Home » Info Kucing

10 manfaat minyak VCO untuk kesehatan kucing

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada kucing. Terbukti ampuh! Loh, kok bisa? Bukannya VCO biasanya digunakan oleh manusia? Jadi begini, kandungan pada VCO juga aman dan baik untuk kesehatan kucing. Ada berbagai manfaat tersembunyi dari minyak VCO untuk kesehatan kucing. Misalnya: minyak VCO dapat mengobati jamur, membersihkan telinga kucing, sampai menyembuhkan luka. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, kamu harus menggunakan minyak VCO secara rutin. Nah, supaya lebih jelas, saya akan bahas lebih detail di pembahasan. Saya juga akan bagikan cara pemakaian dan tips memilih VCO yang berkualitas. Masih ada bonus rekomendasi VCO juga, lho. Yuk, simak sampai selesai pembahasannya.

10 manfaat minyak VCO untuk kucing kesayanganmu

Dulu saya sempat bertanya-tanya, memangnya ada apa sih di VCO sampai dipercaya khasiatnya untuk kesehatan kucing? Dari beberapa referensi yang saya baca, ternyata ada kandungan zat-zat istimewa di dalam VCO. VCO mengandung asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat. Ketiga zat tersebut memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan anti jamur. Selain itu, proses pengolahannya juga dilakukan secara khusus supaya kandungan zat berkhasiat tersebut tetap terjaga kualitasnya. Dengan proses ekstrasi yang alami, asam lemak yang terkandung pada VCO tergolong sebagai asam lemak baik (fatty acid). Jadi, dengan berbagai kandungan alami pada VCO, minyak ini aman dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kucing.

1. Mengatasi penyakit kulit pada kucing

Kucing rentan terkena penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. VCO memiliki kandungan zat antibakteri dan anti jamur yang bisa mengatasi infeksi tersebut. Dulu, salah satu kucing outdoor saya – PonPon – pernah terkena jamur di beberapa bagian kulitnya. Setelah rutin diobati dengan VCO, jamur perlahan rontok sendiri dan kondisi kulitnya membaik dalam 2 mingguan.

Oh iya, VCO tidak hanya bermanfaat untuk mengobati saja, lho. VCO juga bisa digunakan untuk mencegah kucing terkena penyakit kulit. Sejak PonPon terkena jamur, akhirnya saya juga memberikan VCO ini kepada semua kucing di rumah (outdoor dan indoor). Sampai sekarang, semua kucing saya kulitnya aman dari infeksi jamur.

2. Menyembuhkan luka

Luka ringan, radang kulit, dan abses pada kucing bisa diobati dengan rutin mengoleskan VCO. VCO memiliki anti inflamasi yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Ketika dioleskan di area sekitar luka, VCO akan membentuk lapisan tipis yang melindungi luka dari debu luar, bakteri, maupun virus. Inilah yang kemudian mempercepat proses penyembuhan luka pada kucing.

3. Menjaga kesehatan gusi dan gigi kucing

Pernah mencium aroma kurang sedap dari mulut kucingmu? Padahal, si kucing tidak ada memakan sesuatu yang busuk atau berbau tajam. Saya pernah. Ternyata setelah dicek, ada peradangan di gusinya. Radang inilah yang menyebabkan bau mulut pada si kucing. Untuk mengatasinya, saya memberikan beberapa tetes VCO. Perlahan gusinya membaik dan bau mulut yang kurang sedap ikut menghilang. Zat antibakteri pada VCO memang ampuh membasmi bakteri yang bisa menganggu kesehatan gusi dan gigi kucing.

4. Menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing

Manfaat lain dari VCO adalah menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing. Kurangnya nutrisi bisa mengakibatkan kulit kucing menjadi kering. Lama kelamaan, bulu pun menjadi kusam dan mudah rontok. Nah, kandungan antioksidan pada VCO mampu mencegah dan mengatasi masalah ini. VCO akan melembabkan kulit dan bulu kucing. Efeknya, bulu kucing menjadi lebih lebat, berkilau, serta tidak mudah rontok lagi.

5. Meredakan stres

Aroma lembut dan khas dari VCO dipercaya bisa memberikan efek yang menenangkan. Ini bisa membantu meredakan stres pada kucing. Saya pernah mencoba melakukannya dan terbukti efektif. Waktu itu sedang ada acara keluarga di rumah sehingga suasana menjadi lebih ramai. Kucing saya tidak terbiasa dengan suara-suara ramai dan berisik. Jadilah si kucing bersembunyi seharian di bawah ranjang dan tidak mau keluar. Begitu juga makanannya tidak disentuh sama sekali.

Akhirnya, dari pada seharian tidak makan, saya terpaksa menarik paksa si kucing dari bawah ranjang. Untuk meredakan stresnya, saya mengoleskan beberapa tetes VCO di telapak tangan. Lalu, saya memijat pelan bagian kepala dan punggungnya. Setelah itu, saya biarkan si kucing tetap di kamar. Saat saya intip lagi, si kucing sudah mau makan dan tidak kembali bersembunyi di bawah ranjang. Cara ini juga sudah berhasil saya coba beberapa kali untuk meredakan stres kucing dengan penyebab yang berbeda.

