Home » Info Kucing » Kucing Minum Susu Kental Manis

Apakah Kucing Boleh Minum Susu Kental Manis?

kucing-minum-susu-kental-manis-besar

Kucing saya tidak sengaja mencicipi susu kental manis yang ditumpahkan ibu. Dia sangat antusias menjilatinya. Saya girang & kaget dibuatnya. Akan tetapi, “bolehkah kucing minum susu kental manis?”. Apakah susu kental manis baik untuk kesehatan kucing?

Rasa penasaran tersebut menuntun saya untuk melakukan riset. Saya mencari literatur tentang “kucing dan susu”. Hasil yang saya temukan seperti ini.

  1. Susu kental manis tidak beracun bagi kucing. Akan tetapi, tidak dianjurkan oleh para veterinarians.
  2. Kucing hanya boleh diberi susu kental manis encer, tawar dan dalam jumlah terbatas. Maksimal satu sendok makan per hari.
  3. Kucing yang memiliki intoleransi laktosa mudah mengalami gastrointestinal distress saat mengkonsumsi susu. Bahasa sederhananya gangguan pencernaan. Jadi, kamu tidak boleh memberikan susu kepada kucing.

Saya akan menjelaskan lebih detail terkait kontroversi tersebut. Jadi, kita bisa sama-sama belajar. Setuju?

Pertama, saya akan membahas tentang komposisi susu kental manis. Sebut merek boleh ya? Hihihi. Ada Indomilk, Frisian Flag, Nestle Carnation, Nestle Cap Nona, Polococoa Creamer, dll. Semua merek tersebut menawarkan citarasa susu kental manis yang enak dan gurih.

Apakah Susu Kental Manis Memiliki Bahan Berbahaya Bagi Kucing?

Saya ambil contoh satu ya, susu kental manis Frisian Flag.

Kompisisi Susu Kental Manis Frisian Flag:
Sukrosa, Air, Minyak Nabati, Maltodekstrin, Bubuk Whey, Susu Skim Bubuk, Buttermilk Bubuk, Laktosa, Penstabil Nabati, Perisa Alami, 2 Mineral, Susu Bubuk full cream, Perisa Sintetik, 9 Vitamin, tokoferol, natrium askorbat dan Minyak Ikan Bubuk. 
Informasi alergen: mengandung protein ikan dan kedelai.

Setelah dilihat secara seksama, kandungan susu kental manis terbagi menjadi 5:

  1. Senyawa gula: Sukrosa, Maltodekstrin, Laktosa.
  2. Senyawa lemak: Minyak Nabati, Susu Skim Bubuk, Buttermilk Bubuk, Penstabil Nabati, Susu Bubuk full cream.
  3. Zat aditif: Penstabil Nabati, Perisa Alami, Perisa Sintetik, tokoferol, natrium askorbat, mineral & 9 vitamin.
  4. Senyawa protein: Bubuk Whey dari kedelai dan minyak ikan bubuk.
  5. Pengawet makanan: Tidak disebutkan.

Setelah mempelajari bahan-bahan tersebut dengan teliti. Ada tiga zat kimia yang membuat saya kaget, yaitu: Maltodekstrin, laktosa & pengawet makanan.

Jadi, ini alasan kenapa para veterinarians tidak merekomendasikan susu kental manis untuk kucing.

  1. Susu kental manis mengandung senyawa laktosa. Jadi, jika kucing dewasa kamu memiliki intoleransi laktosa, dia akan mengalami diare.
  2. Pengawet makanan pada industri susu kental manis memang sesuai standart GMP. Akan tetapi, kadar konsentrasinya belum tentu aman untuk kucing. Itulah alasan kenapa susu harus dibuat encer/tawar dan hanya boleh satu sendok saja.
  3. Kucing tidak terlalu membutuhkan nutrisi dari susu kental manis. Jadi, gula, lemak berlebih dan bahan pengawet tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh kucing. Kucing butuh protein berkualitas dan tiamin.

