Home » Info Kucing » Kucing Hamil Mandi

Bolehkah Kucing Hamil mandi?

Bolehkah-Kucing-Hamil-Dimandikan-besar

Apakah kucing hamil boleh mandi? Saat saya baru pertama kali mempunyai kucing hamil. Saya tidak bisa menjawabnya. Perasaan khawatir, gelisah dan ketakutan menghantui saya. Saya takut salah merawat kucing hamil bahkan stop melakukan grooming.

Saya takut kucing keguguran, sakit dan stress. Tapi ternyata itu semua salah. Ketakutan itu hanya pikiran negatif yang saya tanam sendiri. Kamu pernah mengalami hal yang sama? Okay, di sini saya akan sharing tentang salah satu ketakutan saya saat merawat kucing hamil. Jadi, ”bolehkah kucing hamil dimandikan”?

Saya jawab singkat ya “BOLEH”, boleh banget. Kamu dapat memandikan kucing hamil muda dengan cara mandi basah. Dan kamu dapat memandikan kucing hamil tua dengan mandi kering. Namun, sebaiknya kamu ekstra hati-hati pada bagian janin kucingnya.

Ingin tahu bagaimana cara mandi basah dan mandi kering pada kucing hamil? Keep reading!

Cara Terbaik Memandikan Kucing Hamil

Sebelumnya saya juga was-was dengan mitos memandikan kucing hamil. Katanya:

  1. Memandikan kucing hamil bisa bikin kucing keguguran.
  2. Memandikan kucing hamil bisa bikin kucing betina stress, gelisah dan sakit.
  3. Memandikan kucing hamil bikin perkembangan janin kucing terganggu.
  4. Kucing hamil tidak perlu mandi. Karena sudah menjilati bulunya setiap pagi.
  5. Kucing hamil mudah demam setelah dimandikan.

Siapa ga takut? Jika kucing kesayangannya sakit atau terjadi kemalangan setelah dimandikan.Untuk menjawab rasa takut tersebut saya memberanikan diri ke petshop. Pura-pura beli makanan kucing sambil menggai informasi tentang “bolehkah kucing hamil mandi?”.

Akhirnya saya dijelaskan secara detail tentang memandikan kucing hamil. Makasih ya dok. Dengan demikian saya tahu bahwa kucing hamil boleh dimandikan. Kepercayaan saya semakin bertambah, setelah saya mempraktikannya sendiri.

Cara Memandikan Kucing hamil: Mandi Basah VS Mandi kering

Setelah mengetahui informasi tersebut, saya lebih suka mandikan kucing saya sebelum dia melahirkan. Saya berfikir seperti ini, kalau kucing betina kotor, dia akan banyak dihinggapi kutu dan jamur.

Kutu dan jamur pada kucing betina dapat menular dengan mudah ke anak kucing yang dilahirkan. Karena anak kucing akan berdampingan sepanjang hari dengan sang induk. Minum susu, tidur, bermain, semua selalu didekat indunya.

Di sisi lain, anak kucing belum boleh kita mandikan sebelum mereka berumur 6-8 minggu. Dilema, bukan? kalau sebelum umur tersebut anak kucing terserang jamur dan kutu, apa yang akan terjadi?

  • Pertama, infeksi parah. Karena anak kucing belum memiliki sistem kekebalan tubuh dan termoregulator.
  • Kedua, anemia. Jadi, anak kucing kekurangan darah karena dihisap oleh segerombolan kutu dewasa. Jika anemia parah, anak kucing bisa mati keesokan harinya.

Atas dasar itulah, saya lebih senang memandikan kucing saat hamil. Jadi, setelah melahirkan, induk kucing bersih dan anak kucing sehat.

Berdasarkan pengalaman saya, memandikan kucing hamil itu ada dua cara.

  1. Mandi basah. Artinya, kucing dimandikan dengan air mengalir.
  2. Mandi kering. Artinya, kucing dimandikan hanya dengan mengelap bulu kucing dengan kain lap.

Mandi basah cocok untuk kucing yang hamil muda. Sedangkan Mandi kering cocok untuk kucing yang sudah hamil tua.

Penasaran? Saya akan mengulas detailnya sebentar lagi. Lanjutkan membaca!

Kapan Waktu Yang Tepat Memandikan Kucing Hamil

Untuk menentukan waktu kucing hamil mandi, kamu harus paham siklus kehamilan kucing. Loh, kamu belum pernah denger tentang siklus kehamilan kucing? Baca artikel saya tentang “cara merawat kucing hamil sampai melahirkan“. Di sana saya ulas secara mendetail tentang siklus kucing hamil beserta cara merawatnya.

Pada artikel ini, beberapa poin-poin substansial saja. Yuk, lanjut.

