Home » Info Kucing

Kucing paling kecil di dunia [Prionailurus rubiginosus]

Tahukah kamu bahwa kucing jenis Rusty-spotted (Prionailurus rubiginosus) adalah kucing paling kecil di dunia? Ukuran tubuhnya sangat mungil. Banyak orang yang menjuluki kucing rusty-spotted sebagai palmtop tiger. Kenapa bisa begitu? Karena kucing rusty-spotted dewasa hanya berukuran sebesar telapak tangan orang dewasa. Pada artikel ini, saya akan membahas secara detail terkait kucing mungil Prionailurus rubiginosus ini. Penasaran seperti apa wujud kucingnya? Yuk, simak pembahasannya sampai selesai.

Kucing paling kecil di dunia: Prionailurus rubiginosus

Prionailurus rubiginosus atau sering dikenal sebagai rusty-spotted adalah kucing terkecil di dunia. Pada usia dewasa, kucing rusty-spotted ini hanya berukuran sebesar telapak tangan manusia dewasa. Saat pertama kali melihatnya, mungkin kamu akan berfikir itu kitten. Soalnya, kucingnya sangat kecil dan mungil banget.

Akan tetapi, setelah beberapa bulan, ukuran kucing tidak bisa bertambah besar. Bayangkan, kucing rusty-spotted berusia dewasa hanya mencapai 0,8 – 1,6 kg. Pada pertumbuhan terbaiknya, kucing rusty-spotted hanya mampu memiliki panjang tubuh 30-48cm. Benar-benar sangat mungil, bukan?

Bagi yang belum pernah melihat wujud kucing paling kecil di dunia, silakan perhatikan gambar di bawah ini:

kucing paling kecil di dunia rusty spotted

Ciri-ciri fisik kucing rusty-spotted:

  • Memiliki corak bulu bertotol di badan kucing (mirip macan tutul).
  • Memiliki corak belang dengan pola acak di area leher ke bawah sampai kaki.
  • Kucing berukuran sangat kecil, yaitu sekitar 30-48 cm saat berusia dewasa.
  • Kucing hanya memiliki berat badan dalam kisaran 0,8-1,6kg.
  • Penampilan kucing seperti kitten.
  • Bulu bagian perut kucing berwarna putih.
  • Kucing memiliki enam garis hitam di setiap sisi kepala yang membentang di atas pipi dan dahi mereka.

Bagi kamu yang suka melihat video kehidupan kucing rusty-spotted di alam liar, silakan lihat video di bawah ini:

Habitat kucing paling kecil di dunia

Kucing rusty-spotted hanya dapat kamu temukan di daerah India dan Srilanka. Populasi kucing rusty-spotted saat ini sekitar 10.000 ekor. Akan tetapi, semakin hari semakin berkurang. Di India dan Srilanka, kucing terkecil di dunia ini mendapatkan julukan “Hummingbird of the cat family”. Ya, karena ukuran kucing sangat mungil layaknya burung kolibri.

Habitat hidup kucing rusty-spotted berada di area hutan yang lebat yang ditumbuhi banyak semak belukar. Kucing rusty-spotted sangat menyukai habitat hidup yang memiliki vegetasi lebat dan daerah berbatu. Kucing rusty-spotted juga sangat suka hidup di kawasan hutan gugur yang memiliki semak belukar dan padang rumput.

Kenapa kucing rusty-spotted menyukai habitat hutan gugur?

