Home » Info Kucing

10 Posisi Kucing Tidur serta Arti Dibalik Kebiasaan Tersebut

Unik, lucu, aneh, menarik. Saya rasa, 4 kata tersebut cukup menggambarkan reaksi saya, mungkin kamu juga sependapat dengan saya ketika melihat kucing tidur. Kadang saya heran, kok kucing bisa ya tidur seperti itu? Karena saya penasaran, saya coba googling nih dan ternyata, masing-masing posisi tidur kucing memiliki arti yang berbeda-beda, lho! Berikut 10 posisi kucing tidur sehari-hari:

Penasaran? Yuk, mulai cari tahu.

1. Meringkuk seperti bulan sabit

Kucing Tidur Dengan Posisi Meringkuk Seperti Bulan Sabit
Kucing tidur dengan posisi meringkuk seperti bulan sabit.

Posisi meringkuk layaknya bulan sabit dengan ekor yang menekuk adalah posisi tidur yang paling sering dilakukan oleh kucing. Ada 4 alasan kenapa kucing melakukan hal ini, yaitu:

  • Mendapatkan kehangatan tubuh yang maksimal.
  • Melindungi organ vital pada kucing itu sendiri.
  • Merasa insecure.
  • Sakit.

Ketika kucing kamu baik-baik saja, kucing akan meringkuk seperti gambar yang saya sertakan di atas. Bentuknya seperti bulan sabit atau roti croissant.  Dengan posisi tersebut, secara insting, kucing bisa melindungi dirinya sendiri terutama bagian alat vitalnya.

Sedangkan saat sakit, kucing akan lebih meringkuk sehingga terlihat mendekati bentuk huruf O. Kucing akan meringkuk semaksimal mungkin terutama ketika suhu tubuhnya menurun, misalnya karena hipotermia. Dengan begitu, suhu bisa kembali naik dan stabil.

Lalu, apa hubungannya dengan meringkuk dengan insecure?

Pada dasarnya, kucing merupakan hewan yang hidup di alam bebas dengan predator yang berkeliaran. Kucing hanya bisa melindungi dirinya sendiri dari ancaman para predator. Insting melindungi diri inilah yang masih bertahan di diri kucing dan susah untuk dihilangkan walaupun sudah menjadi kucing peliharaan.

Karena hal tersebut, dalam tidurnya sekalipun, kucing akan mencoba melindungi dirinya sendiri, yaitu dengan tidur meringkuk.

Tahu ya sekarang kenapa kucing suka sekali tidur meringkuk? Kalau sudah, yuk masuk ke daftar kedua.

2. Belly up atau telentang

Kucing Tidur Dengan Posisi Belly Up Atau Terlentang
Kucing tidur dengan posisi belly up atau terlentang.

Kucing yang tidur telentang atau belly up biasanya memiliki ikatan erat dengan pemiliknya. Kucing merasa bahwa dia aman dan rileks sehingga tak segan-segan menunjukkan perutnya saat tidur.

Kalau kamu belum tahu, perut adalah bagian kucing yang ‘terlarang’ untuk kamu sentuh. Mayoritas kucing akan mendesis, mencakar atau menggigit tangan orang yang mencoba untuk memegang atau mengelus perutnya.

Apakah kucing saya salah satunya? Oh jelas, kucing saya juga ada yang begitu! Bahkan tangan saya sering mendapatkan bekas cakaran karena ulah iseng saya sendiri yang ingin memegang perut kucing.

Jadi, ketika kucing kamu sudah menunjukkan perutnya, bahkan saat dia tidur, tandanya dia sangat percaya dengan kamu dan lingkungannya. Kalau sudah percaya, kamu bahkan bisa memegang dan mengelus perut kucing.

Namun, jangan terlalu sering memegang perut kucing apalagi saat tidur karena bisa membuat kucing tidak nyaman.

Okay, lanjut ke posisi tidur ketiga yuk!

3. Tidur di kotak

Kucing Tidur Di Dalam Kotak Dengan Posisi Meringkuk
kucing tidur di dalam kotak dengan posisi meringkuk.

Bagi kucing, menemukan kotak, contohnya kardus yang kekecilan sekalipun, serasa seperti menemukan tempat ternyaman untuk bermain dan istirahat. Kenapa bisa begitu? Karena kucing menganggap kalau tidur di box maka dia merasa nyaman dan aman.

Berada dalam kotak akan membuat kucing aman dari predator atau ancaman termasuk anggota keluarga kamu sendiri, misalnya anak kecil.

