Apakah kucing kampung boleh makan Whiskas?

Pertanyaan soal boleh atau tidak kucing kampung makan Whiskas lumayan sering saya dengar. Beberapa pemilik kucing kampung, terutama yang pemula, sering bingung apakah kucingnya itu boleh makan Whiskas. Ini terjadi karena dalam benak kebanyakan orang, makanan kucing kampung ya hanya nasi dan ikan. Sementara makanan pabrikan bermerek seperti Whiskas adalah makanan untuk kucing ras saja. Padahal tidak juga, lho. Kucing kampung boleh kok makan Whiskas. Whiskas memiliki kandungan nutrisi seimbang yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kucing kampung. Tentunya harus dibarengi dengan cara penyajian yang sesuai. Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Kucing kampung juga perlu asupan nutrisi seimbang

Dulu di awal memelihara kucing kampung, makanan yang saya berikan adalah Whiskas. Waktu itu saya belum paham soal kebutuhan nutrisi kucing. Saya hanya berpikir bahwa saya perlu makanan kucing yang praktis karena setiap hari harus berangkat kerja pagi sekali. Kemudian, makanannya juga harus mudah dicari supaya saya tidak repot mencari ke sana kemari saat stok habis. Jadilah pilihan saya jatuh pada Whiskas. Makanan kucing yang satu ini mudah saya temukan di petshop dan minimarket di dekat rumah. Harganya juga lumayan terjangkau. Untungnya, selama diberi Whiskas, baik itu varian makanan basah maupun makanan kering, si kucing kampung selalu makan dengan lahap. Kondisi tubuhnya juga sehat dan kuat.

Pada dasarnya, semua kucing termasuk kucing kampung membutuhkan makanan dengan nutrisi yang seimbang. Mulai dari protein, karbohidrat, taurin, vitamin, maupun mineral. Asupan nutrisi tersebut akan menunjang pertumbuhan dan kesehatan si kucing. Apapun jenis makanannya, selama kandungan nutrisinya memenuhi kebutuhan harian si kucing kampung, tentu tidak masalah.

Memangnya seberapa banyak sih nutrisi harian yang dibutuhkan kucing? Kucing membutuhkan 4 kali lebih banyak protein dibandingkan manusia. Kebutuhan vitaminnya pun 2 kali lebih banyak. Selain itu, ada beberapa faktor penentu lain yang mempengaruhi jumlah kebutuhan nutrisi harian kucing. Mulai dari usia, kondisi fisik, dan aktivitas hariannya.

Saya ambil contoh dari jurnal The National Academics of Science Engineering and Medicine. Disebutkan bahwa dalam sehari, kitten membutuhkan sekitar 20-25 kalori per 100 gram berat badan. Jumlah ini lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh kucing dewasa indoor. Kok bisa? Karena kitten memang membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya. Begitu juga dengan kucing senior (usia di atas 7 tahun) yang justru tidak membutuhkan banyak kalori jika dibandingkan dengan kitten dan kucing dewasa.

Nutrisi yang terkandung di dalam Whiskas dan manfaatnya untuk kucing kampung

Lalu, apakah Whiskas memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing kampung? Jawaban singkatnya, ya! Dalam membuat resep makanannya, produsen Whiskas berkonsultasi dengan dokter hewan dan Waltham Petcare Science Institute. Resep yang dirancang tersebut dikomposisikan nutrisinya secara seimbang sesuai kebutuhan kucing di tahapan usianya masing-masing. Bahkan, sudah diuji kelayakan nutrisinya dengan ‘test food’ di bawah pengawasan AAFCO.

Supaya lebih yakin, kamu bisa melihat kandungan nutrisi dan manfaat yang ada di setiap varian makanan Whiskas berikut ini. Saya mengutip infonya dari website resmi Whiskas Indonesia.

1. Whiskas kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan kucing kampung

Protein bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan dan menjaga daya tahan tubuh kucing. Selain itu, protein juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kesehatan kulit dan bulu.

