Home » Info Kucing » Bolehkah Kucing Persia Makan Kuning Telur Saat Hamil Muda?

Bolehkah Kucing Persia Makan Kuning Telur Saat Hamil Muda?

| | Category

Telur merupakan salah satu makanan manusia yang boleh diberikan kepada kucing persia. Telur terdiri dari putih telur yang mengandung banyak protein dan kuning telur yang mengandung kolesterol, seng, selenium, asam lemak essensial, vitamin dan antioksidan. Dalam jumlah terbatas protein dan kolesterol ini dibutuhkan kucing persia untuk tumbuh kembangnya.

Kemarin saya ditanya oleh tetangga saya yang memiliki kucing persia sedang hamil muda. Sebenarnya bolehkah kucing persia makan kuning telur saat hamil muda? Boleh, tapi hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Kuning telur memiliki kandungan kalori, protein dan kolesterol yang memadai untuk dapat dikonsumsi kucing persia agar lebih sehat saat hamil muda. Saran saya, sebaiknya Anda memasak kuning telur terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kucing persia Anda.

Kuning Telur Mentah Atau Matang Yang Baik Untuk Kucing Persia Hamil Muda?

Saat hamil, kucing persia mengalami penurunan sistem imun yang membuatnya mudah terserang penyakit. Penurunan sistem imun ini membuat banyak penyakit, bakteri dan virus mudah hinggap kepada sang induk.

Saat Anda ingin memberikan kuning telur kepada kucing persia hamil muda. Anda harus memasak kuning telur terlebih dahulu. Cara memasaknya bisa dengan direbus, dioven, dikukus ataupun digoreng. Jangan beri makan kucing persia Anda dengan kuning telur mentah. Telur mentah dari peternakan biasanya kurang steril. Di dalam telur mentah sering terdapat bibit-bibit bakteri Salmonella. Salmonella sangat menyukai inang yang memiliki sistem imun rendah.

Bakteri salmonella berasal dari unggas dipeternakan yang telah terinfeksi Salmonella. Bakteri Salmonella pada unggas hidup didalam usus dan menyebar ke jaringan reproduksi ayam. Saat Anda memecahkan telur mentah dan langsung memberikannya kepada kucing persia Anda yang hamil, Anda tidak dapat memastikan, apakah telur itu sudah steril atau ada bibit salmonella yang masuk ke dalam kuning telurnya.

Lalu, solusinya bagaimana?

Solusinya Anda harus berhati-hati dalam menyimpan dan mengolah telur yang akan Anda berikan kepada kucing persia Anda yang sedang hamil. Simak beberapa tips berikut ini:

  1. Simpan telur di dalam lemari es. Suhu dingin akan membuat bakteri Salmonella susah hidup. Bakteri salmonelle mudah berkembang biak pada suhu 16-35 derajat celcius. Menghambat pertumbuhannya dapat mencegah penularan penyakit salmonella pada kucing persia Anda.
  2. Jangan memberikan telur yang telah kadaluarsa kepada kucing persia Anda. Maksimal 3 minggu sejak pembelian. Semakin lama telur, semakin buruk kualitasnya. Penurunan kualitas telur dapat terjadi karena bakteri, suhu penyimpanan, kerusakan dari dalam telur dan telah rusaknya cangkang telur.
  3. Masak telur hingga benar-benar matang. Proses masak yang menggunakan suhu diatas 35 derajat celcius dapat membunuh bakteri Salmonella yang ada didalam telur. Anda dapat memasak telur dengan cara direbus, digoreng, dikukus ataupun dioven.
  4. Jika Anda bersikeras ingin memberi makan kuning telur mentah untuk kucing persia Anda yang sedang hamil muda, saya sarankan belilah telur yang sudah dipasteurisasi. Telur pasteurisasi adalah telur mentah yang telah disterilkan dengan alat pasteurisasi yang canggih. Restoran gourmet sering menggunakan telur jenis ini untuk menjaga kualitas masakan mereka.

Bagi kamu yang kesulitan merawat kucing hamil. Saya sudah menulis panduan dasar perawatan kucing hamil sampai melahirkan. Di artikel tersebut saya berbagi pengalaman saya tentang cara merawat kucing hamil. Saya juga berbagi tips makanan kucing hamil, dan cara memandikan kucing hamil. Cek aja dulu.

Batasan Konsumsi Kuning Telur Untuk Kucing Persia Hamil Muda

Bagi Anda yang menerapkan diet ketat bagi kucing persia, Anda harus sangat teliti dalam memilih sumber nutrisi dan makanan bagi kucing persia Anda. Jika saat ini kucing persia Anda hamil dan Anda sedang mencari panduan kunsumsi kuning telur untuk kucing persia hamil. Anda berada di tempat yang tepat.