Apakah kucing suka tidur di kotak hanya karena mencari perlindungan? Tentu saja tidak hanya itu. Kucing suka kotak terutama kardus, karena:

  • Kucing suka dengan tekstur kardus, apalagi kucing bisa menggaruk dan menggigiti kardus.
  • Lebih hangat.

Karena alasan itulah, walaupun kardusnya kecil atau kotak berisi barang seperti telur, kucing akan menggunakan kotak tersebut untuk tidur.

4. Bersedekap seperti roti tawar

Kucing Tidur Dengan Posisi Seperti Roti Tawar
Kucing tidur dengan posisi menyerupai roti tawar.

Biasanya, kucing akan tidur dalam kondisi bersedekap dengan tangan menekuk ke bagian dada. Sekilas, posisi tidur ini terlihat seperti roti tawar. Biasanya, kucing yang tidur dalam posisi ini hanya sebatas memejamkan mata sejenak dan tidak tidur dalam waktu lama.

Dengan kata lain, kucing kamu ingin beristirahat sejenak atau rileks untuk mengembalikan energinya. Di sisi lain, kucing yang tidur dalam posisi loaf ini masih menjaga kewaspadaannya.

Jadi, ketika ada ancaman mendekat, kucing bisa segera melarikan diri atau melawan. Bahkan, ketika kamu membuka kaleng makanan atau bersiap menyiapkan makanan, kucing akan langsung berlari mendekati sumber suara.

Mari lanjut ke daftar posisi tidur kucing yang kelima!

5. Tidur menyamping

Kucing Tidur Dengan Posisi Menyamping
Kucing tidur dengan posisi menyamping.

Menyamping menjadi salah satu posisi tidur kucing yang paling sering kamu temui. Ketika kucing tidur di posisi ini, artinya kucing kamu merasa rileks dan aman dengan lingkungan tempat dia tidur.

Kenapa bisa begitu? Bagi kucing, perut itu vital dan sangat dilindungi. Jika kucing sudah menampakkan perutnya, tandanya ia merasa aman dan rileks.

Selain itu, kucing yang tidur dengan posisi menyamping cenderung tidur singkat. Singkat seperti saat kucing tidur di posisi seperti roti ya?

Walaupun begitu, kucing yang tidur menyamping lebih merasa rileks daripada saat tidur dengan posisi loaf.

Selesai dengan kenapa kucing tidur menyamping, saya lanjut ke posisi tidur lainnya. 

6. Tidur di bawah selimut

Kucing Tidur Dengan Posisi Bersembunyi Di Bawah Selimut
Kucing tidur dengan posisi bersembunyi di bawah selimut.

Kucing terkadang tidur di tempat tersembunyi bahkan berada di bawah sesuatu seperti selimut dan meja. Hal tersebut disebabkan karena kucing merasa aman ketika berlindung atau bersembunyi di balik sesuatu. Rasa aman tersebut tak bisa terlepas dari insting kucing itu sendiri karena dulunya, kucing hidup di alam liar.

Apa hanya karena aman saja? Menurut saya tidak.

Ketika tidur di bawah sesuatu, kucing kamu juga menginginkan suasana sunyi dan tenang saat tidurnya.  Me time lah istilahnya. Dengan begitu, kucing kamu bisa menikmati damai dan tenangnya suasana.

Di sisi lain, kucing yang tidur di balik sesuatu terutama selimut, menandakan kalau kucing butuh kehangatan. Namun kalau ini, kamu juga perlu mengecek suhu kucing dan ruangan ya. Bisa jadi, suhu di tempat tinggal kamu memang sedang dingin-dinginnya sehingga perlu penghangat.

Jika itu terjadi, maka memang saatnya kamu menyalakan penghangat atau bergelung dengan selimut dan chill on bersama kucing kesayangan.

Sambil bersantai, yuk baca ke list ke-7!

7. Pose tangan yang menutupi muka

Kucing Tidur Dengan Posisi Kaki Depan Menutup Muka Kucing
Kucing tidur dengan posisi kaki depan menutup muka kucing.

Terkadang, kucing tidur sambil menutupi mukanya dengan kaki sehingga terlihat menggemaskan apalagi dengan lidah yang agak terjulur dan mendengkur. Padahal, ketika kucing kamu menunjukkan tanda tersebut, artinya, dia tidak ingin kamu ganggu.

Bagaimana bisa begitu? Hal tersebut disebabkan kucing sedang tidur nyenyak, deep sleep. Tanpa kucing sadari, kucing akan meletakkan kakinya (paw) di mukanya sebagai tanda agar tidurnya tidak diganggu.

