Home » Info Kucing

10 Fakta Menarik Tentang Kucing Hitam Putih

Kucing hitam putih selalu berhasil menarik perhatian saya. Dua warna kontras, hitam dan putih, pada bulunya membuat kucing ini terlihat unik. Apalagi kalau warnanya muncul dengan pola-pola yang khas. Namun, selain tampilannya, kucing hitam putih memiliki banyak fakta menarik lain yang membuatnya makin istimewa. Kalau kamu sedang ingin memelihara kucing hitam putih, kamu pasti suka dengan informasi yang akan saya bagikan ini. Berikut 10 fakta menarik tentang kucing hitam-putih:

Ingin tahu informasi lebih mendalam tentang kucing hitam putih? Yuk, lanjut baca.

1. Kucing hitam putih bukan ras khusus

Tahukah kamu kalau kucing hitam putih itu bukan jenis ras kucing tertentu? Kucing hitam putih hanya istilah saja. Istilah tersebut diberikan untuk kucing dengan khas dua warna/bi-colour pada bulunya. Umumnya dua warna tersebut adalah hitam dan putih. Kucing dengan warna hitam putih ini bisa ditemukan pada cukup banyak ras kucing. Misalnya, Maine Coon, American Shorthair, British Shorthair, hingga Angora.

2. Kucing hitam putih memiliki beberapa pola warna bulu yang unik

Kalau kamu perhatikan, kucing hitam putih tidak selalu memiliki pola yang sama di bulunya. Pola warna hitam dan putih ini bisa muncul secara berbeda. Melansir dari catspro.com, berikut ini beberapa pola paling umum yang sering muncul pada kucing hitam putih.

  • Tuxedo: pola warna hitam dan putihnya terlihat seperti si kucing sedang mengenakan pakaian formal pria (jas model tuxedo). Sebagian besar bulunya berwarna hitam, dengan bagian dada dan cakar berwarna putih.
  • Pola van: warna hitam hanya muncul di bagian ekor dan telinga, sisanya putih.
  • Pola topi dan pelana: kucing berbulu putih dengan bercak hitam di bagian punggung dan kepala.
  • Pola sapi: seperti namanya, bulu si kucing terlihat seperti corak pada tubuh sapi. Sebagian besar bulu berwarna putih dengan titik-titik hitam di beberapa bagian lainnya.
  • Mohrenkopf: pola ini muncul dengan warna putih di seluruh tubuh, dan hitam hanya di kepala.
  • Pola Thailand: warna hitam dominan di seluruh tubuh, dengan garis putih yang sangat jelas di bagian punggung.
  • Pola selimut/mantel: kucing akan dominan dengan bulu berwarna putih, kemudian ada warna hitam besar yang menyerupai selimut/mantel di punggung dan bahunya.
  • Pola tip: kucing dengan pola ini memiliki warna hitam dominan di seluruh tubuh. Warna putih hanya terlihat di jari kaki saja.

Kalau dibayangkan, pola hitam putih tersebut unik dan menggemaskan semua, ya? Dari beberapa pola tersebut, pola mana nih yang paling sering kamu lihat muncul pada kucing hitam putih di sekitarmu?

3. Mata dari kucing hitam putih umumnya berwarna hijau

Kucing hitam putih tidak hanya memiliki bulu yang menawan. Warna mata dari kucing ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Rata-rata kucing hitam putih memiliki warna mata kehijauan. Pada website rawznaturalpetfood.com disebutkan bahwa warna mata kehijauan ini karena pengaruh genetik. Warna kehijauan tersebut bisa muncul berupa hijau cerah, hijau keemasan, hijau kebiruan, atau bahkan hijau kekuningan.

4. Kucing hitam putih memiliki genetika yang menarik

Warna hitam putih pada bulu kucing muncul karena adanya pengaruh genetika yang unik. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kucing ini mewarisi gen bercak putih. Gen putih tersebut mencegah munculnya warna hitam di beberapa bagian tubuh kucing. Penelitian lain mengungkapkan warna hitam dan putih muncul akibat lambatnya sel pigmen bergerak menuju ke embrio kucing. Saat pergerakan itu pula, sel pigmen berlipat ganda dan proses perkembangannya di embrio terjadi secara acak. Hasilnya muncul dua warna tersebut sekaligus.

5. Perilaku kucing hitam putih sangat menyenangkan

Dari beberapa penelitian, perilaku kucing salah satunya bisa diperkirakan melalui warna bulunya. Termasuk si kucing hitam putih ini. Ada istilah ‘tuxitude’ untuk menggambarkan perilaku kucing hitam putih. Kucing hitam putih disebut memiliki sifat yang cerdas, ramah, jenius, tegas, senang bermain, dan sangat aktif. Ia bisa menjadi kucing yang penyayang dan sangat setia kepada pemiliknya. Kalau kamu mencari kucing dengan perilaku yang menyenangkan seperti ini, kucing hitam putih bisa jadi pilihan.

