Home » Info Kucing » Mata Kucing Tertutup Selaput Putih

Mata Kucing Tertutup Selaput Putih

mata kucing tertutup selaput putih third eyelid

Kemarin saya melihat anak tetangga saya menangis. Dia sedih melihat kucing kesayangannya sakit. Pada bagian mata kucing tertutup selaput putih. Semakin hari, selaput ini semakin naik ke atas. Kenapa kucing dia bisa seperti itu? Apakah sakit? Ataukah kena penyakit? Saya menyuruh anak tersebut membawa kucing ke dokter.

Sebelumnya saya tidak pernah tahu ada penyakit seperti itu pada kucing. Jujur, pertama kali melihat itu, sangat menyeramkan. Mata kucing putih setengah. Sebenarnya itu penyakit apa? Saya berusaha mencari informasi terkait hal tersebut. Saya bertanya dokter hewan, riset melalui literatur online, dan bertanya di grup.

Menurut dokter hewan, “fenomena selaput putih pada mata kucing disebut “third eyelid“. Third eyelid adalah munculnya selaput membran Tertia palpebra pada mata kucing. Sebenarnya, selaput membran ini berfungsi untuk melindungi bola mata kucing. Secara normal, Tertia palpebra tidak akan terlihat saat kucing terjaga. Apabila Tertia palpebra muncul pada kondisi kucing beraktivitas, berarti kucing sedang sakit.

Kenapa Mata Kucing Tertutup Selaput Putih?

Kemunculan selaput putih yang menutup setengah mata kucing merupakan hal janggal. Keadaan ini merupakan gejala dari masalah sekunder. Ciri paling mencolok adalah muncul selaput putih dari sudut mata dan semakin hari semakin ke atas. Bahkan bisa menutup setengah mata kucing.

8 penyebab mata kucing tertutup selaput putih

  • Pertama, konjungtivitis. Konjungtivitis merupakan infeksi okular. Infeksi konjungtivitis adalah penyakit yang menyebabkan mata kucing tertutup selaput putih. Infeksi konjungtivitis bukan hanya akan memunculkan selaput putih pada mata kucing. Dia juga akan membuat mata kucing mengalami lakrimasi, sobek, berselaput merah dan bola mata membesar (bengkak).
  • Kedua, dehidrasi. Kucing yang mengalami kehausan parah akan menderita dehidrasi. Gejala ini akan membuat selaput Tertia palpebra muncul secara tidak wajar. Jika kucing tidak segera ditolong, akan muncul penyakit yang lebih serius.
  • Ketiga, luka. Kucing yang pernah menerima pukulan atau trauma pada wajah, sering mengalami third eyelid. Selaput putih keluar untuk melindungi mata kucing dari benturan dan gangguan. Jika luka sudah sembuh, mata kucing akan kembali normal. Jadi, segera beri perawatan pada kucing yang luka.
  • Keempat, kemasukan benda asing. Apabila mata kucing terkena debu, atau kotoran, membran Tertia palpebrata akan muncul. Selaput putih ini bekerja sebagai pelindung bola mata. Jadi, kotoran dan benda asing tidak akan masuk terlalu dalam.
  • Kelima, kanker. Kasus kanker pada selaput mata kucing sangat jarang terjadi. Tapi, sel kanker dapat menyebabkan munculnya selaput putih yang menutupi mata kucing.
  • Keenam, sindrom Haw. Penyakit sindrom Haw adalah penyakit yang menyerang usus kucing. Biasanya disebabkan oleh parasit berbahaya. Efek yang ditimbulkan adalah diare parah dan munculnya selaput putih pada mata kucing. Sindrom haw bahkan dapat merubah selaput putih yang muncul menjadi tonjolan (prolaps).
  • Ketujuh, kelainan genetik. Beberapa ras kucing, seperti ras burmese sangat rentan mengalami third eyelid. Kucing burma membawa masalah genetik pada matanya. Jadi, kucing burma sering mengalami mata setengah putih.
  • Kedelapan, kista dermoid. Kista dermoid adalah penyakit kista yang muncul saat lahir. Kista dermoid dapat tumbuh perlahan seiring bertambahnya usia. Kasus kista dermoid sering berkaitan erat dengan munculnya selaput putih pada mata kucing.

Saat selaput putih muncul dan menutupi setengah mata kucing, kucing akan merasa tidak nyaman. Kejadian ini bisa di alami oleh anak kucing dan kucing dewasa. Jika dibiarkan, kucing akan berusaha menggaruknya dengan kakinya. Kamu harus mengantisipasi agar kucing tidak melukai matanya. Jadi, sebaiknya segera kamu obati.