Pada sub-topik berikutnya, saya akan membahas efek samping susu kental manis pada kucing. Simak terus kelanjutannya.

Bolehkah Anak Kucing Minum Susu Kental Manis?

Sebenarnya, laktosa itu bukan racun. Dia adalah salah satu senyawa golongan disakarida penting yang dibutuhkan saat awal pertumbuhan. Kucing mendapatkan asupan laktosa dari air susu induknya.

Fakta ilmiah menyatakan bahwa anak kucing memiliki enzim laktase dalam jumlah besar. Enzim ini dipakai untuk mengurai senyawa disakarida (laktosa) dari air susu induknya.

Namun, setelah dia berumur lebih dari 2 bulan, produksi enzim laktase ini berangsur-angsur berkurang.

Oh, gitu! Jadi, intoleransi laktosa itu disebabkan karena kucing kekurangan jumlah enzim laktase ya. Jadi, susu yang diminum tidak bisa dicerna dengan baik.

Tepat sekali. 100 buat kamu.

Lalu, bolehkah anak kucing minum susu kental manis? Tergantung keadaan.

  1. Jika anak kucing masih memiliki induk, lebih baik menyusu langsung pada induknya. Nutrisi air susu kucing jauh lebih bergizi dari pada susu kental manis.
  2. Jika kondisi terpaksa, kamu hanya boleh memberikan susu encer dan tawar. Takaran maksimal adalah satu sendok makan. Setelah itu kamu amati selama 12-24 jam. Jika terjadi diare segera hentikan. Alasannya sederhana, kita tidak tahu konsentrasi bahan pengawet susu kental manis.
  3. Jangan jadikan susu kental manis sebagai menu makanan harian anak kucing. Kamu sudah melihat bukan? Komposisi susu kental manis lebih banyak gula & lemak dari pada protein? Jika dipaksakan, kucing kamu bisa terganggu pertumbuhannya.

Biarpun anak kucing boleh minum susu kental manis encer, & tawar. Tapi praktek tersebut tidak direkomendasikan oleh dokter hewan. Dokter hewan menyarankan untuk membeli susu khusus untuk anak kucing.

5 Efek Samping Berbahaya Akibat Kucing Diberi Susu Kental Manis

Adakah efek samping jika memberi terlalu banyak susu kental manis kepada kucing? Di sini saya garis bawahi ya, kata TERLALU BANYAK. Okay, apapun itu, jika berlebihan bisa mengganggu kesehatan kucing.

  1. Gangguan Pencernaan

    Gastrointestinal distress adalah gangguan pencernaan akibat lambung kucing tidak mampu mencerna makanan. Akibatnya, kucing akan diare dan sakit perut. Efek lainnya kucing akan kehilangan nafsu makan. Semua ini dikarenakan zat kimia berbahaya yang sulit dicernah oleh lambung kucing.

  2. Intoleransi Laktosa

    Intoleransi laktosa adalah kondisi dimana sistem pencernaan kucing tidak mampu mencerna laktosa. Intoleransi laktosa ini ada 2 tipe. Pertama kucing kekurangan enzim laktase. Kedua, kucing tidak mampu memproduksi enzim laktase. Jika kucing yang menderita intoleransi laktosa minum susu sembarangan, dia bisa sakit. Kandungan senyawa gula disakarida dalam susu akan susah terurai oleh lambung kucing.

  3. Diare

    Diare adalah tanda bahwa kucing tidak sehat. Terlalu banyak minum susu kental manis bisa menjadi salah satu penyebabnya. Kucing dewasa sehat dan tidak memiliki intoleransi laktosa pun dapat diare karena susu.
    Hal ini disebabkan jumlah susu yang dikonsumsi melebihi kapasitas enzim pengurai. Akibatnya, kerja sistem pencernaan terlalu keras dan tidak bisa mencerna makanan dengan baik. Efek jangka panjangnya, terjadi diare sepanjang hari.

