Home » Info Kucing » Apakah Kucing Boleh Makan Rumput Laut?

Apakah Kucing Boleh Makan Rumput Laut?

Apakah-Kucing-Boleh-Makan-Rumput-Laut-besar

Pernahkah Anda memberi makan kucing Anda rumput laut? Rumput laut adalah sayuran organik yang berasal dari laut. Sayuran ini banyak mengandung serat, vitamin dan mineral.

Pernahkah Anda memberi makan kucing Anda rumput laut? Rumput laut adalah sayuran organik yang berasal dari laut. Sayuran ini banyak mengandung serat, vitamin dan mineral.

Namun, “Apakah kucing boleh makan rumput laut?“ boleh, asal rumput lautnya termasuk dalam jenis edible seaweed dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Nutrisi dalam rumput laut dapat menjadi obat bagi kucing yang mengalami sembelit/konstipasi. Kandungan serat dan vitaminnya dalam mencegah kucing dari penyakit sembelit dan kanker.

Nutrisi Rumput Laut

Edible seaweed adalah jenis rumput laut yang telah diteliti aman untuk dikonsumsi. Edible seaweed mengandung banyak serat dan protein berkualitas tinggi. Salah satu kelompok edible seaweed yang paling terkenal adalah kelompok ganggang multi selular: ganggang hijau, ganggang coklat dan ganggang merah.

Rumput laut menawarkan protein berkualitas tinggi namun setiap jenis rumput laut memiliki jumlah protein yang berbeda-beda. Rumput laut merah memiliki paling banyak protein, yaitu 50 gram protein per 3,5 ons nori.

Apabila kucing Anda menyukai rumput laut, Anda akan mendapatkan beberapa nutrisi bagus untuk supplement makanannya. Berikut ini beberapa nutrisi yang ada di rumput laut:

  1. Vitamin A (dalam bentuk karotenoid)
  2. Vitamin C
  3. Vitamin D
  4. Vitamin E
  5. Vitamin B.
  6. Vitamin K
  7. Folat
  8. Zinc
  9. Magnesium
  10.  Sodium
  11.  Kalsium
  12.  Kalori
  13.  Protein
  14.  Lemak
  15.  Serat fiber
  16.  Riboflavin
  17.  Tiamin
  18.  Zat besi
  19.  Mangan

Beberapa rumput laut yang dapat di makan kucing: Acadian Sea Kelp, Dulse, Irish moss, nori, kombu, wakame, sea lettuce, dan alga biru-hijau.

Manfaat Rumput Laut Bagi Kucing

Saya telah mencoba memberi makan kucing saya dengan rumput laut. Mereka sangat menyukainya. Saya juga melakukan riset di forum pecinta kucing di quora.com, ternyata kebanyakan kucing sangat menyukai rumput laut.

Berikut ini beberapa manfaat rumput laut untuk kucing Anda:

1. Sumber Vitamin dan Mineral

Setiap jenis rumput laut memiliki nutrisi yang unik. Memberikan beberapa rumput laut kering atau basah pada kucing Anda akan meningkatkan nafsu makannya. Anda dapat memberikan rumput laut secara langsung ataupun dicampur dengan makanan kucing anda.

Selain menambah rasa, tekstur dan rasa makanan kucing, rumput laut juga memberikan tambahan nutrisi berupa vitamin dan mineral.

Secara umum, 1 sendok makan (7 gram) rumput laut kering dapat memberikan:

  1. Kalori: 20
  2. Karbohidrat: 1,7 gram
  3. Protein: 4 gram
  4. Lemak: 0,5 gram
  5. Serat: 0,3 gram
  6. Riboflavin: 15% dari RDI
  7. Thiamin: 11% dari RDI
  8. Besi: 11% dari RDI
  9. Mangan: 7% dari RDI
  10. Tembaga: 21% dari RDI
  11. Rumput laut juga mengandung sejumlah kecil vitamin A, C, E dan K, bersama dengan folat, seng, natrium, kalsium dan magnesium

* RDI: The Reference Daily Intake

Walaupun hanya berkontribusi sedikit dari beberapa RDI di atas, memberikan rumput laut sekali per minggu dapat menjadi cara mudah untuk menambahkan lebih banyak nutrisi ke dalam makanan kucing Anda.

Protein hadir dalam beberapa rumput laut, seperti spirulina dan chlorella. Mereka mengandung semua asam amino esensial. Jadi, rumput laut dapat menjadi asupan nutrisi yang melengkapi kebutuhan asam amino essensial pada kucing.

Rumput laut juga bisa menjadi sumber lemak omega-3 dan vitamin B12. Bahkan rumput laut hijau dan ungu kering mengandung vitamin B12 dalam jumlah besar. Satu studi menemukan 2,4 mcg atau 100% RDI vitamin B12 hanya dalam 4 gram rumput laut nori.

2. Mengandung Berbagai “Protective Antioxidants“

Protective Antioxidants adalah senyawa kimia yang dapat menekan atau menetralkan radikal bebas di dalam tubuh makhluk hidup. Kucing yang terlalu banyak radikal bebas akan memiliki umur yang pendek.

