Home » Info Kucing

Kenapa kucing lebih suka makanan basah?

Saya memiliki kucing persia berwarna putih yang sangat pilih-pilih makanan. Setiap kali saya membuka makanan basah, si kucing langsung bergegas menghampiri dan minta makan. Saya jadi penasaran, “Kenapa kucing lebih suka makanan basah dari pada makanan kering?”. Setelah saya selidiki, saya menemukan jawabannya.

  • Pertama, kucing suka makanan yang memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna.
  • Kedua, kucing lebih suka makanan yang mempunyai aroma kuat dan rasa yang enak.
  • Ketiga, kucing menyukai makanan yang fresh dan memiliki kadar air tinggi.
  • Terakhir, kucing menyukai makanan basah karena rasa makanan lebih lama melekat di mulut dan lidah kucing.

Ingin tahu pembahasannya secara lebih detail? Yuk, baca sampai selesai.

7 alasan kenapa kucing lebih suka makanan basah (wetfood) dari pada makanan kering (dry food)

Pada artikel ini, saya akan membahas secara rinci alasan kenapa kucing suka makanan basah. Pembahasan ini akan saya awali dari perilaku psikologis kucing sampai alasan ilmiah terkait manfaat makanan basah bagi kucing. Yuk, simak.

1. Kucing suka makanan basah karena makanan basah memiliki aroma yang lebih kuat dan menggugah selera

Coba kamu bandingkan aroma makanan basah dan makanan kering kucing. Lebih kuat mana aromanya? Ya, benar. Makanan basah memiliki aroma yang lebih kuat dan menggugah selera. Dengan begitu, makanan basah bisa menjadi salah satu pilihan makanan penambah nafsu makan kucing yang baik.

Tahukah kamu, bahwa kucing memiliki indra penciuman yang sangat tajam? Menurut Willey, 1973, hidung kucing memiliki saraf olfactory yang terdiri dari 75 juta reseptor. Jika kamu bandingkan dengan manusia, kucing memiliki penciuman 25x lebih tajam dari pada manusia. Jadi, kompleksitas aroma makanan basah kucing akan membuat kucing makan dengan lahap.

2. Makanan basah mempunyai tekstur empuk dan rasa yang enak

Apakah kamu pernah memperhatikan perilaku kucing saat makan? Kucing yang sedang makan makanan basah terlihat mengunyah dengan sangat santai dan tenang. Sedangkan, kucing yang makan makanan kering terlihat mengunyah dengan lebih bertenaga. “Kraus, kraus, kraus”, begitu bunyinya.

Ternyata kucing lebih suka makanan basah lho. Karena makanan basah lebih mudah dimakan. Kucing tinggal memakannya dengan santai dan menelannya. Tekstur makanan basah yang empuk dan berair membuat kucing mampu menelan dengan cepat. Dengan begitu, kucing tidak kesulitan dalam mencerna makanan.

Menurut Beynen, 2018, komposisi makanan basah kucing memiliki kandungan nutrisi yang komplit. Kaya akan protein dan senyawa esensial lainnya. Biarpun terlihat seperti pasta yang jelek, tapi makanan basah yang berair itu memiliki rasa yang enak bagi kucing. Formula makanan basah komersial telah melalui riset yang panjang oleh dokter hewan ternama. Jadi, makanan basah lebih enak dan bergizi. Terlebih makanan basah yang sudah lolos uji dari AAFCO (Association of American Feed Control Officials).

3. Kucing lebih suka makanan yang memiliki kadar air lebih tinggi

Di alam liar, kucing selalu makan makanan segar, seperti: anak burung, anak kelinci, tikus hutan, atau ikan. Semua makanan kucing tersebut rata-rata memiliki kadar air tinggi dan segar. Nah, ini juga menjadi alasan kenapa kucing suka makan makanan yang memiliki kadar air tinggi dan cenderung basah.

Makanan basah dengan kadar air tinggi akan memudahkan kucing untuk menelan makanan. Air akan membuat kerongkongan kucing menjadi lembab dan basah. Dengan begitu, makanan akan terdorong masuk dengan lebih mudah.

