Home » Cara Merawat Kucing » 20 Mainan Yang Disukai Kucing Persia

20 Mainan Yang Disukai Kucing Persia

| | Category

Kucing persia sangat senang bermain dan selalu penasaran dengan hal-hal baru. Kesenangan ini mereka tunjukkan dengan pola gerakan ekor mereka. Jika mereka tertarik pada sesuatu ekor mereka akan bergoyang kekiri dan kekanan dengan riang. Mainan kucing akan menarik perhatian mereka. Jika mereka menyukainya, mereka akan senang dan terhibur.

Mainan kucing dapat menghibur kucing persia Anda, membuat mereka lebih akrab dengan Anda, menghilangkan kebiasaan buruk menggaruk furnitur dan meningkatkan daya kognitif kucing persia Anda.

Berikut adalah daftar mainan kucing interaktif terbaik yang telah saya temukan, Mainan ini dapat membuat kucing persia Anda senang dan Anda akan lebih dekat dengannya:

1. Catnip (Boneka Ikan Lucu)

Catnip-(Boneka-Ikan-Lucu)

Catnip merupakan suatu istilah tentang perilaku kucing saat beinteraksi dengan tanaman herbal dari “mint family labiatae”. Kucing sangat menyukai aroma dari tanaman tersebut. Saat ini varietas “nepetalcataria” catnip sangat popular.

Catnip sering dimasukkan kedalam mainan kucing. Di dalam mainan Catnip boneka lucu juga ditanami catnip “nepetalcataria”. Jika mainan ini Anda berikan ke kucing persia Anda, dia pasti sangat menyukainya.

2/3 dari kucing persia akan menyukai boneka catnip karena mereka suka aroma yang dikeluarkan.
Perhatikan perubahan perilakunya. Mereka akan mengendus, menggigit, menjilati, dan memain-mainkan catnip. Ekor kucing persia akan menyapu kekanan dan kekiri saat mereka suka dengan mainan catnip mereka.

2. Hermy Cat Scratcher 

Hermy-Cat-Scratcher

Hermy cat scratcher merupakan satu set mainan untuk kucing persia. Biasanya terdiri dari papan bertingkat sebagai tempat meloncat kucing. Sebuah tiang yang dilapisi tali-temali atau lapisan sabut untuk menyalurkan aktifitas mencakar kucing persia. Terakhir adalah mainan bulu yang digantung disalah satu papan loncat tertinggi.

Perkenalkan kucing persia Anda dengan hermy cat scratcher. Tanamkan kebiasaan “scratcher” di mainan ini, sehingga mereka terbiasa mencakar-cakar di area ini. Hal ini untuk menghilangkan kebiasaan kucing persia mencakar-cakar furnitur di area rumah kita.

Cara kucing persia memainkan permainan ini, yaitu: apabila Anda memiliki minimal 2 ekor kucing persia di rumah Anda. Mereka dapat bermain kejar-kejaran di area permainan ini. Mereka juga dapat bermain dengan bulu yang digantung. Serta mereka dapat mainan untuk melampiaskan kebiasaan mencakar mereka saat bangun tidur.

3. Garukan Kucing

Garukan Kucing

Kucing persia mempunyai kebiasaan untuk menggaruk kayu, furnitur, pintu, ban sepeda motor, dll. Kebiasaan ini memiliki tiga fungsi, yaitu untuk menandai wilayah kekuasaan kucing persia, untuk menajamkan kuku dan untuk bermain.

Sebagai majikan sang kucing kita harus peka terhadap kebutuhan kucing persia kita. Kita dapat membelikan mereka mainan “garukan kucing”. Mainan ini dijual dengan harga relatif murah dipasaran. Mainan ini berbentuk tiang dengan tinggi sekitar 40-50cm, dililit dengan benang tenun, memiliki batang kayu yang kokoh dan biasanya ada mainan bulu atau bola yang di gantung disekitar garukan kucing untuk menarik perhatian kucing persia.

Jika Anda membeli garukan kucing, Anda perlu mengajari kucing memainkan mainan tersebut. Mereka sangat senang bermain. Jika Anda mengajarkannya, mereka akan selalu ingat dan senang bermain di area tempat garukan kucing itu berada.

4. Bola Interaktif 3 Tingkat

Bola-Interaktif-3-Tingkat

Jika Anda memelihara banyak kucing persia dan kucing-kucing tersebut sering berantem, mungkin itu tanda bahwa mereka stress dan kurang mendapatkan hiburan. Anda dapat membelikan mereka bola interaktif 3 tingkat. Mainan ini berbentuk piramida dengan sebuah saluran bola yang ada disetiap tingkatnya.

