Home » Makanan Kucing

10 makanan kucing setara Royal Canin

Siapa sih yang nggak kenal Royal Canin? Merek ini termasuk ke dalam makanan hewan yang sudah teruji kualitasnya. Semua cat owner biasanya mimpi supaya mereka bisa kasih makan meong kesayangan dengan Royal Canin. Tapi, harga Royal Canin memang bikin sesak nafas . Untungnya, sekarang makin banyak kok makanan kucing berkualitas bagus yang setara dengan Royal Canin. Tapi, harga yang ditawarkan lebih ramah di kantongmu. Buat kamu yang punya banyak kucing, ini bisa kamu jadikan alternatif. Jadi, kucingmu tetap dapat makanan yang bernutrisi dan dibutuhkan buat tubuhnya. Keuanganmu pun jadi terselamatkan. Dari rekomendasi di bawah ini, mana nih yang cocok buat si meong?

Makanan kering kucing yang setara Royal Canin

Ingin kasih si meong kesayangan dry food berkualitas, tapi nggak sanggup beli Royal Canin? Tenang saja, ada kok merek makanan kering buat si meong yang lebih ramah di kantong. Tapi, soal kualitas mereka nggak kalah dari Royal Canin. Yuk, simak di sini:

1. Kitchen Flavor

Rekomendasi makanan kucing yang setara Royal Canin pertama adalah Kitchen Flavor. Kitchen Flavor termasuk ke dalam salah satu rekomendasi makanan kucing grain-free terbaik tahun 2021. Biarpun Kitchen Flavor termasuk merek makanan kucing yang lumayan baru di Indonesia. Tapi, peminat merek makanan kucing ini sudah lumayan banyak banget. Kelebihan pertama dari Kitchen Flavor adalah bahan-bahannya yang memang nggak mengandung biji-bijian. Jadi, aman banget buat kamu yang punya kucing dengan perut sensitif. Kitchen Flavor ini terdiri dari 88% protein hewani (daging ayam dan daging ikan). Sisanya adalah kandungan serat dari sayuran dan buah-buahan. Dry food ini nggak pakai daging babi, lho. Kucingmu yang punya alergi juga aman-aman saja makan ini.

Kitchen Flavor punya ukuran kibbles yang kecil-kecil dan gampang dikunyah. Selain itu, makanan kering ini juga punya potongan daging ikan merah yang dikeringkan. Jadi, kucingmu benar-benar dapat protein hewani yang dia butuhkan. Makanan kering kucing ini punya 3 varian, yaitu: Kitchen Flavor Adult, Kitchen Flavor Beauty, dan Kitchen Flavor Baby & Kitten.

Kitchen Flavor Adult diformulasikan buat kucingmu yang sudah berusia 1 tahun ke atas. Varian Kitchen Flavor Beauty cocok banget buat kucing di semua usia. Kandungan omega kompleks nya bagus banget buat kesehatan bulu si meong. Bulu kucingmu jadi lebih halus, tebal, dan nggak gampang rontok. Formula hairball control yang dipunya juga bantu cegah akumulasi hairball di dalam usus. Varian Baby & Kitten lebih diperuntukkan buat anak kucing yang baru saja disapih. Kandungan proteinnya yang tinggi bagus banget buat tumbuh kembang si meong. Kitten kesayanganmu juga pastinya jadi lebih enerjik. Dry food ini juga disarankan buat kucing yang hamil dan menyusui, lho.

Saya pribadi suka banget merek cat food satu ini. Soalnya, harganya ramah banget di kantong. Buat kemasan freshpack 1,5 kilogram saja, saya cuma perlu bayar sekitar 80 – 90 ribuan saja. Kalau kamu ingin lebih hemat, bisa beli kemasan repack. Kitchen Flavor kemasan repack 500 gram bisa kamu beli dengan harga 25 – 30 ribuan saja.

2. Nature Bridge Balance: Beauty

Kamu lagi cari alternatif dari Royal Canin Hair and Skin? Produk Nature Bridge varian Beauty ini wajib banget deh kamu coba. Sama seperti Kitchen Flavor, Nature Bridge juga diproduksi oleh perusahaan Bridge PetCare. Kamu nggak perlu khawatir kucingmu bakal diare. Soalnya, makanan kucing ini benar-benar grain-free, alias bebas biji-bijian. Buat bahan utamanya, dry food ini pakai daging ayam dan daging ikan segar. Kurang mewah gimana, tuh?