  4. Keracunan

    Keracunan susu pada kucing bisa terjadi loh. Misalnya gini, kamu memberi susu tanpa membaca komposisi. Ternyata di dalam formulanya ada bahan kimia yang bisa membahayakan kucing. Alhasil, kucing yang mengkonsumsi dapat mengalami keracunan, kejang dan sakit. Jadi, selalu perhatikan komposisi susu dan takaran penyajian untuk kucing.

  5. Peradangan

    Kucing juga memiliki penyakit alergi & peradangan seperti manusia. Kadang ada bahan kimia dalam susu yang menurut kita aman, tapi sangat berbahaya untuk kucing. Misalnya: asam yang terlalu kuat, bahan kimia yang menyebabkan radang. Ingat, sistem pencernaan kucing itu lebih lemah dari pada manusia. Jadi, kamu harus lebih bijak dalam mengatur menu susu untuk kucingmu.

Oleh sebab itu, jika kamu tidak memiliki ilmu terkait susu yang aman untuk kucing. Lebih baik kamu tidak usah memberi kucing kamu susu.

Susu Bebas Laktos: Solusi Untuk Kucing yang Suka Minum Susu Kental Manis?

Pada topik sebelumnya, saya sudah sedikit menyinggung tentang intoleransi laktosa pada kucing. Dokter hewan selalu mewanti-wanti pemilik kucing untuk tidak sembarangan memilih susu. Jika kucing kamu sudah dewasa, usahakan membeli susu bebas laktosa.

Susu bebas laktosa?

Susu bebas laktosa adalah susu yang diformulasikan khusus untuk kucing. Rendah laktora dan memiliki rasa yang enak bagi lidah kucing. Bahan baku dan zat aditif yang ditambahkan juga telah dinyatakan aman oleh veterinarians. Berikut ini contoh susu khusus kucing:

Nama Produk SusuKomposisiHarga
PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder Senyawa probiotik, fruktooligosakarida, taurin, vitamin, mineral, dll. Selangkapnya klik di sini.Rp 409.500
Royal Canin Babycat MilkProtein susu, lemak hewani, protein dadih, minyak kedelai, minyak kopra, minyak ikan, mineral, frukto-oligo-sakarida, dll. Selangkapnya klik di sini (rekomen banget!).Rp 270.000
Zeal Pet Food 100% Natural Lactose Free Pet Milk for Cats Lemak omega-3 (DHA dan EPA), asam linoleic, vitamin E, taurin, kalsium, beta-carotene, dll. Selengkapnya klik di sini.Rp 276.000
Whiskas Milk for Cats

Milk and milk derivatives, derivatives of vegetable origin, various sugars, minerals, etc. Selangkapnya klik di sini.Rp 85.000
Beaphar Kitty Milk Kitty Milk provides 32% protein plus the correct balance of oils, vitamins and minerals for the best start in life, and includes taurine, etc. Selengkapnya klik di sini.Rp 110.000

Jenis Susu Yang Tidak Boleh Diminum oleh Kucing

Pertanyaan Lain Yang Sering Diajukan:

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang susu untuk kucing. Kebanyakan pertanyaan ini muncul karena pemilik kucing susah mendapatkan susu khusus kucing. Dan kadang harga susu kucing terlalu mahal untuk dibeli.

1. Kucing Butuh Minum Susu Nggak Sih?

Anak kucing sangat butuh susu. Akan tetapi, semua itu sudah dicukupi oleh induknya. Dia akan minum susu mulai dari usia 0-2 bulan. Setelah itu anak kucing disapih dan dia berhenti minum susu.

Pada kasus anak kucing tanpa induk, kamu perlu mencarikan susu kucing. Hal ini disebabkan kucing belum memiliki gigi yang kuat untuk makan makanan kucing. Jadi, makanan cair (susu kucing) menjadi nutrisi terbaik untuk anak kucing.

Berarti kucing dewasa tidak butuh susu dong? Ya, selama kamu memenuhi kebutuhan nutrisi kucing melalui makanan basah dan makanan kering. Kamu tidak perlu memberi susu kepada kucing dewasa.

Tapi, kenapa di serial televisi kucing setiap hari selalu diberi susu?