Alasan lain kenapa kucing suka makanan dengan kadar air tinggi adalah kucing tidak perlu banyak minum. Bagi kucing, minum itu adalah kebiasaan yang melelahkan. Apalagi kalau kucing sedang asyik-asyiknya bermain atau mengejar lawan jenis. Pasti kucing akan lupa minum. Alhasil, kucing akan menjadi dehidrasi. Karena hal itu, akhirnya kucing lebih suka makanan basah. Ya, sekalian untuk pemulihan dehidrasi tubuh.

4. Makanan kucing basah lebih mudah ditelan

Pada pembahasan sebelumnya saya menyebutkan bahwa makanan basah memiliki tekstur lembut, empuk dan berair. Kondisi inilah yang membuat makanan basah lebih mudah ditelan oleh kucing. Akibatnya kucing jauh lebih suka makanan basah dari pada makanan kering.

Selain mudah untuk ditelan, makanan basah juga mudah untuk dicerna. Setelah melalui kerongkongan, lambung kucing akan memproses makanan basah dengan lebih cepat. Kemudian, usus halus kucing akan menyerap sari-sari makanan secara sempurna. Dengan begitu, kucing akan mendapatkan nutrisi dan tenaga dengan lebih cepat.

Catatan: Makanan basah merupakan makanan kucing ompong terbaik. Kucing ompong yang sudah tidak memiliki gigi akan lebih mudah menelan makanan basah. Kandungan nutrisi yang tinggi akan membuat kucing tetap sehat biarpun hanya makan dalam porsi sedikit.

5. Kucing menyukai makanan yang segar

Makanan basah yang baru keluar dari kemasan terlihat sangat segar dan menggiurkan. Entah itu makanan basah Me-O, Whiskas, Royal Canin, Equilibrio, dll. Kucing saya sangat lahap memakannya. Dan saya juga melihat banyak kucing juga melakukan hal serupa.

Ini menunjukkan bahwa kucing menyukai makanan segar (fresh). Di mana, makanan segar dengan tekstur berair akan membuat kucing makan dengan lahap. Bahkan kucing sampai menjilati sisa-sisa makanan di mangkuk makan atau bibirnya sendiri.

6. Makanan basah lebih kaya vitamin dan nutrisi yang menguatkan tulang dan otot kucing

Kucing termasuk hewan yang pilih-pilih makanan. Kucing tahu mana makanan yang membuatnya kuat dan makanan yang membuatnya sakit. Terbukti, di alam liar kucing dapat membedakan makanan beracun dan makanan bergizi untuk di makan.

Nah, pada kasus ini, kucing tahu betul, bahwa makanan basah lebih kaya nutrisi dan vitamin. Kucing jadi lebih tahan lapar setelah makan makanan basah. Terlebih, kucing yang mendapatkan jatah makanan basah yang cukup akan memiliki tulang dan otot yang kuat. Dari pengalaman tersebut, kucing jadi lebih suka makanan basah yang bergizi.

7. Kucing suka makanan basah karena lebih mudah dicerna

Kucing lebih mudah mengunyah dan mencerna makanan basah dari pada makanan kering. Saya selalu memperhatikan saat kucing saya makan. Kucing akan makan makanan basah dengan lahap seperti tanpa kendala. Dan setelah kenyang, kucing akan kembali aktif.

Terlebih saat kucing baru masa pemulihan sehabis sakit. Makanan basah yang mudah dicerna akan memberi energi ke tubuh kucing dengan cepat. Sari-sari makanan akan terserap lebih cepat jika berasal dari makanan basah. Misal: makanan basah kalengan dari Royal Canin Recovery. Jika kucing kamu makan makanan basah itu, kucing akan cepat pulih dan sehat kembali.

Kesimpulan

Kucing lebih suka makanan basah dari pada makanan kering. Hal ini dikarenakan makanan banyak memiliki aroma lebih enak, mudah ditelan dan kadar air tinggi. Dengan begitu, kucing akan lahap makan makanan basah kesukaannya.

Akhir kata, apakah ada informasi yang saya lewatkan terkait topik “kucing suka makanan basah?”. Jika iya, tolong ingatkan saya melalui kolom komentar sekarang. Kritik dan saran kamu akan saya pakai untuk meningkatkan kualitas dari artikel ini. Makasih.

Baca lebih lanjut: 9 makanan penggemuk kucing yang bikin gendut dan bulu bagus »