Kandungan protein dan omega kompleks nya bikin bulu kucingmu jadi makin sehat dan tebal. Apalagi, ditambah dengan tambahan buah blueberry di dalamnya yang kaya banget akan antioksidan. Kesehatan kulit si meong pastinya bakal makin terjaga. Makanan kucing ini juga mengandung flaxseed dan rumput laut yang bisa menutrisi akar bulu si meong. Bulu kucingmu jadi lebih lembut dan bercahaya. Makin betah deh uyel-uyel kucing kesayanganmu!

Selain itu, makanan kucing Nature Bridge ini juga dilengkapi dengan kandungan serat dari beras cokelat. Jadi, sistem metabolisme kucingmu bakal terjaga. Nggak ada lagi deh cerita kucingmu jadi sembelit atau bahkan diare gara-gara sistem pencernaan yang nggak beres. Oh ya, varian Nature Bridge ini gluten-free dan bisa dikonsumsi buat kucing di segala usia. Jangan kaget, harga Nature Bridge ini terjangkau banget lho. Buat kemasan fresh pack 1,5 kilogram, dry food ini bisa kamu beli dengan harga 145 – 150 ribuan saja.

3. Nature Bridge Urinary

Buat si meong yang pernah kena FUS, memang disarankan buat ganti pakan ke Royal Canin Urinary. Kalau kucingmu cuma satu saja yang kena sih, nggak masalah. Tapi, bayangkan pusingnya kepala kalau kucingmu yang terkena FUS lumayan banyak. Ini sering banget deh terjadi pada teman-teman saya yang memang punya banyak banget kucing. Untungnya, sekarang ada Nature Bridge varian Urinary yang bagus buat alternatif.

Makanan kucing holistik ini memang diformulasikan khusus buat merawat fungsi organ ginjal dan limpa si meong. Jadi, fungsi kedua organ itu tetap maksimal. Kucingmu juga jadi terhindar dari resiko penyakit gagal ginjal. Selain itu, makanan kucing grain-free ini juga berkhasiat buat mencegah pembentukan kristal kalsium oksalat. Sekilas info nih, kalsium oksalat ini yang sering jadi cikal bakal batu ginjal. Pemberian makanan kucing ini secara teratur bisa bantu cegah kucingmu kumat terus-terusan. Buat kucingmu yang baru saja dikateter juga wajib makan dry food ini. Soalnya, varian Nature Bridge ini bisa bantu luruhkan batu ginjal di dalam saluran kencing si meong. Kandungan yang ada di dalam makanan kucing ini juga bantu terjadinya infeksi saluran kemih.

Nature Bridge Urinary ini terdiri dari 2 varian, yaitu: varian S/O dan Urinary. Ya, kurang lebih sama deh dengan varian Urinary S/O dan Urinary Care dari Royal Canin. Bedanya, harga Nature Bridge Urinary ini nggak bakal bikin kamu nangis. Buat kemasan 1 kilogram, bisa kamu beli dengan kisaran harga 140 ribuan. Buat kamu yang ingin coba-coba, bisa kok beli kemasan 250 gram dengan harga sekitar 60 ribu. Kalau lihat selisih harganya, saya sarankan kamu beli saja kemasan 1 kilogram. Menurut pengalaman saya, dry food Nature Bridge ini punya aroma yang tajam. Kucing saya sampai makan dengan lahap. Jadi, saya yakin kucingmu pun nggak bakal menolaknya.

4. Happy Cat Urinary

Butuh makanan kucing alternatif lainnya buat gantikan Royal Canin Urinary? Ada nih, namanya Happy Cat. Merek cat food ini punya 2 varian yang diformulasikan khusus buat si meong yang kena FUS. Yang pertama, adalah Happy Cat Vet Diet Struvit. Makanan kucing ini kurang lebih mirip banget deh dengan varian Urinary S/O nya Royal Canin. Tapi, harganya lebih terjangkau. Buat kemasan 1,4 kilogramnya saja, kamu cuma harus bayar sekitar 140 ribuan saja. Makanan kucing ini juga jadi rekomendasi para dokter hewan, lho.