Hanya Satu Mata Kucing yang Tertutup Selaput Putih

Pada kondisi tertentu, selaput putih muncul pada satu mata kucing. Jadi, selaput putih hanya muncul pada mata sebelah kanan atau sebelah kiri saja. Untuk memastikannya, kamu dapat memeriksa mata kucing dengan teliti menggunakan senter. Perhatikan selaput putih yang muncul. Apakah selaput putih disertai tonjolan ataukah hanya lapisan tipis.

Selaput putih yang menutupi salah satu mata kucing menunjukan adanya suatu masalah kesehatan. Seringnya, setelah satu mata muncul selaput putih, mata sampingnya juga akan menunjukan gejala yang sama. Jangan panik, pelajari 8 penyebab mata kucing tertutup selaput putih yang telah saya jelaskan di atas. Segera beri pertolongan pertama.

Jika setelah beberapa hari, tidak terbentuk selaput putih pada dua mata kucing. Kemungkinan gejala selaput mata putih ini disebabkan oleh debu atau benda asing. Kamu dapat memberi obat untuk tetes mata kucing. Obat tetes mata Trixin dapat membantu mengeluarkan kotoran di mata.

Jika masih tidak kunjung sembuh, segera bawa ke dokter hewan. Dokter akan memeriksa kelainan satu mata kucing yang tertutup selaput putih. Jika terjadi penonjolan pada kelopak mata kucing, bisa dipastikan terjadi infeksi atau kanker. Dokter akan melakukan pengecekan dan diagnosis yang lebih akurat.

Cara Mengobati Mata Kucing Tertutup Selaput Putih

Mungkin ada lebih dari satu jenis perawatan dalam pengobatan penyakit ini. Perawatan ini tergantung pada sumber masalahnya.

Jika kemunculan selaput putih pada mata kucing disebabkan oleh dehidrasi maka segera tambah cairan kucing. Dehidrasi dapat di obati secara alami. Cara mengatasi dehidrasi cukup mudah. Kamu hanya perlu memberikan makanan basah dan air untuk menyembuhkan dehidrasi. Saya menyarankan untuk mengisolasi kucing terlebih dahulu. Biarkan dia di rumah, sampai dehidrasinya sembuh. Jangan biarkan kucing bermain keluar rumah.

Dalam kasus infeksi berat, misal konjungtivitis, luka, adanya benda asing di mata dan kanker. Sebaiknya segera bawa kucing ke dokter. Hanya dokter yang bisa memberikan perawatan yang akurat. Kucing mungkin akan diresepkan obat tetes mata dan obat tertentu.

Pada 3 masalah pertama, tergantung pada tingkat keparahannya. Jika kucing menderita kanker, kucing dapat menjalani operasi pembedahan / radioterapi. Operasi bedah dapat terjadi jika ada tumor jinak di kelopak mata bagian dalam kucing. Hanya spesialis yang dapat memutuskan pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup kucing. Saat kucing pulih, kelopak mata bagian dalam akan kembali seperti semula.

Pada kasus sindrom haws, selaput putih dapat hilang dengan sendirinya. Kamu fokus saja pada pengobatan saluran pencernaan kucing. Infeksi saluran pencernaan dapat disebabkan oleh cacingan, bakteri dan parasit. Jika kucing kamu cacingan, kamu dapat memberinya obat cacing drontal. Jika kucing kamu terinfeksi bakteri, kamu akan diresepkan antibiotik oleh dokter.

Jika penyakit yang menginfeksi usus kucing telah dihilangkan, saluran pencernaan akan kembali sehat. Alhasil, selaput putih yang menutupi mata kucing akan berangsur-angsur hilang. Dan mata kucing kembali sehat.

Pada kasus kelainan genetik, penyakit mata kucing tertutup selaput putih harus di operasi. Karena selaput ini membuat kucing tidak nyaman untuk melihat dan beraktivitas. Dokter akan mengekstraksi selaput putih pada mata kucing dan memperbaiki posisinya. Jika ada infeksi atau kondisi lain, dokter akan melakukan perawatan intens.

Kesimpulan

Penyakit mata kucing tertutup selaput putih dapat disebabkan oleh dehidrasi, infeksi, kelainan genetik, dll. Penyakit ini sangat berbeda dengan penyakit mata belek. Pelajari gejala yang muncul, amati dengan teliti sebelum memberikan kucing obat. Jika pertolongan pertama belum juga membuahkan hasil, segera periksakan ke dokter hewan.

Akhir kata, apakah mata kucing kamu pernah tertutup selaput putih? Bagaimana cara kamu mengatasinya? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya. Jadi, semua pembaca Goldenmaze.net ikut belajar. Jika kamu suka artikel berkualitas tentang kucing, dukung saya dengan membagikan artikel ini ke sosial media. Sudah di share? Bagus! Makasih.

2 pemikiran pada “Mata Kucing Tertutup Selaput Putih”

Tinggalkan komentar