Home » Info Kucing » Bolehkah Kucing Makan Nasi?

Bolehkah Kucing Makan Nasi?

Bolehkah-Kucing-Makan-Nasi-besar

Sebelum era kucing ras dan menjamurnya petshop seperti sekarang ini, memberi makan kucing lokal dengan nasi dan ikan pindang menjadi hal biasa dilakukan banyak orang. Namun, saat ini banyak praktisi kucing, petshop dan dokter hewan meninggalkan kebiasaan tersebut. Kenapa ya?

Saya pun ikut bertanya tanya,”bolehkah kucing diberi makan nasi?” Untuk menjawab rasa penasaran saya, saya melakukan riset di internet, tanya praktisi kucing dan mengetes kucing saya sendiri. Apa jawabannya? Okay, jawaban singkatnya kucing boleh makan nasi, Namun, harus dalam porsi yang sangat sedikit, nasi tidak diberi bumbu dan bukan dijadikan makanan pokok.

Nasi bukan merupakan bahan makanan manusia yang beracun bagi kucing, jadi jika kucing Anda penasaran ingin mencicipinya, tidak masalah. Tapi ingat, jangan beri mereka nasi goring atau nasi kuning, nasi yang diberi bumbu rempah-rempat tidak dianjurkan. Cukup nasi putih saja.

Tapi, kenapa porsinya harus sedikit dan tidak boleh dijadikan makanan pokok?

Bukankah tadi Anda bilang nasi tidak berbahaya bagi kucing?

Mari kita lihat kandungan nutrisi dari semangkuk kecil nasi (sekitar 158gram). Nasi mengandung air 108,14 gram, energi (kalori) 205 kkak, protein 4,25 gram, total lemak 0,44 gram, karbohidrat 44,51 gram, serat 0,6 gram, gula 0,08 gram, mineral 162,67, dan vitamin 2,2911 Mg.

Apa yang dapat kita pelajari dari data tersebut?

Gini, ternyata nasi itu mengandung karbohidrat yang sangat banyak dan protein yang sangat sedikit. Apabila kucing Anda mengkonsumsi nasi setiap hari mereka akan menimbun terlalu banyak karbohidrat di dalam tubuhnya dan dia akan kekurangan protein dan gizi lainnya, misal taurine..

Satu hal yang perlu kalian tahu, karbohidrat dalam jumlah berlebih dalam tubuh kucing akan diubah menjadi alkoksan. Senyawa ini adalah bahan utama pembentukan lemak pada tubuh kucing, sehingga, kucing Anda akan tumbuh dengan badan dipenuhi lemak.

Tidak masalah bukan? Kucing yang banyak lemak kan jadi gembul.

Oh, no…bagi saya itu menjadi sumber masalah. Coba kita lihat apabila kucing terlalu banyak lemak:

  1. Kucing menderita obesitas (berat badannya jauh melebihi berat badan ideal)
  2. Kucing mengalami gangguan perkembangan otot tubuh sehingga kucing jadi tidak lincah, kurang kuat dan sering malas malasan.
  3. Kucing mengalami penyumbatan pembuluh darah akibat lemak dan kolesterol.
  4. Organ dalam kucing dihimpit oleh lemak tubuh kucing sehingga kucing akan mengalami susah nafas, susah mencerna dan mengalami gangguan metabolism.
  5. Kucing yang terlalu banyak lemak memiliki masa hidup yang lebih pendek.
  6. Kucing akan menderita malnutrisi.

Selain itu, nutrisi yang ada pada nasi juga belum memenuhi standar kelayakan asupan bergizi untuk kesehatan kucing. Kucing memerlukan protein berkualitas tinggi, taurin, vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuhnya.

Sekarang, balik lagi pada tujuan awal Anda memelihara kucing.

Apakah Anda ingin memiliki kucing yang gagah, berpenampilan bagus dan memiliki bulu lebat? Atau hanya sekedar memelihara saja?

Jika Anda memelihara kucing hanya sekedar memberinya makan dan meliarkannya, ya apapun yang Anda lakukan Anda tidak terlalu mementingkan penampilan fisiknya.

Lain halnya dengan majikan kucing yang merawat kucing untuk fashion atau untuk dibanggakan. Mereka benar-benar ingin kucing mereka tumbuh dengan sehat, memiliki penampilan bagus dan panjang umur.