Ayolah, itu hanyalah mitos.

Sesekali kucing dewasa boleh dikasih susu. Tujuan memberi susu bisa untuk memancing nafsu makan dan mood si kucing. Tapi tidak setiap hari juga. Hehehe.

2. Bolehkah Kucing Minum Susu Dancow?

Boleh, tapi ada batasan yang perlu diperhatikan. Saya telah mengulas anjuran dan larangan secara lengkap di sini. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi terkait kucing & susu dancow di sana.

3. Bolehkah Kucing Minum Susu Bear Brand?

Susu bear brand adalah susu bubuk yang telah disterilisasi. Rasanya sangat gurih dan enak.

Komposisi Susu Bear Brand:
Susu Sapi Rendah Lemak, Pati Modifikasi, Maltodekstrin, Pemantap Nabati, Susu Malt (3%), Gula, Kalsium Karbonat, Premiks Vitamin dan Perisa Alami.

Bolehkah susu bear brand dikasihkan ke kucing? Boleh asal diencerkan dan cukup satu sendok makan saja. Ga boleh lebih. Hehe.

Eh, tapi tunggu…

Susu bear brand berasal dari susu sapi. Jadi, pasti memiliki kadar laktosa tinggi. Kucing yang memiliki intoleransi laktosa jelas-jelas dilarang minum susu bear brand. Jadi, harap pastikan kucing kamu tidak menderita intoleransi laktosa.

4. Bolehkah Kucing Minum Susu SGM LLM+?

Saat kamu kesulitan untuk mencari produk susu khusus kucing, kamu dapat memakai susu SGM LLM+. Susu SGM LLM+ memiliki kandungan susu yang aman untuk kucing. Tapi ingat, kamu harus menyajikannya encer, tawar dan tidak boleh banyak.

Komposisi Susu SGM LLM+:
Asam amino esensial yang terdiri dari Isoleusin, Leusin, lisin, Mentionin, Fenilalanin, Threonin, Thriptofan, Valin, Tirosin, Histidin, Sistein.

Setelah saya pelajari, komposisi Susu SGM LLM+ tidak mengandung laktosa dan galaktosa. Namun, di sana tidak disebutkan zat pengawet pada produk. Jadi, saya menyarankan jangan membuat susu ini terlalu kental. Pastikan kadar konsentrasi encer.

Susu SGM LLM+ bisa digunakan untuk anak kucing maupun kucing dewasa. Akan tetapi, kamu harus mengetesnya terlebih dahulu. Amati 12-24 jam secara sungguh-sungguh. Biasanya sih tidak ada kendala, tapi ya beda kucing beda hasilnya.

Kamu dapat menemukan susu SGM LLM+ di supermarket ataupun di mall dengan harga murah. Susu SGM LLM+ dengn kemasan 200gr biasanya dijual dengan harga Rp 33.000.

Kesimpulan

Kucing boleh minum susu kental manis. Akan tetapi, susu harus encer, tawar dan maksimal satu sendok makan. Para dokter hewan tidak merekomendasikan susu kental manis sebagai makanan pokok kucing. Jadi, kamu harus tetap menjaga pola diet tinggi protein untuk kucing kamu.

Topik ini memang kontroversial sih. Jadi, saya sebisa mungkin menyampaikan data-data yang dapat dipakai untuk berdiskusi. Saran dari saya, sebelum memberikan susu kental manis atau susu apapun pada kucing. Coba pelajari komposisinya terlebih dahulu. Untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

Akhir kata, jika ada detail penting yang saya lupakan, silakan tulis di kolom komentar. Saya akan melengkapinya. Jangan lupa, share ke sahabat kamu ya. Thanks.

2 pemikiran pada “Apakah Kucing Boleh Minum Susu Kental Manis?”

  1. Jadi, memang anak kucing lebih baik minum susu asi ibunya sendiri ya.
    Saya Panca Prihati 1722500096 dari STMIK Atma Luhur. Salam kenal.

Tinggalkan komentar