Happy Cat Vet Diet Struvit punya kadar magnesium dan fosfor yang rendah. Jadi, bisa bantu luruhkan kristal struvit dan jaga kadar pH urine si meong. Selain itu, kucingmu juga jadi lebih sering minum air berkat sedikit kandungan sodium yang ada di dalamnya. Alhasil, sisa-sisa kristal struvit yang ada di dalam saluran kemih jadi luruh dan keluar dari tubuh. Kandungan organik dari daun betula dan jelatang bisa bantu rawat kesehatan saluran kencing kucing kesayanganmu. Berikan makanan kucing ini selama 6 bulan setelah perawatan kateterisasi, ya!

Perawatan buat kucing yang kena FUS sifatnya lifetime, alias seumur hidup, lho. Setelah 6 bulan, kamu bisa ganti makan kucingmu dengan Happy Cat Minkas Urinary. Makanan kucing organik ini sama sekali nggak mengandung biji-bijian, alias grain-free. Kandungan protein dari daging ayam pilihan bisa bikin kucingmu kenyang lebih lama dan jadi lebih berenergi.

Kandungan magnesium dan fosfor yang rendah juga bantu jaga supaya kadar pH urine si meong tetap stabil. Jadi, resiko FUS yang kumat bisa dicegah. Selain itu, aroma dan rasa dry food ini juga menggoda banget, lho. Ukuran kibbles yang nggak terlalu besar dan tebal bikin kucingmu nyaman mengunyah. Kamu bisa beli Happy Cat Minkas Urinary kemasan 1 kilogram dengan kisaran harga 56 ribuan saja. Ada juga kok kemasan repack 500 gram yang bisa kamu beli sekitar 30 ribuan rupiah.

5. PureVita

Satu lagi nih makanan kucing setara Royal Canin yang dapat kamu jadikan pilihan. Makanan kucing ini berasal dari kelas holistic cat food dan harganya jauh lebih ramah dibanding Royal Canin. Yuk, kenalan dengan PureVita. Merek makanan kucing ini memang lumayan baru. Jadi, nggak kaget kalau namanya masih terasa asing. Biarpun gitu, kualitas PureVita nggak kalah deh dengan Royal Canin dan merek makanan kucing premium lainnya. Makanan kucing PureVita menyandang gelar makanan kucing grain-free buat semua varian produknya, lho. Buat bahan utamanya, PureVita pakai daging ikan salmon, daging bebek, dan daging ayam. Merek ini juga sudah lulus uji standar dari AAFCO, lho. Jadi, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sudah cocok banget buat kucing di segala usia.

Selain kaya akan protein hewani, PureVita juga kaya akan asam amino. Asam amino ini dibutuhkan banget supaya organ jantung kucingmu tetap sehat. Selain itu, kandungan taurine di dalam makanan hewan ini bantu merawat organ mata si meong. Jadi, mata si meong bakal tetap terawat dan berfungsi dengan baik. Kalau kamu ingin kucing kesayanganmu cepat gendut, boleh nih kasih PureVita. PureVita sebenarnya punya 3 varian yang bisa kamu pilih. Yaitu: Chicken & Peas Entree, Duck & Red Lentils Entree, dan Salmon & Peas Entree. Tapi, yang saya tahu kebanyakan petshop hanya jual varian Chicken & Peas Entree.

Penasaran ingin coba? Kamu bisa beli kemasan freshpack seberat 1 kilogram dengan harga 100 ribuan saja. Ada juga kok kemasan 3 kilogram seharga sekitar 375 ribu. Kalau kamu punya pasukan kucing yang lumayan banyak, beli deh dry food PureVita kemasan 6,8 kilogram yang cuma sekitar 670 ribuan saja. Tuh, kan? Kamu bisa lebih hemat dibandingkan beli Royal Canin.