Anda dapat memasukkan bola kedalam setiap saluran ini. Pilihlah warna bola yang menarik perhatian kucing persia Anda. Mereka akan mendatangi mainan ini dan mulai menyentuk bola dengan riang. Karena sirkuit bola berbentuk lingkaran. Anda tidak perlu takut bola akan hilang. Dia hanya akan berputar-putar di sirkuit “bola interaktif”.

Mainan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kucing persia lebih dari satu dan sering meninggalkan kucing Anda sendirian di dalam rumah. Mainan ini akan memberikan hiburan untuk kucing persia Anda dan menghilangkan kebosanan mereka, sehingga kucing persia Anda tidak menjadi kucing pemalas.

5. Bola bulu dengan lonceng

Bola-bulu-dengan-lonceng

Kucing persia saya sangat menyukai mainan berbentuk bola, dia akan menendang-nendangnya, melemparnya dan mengejarnya. Bola bulu dengan lonceng ini termasuk mainan yang sangat disukai kucing persia.

Mainan bola ini terbuat dari plastik berongga, didalamnya terdapat lonceng dan diluarnya terdapat sepucuk bulu. Kucing persia sangat tertarik dengan warna, bulu dan suara. Pada mainan ini, ada ketiga unsur tersebut.

Ajarkan kucing persia Anda bermain dengan bola bulu lonceng. Mereka pasti akan sangat menyukainya. Permainan yang melatih kognitif kucing persia akan membuat kucing persia Anda tubuh menjadi kucing yang tidak pemalas.

6. Rainbow Ball 

Rainbow-Ball-untuk-kucing

Rainbow ball merupakan salah satu mainan bola yang disukai kucing persia saya. Bola ini terdiri dari berbagai paduan warna pelangi berpola garis-garis. Rainbow ball terbuat dari material EVA, diameter 3,5-4.5 cm, ringan dan aman untuk dimainkan kucing persia.

Mainan ini dapat dimainkan untuk satu kucing maupun untuk beberapa kucing secara bersamaan. Kucing persia yang tertarik dengan rainbow ball akan mengejar-ngejar bola ini saat Anda melemparnya.

Mereka akan mengendus-endus, menggigit dan menendang-nendang bola mainan ini karena merena menyukainya. Warna terang yang terdapat pada mainan rainbow ball akan membuat bola ini mudah ditemukan, jika secara tidak sengaja dihilangkan kucing Anda setelah digunakan untuk bermain.

7. Cat Condo

Cat-Condo-untuk-kucing-persia

Cat Condo merupakan taman bermain kucing persia yang terbuat dari kayu yang disusun sebagai arena bermain kucing persia. Konsepnya mirip arena bermain anak-anak Tk gitu sih. Ada tangga buat naik, ada bilik tingkat pertama yang dapat digunakan untuk kucing persia nongkrong. Ada jalur penghubung Antar satu tempat ke tempat lain. Terdapat tiang garukan kucing untuk kucing persia mencakar-cakarkan kukunya.

Cat condo sangat cocok bagi Anda yang memiliki kucing persia lebih dari satu dan sering Anda tinggal pergi. Untuk bisa memasang cat condo dirumah Anda, Anda harus memiliki ruangan yang cukup luas agar tidak membuat rumah semakin sempit.

Para breeder kucing persia sering memiliki ruang khusus yang mereka pasangi cat condo. Ruangan ini berfungsi sebagai tempat bermain dan kandang yang bisa menampung banyak anakan kucing persia yang siap untuk diadopsi.

8. Bola Kerincing

Bola Kerincing

Mainan bola kerincing ini merupakan mainan anak-anak yang sering kita mainkan dulu saat kecil. Bola kerincing terbuat dari kerangka plastik dengan tengah bola berbentuk rongga. Didalam rongga ini terdapat lonceng. Apabila bola ini dimainkan kucing persia Anda, dia akan menimbulkan suara kerincing-kerincing.

Maka, mainan ini disebut bola kerincing. Harga mainan ini relatif murah dan mudah didapatkan di toko mainan anak ataupun petshop. Cara memainkannya pun seperti cara memainkan mainan bola kucing.

Anda dapat melempatnya, menggoyang-goyangkannya dan mendekatkannya ke kucing. Kucing sangat senang diberi mainan. Selain untuk mengurangi kebosanan dan stress kucing, mereka akan lebih jinak terhadap Anda jika Anda rajin memberikan mainan yang mereka sukai.

