5 penyebab mata kucing belekan dan tertutup

Saya sering iba melihat kucing-kucing yang matanya belekan dan tertutup. Apalagi kalau sudah parah sampai bengkak dan tidak bisa terbuka kelopak matanya. Mata belekan ini tidak cuma terjadi pada kucing liar, tetapi bisa juga pada kucing rumahan. Sebenarnya apa sih penyebab mata kucing belekan dan tertutup? Berbahayakah? Bagaimana cara mengobatinya? Penjelasan singkatnya, mata belekan bisa disebabkan oleh masuknya benda asing, luka, hingga infeksi virus atau bakteri. Kalau sudah belekan, kucing harus segera diobati sebelum menular ke kucing lain dan menyebabkan kebutaan. Supaya lebih jelas, yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini. Nanti di akhir, saya juga akan bagikan tips cara mengobati mata kucing yang belekan.  

Belekan pada mata kucing

Salah satu hal yang paling saya sukai dari kucing adalah matanya. Kucing bisa terlihat sangat lucu dan menggemaskan sinar mata yang indah. Iris mata yang cemerlang dan pupil matanya yang bulat membuat kucing terlihat istimewa. Selain itu, kucing juga bisa mengekspresikan perasaannya melalui mata. Misalnya, saat kucing mengedipkan mata perlahan kepada manusia itu tanda kucing sayang majikannya. Jadi, ketika kucing saya mengalami belekan, rasanya sedih sekali. Jangankan mengedipkan mata atau memandang lucu ke arah saya, untuk membuka matanya saja si kucing agak kesulitan.

Sebenarnya bagaimana sih belekan pada mata kucing itu? Kucing yang mengalami belekan akan gampang dikenali cirinya. Mata kucing akan terus menerus mengeluarkan cairan. Sebenarnya, cairan yang keluar merupakan bentuk perlindungan diri alami dari tubuh si kucing untuk melawan gangguan atau penyakit. Pada kasus yang lumayan berat, cairan mata ini akan menjadi kental dan berwarna kehijauan. Kemudian, karena intensitas keluarnya berlebihan, cairan tersebut akan menumpuk menjadi kotoran yang menutupi area sekitar mata si kucing. Saat menjadi lebih parah, mata kucing juga akan terlihat membengkak. Dan kelopak mata kucing akan tertutup akibat belek yang mengeras.

Catatan: Kucing belekan akan mengeluarkan lendir berwarna kuning kehijauan dari mata. Apabila lendir ini mengering, kelopak mata kucing akan menutup dan tidak bisa dibuka. Perlu bantuan manusia untuk membersihkan belekan setiap beberapa jam sekali agar lendir tidak mengeras.

5 Penyebab belekan pada mata kucing

Belekan pada mata kucing tentu tidak terjadi begitu saja. Dilansir dari Tribun Pontianak, drh. Sofia Febriyanita dari Dinas Peternakan Kota Pontianak, menjelaskan penyebab mata belekan pada kucing. Beberapa penyebab tersebut seperti debu, bulu yang masuk ke mata, infeksi mata, cacingan, luka pada mata, dan sebagainya. Penasaran? Yuk, simak pembahasan lebih mendalam tentang penyebab belekan pada mata kucing.

Penyebab mata kucing belekan ini umum terjadi pada hampir semua jenis kucing, baik lokal maupun ras. Berikut ini beberapa penyebab mata kucing belakan, diantaranya:

1. Mata kucing kemasukan benda asing

Benda asing seperti bulu, kotoran, debu, atau pasir yang masuk ke mata kucing bisa menyebabkan cairan keluar secara terus menerus. Ini merupakan reaksi alami dari si kucing untuk membersihkan benda asing yang membuat matanya tidak nyaman. Cairan tersebut menumpuk di sekitar area mata sehingga menyebabkan belekan.

2. Luka pada mata akibat goresan benda tajam

Nah, penyebab yang satu inilah yang membuat belekan pada mata kucing saya. Waktu itu si kucing berkelahi dengan kucing liar yang sedang mampir makan di teras rumah. Matanya tergores kuku si kucing liar tadi. Saat ada luka pada mata, tentu rasanya perih, panas, bahkan gatal yang membuat tidak nyaman. Luka ini membuat air mata terus-menerus keluar. Bahkan, sehari setelahnya, cairan yang keluar menjadi lebih kental dan menumpuk di sekitar mata. Mata kucing saya juga menjadi agak bengkak dan memerah.

3. Adanya parasit cacing mata (Thelazia califoniensis)

Thelazia califoniensis adalah jenis cacing kecil berwarna putih yang biasanya menyerang mata kucing dan membuat si kucing belekan. Walaupun kecil, tetapi cacing ini mudah dideteksi dengan mata telanjang. Kalau tidak segera ditangani, cacing ini bisa bertelur di mata kucing dan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.  