Untuk mencapai kondisi tersebut, pemilihan asupan nutrisi menjadi kunci penting dalam pertumbuhan kucing. Ada tiga hal yang harus Anda tahu dalam menjaga asupan nutrisi kucing.

  1. Makanan kucing harus memiliki kandungan protein berkualitas tinggi dalam jumlah banyak.
  2. Makanan kucing harus rendah karbohidrat
  3. Makanan kucing harus mengandung asam lemak cukup

Jika Anda menerapkan pola makan ini, kucing Anda akan hidup dengan sehat dan memiliki penampilan bagus.

Bolehkah kucing makan roti?

Roti terbuat dari tepung terigu dan kuning telur. Dia memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna. Jika dirunut dari asal bahan bakunya, roti merupakan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Jadi, jawaban singkat dari pertanyaan bolehkah kucing makan roti? Adalah boleh, namun dalam porsi yang sangat sedikit dan tidak boleh dijadikan makanan pokok. Apabila kucing Anda penasaran dan ingin mencobanya berikan saja sedikit.

Biarkan mereka mencicipi. Ingat, hanya sedikit. Jangan dijadikan makanan pokok. Penjelasan lengkapnya sama dengan pertanyaan bolehkan kucing makan nasi. Satu hal yang perlu Anda ingat. Kucing secara alami adalah hewan karnivora, mereka lebih membutuhkan asupan protein berkualitas dari pada karbohidrat.

Protein berkualitas digunakan kucing untuk membangun otot dan melebatkan bulu. Bulu kucing itu 90% dibentuk dari protein. Sehingga kucing bulu panjang yang kekurangan protein, mereka tidak akan memiliki bulu yang lebat dan indah.

Kebutuhan Nutrisi Harian Kucing

Untuk mendapatkan kucing yang memiliki penampilan bagus, sehat dan berbulu mengkilat, Anda harus mulai dari mengatur pola makannya. Saat ini para dokter hewan, peneliti dan praktisi kucing berlomba-lomba menyediakan makanan terbaik yang telah diformulasi khusus untuk kucing.

Misal, untuk kucing bulu panjang seperti anggora dan persia. Asupan protein dan asam amino yang fokus pada bulu adalah kunci untuk mendapatkan bulu yang lebat dan berkilau.

Sedangkan untuk kucing bulu pendek seperti kucing bengal, mereka lebih membutuhkan nutrisi untuk membuat bulu mereka sehat dan memiliki warna yang mengkilat. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan berbeda.

Saya akan sharing panduan dasar untuk kebutuhan nutrisi kucing secara umum. Secara singkat kucing membutuhkan nutrisi berupa protein, asam amino, lemak, asam lemak essensial, kalori, vitamin dan mineral.

Tabel kebutuhan protein untuk kucing.

  Anak kucing berat 0.,816 lbs Kucing Dewasa Berat 4 kg & konsumsi 250 kalori Kucing Menyusui Berat 4 kg & sedang menyusui 4 anak
Protein 10 g 12,5 g 41 g
Total lemak 4 g 5,5 g 12 g

Dari tabel diatas Anda dapat melihat bahwa kebutuhan asupan protein dan lemak bagi setiap kucing berbeda-beda. Data ini diambil dari ahli nutrisi kucing, national-academies.org.

Untuk mendapatkan asupan gizi yang tepat Anda dapat menggunakan panduan tersebut dalam memberi makan kucing Anda. Anda dapat menggunakan daging ayam ataupun makanan basah kucing yang di jual di petshop. Hal terpenting adalah cukupi kebutuhan nutrisi kucing Anda.

Tabel kebutuhan energi rata-rata setiap hari untuk kucing

  Kebutuhan kalori per hari
  5 lb 10 lb 15 lb 20 lb
Anak kucing setelah disapih 200
Kucing domestik kurus 190 280 360 440
Kucing domestik gemuk 180 240 280 310
Kucing eksotis (liar) 100 – 480 170 – 810 230 1.100 200 – 1.360
Kucing Hamil / Menyusui (4 anak kucing / 4 anak kucing di puncak laktasi) 336 603 603 1.091

* 1 Kalori = 1 kilokalori = 1.000 kalori. Istilah Calorie yang digunakan pada label nutrisi makanan sebenarnya adalah “kalori makanan” yang kadang-kadang disebut “kalori besar.” Ini setara dengan 1.000 kalori (atau 1 kilokalori), kalori didefinisikan secara ilmiah (jumlah energi yang dibutuhkan untuk menghangatkan tubuh) 1 gram air 1 ° C). Dalam Persyaratan Nutrisi Kucing dan Anjing, kebutuhan energi dinyatakan dalam hal kilokalori, yang setara dengan Kalori dalam data diatas.