9. Bola Bulu Isi Catnip

Bola Bulu Isi Catnip

Mainan bola bulu isi catnip sangat digemari banyak pecinta kucing persia belakangan ini. Bola ini berisi catnip (ramuan herbal aroma mint “nepetalcataria”) yang dibungkus dengan dakron dan dibagian luarnya dibeli kain beludru atau kain bulu yang lembut dan disukai kucing persia.

Bola ini dapat dimainkan kucing dengan mudah. Mereka dapat menggigitnya, melemparnya, menendangnya, menjilatinya dan bahkan memeluknya. Kucing persia sangat menyukai bola bulu isi catnip. Mereka sangat suka dengan aroma yang dikeluarkan catnip

Anda dapat mengamati perubahan perilaku kucing Anda saat dia bermain dengan bola bulu yang berisi catnip. gerakan mengibas-ngibaskan ekor, mengangguk-angguk dan mata-yang berbinar-binar menandakan dia sangat menyukainya. Anda perlu membelikan mainan kucing ini untuk kucing persia Anda.

10. Per Tikus Tempel

Per Tikus Tempel

Saya belum bisa menyebut dengan cepat nama mainan ini. Mainan ini berbentuk seperti tower, tiang tower terbuat dari per dengan panjang sekitar 20cm, dibagian atas per terdapat boneka mini yang memiliki ekor bulu. Pada bagian alas berbentuk persegi yang dilengkapi lem dengan perekat yang dapat ditempelkan di permukaan meja, keramik, lantai plester maupun plastik.

Mainan ini cukup unik, dapat ditempel permanen. Kucing persia kita dapat bermain dengan boneka kecil yang terpasang diatas per. Apabila kucing persia menyentuhnya, mainan ini akan bergerak dan merespon dengan memantul dan kembali ke tempat semula.

Jika Anda membeli mainan ini, Anda tidak perlu takut mainan ini hilang karena di bawa main kucing, hal ini karena mainan ini memiliki lem perekat yang kuat. Biarpun kucing persia kita menggigit dan menariknya, mainan ini tidak akan lepas.

11. Bola Sangkar Tikus

Bola Sangkar Tikus

Mainan ini termasuk mainan yang sangat lucu untuk anak-anak dan untuk kucing persia. Jadi, mainan ini berbentuk sangkar bola yang didalamnya ada boneka tikus yang lucu dan menggemaskan. Apabila dimainkan, tikus didalam bola ini seperti sedang lari dikejar kucing.

Lucu banget bukan?

Disalah satu sudut rangka bola ada bulu-bulu cantik sebagai hiasan. Saya rasa ini sebagai combo tambahan untuk menarik perhatian kucing persia. Cara memainkan mainan ini sama dengan cara memainkan mainan bola pada umumnya.

Harga mainan ini sekitar 14.000. Ukuran mainan ini juga kecil, hanya 5-7cm. Apabila mainan ini dipegang, hanya selebar telapak tangan kita. Jika kucing persia Anda sangat menyukai mainan bola, mainan ini dapat Anda koleksi untuk menyenangkan kucing persia Anda.

12. Catnip Lollipop Cat Treat

Catnip Lollipop Cat Treat

Catnip Lollipop merupakan mainan yang berbentuk seperti permen lolipop. Mainan ini sangat menarik perhatian saya. Catnip lollipop memiliki fungsi sebagai hiburan kucing persia, namun juga dapat digunakan untuk membersihkan gigi kucing persia hanya dengan membiarkan kucing persia menggigit-gigit mainan ini.

Catnip lollipop terbuat dadi material organik yang berbentuk mirip permen karet. Material organik ini aman jika tertelan kucing persia. Didalam lolipop terdapat catnip dengan rasa dan aroma mint yang membuat kucing persia senang untuk mengunyah-ngunyahnya.

Apabila kucing persia Anda pemalas, dan mulutnya sering bau. Anda perlu membelikannya catnip lolipop. Karena selain meningkatkan hasrat bermain kucing persia, catnip lolipop juga dapat membersihkan gigi kucing yang menyebabkan bau tidak sedap.