  • Pertama, kucing Prionailurus rubiginosus adalah seekor kucing arboreal dan nocturnal. Kucing senang beraktivitas di malam hari. Jadi, kawasan hutan adalah taman bermain yang menyenangkan bagi kucing rusty-spotted untuk bermain dan berburu.
  • Kedua, hutan gugur yang penuh semak belukar menjadi tempat berlindung yang bagus bagi kucing yang berukuran kecil. Dengan begitu, apabila kucing mendapatkan ancaman, kucing dapat menyelamatkan diri dengan cepat. Tinggal melompat ke semak belukar dan si kucing bisa selamat dari predator.
  • Ketiga, habitat hutan gugur menyediakan banyak makanan bagi kucing rusty-spotted. Kucing rusty-spotted sangat suka memangsa hewan kecil, seperti: katak, tikus, serangga, burung kecil dan reptil.
  • Terakhir, kawasan hutan gugur dengan vegetasi lebat dan bebatuan menjadi tempat kamuflase yang hebat bagi si kucing. Warna bulu dan pola totol di tubuh kucing akan memudahkan kucing berkamuflase dengan lingkungan. Akibatnya, kucing mudah bersembunyi dan mengintai mangsanya.

Terus membaca: 10 kucing tercantik di dunia [2021] »

Apa makanan favorit kucing paling kecil di dunia?

Kucing rusty-spotted sangat menyukai daging layaknya kucing yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh darah karnivora yang mengalir di dalam tubuh kucing. Daging kesukaan kucing rusty spotted adalah daging dari hewan kecil, seperti: daging katak, tikus, anak kelinci, reptil, burung kecil dan anak unggas.

Kucing rusty-spotted sangat menyukai hewan kecil yang memiliki daging lembut dan tulang yang tidak keras. Jadi, kebanyakan si kucing berburu anak hewan.

Kucing rusty-spotted juga sudah terdaftar sebagai kucing yang masuk dalam hewan konservasi IUCN internasional. Kabarnya sih, pemerintah untuk menghindari kepunahan spesies si kucing, India dan Srilanka ingin menjinakkan kucing rusty-spotted. Jadi, pemerintah mulai menghimbau untuk menangkarkan kucing rusty-spotted agar tidak punah.

Nah, saat kucing rusty-spotted sudah menjadi kucing rumahan, kamu dapat memberi kucing makanan basah dan daging olahan khusus. Kucing rusty-spotted pasti sangat menyukainya.

Bagaimana perilaku dari kucing rusty spotted (Prionailurus rubiginosus)

Secara perilaku, kucing rusty-spotted masih tergolong kucing yang sangat aktif dan energik. Kucing rusty-spotted sangat aktif di malam hari (nocturnal). Jadi, apabila kamu memelihara kucing ini, jangan kaget kalau kamu selalu dibangunkan tiap malam.

Kucing rusty-spotted sangat gemar bermain bahkan sampai dia berusia tua. Rasa ingin tahunya sangat tinggi terhadap hal-hal baru. Dengan begitu, si kucing tidak mudah bosan. Kucing rusty-spotted juga dapat kamu jinakkan. Setelah jinak, si kucing akan menjadi ramah dengan manusia. Wow, pasti sangat seru ya memeliharanya? Tentu, tapi kamu butuh kesabaran ekstra untuk melatih kucing rusty-spotted. Karena kucing rusty-spotted tidak sepintar kucing abbissinian.

Kesimpulan

Untuk saat ini, kucing paling kecil di dunia adalah kucing rusty-spotted. Nama latin dari kucing terkecil di dunia adalah Prionailurus rubiginosus. Pada usia dewasa kucing hanya berukuran 30-48 cm. Pengukuran dari kepala sampai bokong, dan ekor tidak dihitung. Karena ekor kucing rusty-spotted sangat panjang. Berat badan kucing saat berusia dewasa hanya kisaran 0,8-1,6 kg. Dengan begitu, kucing rusty-spotted hanya kisaran telapak tangan orang dewasa. Benar-benar kucing yang sangat kecil ya?

Akhir kata, apakah ada informasi penting yang saya lewatkan terkait topik kucing terkecil di dunia? Jika ada ingatkan saya melalui kolom komentar sekarang. Apabila kamu pernah memelihara kucing rusty-spotted, tolong tuliskan pengalamanmu di kolom komentar ya. Biar banyak teman-teman pecinta kucing yang lain tahu serunya memelihara rusty-spotted.

Baca lebih lanjut: 97 daftar ras kucing cantik paling popular di dunia [2021] »