Siklus Kehamilan kucing Minggu Pertama

Setelah kucing betina kamu sukses dibuahi oleh kucing jantan. Kucing akan berhenti dari masa birahi dan pindah ke siklus kehamilan kucing. Pada minggu pertama kehamilan, tanda-tanda kehamilan belum terlihat jelas. Tapi, sel telur yang berhasil dibuahi sperma akan berkembang menjadi embrio anak kucing.

Nama keren embrio anak kucing adalah blastula. Pada kasus normal, kucing dapat menyimpan 3-6 blastula dalam rahimnya (ovarium). Jadi, kucing dapat mengandung banyak anakan dalam sekali siklus reproduksi.

CATATAN: Masa kehamilan kucing sekitar 58-67 hari. Jadi, jika kamu mau memandikan kucing hamil, ambillah pada masa yang tepat.

Minggu Kedua-ketiga

Pada minggu kedua-ketiga kucing sudah menunjukan perubahan perilaku dan sedikit perubahan fisik. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormone estrogen. Hormon estrogen berfungsi untuk mempersiapakan tubuh kucing memasuki masa persalinan.

Misal:

  1. Mengatur pembentukan kelenjar susu.
  2. Membuat kucing mengalami morning sickness/muntah di awal kehamilan.
  3. Mempengaruhi mood dan emosional kucing sehingga kucing menunjukan sifat feminim.

Apa itu morning sickness?

Kadang kucing mengalami “morning sickness” seperti manusia. Mereka mual-mual dan muntah di awal kehamilan. Selain itu, kucing betina juga menjadi lebih pemalas. Kerjaannya cuma tidur dan makan. Pokoknya sangat manja dan ingin diperhatikan.

Bagi pemilik kucing pemula, tanda kucing hamil muda sering disalah artikan. Mereka mengira kucing mereka sakit karena bertingkah aneh. Ya memang sih, tanda-tandanya mirip. Tapi, kamu gak perlu panik. Itu hal wajar, kok.

Beda Kucing Sakit dengan Kucing “Morning Sickness” saat hail

Begini solusi untuk membedakan kucing sakit atau kucing sedang “morning sickness” hamil. Simak baik-baik ya!

1. Periksa puting susu kucing betinamu

Cara paling mudah mendeteksi morning sickness adalah mencari tanda kehamilan kucing. Setelah 2-3 minggu paska dikawinkan, periksa puting susu kucing betina. Kucing hamil akan memiliki gejala pinking up. Jadi, puting susu kucing betina akan membesar dan berwarna pink. Kucing sakit tidak akan menunjukan tanda seperti itu.

2. Perhatikan pola makan kucing kamu.

Pada masa awal kehamilan, badan kucing lemas seperti sedang sakit. Tapi sebenarnya kucing betina hanya kekurangan nutrisi. Energi dan segala sumber bahan bakar tubuh kucing difokuskan untuk membangun rahim.

Di tubuh kucing betina sebenarnya sedang terjadi rekonstruksi pembangunan rahim. Rahim kucing dipersiapkan untuk mencukupi pertumbuhan blastula. Proses ini menyedot banyak energi dan kalori. Jika kucing kamu lemas dan terlihat seperti sakit.

Jika kucing kamu selalu meminta makan setiap 4 jam sekali, bisa jadi dia positif hamil. Segera deh belikan Royal Canin Pro Queen.

3. Tandai perilaku yang tidak biasa

Pada masa awal kehamilan kucing membutuhkan banyak energi untuk membangun rahim dan janin. Kucing yang biasanya aktif tiba-tiba menjadi pendiam dan tenang. Kucing betina akan lebih pendiam dan lebih tenang. Jika tidak ada tanda-tanda cacingan/virus/penyakit berbahaya, kemungkinan dia sedang hamil muda.

4. Lakukan USG di klinik dokter hewan

Ini solusi terakhir jika kamu tetap penasaran apakah kucing kamu hamil atau dia sedang terserang penyakit. Pada saat masa kehamilan kucing menginjak umur 2 minggu blastula akan terlihat seperti biji ceri. Bawa kucing betina ke klinik dokter hewan. Minta dokter untuk melakukan USG. Jadi, kamu dapat memastikan kucing kamu hamil atau sakit setelah melalui validasi medis.

CATATAN:

Masa kehamilan di minggu pertama sampai ketiga ini disebut awal kehamilan atau hamil muda. Jika, kamu ingin memandikan kucing kamu saat hamil, pilihlah masa ini. Saya dikasih ilmu ini dari teman saya yang sudah memelihara kucing selama bertahun tahun.

Kenapa Memandikan Kucing Hamil muda lebih mudah dari pada Kucing hamil tua?

Ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut.