13. Tikus Mainan

Tikus Mainan

Secara naluri, kucing merupakan hewan karnivora pemangsa tikus. Kebiasaan berburu dan memangsa itu juga termasuk permainan dan hiburan bagi kucing persia. Namun, apabila Anda membiarkan kucing persia Anda memangsa tikus, Anda akan khawatir kucing persia Anda tertular penyakit dari hewan pengerat, yaitu Toxoplasmosis.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat membelikan tikus mainan sebagai teman untuk mereka bermain. Tikus mainan ini terbuat dari bahan yang aman dan dipastikan tidak membawa vitus toxoplasmosis.

Anda dapat membelinya secara online dengan harga 7.000-15.000. Anakan kucing persia yang berumu 2-3 bulan sangat antusias dengan mainan seperti ini. Anda akan senyum-senyum sendiri melihat tingkatnya. Lalu kucing persia dewasa bagaimana? ya, mereka akan menyukainya juga. Tapi tidak seantusias anakan kucing persia.

14. Spring Per Lonceng Bulu

Spring-Per-Lonceng-Bulu

Mainan spring per lonceng bulu, mirip dengan mainan per tikus tempel. Yang membedakan adalah bagian alat penembelnya dan bagian towernya. Pada spring per lonceng bulu, bagian alas terbuat dari plastik yang dapat ditempelkan kelantai atau permukaan keras dengan sistem vakum/hisap.

Kekuatan menempelnya tidak begitu kuat, namun tetap kokoh untuk menompang mainan. Bagian tiang mainan terbuat dari per dengan panjang sekitar 20cm. Pada bagian atas per terdapat lonceng kecil dan bulu yang menjuntai.

Saat dimainkan kucing persia, mainan ini akan berbunyi klinting-klinting. Mainan ini dapat berayun-ayun jika disentuh, sehingga kucing persia tidak akan bosan untuk memainkannya. Mainan ini sangat cocok untuk Anda yang sering meninggalkan kucing Anda sendiri di rumah.

15. Cat scratch scratcher tower

Cat scratch scrather tower merupakan garukan kucing yang berbentuk silinder/balok yang terbuat dari kayu yang dibalut dengan benang sabut. Tinggi Scracher tower ini antara 70-85cm. Mainan ini dapat digunakan oleh anakan kucing persia dan kucing persia dewasa.

Cara memainkannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengajarkan pada kucing persia Anda, cara menggarukkan kukunya di scratcher tower. Dia akan mengingatnya, dan setiap bangun tidur, kucing Anda akan senang mencakar-cakar scratcher tower tersebut.

Mainan ini dapat menurunkan kebiasaan jelek kucing persia yang sering mencakar-cakar furnitur di rumah Anda. Tidak bisa dipungkiri, kalau kebiasaan mencakar adalah hiburan dan kesenangan kucing persia. Yang perlu kita lakukan adalah memfasilitasinya.

16. Bola Rajut

Bola Rajut

Mainan bola rajut memiliki daya pikat yang kuat untuk kucing persia. Kucing persia kalau sudah bermain dengan bola rajut akan lupa waktu. Dia baru akan berhenti saat sudah kelelahan. Bola rajut ini dapat dimainkan secara individu maupun sekelompok kucing.

Mereka akan saling mengejar bola yang dilemparkan. Apabila kucing persia Anda jinak, Anda dapat melempar bola ini agak jauh dan setelah kucing persia memainkannya. Minta dia membawanya kepada Anda.

Mainan bola yang terbuat dari rajutan sangat mudah Anda dapatkan secara online. Belilah bola rajut yang kecil, dengan ukuran 3.5-4.5cm. Ukuran ini sangat pas untuk digigit dan dimainkan oleh kaki kucing persia.

17. Cat Teaser Bulu Kerincing

Cat Teaser Bulu Kerincing

Cat teaser bulu kerincing merupakan sebuat mainan berbentuk tongkat dengan panjang sekitar 30-40cm. Diujung tongkat ini diberi lonceng kecil dan bulu yang unik yang dapat menarik perhatian kucing persia.

Anda dapat bermain dengan kucing persia Anda dengan cat teaser bulu kerincing. Cara memainkannya sangat sederhana. Anda hanya perlu mengibas-ngibaskannya dilantai ataupun di udara untuk menarik perhatian kucing persia.

Setelah kucing persia tertarik dengan mainan ini, dia akan mengejarnya. Anda dapat bermain dengan cara menjaga bulu mainan ini agar tidak mudah ditangkap oleh kucing persia. Anda juga dapt bermain dengan sistem reward. Dimana jika kucing persia Anda dapat menyentuh atau menangkap bulu cat teaser, Anda beri dia imbalan snack kucing atau makanan kucing.