Pada saat pemberian kalori, Anda harus sesuaikan dengan kebutuhan kucing Anda. Anak kucing dan kucing yang sedang menyusui membutuhkan kalori yang lebih banyak dari pada kucing dewasa. Mereka membutuhkan itu karena metabolisme sedang sangat aktif membangun tubuh.

Untuk kucing dewasa, ada beberapa asupan yang berbeda untuk kucing kurus, kucing gemuk. Kucing kurus membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak untuk membuatnya lebih sehat karena dia memiliki sedikit cadangan lemak. Sedangkan kucing gemuk memerlukan lebih sedikit asupan kalori karena dia sudah memiliki banyak cadangan lemak ditubuhnya.

Tabel rekomendasi kebutuhan vitamin harian untuk kucing

  Fungsi Rekomendasi asupan harian Tanda-tanda kekurangan atau kelebihan
Vitamin A Penglihatan; pertumbuhan; fungsi kekebalan tubuh; perkembangan janin; seluler diferensiasi 63 µg Konjungtivitis; katarak, degenerasi retina dan masalah mata lainnya; penurunan berat badan; kelemahan otot; gangguan reproduksi dan perkembangan Lesi kerangka pada anak kucing, terutama perkembangannya vertebra serviks; osteoporosis
Vitamin D Pemeliharaan status mineral; struktur rangka; fosfor keseimbangan 0.4 µg Rakhitis; kelainan dalam perkembangan kerangka; kelumpuhan progresif; ataxia; kurangnya perawatan; pengurangan berat badan dan asupan makanan Anoreksia; muntah; kelesuan; kalsifikasi jaringan lunak  
Vitamin E Pertahanan melawan oksidatif kerusakan 2.5 mg Anoreksia; depresi; sensitivitas nyeri di perut; patologi jaringan lemak
Vitamin K Aktivasi faktor pembekuan, protein tulang, dan protein lainnya 82 µg Waktu pembekuan darah yang berkepanjangan; pendarahan
Vitamin B1 (thiamin) Energi dan karbohidrat metabolisme 0.33 mg Gangguan neurologis termasuk yang diubah refleks dan kejang kejang; detak jantung gangguan; perubahan patologis di pusat sistem saraf; defisit belajar yang parah
Riboflavin Fungsi enzim 0.27 mg Katarak; hati berlemak; atrofi testis
Vitamin B6 Generasi glukosa; darah merah fungsi sel; sintesis niasin; fungsi sistem saraf; imun tanggapan; regulasi hormon; aktivasi gen 0.16 mg Pertumbuhan terhambat; kejang kejang; lesi ginjal
Niacin Fungsi enzim 2.5 mg Anoreksia; penurunan berat badan; suhu tubuh meningkat; lidah merah berapi-api, dengan ulserasi dan kemacetan
Pantothenic Acid Metabolisme energi 0.4 mg Pertumbuhan terhambat; perubahan lemak dalam hati; lesi usus kecil
Vitamin B12 Fungsi enzim 1.4 µg Penurunan berat badan; muntah; diare; gangguan usus
Asam Folat Asam amino dan nukleotida metabolisme; mitokondria sintesis protein 47 µg Tingkat pertumbuhan menurun; peningkatan zat besi kadar dalam darah

Data diatas menjelaskan tentang kebutuhan vitamin untuk kucing. Jadi kucing juga membutuhkan asupan selain protein, namun dalam batas yang telah ditentukan. Kekurangan dan kelebihan vitamin dapat menimbulkan masalah pada kucing.