6. Melembabkan telapak kaki dan kuku kucing

Coba cek telapak kaki dan kuku kucingmu. Terutama kalau si kucing sering berkeliaran di luar. Telapak kakinya pasti akan terasa lebih berkerak dan pecah-pecah. Kalau dibiarkan, lama kelamaan bisa membuatnya terluka. Untuk mencegah kondisi ini, coba aplikasikan VCO pada telapak kaki dan kuku kucingmu. VCO akan melembabkan bantalan kaki dan kuku kucing yang kering dan pecah-pecah tersebut.

7. Menjaga kesehatan tulang dan sendi pada kucing

Penggunaan VCO bisa membantu melumasi bagian-bagian pada tulang dan sendi kucing. Ada kandungan Medium Chain Triglyceridest yang baik untuk kesehatan tulang dan membantu mengatasi masalah radang sendi.

8. Efektif untuk membersihkan telinga kucing

VCO bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada di telinga kucing. Biasanya cukup diteteskan ke telinga kucing atau dioleskan pada cotton bud. Tekstur VCO yang licin akan membuat kotoran yang menempel di bagian dalam menjadi lebih mudah dibersihkan. Saya sendiri sering membersihkan telinga kucing dengan VCO. Hasilnya lebih bersih daripada saya menggunakan cotton bud kering.

9. Meningkatkan energi dan daya tahan tubuh

Kandungan asam laurat yang tinggi pada VCO bermanfaat untuk melawan bakteri dan virus. Asam laurat akan menghancurkan bakteri dan virus dengan cara disentigrasi terhadap membran virus. Begitu juga dengan siklus replikasinya bisa dihambat oleh asam laurat. Selain itu, VCO memberikan tambahan asupan nutrisi dan juga energi untuk daya tahan tubuh kucing.

10. Menjaga kesehatan pencernaan

VCO dipercaya bisa mengatasi masalah pencernaan. Minyak ini bisa melawan bakteri tidak sehat yang ada di pencernaan. Nutrisi juga menjadi lebih mudah diserap. Selain itu, kucing yang diberi asupan VCO akan terlumasi pencernaannya. Ini memudahkan kucing untuk mengeluarkan gumpalan bulu (hairball).

Cara pemakaian VCO pada kucing

Cara pemakaian VCO pada kucing terbilang sangat mudah. Ada yang langsung dikonsumsi, ada juga yang hanya dioleskan pada bagian kulit dan bulu. Kalau untuk pemakaian luar pada kulit dan bulu, kamu tinggal mengoleskan VCO secara merata pada bagian yang bermasalah. Saya biasanya menggunakan bola kapas atau kain kassa untuk mengoleskannya. Berapa banyak yang harus dioleskan? Tipis saja, jangan terlalu banyak.

Sementara itu, kalau untuk dikonsumsi, kamu bisa menggunakan salah satu dari tiga cara berikut ini.

1. Biarkan si kucing menjilatinya sendiri

Jika si kucing memang suka, dia akan menjilati sendiri sampai habis. Namun, sepanjang pengalaman saya memberikan VCO pada kucing-kucing di rumah, cara ini kadang tidak berhasil.

2. Campurkan minyak VCO ke dalam makanan kering atau makanan basah kucing

Kalau cara pertama gagal, kamu bisa mencoba mencampurkan VCO ke dalam makanan si kucing. Makanannya bisa yang kering atau yang basah. Namun, biasanya akan lebih efektif kalau menggunakan makanan basah. VCO memiliki aroma yang khas. Tidak semua kucing menyukainya. Jadi, kalau menggunakan makanan basah yang beraroma tajam, aroma dari VCO bisa tersamarkan.

3. Berikan minyak VCO secara paksa melalui mulut kucing

Masih belum berhasil juga dengan cara kedua? Berarti kamu harus memberikannya secara paksa menggunakan sendok, pipet, atau spuit.

Berapa banyak takaran yang bisa dikonsumsi oleh kucing? Biasanya saya hanya mengira-ngira saja. Untuk kucing dewasa antara ½ – 1 sendok teh. Kalau kitten, saya hanya memberikan sekitar ¼ sendok teh saja, bahkan kadang kurang dari itu.

Sebagai panduan lain, kamu bisa menggunakan anjuran dari drh. Anna Gardner, seorang dokter hewan holistik di Washington. Dilansir dari PetMD, drh. Anna menganjurkan ¼ – ½ sendok teh sekali atau dua kali sehari untuk kucing berukuran sedang. Bahkan untuk awal pemberian hanya dianjurkan untuk mencobanya dengan 1/8 sendok teh dulu. Tujuannya supaya pencernaan kucing bisa beradaptasi dengan VCO. Pada beberapa kucing, pemberian VCO terlalu banyak di awal bisa memicu diare.

