketika musim dingin untuk menjaga agar kucing tetap hangat.

Berbicara tentang hangat, ras American Shorthair memiliki karakter yang hangat. Kucing yang dulunya ‘bertugas’ untuk menangkap tikus ini, memiliki karakter yang ramah, ceria dan aktif. Di sisi lain, American Shorthair tidak suka terlalu dimanja atau dipegang sehingga cocok untuk kamu yang cukup sibuk. 

Di sisi lain, American Shorthair termasuk kucing yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Berat badannya sekitar 3-5 kg untuk betina dan 5-7 kg untuk jantan. Sedangkan panjang ras kucing ini sekitar 30-40 cm.

Dengan ukuran medium dan masa umur yang mencapai 15-20 tahun, American Shorthair cocok untuk hewan peliharaan.

Tertarik memelihara kucing abu-abu dari Amerika ini? Eits, baca juga list kedua berikut!

2. British Shorthair

Kucing Ras British Shorthair Dengan Warna Bulu Abu Abu
Kucing ras British Shorthair dengan warna bulu dominan abu-abu.

British Shorthair menjadi salah satu ras kucing terpopuler di dunia. Kucing yang masih bersaudara dengan American Shorthair ini punya warna abu-abu gelap yang cantik dan unik. Ditambah dengan warna mata yang keemasan, membuat British Shorthair terlihat memesona.

Selain warna abu-abu, British Shorthair juga memiliki warna dan motif lain, seperti:

  • Calico.
  • Tabby pattern.
  • Tortoiseshell.

Sedangkan mata British Shorthair pun bervariasi. Mulai dari kuning keemasan, tembaga, biru hingga hijau. Jadi, jangan heran kalau kombinasi warna antara bulu dan mata, semakin membuat ras ini unik.

Untuk bulunya sendiri, British Shorthair memiliki bulu yang tebal dan pendek. Karena hal tersebut, untuk menjaga kecantikan bulunya ini, kamu perlu menyisir hingga 2-3 kali setiap harinya.

British Shorthair memiliki sifat yang lebih manja dibandingkan dengan American Shorthair. Walaupun begitu, kucing yang memiliki wajah bulat dan besar ini tidak masalah kalau kamu tinggal sendirian. Misalnya kala kamu sibuk bekerja.

Selain itu, kucing dengan bulu lebat dan terlihat seperti boneka ini memiliki sifat yang ramah dan cenderung santai. Jadi, kalau kamu punya hewan peliharaan lain atau anak kecil, British Shorthair bisa beradaptasi dengan baik.

Mau tahu lagi si abu-abu menggemaskan? Yuk baca daftar selanjutnya!

3. Chartreux

Kucing Abu Abu Dari Ras Chartreux
Kucing abu-abu dari ras Chartreux.

Kucing Chartreux (dibaca, shar-true) merupakan salah satu kucing ras kuno yang langka. Uniknya, kucing nasional Perancis ini hanya memiliki warna biru (abu-abu) dengan bulu yang cukup panjang.

Keunikan kucing Chartreux tidak hanya pada bulunya yang sangat lembut, tapi juga mencakup hal berikut ini:

  • Termasuk ras yang langka di dunia.
  • Nama Chartreux berasal dari wol pile de Chartreux.
  • Konon, kucing Chartreux dibawa oleh biarawan Carthusian di dekat Paris pada abad ke-18 untuk menangkap tikus.
  • Menurut CFA.org, Chartreux berasal dari Persia Kuno.
  • Memiliki mata yang bulat berwarna kuning, tembaga atau oranye.
  • Punya postur tubuh yang besar dengan kaki kurus.
  • Disebut sebagai kucing berkepribadian anjing karena bisa kamu ajari berbagai trik layaknya anjing.
  • Tidak terlalu vokal atau mengeong, mandiri dan manja. Ketika mengeong, suaranya terdengar lebih lembut dan bahkan suara mendengkurnya lebih nyaring daripada suara saat mengeong.
  • Aktif dan punya insting tinggi sehingga cocok untuk dijadikan pest controllers terutama untuk hama tikus.