Tabel rekomendasi kebutuhan mineral harian untuk kucing

  Fungsi Rekomendasi asupan harian Tanda-tanda kekurangan atau kelebihan
Calcium Pembentukan tulang dan gigi; pembekuan darah; transmisi impuls saraf; kontraksi otot; pensinyalan sel 0.18 g     Hiperparatiroidisme sekunder gizi; hilangnya kandungan mineral tulang, yang bisa menyebabkan runtuh dan kelengkungan vertebra lumbal dan tulang panggul; nyeri tulang, yang bisa berkembang menjadi fraktur patologis Asupan makanan depresi; penurunan pertumbuhan; peningkatan kepadatan mineral tulang; meningkat butuhkan untuk magnesium
Phosphorus Struktur rangka; DNA dan struktur RNA; energi metabolisme; daya penggerak; keseimbangan asam-basa 0.16 g Anemia hemolitik; gangguan lokomotor; asidosis metabolik
Magnesium Fungsi enzim; stabilitas sel otot dan sel saraf; hormon sekresi dan fungsi; struktur mineral tulang dan gigi 25 mg Pertumbuhan yang buruk; overextension dari karpal sendi; otot berkedut; kejang Formasi batu saluran kemih di dalam adanya pH tinggi
Sodium Keseimbangan asam-basa; regulasi tekanan osmotik; generasi dan transmisi impuls saraf 42 mg Anoreksia; gangguan pertumbuhan; berlebihan haus dan minum; buang air kecil yang berlebihan
Potassium Keseimbangan asam-basa; transmisi impuls saraf; reaksi enzimatik; fungsi transportasi 0.33 g Anoreksia; pertumbuhan terbelakang; neurologis gangguan, termasuk ataksia dan parah kelemahan otot
Chlorine Keseimbangan asam-basa; osmolaritas dari cairan ekstraseluler 60 mg Peningkatan konsentrasi natrium dalam ginjal cairan; ekskresi kalium berlebih
Iron Sintesis hemoglobin dan mioglobin; energi metabolisme 5 mg   Pertumbuhan yang buruk; selaput lendir pucat; kelesuan; kelemahan; diare Muntah dan diare  
Copper Pembentukan jaringan ikat; metabolisme besi; pembentukan sel darah; pembentukan pigmen melanin; pembentukan mielin; pertahanan terhadap kerusakan oksidatif 0.3 mg Mengurangi kenaikan berat badan; waktu lebih lama untuk hamil
Zinc Reaksi enzim; sel replikasi; protein dan metabolisme karbohidrat; fungsi kulit; penyembuhan luka 4.6 mg Lesi kulit; keterbelakangan pertumbuhan; atrofi testis
Manganese Fungsi enzim; tulang pengembangan; fungsi neurologis 0.3 mg Tidak ada studi tentang kekurangan pada kucing
Selenium Pertahanan terhadap kerusakan oksidatif; imun tanggapan 19 µg Tidak ada studi tentang kekurangan pada kucing
Iodine Sintesis hormon tiroid; Pembedaan sel; pertumbuhan dan perkembangan anak anjing; peraturan dari tingkat metabolisme 88 µg Pembesaran kelenjar tiroid Robekan berlebihan, air liur, dan hidung melepaskan; ketombe

* Kebutuhan harian untuk kucing dewasa dengan berat 9 pound pada saat jatuh tempo, mengonsumsi 250 Kalori per hari.

Data diatas adalah tentang kebutuhan mineral harian untuk kucing agar dapat tumbuh dengan performa terbaik. Peneliti kucing sudah sangat rinci mengidentifikasi kebutuhan mineral sampai ke tingkat kebutuhan dasar.

Anda tidak perlu memberikan mineral ini satu persatu, biasanya mineral tersebut sudah ada dalam kombinasi makanan tertentu. Jika Anda sulit menemukan jenis makanan yang mengandung mineral yang dibutuhkan kucing.

Anda dapat membeli dry food atau wet food yang telah diformulasikan oleh ahli kucing. Disana sudah diberikan semua kebutuhan vitamin, mineral, protein dan kalori yang kucing Anda butuhkan. Tinggal ikuti saja prosedur pemberian pakan kucing dan takarannya.

Kesimpulan

Jadi nasi boleh dimakan kucing, namun dalam porsi yang sangat terbatas dan bukan dijadikan makanan pokok. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi dari nasi kurang mencukupi kebutuhan dasar nutrisi harian kucing. Fakta penting, saat memberikan kucing Anda nasi, nasi tersebut tidak boleh diberi bumbu, seperti nasi goreng, nasi kuning, nasi rawon. Tolong jangan diberikan kepada kucing. Rempah-rempat/bumbu tertentu akan membuat kucing alergi dan saluran pencernaan kucing terganggu.

Tinggalkan komentar