Selain itu, tidur dengan kaki yang menutupi muka biasanya juga dilakukan kucing untuk menghalau sinar. Dengan begitu, kucing bisa tidur lebih nyenyak.

Okay, next ke posisi tidur kucing selanjutnya!

8. Posisi aneh dan terlihat tidak nyaman

Kucing Tidur Dengan Posisi Aneh Dan Terlihat Seperti Tidak Nyaman
Kucing tidur dengan posisi aneh dan terlihat seperti tidak nyaman.

Entah bagaimana, kucing bisa tidur dengan nyenyak di posisi yang aneh (contortionist), seperti gambar yang saya cantumkan di atas. Kalau kamu bertanya, apa ada artinya? Maka akan saya jawab, tidak!

“Ha? Bagaimana bisa?”

Saya mencoba mencari informasi seperti di internet tentang contortionist dan alasannya hanya 1, karena kucing nyaman. Sudah. Hanya itu.

Seperti yang kamu tahu, kucing memiliki tubuh yang fleksibel. Bahkan, tidak jarang orang menyebut kalau cat is liquid. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kucing seakan bisa menyesuaikan tubuhnya dengan barang yang ukurannya kecil, misalnya kardus.

Karena fleksibilitas tubuhnya tersebut, kucing seakan bisa meliukkan tubuhnya dan tetap bisa tidur dengan nyaman. Misalnya, badannya melintir, kepala menggantung di pinggir kursi dan badannya meliuk.

Dengan posisi badan seperti itu, bagi saya dan mungkin juga kamu akan merasa heran, “Apa nyaman dengan posisi tidur seperti itu?”

Faktanya bagi kucing, posisi aneh sekalipun di mata saya dan kamu, tetap nyaman untuk kucing.

Memang aneh bin ajaib ya kelakuan para kucing?

9 Tidur di atas atau di sekitar kamu

Kucing Tidur Di Dekat Pemiliknya
Kucing tidur di samping pemiliknya.

Kucing terkadang bisa tidur di mana saja mereka mau, termasuk di sekitar kamu dan di atas tubuh kamu. Jika hal ini terjadi, artinya, ada hubungan yang positif antara kucing dan kamu. Kucing ingin lebih dekat dengan kamu, ingin menunjukkan rasa sayang ke kamu dan ia merasa nyaman dan aman.

Biasanya, kucing akan tidur di area kaki, pinggang dan dada kamu. Bahkan tak jarang, kucing akan pindah dan memilih tidur di sekitar tangan dan menggunakan tangan kamu sebagai bantal.

Kalau kamu terganggu, misalnya karena kucing tidur di sekitar dada atau tangan, coba tempatkan kucing di dekat kaki kamu. Kucing akan menyesuaikan dirinya dan mengambil tempat nyaman di sekitar kaki kamu.

“Jadi, tidak ada yang salah jika tidur di sekitar saya?”

Tidak! Justru hal tersebut menandakan kalau hubunganmu dan kucing terjalin dengan baik dan kucing percaya dengan kamu. Jadi, kamu tak perlu khawatir.

10. Tidur dalam posisi duduk

Kucing Tidur Dalam Posisi Duduk Layaknya Manusia Duduk
Kucing tidur dalam posisi duduk layaknya manusia.

Fun fact, kucing bisa tidur dalam keadaan duduk. Ketika kucing tidur dalam kondisi duduk, bisa diartikan kalau kucing kamu sedang istirahat sejenak. Taking nap kurang lebih 15-20 menit.

Apa setelah 15-20 menit kucing akan bangun? Bisa jadi, tapi pada umumnya, kucing akan bangun sejenak lalu ganti posisi tidur. Seperti yang kucing saya lakukan ketika tidur di belakang rumah.

Coco memiliki badan yang agak besar dan gemuk. Biasanya, saat siang hari di belakang rumah, Coco akan tidur dengan posisi duduk sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Beberapa saat kemudian, Coco sudah berganti posisi tidur tapi masih di tempat yang sama.

Kalau kamu tidak percaya, kamu bisa buktikan sendiri, hehe.

Dari 10 posisi tidur di atas, mana nih yang kerap kucing kamu lakukan? Atau kamu justru menemukan posisi tidur kucing lain dan belum saya tulis? Share atau beri tahu saya di kolom komentar ya. Siapa tahu saya dan kamu bisa saling berbagi cerita terutama tentang posisi tidur kucing yang menggemaskan dan unik.

Baca lebih lanjut: Kucing mendengkur saat tidur: 5 fakta ini mengejutkan! »