Diet ketat kucing memberi tiga tuntutan, yaitu: makanan tinggi protein, rendah karbohidrat dan makanan lemak dalam jumlah terbatas. Disamping itu jika Anda ingin memiliki kucing persia dengan bulu indah, bisa diberi suplemen tourine dan vitamin.

Anda mungkin sering mendengan kuning telur memiliki banyak manfaat untuk kucing persia, namun kucing persia yang hamil muda, hanya boleh mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas, yaitu maksimal satu kuning telur setiap hari atau satu kuning telur setiap tiga kali sehari. Bagi kucing persia yang baru pertama kali makan kuning telur, saya sarankan Anda mencampurnya dengan snack kucing terlebih dahulu.

Cara Memasak Kuning Telur Untuk Kucing Persia Yang Hamil Muda

Ada berbagai cara memasak kuning telur untuk kucing persia kesayangan Anda, seperti: telur rebus (boiled eggs), telur orak-arik (scrambled eggs), telur goreng (fried eggs)

Cara memasak telur rebus untuk kucing persia:

Telur rebus untuk kucing persia yang sedang hamil berbeda dengan untuk sarapan kita sehari-hari. telur ini direbus tanpa menambahkan bumbu ataupun garam. Kandungan garam yang berlebih akan membuat kucing persia gatal. Berikut ini langkah-langkah untuk memasak telur rebus:

  1. Siapkan air secukupnya kemudian rebus di dalam panci aluminium
  2. Panaskan panci sampai air mendidih 100 derajat celcius
  3. Masukkan telur kedalam air mendidih
  4. Masak sampai telur matang seutuhnya, biasanya Anda cukup membutuhkan waktu 8-10 menit
  5. Jika dirasa sudah matang, matikan kompor dan tiriskan telur rebus Anda
  6. Anda tidak dapat memberikan telur rebus dalam kondisi panas, kucing persia Anda akan menolaknya. Jadi, Anda harus menunggu telur rebus Anda dingin. Tips: Anda dapat mendinginkan telur rebus dengan cepat jika Anda merendamnya dengan air dingin.
  7. Setelah telur rebus dingin kupas cangkang telur dengan hati-hati dan keluarkan kuning telurnya.
  8. Anda dapat menyajikan kuning telur secara langsung ataupun dicampurkan dengan makanan kucing persia. Untuk kucing persia yang belum pernah makan kuning telur, saya merekomendasikan Anda mencampurkan kuning telur dengan snack kucing terlebih dahulu, agar mereka terbiasa.
  9. Selesai

Simak juga: cara menghilangkan bau kencing kucing yang pesing tidak karuan. Teknik yang diajarkan dapat diterapkan untuk kencing kucing yang masih segar maupun yang sudah lama kering: PATEN.

Cara memasak telur oven untuk kucing persia;

Ini adalah cara memasak telur untuk kucing persial hamil yang praktis. Anda hanya perlu memilih telur yang berkualitas dan tinggal menaruhnya di muffin. Setelah itu Anda tinggal memanggangnya didalam oven. Berikut ini langkah-langkah memasak telur oven untuk kucing persia:

  1. Pilihlah telur yang bersih dan besar
  2. Setting oven Anda pada suhu 150 derajat celcius, jika Anda ingin memanggang sedikit telur dan setting suhu 170 derajat celcius jika Anda ingin memanggang banyak telur sekaligus.
  3. Letakkan telur yang sudah dibersihkan pada cetakan muffin. Sebaiknya Anda menggunakan cetakan muffin berukuran kecil agar sesuai dengan ukuran telur yang ingin Anda panggang.
  4. Masukan cetakan muffin yang sudah berisi telur kedalam oven yang sudah disiapkan
  5. Aturlah waktu pemanggangan sesuai dengan tingkat kematangan telur yang Anda inginkan. Misal: 20-30 menit untuk membuat telur matang sempurna.
  6. Setting timer pengingat agar Anda lebih mudah mengontrol pengambilan telur.
  7. Sambil menunggu telur matang, siapkan mangkuk / baskom yang telah di isi air dingin / air es
  8. Saat alarm sudah berbunyi, segera ambil muffin yang berisi telur dari oven.
  9. Letakkan telur secara perlahan kedalam mangkuk/baskom yang berisi air dingin yang telah disiapkan. Air dingin akan menyerap panas dari telur yang baru saja dikeluarkan dari oven. Proses ini akan mempercepat penurunan suhu dan mempermudah proses pengupasan kulit.
  10. Tunggu beberapa saat sampai telur dingin dan bisa dikupas
  11. Tiriskan telur dengan keranjang peniris
  12. Kupas cangkang telur secara hati-hati. Catatan: cangkang telur yang dipanggang dengan oven biasanya ada noda kecoklatan. Jangan panik, itu hal yang normal, karena telur dipanggang.
  13. Anda dapat menyajikan kuning telur secara langsung ataupun dicampurkan dengan makanan kucing persia. Untuk kucing persia yang belum pernah makan kuning telur, saya merekomendasikan Anda mencampurkan kuning telur dengan snack kucing terlebih dahulu, agar mereka terbiasa.
  14. Selesai