Dengan keunikan tersebut, ditambah Chartreux tidak masalah kalau ditinggal sendiri, kucing ini pas untuk kamu yang mandiri dan sibuk. Namun, kalau kamu memelihara Chartreux, kamu perlu memperhatikan bulunya. Setidaknya kamu bisa menyisir bulunya 2x dalam seminggu atau lebih sering lagi terutama setelah musim dingin.

Kenapa? Karena Chartreux memiliki bulu yang sangat lembut. Jadi, perawatan bulu sangat diperlukan apalagi untuk menjaga kelembutan dan warna abu-abunya yang memesona.

Next, saya bahas ras kucing ke-4!  

4. Korat

Kucing Abu Abu Lucu Dari Ras Korat
Kucing abu-abu lucu dari ras Korat.

Kucing ras Korat merupakan salah satu kucing langka yang berasal dari Thailand. Kucing langka ini memiliki pola bulu solid dengan warna biru dan abu-abu dan mata berwarna hijau. Kombinasi tersebut membuat kucing Korat terlihat cantik.

It’s so majestic!

Di Thailand, Korat merupakan lambang kemakmuran dan keberuntungan. Karena alasan tersebut, kucing Korat terkadang diberikan ke pengantin dengan maksud agar pernikahannya sejahtera.

Menurut sejarah, kucing bulu pendek yang bisa hidup hingga usia 19 tahun ini, sudah ada sejak masa Ayutthaya (1350-1767). Kemudian, 1896 di Inggris, ada seekor kucing menyerupai Korat yang ikut pertunjukan kucing. Sayangnya, tidak ada bukti resmi apakah kucing tersebut adalah Korat atau justru Siam berwarna biru perak.

Korat mulai banyak dikenal setelah masuk ke Amerika (1959). Sepasang Korat tersebut merupakan hadiah pensiun untuk pasangan Amerika yang selesai bertugas di Departemen Luar Negeri Amerika di Thailand.

Setelah itu, Korat mulai dikembangbiakkan. Hingga pada akhirnya kucing Korat tercatat di CFA pada tahun 1967.

Kalau kamu ingin memelihara Korat, kamu perlu tahu bagaimana karakteristik dan sifatnya. Kucing bermata hijau ini memiliki sifat dan karakteristik:

  • Lembut.
  • Aktif.
  • Ramah termasuk dengan anak kecil.
  • Tidak terlalu berisik.
  • Akan manja pada orang yang dianggap favorit.
  • Mudah beradaptasi.
  • Tidak suka ditinggalkan atau diabaikan dalam waktu yang lama.

Jadi, jika kamu cukup sibuk dengan pekerjaan kamu, lebih baik pertimbangkan lagi memelihara kucing Korat. Bisa jadi nih, kucing abu-abu di daftar ke-5 selanjutnya sanggup membuat kamu terpesona dan ingin kamu pelihara.

5. Nebelung

Kucing Abu Abu Cantik Dari Ras Nebelung
Kucing abu-abu cantik dari ras Nebelung.

Kucing Nebelung atau Russian Blue Longhair berasal dari kata nebelung (Jerman) yang berarti makhluk kabut. Pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan karena Nebelung memiliki bulu abu keperakan yang berkilau dan terlihat seperti kabut tebal.

Kucing yang memiliki mata hijau atau kuning ini masih berkerabat dengan Russian Blue. Bedanya, Nebelung ini memiliki bulu yang panjang terutama di area leher dan ekor.

Lantas kenapa bisa berkerabat dengan Russian Blue?

Menurut sejarah, ada kucing betina bernama Elsa yang merupakan campuran kucing domestik dengan anggora. Elsa yang berbulu pendek dan berwarna hitam solid kawin dengan Russian Blue.

Ternyata, gen anggora Elsa turun ke anaknya dan menghasilkan kitten berbulu panjang dengan warna biru perak. Kitten jantan tersebut kemudian dinamai Siegfried.

Elsa lalu melahirkan kitten lagi dan ada yang memiliki bulu panjang berwarna biru perak dan berkelamin betina. Kitten tersebut diberi nama Brunhilde.

Oleh Cobb, sang pemilik, Brunhilde dikawinkan dengan Siegfried. 1986, perkawinan tersebut menghasilkan 3 kittens dengan bulu panjang berwarna biru perak. Akhirnya, Cobb menamai jenis kucing ini dengan nama Nebelung.