Radikal bebas pada tubuh kucing dapat disebabkan dari paparan lingkungan, obat-obatan dan radiasi. Berikut ini beberapa sumber radikal bebas yang ada disekeliling lingkungan kucing:

  1. Asap rokok
  2. Polusi udara
  3. Radiasi UV
  4. Pestisida
  5. Obat-obatan
  6. Autooksidasi
  7. Oksidasi enzimatik
  8. Respiratory burst

Senyawa antioksidan pelindung (protective antioxidants) dapat membuat zat radikal bebas berbahaya dalam tubuh kucing menjadi jinak dan kurang reaktif. Senyawa antioksidan akan melindungi sel-sel tubuh kucing dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain mengandung vitamin antioksidan, C, dan E, rumput laut memiliki beragam senyawa tanaman bermanfaat, termasuk flavonoid dan karotenoid. Riset membuktikan bahwa senyawa tersebut dapat melindungi sel-sel tubuh kucing dari kerusakan akibat radikal bebas.

Banyak penelitian telah berfokus pada satu karotenoid tertentu yang disebut fucoxanthin. Ini adalah karotenoid utama yang ditemukan dalam ganggang coklat, seperti wakame, dan memiliki 13,5 kali kapasitas antioksidan seperti vitamin E.

Fucoxanthin telah terbukti melindungi membran sel lebih baik daripada vitamin A. Sementara tubuh kucing tidak selalu menyerap fucoxanthin dengan baik, penyerapan dapat ditingkatkan dengan mengonsumsinya bersama dengan lemak. Jadi, secara garis besar rumput laut mengandung beragam senyawa kimia yang memiliki efek antioksidan yang kuat.

3. Menyediakan Serat dan Polisakarida Yang Dapat Mendukung Kesehatan Usus Kucing

Bakteri usus memainkan peran besar dalam kesehatan kucing. Ketidakseimbangan dalam bakteri usus “baik” dan “buruk” ini dapat menyebabkan penyakit. Rumput laut adalah sumber serat yang sangat baik, yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan usus kucing.

Kandungan serat rumput laut sekitar 25-75% dari berat kering rumput laut. Ini lebih tinggi dari kandungan serat dari sebagian besar buah-buahan dan sayuran. Serat rumput laut dapat menjaga kesehatan pencernaan dan dapat berfungsi sebagai sumber makanan bagi bakteri baik di usus besar Anda.

Selain itu, gula tertentu yang ditemukan dalam rumput laut yang disebut polisakarida tersulfasi telah terbukti meningkatkan pertumbuhan bakteri usus “baik”. Polisakarida ini juga dapat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek (SCFA), yang memberikan dukungan dan nutrisi pada sel-sel yang melapisi usus kucing..

4. Mengobati konstipasi pada kucing

Kucing yang jarang mengkonsumsi makanan berserat sering mengalami konstipasi atau sembelit. Penyebab konstipasi adalah feses kucing terlalu keras dan terlalu kering sehingga kucing sulit untuk mengeluarkannya saat buang air besar.

Kucing yang menderita sembelit akan mengalami sakit perut. Rumput laut dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi sembelit pada kucing. Kandungan serat dan vitamin dari rumput laut yang melimpah dapat membuat feses kucing kembali lunak dan tidak kering.

5. Rumput laut dapat mencegah penyakit kanker pada kucing

Rumput laut tidak hanya menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi kucing Anda – tetapi tanaman ajaib ini juga dapat mencegah kanker pada kucing. Rumput laut telah terbukti mencegah kanker dengan beberapa cara, termasuk:

  • Menyeimbangkan pH tubuh kucing
  • Menyerang radikal bebas sebelum menyebabkan kerusakan
  • Mencegah Metastasis
  • Menjaga kadar glukosa darah tetap rendah
  • Menghambat sel kanker agar tidak bertambah banyak

… Dan lagi!

Berbagai jenis rumput laut memerangi kanker pada kucing dengan berbagai cara. Rumput laut merah, coklat, dan hijau semuanya menawarkan sifat anti-kanker yang bagus untuk kucing Anda.

Jenis-Jenis Rumput Laut Yang Dapat Di Makan Oleh Kucing

1. Acadian Sea Kelp

Kelp adalah rumput laut besar, dan biasanya tumbuh di perairan dingin. Mereka juga dikenal sebagai ganggang coklat, atau sayuran laut yang tidak memiliki daun, batang, dan akar. Mereka kaya akan protein, kalsium, belerang, besi, tembaga, magnesium, kalium dan fosfor..

Mereka umumnya digunakan sebagai bahan penting dalam suplemen kucing, untuk menambah asupan mineral dan vitamin agar tetap sehat. Ini bisa meningkatkan sistem kekebalan kucing Anda dan mencegahnya sakit.

Meskipun memberi kelp aman untuk kucing Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui dosis dosis yang tepat untuk kucing Anda. Cobalah memberikan acadian sea kelp pada kucing Anda dan lihat responnya, apakah dia menyukainya?