Tips memilih minyak VCO berkualitas yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kucing

Di pasaran kamu bisa menemukan berbagai merek VCO. Saya sendiri awalnya bingung mau membeli yang mana karena terlalu banyak pilihan. Namun, setelah mendapatkan info dari beberapa teman, ternyata ada cara khusus yang bisa dipakai untuk memilih VCO berkualitas.

  1. Jangan memilih VCO yang sudah berbau tengik dan warnanya keruh. VCO yang bagus biasanya memiliki penampakan bening dengan aroma khas kelapa yang lembut.
  2. Pilih VCO yang dibuat dengan metode cold pressed dan/atau cold processed. Kamu bisa melihatnya dari label yang tertera di kemasan atau penjelasan detail produk. Metode cold pressed artinya minyak kelapa dikeluarkan tanpa mengalami proses pemanasan dan tekanan vakum. Sementara itu, metode cold processed artinya minyak kelapa diambil melalui proses fermentasi alami tanpa pemanasan sama sekali. Kedua metode ini membuat kandungan zat-zat baik pada VCO tetap terjaga kualitasnya.
  3. Jangan membeli VCO yang sudah terkena panas sinar matahari langsung. Sebabnya, panas dari sinar matahari akan mengurangi kualitas VCO.

Rekomendasi minyak VCO terbaik 2020

Nah, sekarang saya akan bagikan rekomendasi beberapa merek VCO. Semuanya bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek, petshop, maupun toko online.

1. Palem Mustika VCO

VCO ini diproses tanpa pemutihan dan hidrogenasi sehingga menghasilkan minyak kelapa murni. Keunggulannya ada pada kadar air yang rendah, bening, berbau harum, dan daya simpan yang panjang sampai 8 bulan. MUI juga sudah memberikan sertifikasi halal untuk Palem Mustika VCO. Harganya lumayan terjangkau, yaitu antara Rp75.000,00 – Rp100.000,00 (kemasan 240 ml).

2. VCO Tiga Putri

VCO Tiga Putri sudah mendapatkan sertifikasi dari CoA & Local Food Health. Proses produksinya melalui metode cold pressed, tanpa bahan kimia, dan tanpa bleaching. Harganya sekitar Rp29.000,00 (kemasan 100 ml).

3. VCO by Caesar Jac’O

VCO by Caesar Jac’O sudah pernah saya pakai untuk kucing di rumah. Caesar Jac’O melabeli produk VCOnya sebagai skin & coat supplements + immune booster. Kebetulan dulu saya sedang mencari VCO yang bagus untuk daya tahan tubuh kucing di rumah. Jadilah saya coba membeli produk ini. Harganya sekitar Rp75.000,00 (kemasan 100 ml). Ternyata kualitasnya memang bagus. Bisa terlihat dari warna minyaknya yang bening. Aromanya juga enak. Begitu dicampurkan ke makanan, kucing saya tetap mau makan dengan lahap.

4. Coco Milagro Extra VCO

Coco Milagro Extra VCO dibuat dengan metode cold pressed dan cold processed yang alami dan organik. Extra VCO ini juga sudah mendapatkan label sertifikasi halal dari MUI. Hal lain yang menarik dari Coco Milagro adalah variasi kemasannya. Tidak hanya dalam botol kaca, ada juga yang dikemas dalam botol jar dan botol spray. Kemasan botol spray lebih mudah pengaplikasiannya untuk digunakan pada bulu kucing. Harga Coco Milagro Extra VCO mulai dari Rp22.000,00 (kemasan 25 ml). Saya pernah menggunakan VCO ini untuk menyembuhkan bekas luka di leher kucing. Hasilnya bagus. Lukanya cepat kering. Bulu-bulu di sekitar luka yang tadinya kusam dan rontok juga bisa tumbuh kembali.

Kesimpulan

Ada 10 manfaat dari minyak VCO untuk kesehatan kucing. Biarpun terdengar asing, tapi virgin coconut oil (VCO) memiliki kandungan yang aman dan baik untuk kesehatan kucing. Mulai dari kesehatan kulit, stamina, sampai perkembangan nafsu makannya. Itulah sebabnya saya selalu sedia VCO di rumah. Dari pengalaman saya, khasiatnya memang tidak selalu instan. Tergantung juga pada kondisi yang dialami si kucing. Yang penting, beli VCO berkualitas baik dan berikan secara tepat untuk kucing kesayanganmu.

Akhir kata, apakah ada informasi terkait topik, “manfaat minyak VCO untuk kucing” yang saya lewatkan? Ingatkan saya melalui kolom komentar sekarang. Dengan begitu, saya dapat menjadikan informasi tersebut sebagai bahan referensi untuk meningkatkan kualitas artikel ini.

Baca lebih lanjut: Apakah kucing boleh minum susu kental manis? »