2. Whiskas mengandung omega-3 yang bagus untuk kulit dan bulu

Omega-3 berguna untuk membantu perkembangan otak anak kucing. Pada kucing dewasa, Omega-3 juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan bulu.

3. Whiskas mempunyai kandungan omega-6 yang bagus untuk kesehatan reproduksi kucing kampung

Omega-6 sangat bermanfaat untuk kesehatan reproduksi kucing, serta menunjang kesehatan kulit dan bulu.

4. Whiskas mengandung taurin yang menyehatkan penglihatan, jantung dan pendengaran kucing kampung

Taurin bermanfaat untuk kesehatan reproduksi, penglihatan, pendengaran, dan kesehatan jantung.

5. Whiskas mempunyai nutrisi arginin yang berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan kucing kampung

Arginin merupakan asam amino yang penting untuk pertumbuhan, produksi urea, dan kesehatan syaraf.

6. Whiskas sudah dilengkapi dengan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata kucing kampung

Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan indera penglihatan kucing, terutama adaptasinya di lingkungan yang gelap.

7. Whiskas mengandung vitamin E yang mampu mencegah kerusakan sel saraf

Vitamin E membantu menjaga selaput sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E ini sangat dibutuhkan terutama oleh kucing dewasa (adult) usia di atas 1 tahun.

8. Whiskas juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi kucing kampung

Kalsium dan fosfor bermanfaat untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi si kucing.

9. Whiskas memiliki kandungan zinc yang baik untuk bulu, kulit dan kesehatan reproduksi kucing

Zinc sangat bermanfaat untuk kesehatan reproduksi, kesehatan bulu dan kulit, serta penyembuhan luka. Zat-zat tersebut ada pada semua varian makanan Whiskas. Namun, jumlahnya pasti berbeda di setiap varian. Antara makanan basah degan makanan kering, tentu komposisi nutrisinya berbeda. Begitu juga makanan untuk varian kitten, adult, dan senior. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi kucing di tahapan usianya masing-masing. Jadi, supaya lebih paham seberapa banyak komposisi nutrisinya, kamu bisa mengecek di bagian belakang kemasan Whiskas.

Saran penyajian Whiskas untuk makan kucing kampung

Supaya manfaat nutrisi yang terkandung dalam Whiskas bisa maksimal di tubuh kucing kampung, kamu wajib memberikannya dengan porsi yang cukup. Seberapa banyak porsinya? Kembali lagi pada varian yang dipilih, berat badan, dan usia si kucing. Biasanya, supaya porsinya tepat, saya mengikuti panduan saran penyajian (feeding guide) yang tertera pada kemasan Whiskas.

Saya ambil contoh Whiskas dry food for adult. Saran penyajian untuk varian ini, yaitu:

  • Kucing dengan berat 1-2 Kg sebanyak 21-35 gram;
  • Kucing dengan berat 2-3 Kg sebanyak 35-46 gram;
  • Kucing dengan berat 3-4 Kg sebanyak 46-57 gram;
  • Kucing dengan berat 4-5 Kg sebanyak 57-66 gram.

Saran penyajian untuk varian Whiskas dry food Junior, yaitu:

  • Kucing dengan berat 1-2 Kg sebanyak 20-35 gram;
  • Kucing dengan berat 2-3 Kg sebanyak 35-45 gram;
  • Kucing dengan berat 3-4 Kg sebanyak 45-55 gram;
  • Kucing dengan berat 4-5 Kg sebanyak 55-65 gram.

Sementara itu, untuk makanan basah saran penyajiannya pun berbeda, yaitu:

  • Kucing dengan berat 1-4 Kg sebanyak 2-4 pouch per hari;
  • Kucing dengan berat 4-8 Kg sebanyak 4-7 pouch per hari.