6. Kucing hitam putih disembah oleh masyarakat Mesir di masa peradaban kuno

Masyarakat Mesir di zaman peradaban kuno sangat memuja kucing. Bagi mereka, kucing adalah dewa dan dewi yang harus disembah. Saat meninggal pun, kucing-kucing tersebut akan dimumikan seperti bangsawan Mesir. Hal ini terbukti pula dari banyaknya simbol-simbol kucing di berbagai benda peninggalan Mesir kuno. Baik itu karya seni, patung, maupun hieroglif. Dari penelitian yang dilakukan, kucing hitam putih menjadi kucing yang paling banyak disembah oleh masyarakat Mesir kuno pada saat itu.

7. Populer sebagai karakter fiksi di beberapa film kartun ternama

Penampilannya yang menarik membuat kucing hitam putih populer sebagai karakter fiksi di beberapa film kartun. Apakah kamu ingat dengan kartun Felix the cat yang pernah populer di era tahun 1920an? Ya, Felix adalah seekor kucing hitam putih jantan yang bertugas sebagai penjaga stasiun dan keamanan kereta.

Karakter kucing hitam putih lainnya muncul pada kartun Pinocchio. Ada Figaro, kucing hitam putih kesayangan Gappetto, kakek dari Pinocchio. Figaro digambarkan sebagai kucing yang lucu dan jenaka. Kalau kamu penggemar serial kartun Looney Tunes, kamu pasti tidak asing dengan Sylvester Pussycat. Sylvester adalah karakter kucing hitam putih yang sangat ikonis di serial kartun ini.

8. Beberapa kucing hitam putih tercatat dalam sejarah dengan cerita yang istimewa

Tidak hanya di film, di kehidupan nyata rupanya kucing hitam putih memang istimewa. Ada beberapa nama kucing hitam putih yang tercatat dalam sejarah karena memiliki cerita menarik. Pada 1949, ada Simon, seekor kucing hitam putih yang dianugerahi medali PSDA Dickin. Medali PDSA ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah Inggris kepada hewan yang berjasa di masa perang. Simon memburu banyak tikus di Amethyst, kapal perang milik angkatan laut Inggris. Saat itu Simon menjaga persediaan makanan milik tentara Inggris yang jumlahnya terbatas karena masih berada di tengah laut.

Selanjutnya, ada Sparky, si kucing hitam putih yang mendadak jadi kucing terkaya pada 1998. Sang pemilik mewariskan lebih dari $6.000.000 untuk kucing hitam putih kesayangannya tersebut.

Di ranah politik, ada Morris dan Tuxedo Stan yang pernah dicalonkan secara tidak resmi sebagai wali kota. Pada 2013, Morris dicalonkan sebagai wali kota Xalapa, negara bagian Veracruz, Mexico. Sementara Tuxedo Stan, pada 2012 menjadi calon wali kota dari Halifax, Canada, mewakili Partai Tuxedo Party. Pencalonan ini memang bukan pencalonan resmi, ya. Ini sekadar aksi dari warga yang jenuh dengan pemerintahan yang dinilai terlalu banyak korupsi. Namun, walaupun tidak resmi, dari beberapa polling yang dilakukan, kedua kucing ini memperoleh suara tertinggi mengalahkan kandidat resmi. Wah, luar biasa juga, ya, pesona kucing hitam putih ini?

9. Anak kucing hitam putih berkembang lebih cepat dibandingkan kucing lainnya

Anak kucing dengan bulu hitam putih ternyata berkembang lebih cepat dibandingkan anak kucing lainnya. Sesuai siklus setelah lahiran, anak kucing biasanya memerlukan waktu satu sampai dua minggu untuk membuka mata. Namun, anak kucing hitam putih justru bisa membuka mata mereka rata-rata 24 jam lebih cepat.

10. Kucing hitam putih populer sebagai kucing kesayangan para tokoh dunia

Tampilan kucing hitam putih rupanya bisa menarik perhatian para tokoh dunia. Ada beberapa kucing hitam putih yang menjadi peliharaan kesayangan dan dirawat dengan sangat baik oleh para tokoh tersebut. Di Amerika Serikat, ada kucing hitam putih bernama Socks. Socks adalah kucing hitam putih kesayangan Presiden Bill Clinton. Ia ikut tinggal di gedung putih selama Bill Clinton menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Selain itu, ada juga Humprey, kucing hitam putih milik Perdana Menteri Inggris. Ilmuwan dan seniman dunia seperti Isaac Newton, William Shakespeare, serta Beethoven juga memelihara kucing hitam putih.

Nah, itulah 10 fakta menarik tentang kucing hitam putih. Kucing bi-colour ini memang unik secara penampilan, genetika, dan perilakunya. Apakah kamu tertarik memelihara kucing istimewa ini di rumah? Kamu bisa mengadopsi kucing hitam putih dengan mudah karena tidak sulit menemukannya dari berbagai ras. Yang terpenting, jangan lupa dirawat dengan baik, ya.

Baca lebih lanjut: 20 rekomendasi nama kucing hitam terbaik (2021) »