2. Dulse

Dulse adalah sayuran laut yang kaya akan mineral dan mudah dicerna untuk hewan peliharaan. Alga hijau ini mengandung zat besi dan cesium, yang mampu mengikat zat karsinogenik, baik untuk saluran pencernaan hewan peliharaan.

Sayuran ini kaya akan Vitamin B12 dan beta-karoten. Anda dapat memasukkan sedikit sayuran segar ini ke dalam makanan harian kucing Anda karena sayuran ini menawarkan banyak manfaat kesehatan. Dulse membuat tiroid hewan peliharaan berfungsi normal. Mereka bisa dijemur menjadi bubuk untuk diberikan pada kucing Anda.

3. Irish Moss

Ini adalah alga yang memiliki variasi warna dari hijau ke merah ke ungu atau coklat. Mereka digunakan untuk mengentalkan produk susu. Mereka baik untuk mendukung berbagai organ tubuh kucing dengan cara menyehatkan paru-paru kucing. Mereka menyediakan dukungan untuk paru-paru dan kelenjar metabolisme kucing.

Mereka baik untuk menenangkan saluran pencernaan-usus. Irish Moss kaya akan kalsium klorida, yang bertindak sebagai tonik jantung. Mereka memberikan dukungan yang cukup untuk ginjal dan kandung kemih kucing.

4. Nori

Nori adalah rumput laut, yang biasanya dipanggang atau dikeringkan. Mereka kaya akan karbohidrat, mineral, vitamin, protein dan asam amino. Mereka baik untuk mendukung saluran pencernaan kucing. Nori yang mengandung Taurine, yang merupakan Asam Amino penting, baik untuk kucing karena mereka tidak dapat mensintesisnya sendiri di tubuh kucing.

Taurin cukup baik untuk mendukung kesehatan jantung dan retina kucing. Nori rendah natrium tetapi kaya serat, kalium, dan vitamin A dan C. Kebanyakan kucing akan sangat menyukai rasa dari nori, karena selain enak juga menyehatkan usus kucing.

5. Kombu

Ganggang paku ekor kuda juga dikenal dengan nama kombu. Mereka adalah sayuran laut terbesar yang kaya akan protein berkualitas tinggi. Rumput laut mendukung fungsi hati, ginjal dan lambung kucing. Ini adalah rumput laut populer yang digunakan dalam masakan Jepang dan Timur Jauh.

Kombu mudah ditemukan dalam segar, kering, dan beku di supermarket. Mereka mengandung kadar yodium tinggi, dan mereka adalah sumber asam glutamat. Sayuran laut bertindak sebagai penambah rasa dan sebagai fungisida alami. Mereka mengandung garam mineral alami yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumput laut lainnya. Kombu merupakan salah satu rumput laut yang digemari kucing selain nori.

Bagaimana cara memberi rumput laut ke kucing?

Rumput laut menjadi suplemen makanan populer untuk kucing. Saat membeli dari toko, Anda harus membaca label dan memeriksa kandungan yodium. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda sebelum memberikan suplemen baru untuk hewan peliharaan Anda. Dosis yang disarankan termasuk 1/8 sendok teh per hari untuk kucing kecil.

Menabutkan sedikit rumput laut pada makanan kucing akan meningkatkan kesehatan kucing Anda. Anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan basah atau memiliki pengocok bumbu yang diisi dengan bubuk rumput laut. Jika hewan peliharaan Anda tidak menyukai rasanya, Anda bisa menutupinya dengan makanan favorit mereka dan mencoba memasukkan zat attractants.

Apa yang perlu perhatikan saat memberikan rumput laut ke kucing?

Rumput laut yang dapat dimakan adalah bahan yang biasa digunakan dalam suplemen kucing. Ini untuk memastikan bahwa hewan peliharaan Anda menerima jumlah mineral dan vitamin yang tepat. Suplemen tersedia dalam bentuk tablet dan bubuk. Anda harus membaca instruksi dan dosis yang tertulis pada label sebelum memberikan rumput laut kepada kucing.

Dosis tergantung pada berat kucing Anda. Usia kucing, interaksinya dengan obat-obatan lain, tindakan pencegahan yang harus diambil, apakah aman untuk diberikan selama kehamilan atau menyusui semuanya akan tercantum pada label.

Sangat penting untuk mengikuti dosis yang tepat untuk mencegah masalah. Satu efek samping yang mungkin terjadi adalah hipertiroidisme, dan itulah alasan utama tidak direkomendasikan untuk kucing yang menderita hipertiroidisme.

Kesimpulan

Kucing boleh memakan rumput laut. Anda dapat memberikan edible seaweed yang memiliki kualitas bagus sebagai suplemen bagi kucing Anda. Anda dapat memberikannya secara langsung ataupun dengan menambahkan bubuk rumput laut di makanan kucing. Rumput laut dapat memberikan asupan serat, vitamin dan mineral yang sangat menyehatkan usus kucing.

Tinggalkan komentar