18. Laser Mainan Kucing

Laser Mainan Kucing

Kucing persia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Apabila ada benda baru yang menarik perhatiannya, dia akan langsung mendekatinya dan mengendusnya. Hal ini memunculkan ide mainan laser untuk kucing persia.

Kita dapat membeli laser mainan untuk anak kecil, ataupun beli yang berbentuk robot laser yang khusus diprogram untuk mainan kucing. Cara bermainnya cukup mudah. Arahkan laser ditempat yang kira-kira akan dilihat kucing persia.

Apabila kucing persia Anda telah melihatnya, dia akan seolah-olah mengintai mangsanya kemudian menyergapnya. Anda dapat menggerak-gerakkan laser Anda untuk membuat kucing Anda mengikuti arah dari laser Anda. Permainan ini sangat menyenangkan untuk kucing dan untuk pemiliknya.

19. Mousr

Mousr

Mousr merupakan mainan kucing persia yang berupa robot tikus kecil. Robot tikus ini dapat dihubungkan dengan Android smartphone dan dapat dikendalikan dengan software analog Mousr di HP android.

Mousr dilengkapi dengan panjang ekor yang berfungsi sebagai cat teaser. Pada produk mousr ada berbagai varian cat teaser yang bisa Anda gunakan. Ada juga cat teaser yang di ujungnya terdapat catnip.

Ada dua kesenangan dari produk ini. Pertama kucing akan sangat suka mengejar-ngejar Mousr. Kedua Anda akan sangat suka mengarahkan mousr. Jadi mainan ini akan sangat menyenangkan untuk kucing persia beserta pemiliknya.

20. Ripple Rug

Ripple Rug

Ripple Rug adalah sebuah karpet yang di desain sebagai tempat petak umpet kucing. Karpet ini dibuat dengan sistem labirin, terowongan, dan banyak luang untuk bersembunyi. Kucing persia sangat menyukai mainan ini. Mereka akan bermain kejar-kejaran dan petak umpet.

Produk ini memiliki ukuran kecil, sedang dan besar. Tergantung kebutuhan dan tempat Anda mencukupi atau tidak. Selain sebagai tempat bermain, ripple rug juga berfungsi untuk tidur siang kucing persia. Dia sangat senang tidur siang di tempat yang sepi, sedikit remang dan nyaman.

Ripple rug terbuat dari bahan kerpet yang lembut dan aman untuk kucing persia bermain. Produk ini dapat dibuat 3D jika sedang digunakan, dan dapat dilipat layaknya selimut jika mau disimpan. Mainan ini sungguh sangat bagus dan layak untuk dikoleksi.

BONUS
Catit Design Senses Play Circuit

Catit-Design-Senses-Play-Circuit

Mainan yang satu ini termasuk mainan yang saya rekomendasikan untuk Anda yang ingin membuat taman bermain kucing. Jika Anda mengkombinasikan cat condo dan catit design circuit, wow, kucing Anda akan kegirangan bermain disana.

Catit design senses play circuit adalah sebuah mainan kucing yang berbentuk seperti selang yang memiliki rongga pada jarak tertentu di atasnya. Mainan ini dapat dibongkar pasang, dan dapat digabungkan dengan produk catit design lainnya.

Di dalam lintasan permainan ada sebuah bola yang akan bergerak. Bola ini di gerakan menggunakan perangkat elektronik. Kucing persia akan tertarik mengejarnya. Namun karena desain sirkut yang tidak terbuka secara sempurna (ada yang berlubang, ada yang tertutup) membuat kucing persia sulit untuk mengeluarkan bola yang mereka inginkan.

Rasa penasaran ini akan membuat mereka betah bermain saat Anda sedang pergi. Kucing persia Anda akan selalu merasa senang, tidak stress dan tidak jadi kucing pemalas. Saat ini catit design juga sudah mengembangkan produknya dengan berbagai topik rumah, seperti topikal, nature, modern, hitech. Sehingga mainan ini selain berfungsi sebagai sarana bermain kucing persia. Anda juga dapat menjadikannya barang pajangan di rumah.

Kesimpulan

Kucing persia memang sangat menyukai mainan. Mainan kucing memiliki peran sebagai hiburan sekaligus cara melatih kognitif kucing persia. Saya telah menuliskan daftar mainan yang disukai kucing persia secara lengkap. Jika Anda ingin lebih akrab dengan kucing persia Anda, membelikan dia mainan adalah salah satu cara yang tepat agar bisa membuat ikatan dengannya..

Tinggalkan komentar