Home » Info Kucing

Inilah 3 alasan kenapa kucing makan cicak

Cat lovers, ada banyak sekali kebiasaan aneh kucing yang sering dia lakukan di rumah. Salah satunya adalah membawa hewan buruannya ke dalam rumah. Nah, di antara banyak hewan tersebut, cicak adalah salah satunya. Tentu, bagi yang baru memelihara kucing, hal ini membuat terkejut. Karena si kucing juga kadang doyan makan cicak. Padahal, sebagai pemilik kucing kamu sudah pasti memberi makan rutin untuk si meong. Nah, pada artikel ini saya akan membahas beberapa penyebab yang membuat kucing sering makan cicak. Di antaranya, kucing menganggap cicak sebagai mainan, hadiah untuk tuannya atau mungkin kudapan. Apakah cicak aman bagi kucing? Yuk, simak pembahasannya secara detail. Let’s dive in!

Mengapa kucing senang berburu cicak?

Sebelumnya, perlu kamu ketahui kalau kucing merupakan hewan yang memang senang berburu. Kamu mungkin sering melihat kucing membawa pulang cicak, burung, katak, belalang, kadal, jangkrik, bahkan tupai. Cicak sendiri menjadi hewan yang paling mudah didapatkan. Karena cicak berkeliaran di rumah atau bangunan, sehingga kerap terlihat oleh kucing. Selain itu, ada beberapa faktor yang membuat kucing senang sekali menangkap cicak, di antaranya:

1. Menganggap cicak sebagai mainan

Kucing adalah hewan manis yang senang bermain. Hewan kecil seperti cicak terlihat mengemaskan di mata kucing untuk dijadikan sebagai mainan. Kalau kamu amati dengan seksama, setelah mendapatkan cicak, kucing tidak akan langsung menjadikan hewan itu sebagai santapan. Ia akan memainkannya terlebih dahulu. Bagi si meong, kegiatan itu adalah hiburan tersendiri.

2. Hadiah untuk tuannya

Para cat lovers yang sudah bertahun-tahun memelihara kucing pasti paham banget dengan hal ini. Kucing sering membawa pulang hadiah berupa hewan yang sudah mati untuk tuannya. Bagi si kucing, hadiah tersebut mungkin akan membuat si tuan senang. Namun sebaliknya, hewan-hewan yang sudah menjadi bangkai malah akan mendatangkan semut dan menimbulkan bau tak sedap di dalam rumah.

3. Berburu untuk melatih insting alami si kucing

Saat kucing berburu cicak, secara tidak langsung insting berburunya akan terasah. Oleh karena itu, kucing akan mampu bertahan hidup dan menjaga dirinya dari serangan predator yang ada di sekitar mereka.

Adakah efek samping kucing memakan cicak?

Nah, ngomongin soal kucing yang senang berburu cicak, apakah ada efek samping jika cicak tersebut dimakan? Pada dasarnya, kucing boleh saja memakan cicak karena memang mangsa alami kucing. Cicak juga merupakan sumber protein hewani alami untuk si kucing. Cicak merupakan hewan yang kemungkinan kecil berparasit. Karena makanannya hanya nyamuk, semut, terkadang juga sisa makanan manusia. Kucing yang dibiarkan mencari buruan sendiri juga cenderung lebih bahagia, daripada yang hanya dikurung di rumah. Akan tetapi, memakan cicak terus menerus juga bisa berbahaya untuk kesehatan kucing. Karena boleh jadi cicak tersebut sedang sakit atau terkena infeksi parasit. Berburu sih boleh-boleh saja, tapi tetap awasi kucing kesayanganmu ya!

Apakah ada gejala yang timbul saat kucing terkena infeksi oleh cicak?

Meski tinggal di dinding-dinding rumah dan memakan hewan kecil, tidak menutup kemungkinan cicak juga terinfeksi parasit. Parasit tersebut juga bisa menular ke kucing, sehingga akan ditimbulkan gejala sebagai berikut:

  • Muntah dan diare
  • Kehilangan nafsu makan
  • Lemas dan tidak bersemangat
  • Kucing merasakan gatal di tubuhnya

Melansir laman healthypawspetinsurance.com, ada jenis kadal yang terlihat seperti cicak yang juga sering diburu oleh kucing. Meskipun kecil, hewan tersebut bisa membuat kucing kamu sakit. Dalam tubuh hewan tersebut terdapat parasit yang dinamakan Platynosomum fastosum yang sering disebut sebagai parasit hati. Sehingga saat memakan hewan itu, kucing bisa menderita penyakit serius. Kucing akan mengalami infeksi saluran empedu serta peradangan hati yang fatal jika tidak segera ditangani oleh dokter. Parasit hati tersebut juga dapat memblokir saluran empedu, menyebabkan penumpukan racun empedu di hati.

Jika kamu mendapati beberapa gejala di atas setelah kucingmu makan cicak, maka segera bawa kucing ke dokter hewan. Dokter akan melakukan pengecekan kondisi kesehatan kucing.

Bagaimana cara mencegah kucing agar tidak makan cicak?

Untuk mencegah kucing agar tidak memakan cicak, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Belilah kucing mainan agar ia tetap di dalam rumah. Mainan tersebut akan membuat kucing bermain tanpa harus berburu berbagai macam hewan, termasuk cicak.
  • Pasang jaring pelindung di rumah. Cicak bisa masuk melalui sela-sela kecil di rumahmu. Oleh karena itu, kamu bisa memasang kawat pelindung agar tidak ada cicak yang masuk ke dalam ruangan. Pastikan juga kamu rajin membersihkan area-area yang rawan disambangi oleh cicak, seperti bagian belakang lemari, bawah ranjang, serta rak-rak buku.
  • Ajarkan kucing perintah “leave it!”. Kucing yang sudah dipelihara sedari kecil juga bisa diajari kata command atau perintah, loh. Alih-alih mencegah mereka berburu cicak, kamu bisa membuat kucing kesayangan tidak memakannya. Cara mengajarkan perintah “leave it!” sama seperti yang sering dilakukan kepada anjing. Suruh kucing duduk dan mengambil dan membuang makanan saat sudah kamu beri perintah.

Kesimpulan

Kucing merupakan hewan yang mempunyai naluri alami untuk berburu. Maka tidak heran kalau kucing sering membawa pulang hasil buruannya ke rumah, seperti contohnya cicak. Hewan yang dia buru tersebut terkadang dijadikan mainan bahkan dimakan. Memakan cicak sebenarnya boleh-boleh saja, karena hewan itu merupakan mangsa alami kucing. Namun, jika cicak tersebut berpenyakit atau terkena infeksi, kucing kesayanganmu juga bisa sakit. Kucing biasanya akan mengalami gejala muntah, tidak mau makan, merasa gatal, tidak bersemangat, serta lesu sepanjang hari.

Apabila kamu menemukan gejala-gejala tersebut pada kucingmu setelah si meong memakan cicak, maka segeralah bawa ke dokter hewan. Kucing akan mendapat pemeriksaan dan pertolongan jika memang kondisinya terus memburuk. Kamu juga bisa mengurangi kebiasaan berburu cicak si kucing dengan membelikan mainan kucing di rumah, sehingga peliharaanmu bisa bermain dengan aman di dalam rumah.

Baca lebih lanjut: Ini alasan kenapa kucing suka makan ayam hidup »