Cara memasak telur orak-arik untuk kucing persia;

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, memasak telur orak-arik untuk kucing persia itu berbeda dengan memasak telur orak-arik untuk sarapan kita. Telur orak-arik kucing persia tidak boleh menggunakan minyak, mentega, bumbu, bawang putih, garam, bumbu, bahkan susu. berikut ini panduan langkah demi langkah memasak telur orak arik untuk kucing persia:

  1. Pertama siapkan wajan teflon anti-lengket. Karena kita tidak akan menggunakan minyak dan mentega, Anda butuh alat masak yang anti lengket
  2. Masukkan kuning telur kedalam wajan teflon.
  3. Panaskan wajan teflon dengan api kecil
  4. Diamkan beberapa saat sampai terbentuk gumpalan-gumpalan kecil. Ini menandakan telur setengah matang
  5. Mulailah mengacak telur (orak-arik) dengan spatula
  6. Jika dirasa cukup, matikan kompor dan diamkan sampai dingin
  7. Anda dapat menyajikan kuning telur secara langsung ataupun dicampurkan dengan makanan kucing persia. Untuk kucing persia yang belum pernah makan kuning telur, saya merekomendasikan Anda mencampurkan kuning telur dengan snack kucing terlebih dahulu, agar mereka terbiasa.
  8. Selesai

Cara memasak telur goreng untuk kucing persia;

Telur goreng untuk kucing persia juga berbeda dengan telur goreng yang kita makan. Telur goreng kucing persia tidak boleh digoreng dengan minyak, dan mentega. Kemudian Anda juga tidak boleh menggunakan bumbu, bawang putih, garam, merican dan sayuran. Jadi, hanya digoreng polosan saja. Berikut ini panduan lengkap cara memasak telur goreng untuk kucing persia:

  1. Pertama siapkan telur yang ingin digoreng
  2. Siapkan wajan teflon anti lengket untuk menggoreng telur tanpa minyak
  3. Panaskan wajan teflon dengan api kecil
  4. Ceplok telur kedalam teflon dan gorenglah dengan hati-hati. Anda dapat menggoreng kuning telurnya saja atau dapat menggoreng bersama putih telurnya. Anda harus menggoreng telur mata sapi, agar mudah memisahkan antara putih telur dan kucing telur.
  5. Tunggu sampai semua telur matang sempurna. Pastikan matang secara sempurna dan jangan sampai gosong.
  6. Kalau sudah matang matikan kompor dan tunggu sampai dingin
  7. Anda dapat menyajikan kuning telur secara langsung ataupun dicampurkan dengan makanan kucing persia. Untuk kucing persia yang belum pernah makan kuning telur, saya merekomendasikan Anda mencampurkan kuning telur dengan snack kucing terlebih dahulu, agar mereka terbiasa.
  8. Saya merekomendasikan untuk mencincang kuning telur ukuran dadu agar mudah di makan oleh kucing persia Anda.
  9. Selesai

Simak juga: cara mudah membasmi kutu kucing beserta telur dan sarangnya. Teknik simple dan praktisnya akan memudahkan Anda membasmi kutu kucing di seluruh ruangan rumah Anda.

Kesimpulan

Kucing persia yang sedang hamil diperbolehkan untuk memakan kuning telur yang sudah dimasak. Jangan memberikan kuning telur mentah kepada kucing persia hamil, karena induk dan anak kucing persia berpotensi terjangkit penyakit Salmonella.

Ada batasan pemberian kuning telur bagi kucing persia yang sedang menjalani diet ketat, yaitu satu kuning telur setiap hari atau satu kuning telur setiap tiga hari. Bagi kucing persia yang belum pernah diberi makan kuning telur sebaiknya dicampurkan terlebih dahulu bersamaan dengan snack kucing. Terakhir, selalu berikan nutrisi terbaik untuk masa kehamilan kucing persia Anda.

Tinggalkan komentar