Nebelung semakin dikenal saat mendaftar di TICA tahun 1987 dan juara. Kemudian, 1989. Nebelung menjadi salah satu bintang tamu di pertunjukan kucing yang TICA selenggarakan di Paris. Akhirnya, Nebelung diakui oleh organisasi kucing seperti ACFA, CFF, WCF dan LOOF.

Kalau kamu hendak memelihara kucing Nebelung, ketahui dulu sifat dan karakteristiknya berikut ini:

  1. Pemalu dengan orang yang baru ditemui atau yang membuat kucing tidak nyaman.
  2. Setia.
  3. Manja pada orang favorit.
  4. Aktif dan suka memanjat.
  5. Punya kecerdasan yang tinggi sehingga bisa kamu latih.
  6. Kurang bisa beradaptasi.
  7. Tidak bisa ditinggal terlalu lama.

Berwarna biru keperakan dan setia, Nebelung sempurna untuk kucing peliharaan bukan?

Masih belum dan mau tahu lagi si abu-abu cantik? Cek daftar selanjutnya, yuk!

6. Norwegian Forest

Kucing Ras Norwegian Forest Dengan Warna Bulu Dominan Abu Abu
Kucing Norwegian Forest warna abu-abu.

Norwegian Forest atau kucing hutan Norwegia merupakan kucing hutan yang berasal dari Norwegia. Kucing yang disebut juga dengan skogkatt ini memiliki bulu panjang dan varian warna bulu yang memesona. Setidaknya ada sekitar 60 warna dan motif kucing hutan Norwegia dan di antaranya biru dan perak.

Seperti apa kucing hutan Norwegia berwarna biru? Apakah seperti warna langit atau samudra?

Warna biru pada kucing adalah warna abu-abu gelap seperti gambar yang saya sertakan di atas. Sedangkan warna abu-abu muda lebih dikenal dengan warna silver atau perak. Contohnya warna blue silver berikut.

Kucing Norwegian Forest Warna Abu Abu Muda Blue Silver
Kucing Norwegian Forest warna abu-abu muda.

Paham ya?

Dilihat dari bulunya, kucing hutan Norwegia memiliki bulu yang panjang terutama di area leher. Sekilas, kucing ini terlihat seperti Lynx atau Maine Coon. Panjangnya bulu membuat kamu perlu memberikan perawatan ekstra agar bulu tetap sehat dan tidak gimbal.

Kucing dari Norwegia ini memiliki sifat yang mandiri dan suka menyendiri. Walaupun begitu, kucing ini tidak masalah kalau kamu temani misalnya saat bermain di rumah.

Di sisi lain, Norwegian Forest ini cukup cerewet. Jadi, kalau kamu suka kesunyian, kucing jenis ini kurang cocok untuk kamu.

Sebaliknya, kalau kamu sangat mengagumi kucing hutan Norwegia terutama bulu abu-abunya, kamu perlu menyiapkan tempat yang cukup luas. Pasalnya, kucing bulu panjang ini sangat aktif, suka memanjat dan seekor pemburu yang baik. Jadi, lakukan persiapan terutama tempat yang nyaman untuk Norwegian Forest ya.

Okay next, lanjut ke daftar ke-7!

7. Oriental

Kucing Oriental Warna Abu Abu
Kucing Oriental warna abu-abu.

Oriental Shorthair atau yang lebih dikenal dengan kucing Oriental memiliki perawakan yang ramping, tinggi dan bertelinga lebar. Kucing ini memiliki garis keturunan dari American Shorthair, British Shorthair, Russian Blue, kucing domestik dan Abyssinians. Warna abu-abu yang memukau pun tak lepas dari DNA ras lain yang ada di tubuh kucing Oriental.

Uniknya, kucing Oriental disebut sebagai non pointed Siamese. Artinya, warna dan corak pada kucing melingkupi seluruh tubuhnya dan bukan hanya di bagian tertentu seperti wajah kucing Siam. 

Kucing Siamese Vs Kucing Oriental
(sumber: cat-world.com).

Fun fact, kucing Oriental memiliki lebih dari 300 warna dan corak dan salah satunya adalah grey shade yang memesona. Saking banyaknya corak dan warna, kucing Oriental memiliki julukan Ornamental. Lucu ya?