  1. Berat badan kucing masih ringan sehingga mudah dimandikan. Pada masa hamil muda, blastula masih berukuran kecil. Jadi, berat badan kucing masih ringan. Kamu akan lebih mudah membersihkan setiap lekuk tubuh kucing.
  2. Kamu masih dapat menggendong/mengangkat kucing dengan mudah. Bagi kamu yang menyukai kucing bersih dan mengkilap, mandi basah adalah kewajiban. Kucing betina akan sangat bersih. Pada saat kucing hamil muda, kamu masih mudah memandikannya. Tinggal angkat sana, geser sini. Kucing masih enteng dan penurut.
  3. Kucing masih memiliki mood yang baik untuk mandi basah. Pada masa awal kehamilan kucing belum terlalu gelisah/stress/agresif dalam membangun sarang, Jadi, kamu lebih mudah memandikannya.

Kamu kesulitan saat memandikan kucing? Kucing kamu takut air? Kucing kamu sering kabur saat mau dimandikan? Saya punya solusinya. Klik di sini untuk mengetahui cara saya memandikan kucing. Kamu akan mendapatkan cara-cara jitu memandikan kucing. Teknik tersebut dapat dipakai untuk memandikan kucing hamil dan kucing dewasa.

Minggu keempat sampai keenam

Pada minggu ke-4 sampai ke-6 blastula akan mulai berkembang dengan cepat. Kamu dapat melihatnya secara jelas melalui USG di klinik dokter hewan. Kamu juga sudah dapat memastikan berapa jumlah anak yang akan dilahirkan melalui pengamatan USG.

Pada masa ini, sebaiknya kamu memberikan kucing kamu porsi makan yang lebih banyak. Kucing betina membutuhkan nutrisi dalam jumlah besar untuk pertumbuhan anak mereka. Jika nutrisi kucing cukup, janin kucing akan tumbuh dengan sehat. Jangan kaget apabila perut kucing menjadi sangat buncit.

Kucing pada masa ini sudah mulai gelisah, dan mudah stress. kamu harus extra hati-hati dalam merawatnya. Jika kamu ingin memandikan kucing kamu di masa kehamilan minggu ke-4 sampai minggu ke-6.

Kamu harus memandikannya dengan lembut dan tidak menggosok terlalu keras pada area perut. Perhatikan cara kamu mengangkat kucing. Jangan membuat tekanan pada area perut.

Secara alamiah, kucing memiliki naluri keibuan. Jadi, saat kucing hamil, dia mampu mengurus dirinya sendiri. Tapi, itu saat kucing hidup liar. Kalau kucing indoor bagaimana? Saya sudah mengulas cara mudah merawat kucing indoor yang sedang hamil. Silakan dipelajari. Ada tips dan trik memilih makanan untuk kucing hamil dan vitamin kucing.

Okay, saya akan melanjutkan pembahasannya.

Minggu ketujuh sampai ke Sembilan

Masa hamil tua adalah masa dimana kucing sudah mendekati masa persalinan. Anak kucing di dalam perut kucing sudah besar dan sudah sering bergerak. Kamu dapat meraba perut kucing betina kamu saat kucing sedang istirahat atau tidur siang.

Kamu akan merasakan ada sesuatu yang bergerak di dalam perut kucing. Jika kamu meraba perut bagian bawah, di sana ada beberapa pasang puting yang membesar. Kelenjar susu juga sudah mulai terbentuk maksimal pada masa ini.

Secara naluri, kucing hamil tua mulai membuat sarang untuk menyambut kelahiran anaknya. Kucing betina akan memilih sarang yang hangat dan nyaman. Jika induk kucing telah menemukan tempat yang cocok, dia akan merontokkan sebagian bulunya.

Ada satu kebiasaan unik saat kucing hamil tua, Kucing akan semakin rajin membersihkan bulunya. Kucing akan menjilati bulu-bulunya setiap hari.

Jadi, kucing juga menyukai kebersihan sebelum dia melahirkan anaknya.

Jika kamu ingin memandikan kucing kamu pada saat dia hamil tua, usahakan mandi kering saja. Mandi kering adalah upaya memandikan kucing yang tidak memerlukan siraman air. Kamu hanya perlu mengelap bulu kucing dengan lap/handuk basah.

Kekurangan mandi basah saat kucing sudah hamil tua:

  1. Kucing mudah terpleset di kamar mandi atau wastafle karena tubuh kucing tidak dapat menahan beban tubuhnya dengan baik.
  2. Kucing mudah terserang flu berat karena terlalu lama mandi.
  3. Kamu tidak sadar menekan terlalu kuat area perut kucing saat mengangkat kucing. Tekanan yang terlalu kuat dapat menimbulkan cacat janin atau keguguran.
  4. Mood kucing sering berubah dan cenderung mulai agresif sehingga sulit untuk dimandikan. Hal ini disebabkan rasa gelisah dan stress yang menumpuk menjelang masa persalinan.