Khusus makanan kering, saya biasanya menggunakan sendok takar supaya porsi yang saya sajikan sesuai. Kalau kebanyakan, takutnya si kucing akan makan lebih banyak dari porsi yang dibutuhkan. Untuk jangka panjang, ini tentu akan berefek kurang baik. Selain itu, kalau diberikan terlalu banyak, kucing akan kekenyangan dan menyisakan makanan di mangkoknya. Makanan yang tidak habis ini kalau dibiarkan terlalu lama aromanya tidak lagi segar sehingga mengurangi nafsu makan kucing.

Catatan: untuk lebih detailnya, silakan baca artikel takaran makanan kucing per hari yang tepat di sini.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah soal pemberian Whiskas untuk pertama kali. Kamu perlu memperhatikan pola transisi pergantian makanannya. Jangan langsung memberikan Whiskas secara full di mangkok makanannya. Kamu bisa coba mencampurkan Whiskas dengan makanan lamanya. Kucing kampung yang terbiasa makan dengan menu nasi dan ikan tentu butuh penyesuaian rasa. Begitu juga sistem pencernaannya.

Eh, tunggu dulu, kabarnya Whiskas tidak aman untuk kesehatan kucing kampung, ya? Ini fakta atau hoak?

Bahasan mengenai hal ini sering saya lihat dan dengar di forum pecinta kucing. Beberapa pemilik kucing mengeluhkan kucing kesayangannya yang sakit karena makan Whiskas. Kebanyakan bermasalah dengan sistem perkemihannya.

Saya pernah menanyakan pada dokter langganan di salah satu klinik hewan di Kota Semarang mengenai masalah ini. Salah satu penyebab masalah tersebut adalah kucing kurang asupan air. Sebenarnya gangguan pada sistem perkemihan kucing tidak hanya disebabkan oleh Whiskas saja. Makanan kucing lainnya, terutama varian dry food, juga bisa menyebabkan masalah pada sistem perkemihan. Kok bisa begitu?

Dry food adalah makanan kucing yang memiliki tekstur keras. Ini karena kadar air di dalam makanan sangat rendah. Dengan begitu, jika kamu memberi makan kucing kampung dengan dry food, kamu perlu menambah asupan air kepada si kucing. Apalagi kalau tekstur dry foodnya lumayan keras. Berdasarkan pengalaman, tekstur kibble Whiskas memang lebih keras dibandingkan beberapa merek makanan kucing premium lain yang pernah saya coba.

Sisi positifnya, tekstur keras ini menunjukkan kadar air yang rendah sehingga daya tahan makanan bisa cukup lama. Makanan tidak mudah rusak ataupun berjamur. Namun, karena kadar airnya rendah, maka kucing perlu lebih banyak air. Kalau kamu lihat pada saran penyajian dry food Whiskas, pasti ada keterangan ‘supply fresh water at all times’. Jadi, kalau kamu mau memberikan Whiskas untuk kucing kampung, pastikan menyediakan air yang banyak di wadah minumannya.

Catatan: Whiskas aman bagi kucing kampung. Permasalahan muncul karena kucing kekurangan minum (dehidrasi). Jadi, sebagai pemilik kucing kamu harus rajin memperhatikan tingkat dehidrasi si kucing. Karena dehidrasi adalah penyebab berbagai permasalahan kesehatan kucing yang serius, misalnya: kelainan ginjal dan kucing susah bab.

Kesimpulan

Jadi, apakah kucing kampung boleh makan Whiskas? Jawabannya adalah boleh! Whiskas memiliki komposisi nutrisi seimbang yang baik untuk kesehatan kucing kampung. Berdasarkan pengalaman, kucing kampung yang saya beri makan dengan Whiskas menjadi lebih sehat. Yang paling terlihat adalah perubahan pada kulit dan bulunya yang semakin bagus. Namun, supaya asupan nutrisinya maksimal, berikan Whiskas sesuai dengan porsi dan cara penyajian yang disarankan. Biasanya petunjuk tersebut sudah dicantumkan pada bagian belakang kemasan.

Baca lebih lanjut: Kelebihan dan kekurangan makanan kucing Whiskas »