Berbicara tentang lucu dan unik, kucing Oriental memiliki bentuk seperti kucing Siam. Wajah segitiga terbalik, telinga lebar seperti kelelawar dan mata besar seperti Almond menjadi ciri khasnya. Untuk badannya, kucing ini memiliki tubuh ramping yang tinggi.

Bagaimana dengan sifatnya?

Sifat kucing Oriental hampir sama dengan kucing Siam. Kucing ini memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga bisa kamu ajari trik seperti duduk dan berjalan-jalan menggunakan harnes.

Selain itu, kucing Oriental memiliki sifat dan karakteristik seperti berikut:

  1. Tidak suka sendirian.
  2. Aktif.
  3. Punya rasa penasaran yang tinggi.
  4. Sering mengeong atau chatty.
  5. Bisa sangat manja sehingga kamu perlu mengajarkan sosialisasi pada kucing kamu.
  6. Penuh kasih sayang.
  7. Bisa beradaptasi dengan baik.

Jadi, jika kamu tertarik dengan kucing Oriental, misalnya yang berwarna abu-abu, pastikan kamu mencurahkan waktu yang cukup ya. Jika tidak, kucing kamu bisa stress dan sakit.

Okay, yuk lanjut ke ras kucing abu-abu ke-8!

8. Persian

Kucing Persia Cantik Dengan Warna Bulu Abu Abu
Kucing Persia cantik dengan warna bulu abu-abu.

Persian atau kucing Persia merupakan kucing bulu panjang dengan wajah bulat dan datar. Di Indonesia, kucing Persia banyak diminati karena lucu dan memiliki warna yang menarik seperti abu-abu.

Panjangnya bulu kucing Persia membuat jenis kucing ini memerlukan perawatan yang tinggi untuk bulunya. Dengan begitu, bulu tetap halus, sehat dan tidak gimbal.

Salah satu kucing terpopuler di dunia terutama di Amerika Utara ini memiliki sifat dan karakteristik yang hangat dan ramah. Wajahnya yang lucu, kepala bulat, hidung pesek, badan gemuk dan kaki kecilnya membuat Persia semakin imut. Apalagi, dengan bulu warna abu-abu yang panjang, membuat kucing Persia semakin memesona.

Sebenarnya, kucing Persia sudah sangat terkenal di era Victoria dan bertahan hingga saat ini. Seiring dengan berkembangnya zaman dan waktu, ada 2 jenis kucing Persia, yaitu:

  • Show Persian

Kucing Persia untuk keperluan pertunjukan memiliki kepala yang lebih bulat, hidung pesek, mata bulat dan telinga kecil. Selain itu, jenis kucing ini memiliki badan kecil tapi terlihat kekar/kuat karena tulangnya yang cukup besar. Di bagian ekor, show Persian lebih terlihat bulat atau mengembang.

  • Traditional Persian

Traditional Persian atau Doll Face menjadi salah satu jenis Persia yang paling banyak dipelihara. Jika dibandingkan dengan show Persian, kucing ini memiliki hidung yang sedikit lebih mancung.

Susah mendapatkan bayangan? Coba cek kedua jenis Persia ini.

Kucing Doll Face Persian Dan Kucing Show Persian
(Sumber: rr-99.top).

Baik jenis Persia untuk pertunjukan atau tradisional, pada dasarnya, Persia bukanlah kucing yang aktif. Kucing ini cocok untuk kamu yang tidak bisa terlalu aktif mengajak bermain atau senang mengelus-elus kucing di pangkuan.

Sayangnya, ketika kamu memutuskan untuk memelihara kucing Persia, baik show atau Doll Face, kamu butuh kesabaran ekstra. Kamu harus memperhatikan kebersihan kucing terutama bulu, hidung dan mata. Jika tidak, kucing bisa jamuran atau mengalami susah bernafas karena kotoran yang menumpuk di hidung.

Next yuk ke kucing memesona lain yang berwarna abu-abu!

9. Russian Blue

Kucing Ras Russian Blue Warna Abu Abu
Kucing ras Russian Blue warna abu-abu (Sumber: unsplash.com).

Russian Blue merupakan salah satu kucing abu-abu solid yang paling terkenal. Kucing ini memiliki mata bulat, kepala segitiga, bulu pendek dan badan yang langsing tapi kokoh. Warna abu-abu yang menyelimuti seluruh tubuhnya membuat Russian Blue terlihat semakin cantik dan menggemaskan.