Jadi, saat kucing kamu hamil tua, kamu sebaiknya memandikannya dengan metode mandi kering. Tidak dimandikan pun tidak masalah. Soalnya, kucing hamil tua akan menjilati bulunya sendiri setiap pagi sampai bersih.

Baca juga: Bolehkah kucing yang baru melahirkan dimandikan?

Apakah Kucing Hamil Boleh Diberi Obat Kutu Dan Obat Jamur Saat Mandi?

Jika kucing kamu sedang terserang kutu dan jamur saat hamil, kamu boleh memberikannya obat. Tapi, obat tersebut harus aman dan tidak mempengaruhi kesehatan janin kucing. Kamu harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter hewan langgananmu.

>>> Klik di sini untuk mengetahui cara saya menghilangkan kutu kucing dengan mudah. 100% legit.

Dokter hewan biasanya memilihkan obat kutu kucing yang tidak mengganggu perkembangan janin. Misal: obat anti kutu yang diteteskan di tengkuk, seperti Frontline Plus dan Revolution. Ada juga shampo anti-kutu dan jamur.

Shampo anti-kutu dan anti-jamur bekerja diluar tubuh kucing sehingga tidak mempengaruhi janin kucing yang ada di dalam. Namun, jika kamu menggunakan shampoo anti-kutu dan anti-jamur, kamu harus memandikan kucing dengan metode mandi basah.

Jadi, sebaiknya pemakaian shampo anti-kutu dan anti-jamur maksimal saat usia kehamilan kucing mencapai 6 minggu. Jika lebih dari 6 minggu lebih baik gunakan saja obat kutu frontline plus atau revolution.

Kucing Hamil Kutuan? Pakai Obat Kutu ini, tinggal tetes tanpa perlu mandi

Pemakaian obat kutu tetes tidak mengharuskan kucing mandi. Obat Revolutioner & Frontline Plus hanya perlu kamu teteskan di kulit kucing pada area tengkuk. Obat ini akan membasmi kutu dengan cepat dan efektif. Dan dia akan melindungi kucing kamu selama satu bulan penuh.

Bagaimana cara kerja obat anti-kutu yang ditetes ditengkuk? Obat anti kutu Frontline Plus dan Revolution akan membunuh kutu. Obat kutu akan menyebar ke seluruh jaringan kelenjar minyak pada kucing.

Kemudian akan disebarkan secara bertahap ke kelenjar keringat dan bulu kucing. Kutu yang menggigit kucing yang telah diberi obat kutu ini akan keracunan dan mati seketika. Obat kutu ini mampu melindungi kucing kamu dari kutu selama satu bulan.

Asalkan kamu mengikuti prosedur cara pemakaian dengan benar, obat ini sangatlah aman. Obat kutu ini tidak masuk ke jaringan reproduksi kucing. Jadi, aman dipakai untuk kucing yang sedang hamil dan anak kucing yang dikandungnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui rahasia cara merawat anak kucing agar tidak mati.

Jangan memberikan obat kutu suntik dan obat jamur suntik. Obat tersebut cara persebarannya melalui daging dan darah kucing. Obat kimia akan mempengaruhi perkembangan janin kucing. Jika memang terpaksa harus di suntik, tolong konsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Jadi, Kucing Hamil Boleh Mandi

Sampai di sini paham ya. Kucing yang sedang hamil boleh dimandikan. Jika mengacu pada perkembangan blastula dan umur kehamilan, ada 2 metode memandikan kucing. Metode pertama adalah mandi basah.

Mandi basah sangat cocok digunakan pada kucing yang sedang hamil muda. Metode kedua adalah mandi kering. Mandi kering cocok digunakan pada kucing yang sedang hamil tua. Kamu boleh memberikan obat kutu pada kucing yang sedang hamil. Asalkan cara kerja obat tidak membahayakan janin kucing.

Apakah kamu memiliki permasalahan dalam merawat kucing? Beritahu saya dengan menuliskannya di kolom komentar. Next post, akan saya buatkan pembahasannya.

3 pemikiran pada “Bolehkah Kucing Hamil mandi?”

    • Hi, Dzaa.

      Kucing hamil boleh diberi obat kutu telinga. Tapi…kamu harus memilih obat kutu yang aman dan tidak mengandung zat kimia berbahaya.
      Saya pernah memakai obat kutu Revolution dan Frontline Plus untuk kucing hamil. Obat ini aman.

      Komposisi zat kimia aktif dari obat pembasmi kutu:
      1. Revolution: Selamectin, Butylated Hydroxytoluen.
      2. Frontline Plus: Fipronil, (S)-methoprene.

      Jika kamu ragu dengan bahan kimia dari obat kutu yang kamu pakai, coba tanyakan terlebih dahulu kepada dokter hewan langgananmu.

      Makasih sudah berkunjung.

Tinggalkan komentar