6. Equilibrio

Nah, nama Equilibrio ini pasti deh nggak asing di telingamu. Merek makanan kucing ini memang sudah lama banget ada di Indonesia. Buat kamu yang sering berhadapan dengan si meong yang diare, boleh banget nih kasih makanan kucing ini. Reputasi Equilibrio ini memang sudah nggak perlu diragukan lagi. Dry food ini berkhasiat banget buat bantu memadatkan pup si meong. Selain itu, pup kucing yang makan Equilibrio juga cenderung nggak bau menyengat.  Soalnya, makanan kucing ini memang pakai daging ayam deboned sebagai bahan utama. Nggak heran dong kalau produk ini jadi andalannya para catlover se-Indonesia. Bahkan, Equilibrio juga sempat dapat penghargaan Global Pets Award di tahun 2007. Tekstur kibbles dari makanan kucing ini lumayan besar-besar, tapi lumayan empuk. Jadi, kucingmu nggak bakal kesulitan saat mengunyahnya. Selain itu, makanan kucing ini juga mengandung omega kompleks yang bagus buat kesehatan bulu. Apalagi, dengan adanya formula hairball control yang bikin kucingmu

Equilibrio punya 3 varian yang bisa kamu pilih buat kucingmu. Varian pertama adalah Equilibrio Kitten, yang diformulasikan khusus buat anak kucing usia 2 – 12 bulan. Kalau kucingmu berusia 12 bulan ke atas, kasih saja Equilibrio Adult. Buat kamu yang punya kucing persia, bisa kasih dia Equilibrio Persian Longhair.

Kalau kamu ke petshop, Equilibrio ini biasanya dijual dalam kemasan repack. Buat kemasan repack 500 gram bisa kamu beli mulai dari harga 30 ribuan. Selain itu, ada juga kemasan repack 1 kg yang dijual di kisaran harga 50 ribuan. Buat kamu yang ingin beli kemasan fresh pack juga bisa, kok. Buat kemasan pabrik seberat 1,5 kilogram bisa kamu tebus di kisaran mulai dari 109 ribu saja. Ada juga kemasan 2 kg dengan harga sekitar 150 ribuan. Kamu juga bisa langsung borong varian kemasan 7,5 kilogram yang cuma berkisar 475 ribu.

7. Minino Plus

Minino Plus juga lumayan populer sebagai makanan kucing alternatif yang setara dengan Royal Canin. Sama seperti Equilibrio, makanan kucing ini gampang banget kamu temukan di petshop. Biarpun harganya lebih murah dari Royal Canin, soal kualitas jangan kamu ragukan! Dry food ini punya tekstur kibbles berbentuk donat yang lumayan keras. Tapi, tetap gampang kok dimakan oleh si meong. Aroma daging ayam dan kalkun yang tajam bikin kucingmu jadi makin berselera makan.

Saya pribadi memang belum pernah coba sendiri merek ini. Namun, banyak banget kok rekan-rekan catlover yang merekomendasikan merek satu ini. Soalnya, kucing mereka kebanyakan jadi montok. Bulu si meong juga jadi lebih lembut dan sehat. Cuma, makanan kucing ini mengandung babi. Jadi, kalau kamu nggak sreg kasih kucingmu daging babi, kamu skip saja, ya. Bahan utama dry food ini memang nggak pakai daging ayam dan kalkun asli. Melainkan, hanya saripati kalkun dan chicken meals. Tapi, kamu bisa jadikan Minino Plus sebagai tambahan buat makanan kucing premium lainnya. Pengeluaran bulananmu jatuhnya bakal jadi lebih hemat.

Petshop biasanya jual produk Minino Plus ini dalam kemasan fresh pack. Tapi, kamu juga bisa beli kemasan repack kok kalau mau lebih irit. Minino Plus kemasan fresh pack dan repack tersedia dalam ukuran berat 500 gram, 1,3 kilogram, 5 kilogram, dan 10 kilogram. Rentang harga juga murah banget, yaitu sekitar 25 ribu hingga 400 ribuan.

Makanan basah kucing yang setara dengan Royal Canin

Royal Canin juga punya varian makanan basah, lho. Buat kamu yang sudah pernah beli, pastinya tahu dong kalau harganya nggak main-main. Tapi, ada kalanya kucingmu memang cuma tertarik dengan jenis wet food. Ya, merek di bawah ini memang bukan Royal Canin. Tapi, mereka tetap punya kualitas terbaik. Yuk, simak.