Adakah warna bulu yang lainnya? Ada. Tidak seperti kucing lain yang biasanya punya corak, Russian Blue memiliki warna bulu yang solid, yaitu biru, putih dan hitam.

Uniknya, kucing dari Rusia ini memiliki double-coat. Alhasil, bulunya terlihat lebih mengembang dan tebal. Fun fact, Russian Blue termasuk hypoallergenic sehingga cocok untuk kamu yang punya alergi.

Lalu, kenapa disebut Russian Blue?

Kalau ditarik ke atas, 1871 di pertunjukan kucing di Crystal Palace, London, ada kucing yang kala itu disebut dengan Archangel Cat. Karena tertarik, Carew-Cow menggali informasi mengenai kucing ini lalu mengembangkannya dan membuat kucing ini digemari.

Saat Perang Dunia II, Archangel Cat jumlahnya menurun drastis dan hampir punah. Lalu, para breeder kucing menyilangkan dengan British Shorthair dan Kucing siam. Setelah bertahun-tahun, lahirlah Russian Blue.

Agar darah murninya lebih banyak, Russian Blue disilangkan dengan keturunan Russian Blue dari Skandinavia. Jadi, Russian Blue saat ini memiliki DNA ras Siam, British Russian Blue dan Russian Blue Skandinavia.  

Kucing yang umumnya memiliki mata hijau ini punya kemiripan dengan ras Korat, British Shorthair dan Chartreux. Ternyata, Russian Blue juga memiliki sifat yang hampir sama dengan 3 jenis ras tersebut, yaitu lembut dan agak manja. Bedanya, ras dari Rusia ini lebih mudah gugup atau takut sehingga kamu perlu menyediakan tempat yang aman dan nyaman.

Jadi, kalau kamu berniat memiliki si abu-abu Russian Blue, kamu perlu memperhatikan:

  • Waktu, karena Russian Blue tidak suka ditinggal sendirian terlalu lama.
  • Perlu grooming berkala karena bulunya yang tebal.
  • Tempat yang tidak terlalu ramai.

The last of the list, yuk masuk ke si cantik abu-abu yang ke-10!

10. Scottish Fold

Kucing Scottish Fold Lucu Warna Abu Abu
Kucing Scottish Fold lucu warna abu-abu.

Scottish Fold merupakan kucing dari Skotlandia yang berarti orang Skotlandia yang melipat. Kata fold ini merujuk pada telinga mungil si kucing yang melipat ke depan. Kucing dari Skotlandia ini setidaknya punya 8 corak dan warna, yaitu:

  • Putih.
  • Biru.
  • Merah.
  • Krem.
  • Coklat.
  • Silver.
  • Bluecream.
  • Tortoiseshell.

Sedangkan untuk warna matanya, ras Scottish Fold ini memiliki bola mata berwarna biru, hijau, emas dan odd-eye. Dengan mata yang bulat, membuat kucing ini sangat menggemaskan dan mempesona.

Bagaimana dengan panjang bulunya? Apakah berbulu pendek atau panjang?

Scottish Fold ada yang berbulu pendek dan ada pula yang berbulu panjang. Jadi, untuk mudah tidaknya perawatan tergantung jenis Scottish Fold yang kamu pilih.

Untuk sifat dan karakteristiknya, Scottish Fold termasuk kucing yang manja dan vokal sehingga agak berisik. Kucing ini mudah untuk beradaptasi sehingga pas untuk kamu yang juga punya hewan peliharaan lainnya. Jadi tertarik untuk memiliki Scottish Fold yang lucu, cantik nan menggemaskan ini?

Dari 10 daftar kucing abu-abu di atas, menurut kamu nih, mana yang cantik dan memesona? Bagi pendapat kamu di kolom komentar ya dan apa pun pilihannya, kamu tetap perlu memberikan tempat dan perawatan yang tepat. Dengan begitu, bukan hanya bulu abu-abunya akan tetap cantik dan memesona tapi juga tetap sehat.  Sekian dari saya, tetap sehat dan see you di pembahasan yang unik dan menarik lainnya!

Baca lebih lanjut: 20 Kucing Paling Terkenal di Instagram 2021 »