1. Pro Plan Urinary

Ingin alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan beli wetfood Royal Canin Urinary Care? Kamu bisa cobain produk wetfood dari Pro Plan ini. ProPlan Urinary ini memang diformulasikan khusus buat kucingmu yang lagi kena FUS. Wetfood ini terbuat dari bahan daging ayam dan daging domba asli tanpa adanya tambahan biji-bijian, lho. Jadi, aman banget deh buat si meong dengan pencernaan sensitif. Kandungan air di dalam wetfood ini bantu meringankan kinerja ginjal. Sekaligus, bantu supaya saluran kemih meong kesayanganmu tetap sehat. Selain itu, wetfood ini juga kaya akan omega 3. Asam lemak itu berperan penting banget buat cegah kucingmu kena infeksi saluran kemih. Bagus nih!  Supaya, penyakit FUS si meong nggak gampang kambuh. Makanan basah ini tersedia dalam kemasan pouch 85 gram seharga 11 ribu 500 rupiah. Lebih hemat, kan?

2. Kit Cat

Wetfood kelas premium tapi dengan harga yang lebih murah dari Royal Canin lainnya adalah, Kit Cat. Makanan basah ini bisa kamu beli di kisaran harga 16 ribuan saja per kaleng kemasan 400 gram. Atau, kamu juga bisa beli varian kaleng 80 gram yang cuma seharga 15 ribuan saja. Kelebihan yang dimiliki merek ini adalah, formulanya yang ramah buat kucing segala usia. Jadi, kitten juga aman-aman saja makan wetfood ini. Selain itu, makanan kucing ini juga mengandung vitamin dan zat mineral yang dibutuhkan buat jaga kesehatan si meong. Kandungan taurine di dalamnya bermanfaat banget buat jaga kesehatan mata. Formula wetfood ini juga diperuntukkan buat merawat kesehatan organ kemih si meong. Jadi, kucingmu bisa terhindar dari resiko sumbatan batu ginjal atau infeksi saluran kemih.

Kucingmu juga nggak bakal bosan deh makan wetfood Kit Cat ini. Soalnya, varian rasa yang ditawarkan banyak banget. Ada 12 varian rasa ikan laut segar dengan aromanya yang bikin kucingmu ketagihan. Buat kitten yang baru disapih, kamu bisa pilih varian Kitten Mousse. Varian ini punya tekstur yang creamy dangampang banget disantap. Selain itu, makanan kucing varian Kitten Mousse ini juga cocok banget buat kucingmu yang lagi nggak nafsu makan atau sakit gigi.

3. Sheba

Ingin coba makanan kucing basah yang setara Royal Canin? Cobain wet food Sheba. Sheba masuk ke dalam merek wet food kucing kelas premium yang dijual dengan harga merakyat. Kamu bisa beli produk Sheba ini hampir di semua petshop di Indonesia. Jadi, kamu nggak bakal kesulitan menemukannya. Wetfood Sheba ini tersedia dalam bentuk kaleng kemasan 85 gram dan pouchbuat sekali makan. Rata-rata harga buat per kemasan semuanya di bawah 20 ribu, kok. Wet food Sheba ini unggul berkat kandungan protein hewani yang tinggi banget. Soalnya, komposisi makanan basah ini memang didominasi daging ikan asli. Makanya, jangan kaget kalau aromanya pun tajam dan bikin kucingmu semangat makan.

Kamu juga nggak perlu khawatir kalau si meong punya pencernaan sensitif. Soalnya, kandungan filler yang ada di dalam wetfood ini juga sedikit banget. Beda deh dengan jenis wetfood dengan harga yang setara. Makanan basah ini juga kaya banget akan vitamin dan zat-zat mineral penting buat si meong. Varian rasa yang ditawarkan juga banyak banget. Mulai dari vitamin E, vitamin B, asam folat, dan pastinya taurine. Varian rasa yang ditawarkan juga bikin kucingmu nggak bakal bosan. Wet food Sheba juga panen review positif. Jadi, jangan ragu-ragu buat cobain makanan basah ini, ya!

Kesimpulan

Royal Canin memang jadi salah satu makanan kucing kelas premium yang populer. Banyak cat owner yang nggak bisa beli Royal Canin. Soalnya, harganya yang memang mahal banget. Untungnya, sekarang ada banyak merek makanan kucing yang setara Royal Canin, tapi dijual dengan harga terjangkau. Dan, dari segi kualitas pun nggak kalah dari merek sultan itu. Pendatang baru seperti Kitchen Flavor, Sheba, dan Happy Cat, misalnya. Ada juga pemain lama, seperti Minino Plus, Pro Plan, dan Equilibrio yang juga wajib kamu coba.

Baca lebih lanjut: 5 makanan kucing termahal di Indonesia »