4. Infeksi bakteri

Penyebab belekan lainnya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Dr Jessica Vogelsang di website Petfinder mengungkapkan bahwa Chlamidia Psitacii, Mycoplasma, atau Veline Chylamidhopila adalah beberapa jenis bakteri yang paling sering menyebabkan infeksi pada mata kucing. Dan bakteri penyebab belekan pada mata kucing ini dapat menular. Belekan dapat menular dari mata kiri ke mata kanan. Dan belekan pada satu kucing dapat menular ke kucing yang lain.

Baca juga: Apakah sakit mata kucing dapat menular ke manusia? »

5. Infeksi virus

Penyebab terakhir belekan pada mata kucing adalah infeksi dari virus feline herpes. Infeksi virus ini lebih mematikan daripada bakteri Chlamidia. Jadi, apabila kucing kesayanganmu terserang virus ini di matanya, segera lakukan pemeriksaan di dokter hewan. Jangan sampai terlambat.

Jangan dibiarkan! Belekan pada kucing harus segera ditangani

Belekan pada mata kucing tidak boleh disepelekan. Kalau dibiarkan, kondisinya bisa bertambah parah. Ada beberapa efek yang umumnya muncul akibat belekan yang dibiarkan tersebut.

  • Pertama, belakan bisa menyebar dari mata kanan ke mata sebelah kiri. Perlakuan yang tidak tepat dapat menyebabkan virus belekan pindah dari mata ke mata. Jadi, tolong jangan sepelekan belekan pada mata kucing.
  • Kedua, belakan bisa menjadi wabah yang menular ke kucing lain. Apakah kamu pernah melihat ada sekumpulan kucing yang tinggal bersama dan hampir semuanya belekan? Nah, itu disebabkan ada kucing yang lebih dulu belekan dan tidak segera diobati sehingga menular ke kucing lainnya. Kucing yang belekan sering mengusap matanya. Otomatis, beberapa cairan belek akan menempel pada bulu dan kuku kucing. Apabila kucing ini kontak fisik dengan kucing lain, kucing didekatnya akan ikut terinfeksi.
  • Ketiga, kotoran yang keluar dan menumpuk di sekitar mata akan mengeras. Kalau terus dibiarkan (tidak dibersihkan dan tidak diobati), ini akan membuat kucing kesulitan membuka kelopak matanya. Efek lain adalah terlalu banyak cairan yang keluar bisa membuat mata kucing menjadi kering dan iritasi. Ini bisa berujung pada kebutaan permanen.
  • Terakhir, Ada juga kemungkinan belekan semakin parah karena kontaminasi bakteri. Belekan yang tadinya mungkin hanya disebabkan oleh masuknya benda asing, tetapi karena tidak segera ditangani malah menjadi sarang bakteri. Kalau sudah terkena bakteri, maka bisa dipastikan sakit pada mata kucing akan bertambah berat. Ada kasus di mana, mata kucing bengkak besar, seperti balon yang mau meletus. Saat dibawa ke dokter hewan ternyata sudah terlambar. Saraf di mata kucing sudah rusak parah. Tindakan medis yang bisa dilakukan dokter hanya mengangkat bola mata kucing agar infeksi tidak menyebar.

Catatan: Jangan menyepelekan kucing yang terserang belekan. Banyak kasus kucing kehilangan penglihatan, buta dan bala mata harus diangkat karena belekan. Jadi, tolong selalu perhatikan kesehatan kucingmu.

Begini cara menangani mata kucing yang belekan

Ada beberapa langkah pengobatan untuk mata kucing yang belekan. Pertama, kamu perlu tahu dulu apa yang menyebabkan munculnya belekan. Beda penyebab, maka beda pula pengobatan yang harus diberikan. Kamu bisa mendeteksi penyebab mata kucing belekan dari gejala fisik, perilaku kucing dan kondisi mata kucing. Akan tetapi, cara terbaik tentu dengan membawa si kucing ke dokter hewan. Dokter hewan bisa memberikan diagnosa yang lebih tepat dengan peralatan medis khusus. Dengan dignosa yang tepat, maka pengobatan yang diberikan juga akan lebih akurat.

Tapi, di daerah saya jauh dari dokter hewan. Apa solusinya? Tenang, tenang kamu tidak perlu panik. Pertama, berikan pertolongan pertama dulu pada si kucing.

Pertolongan pertama pada kucing belekan

Berikut ini langkah-langkah pertolongan pertama pada kucing belekan sebelum dibawa ke dokter, diantaranya:

  1. Kalau kamu memiliki lebih dari satu kucing, pisahkan kucing yang matanya belekan di kandang atau ruangan yang berbeda. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan penularan penyakit mata belekan ke kucing yang lain.
  2. Bersihkan kotoran pada area sekitar mata secara perlahan dengan kapas atau kain yang lembut. Kalau kotorannya sudah agak keras, coba basahi kain dengan air hangat. Nanti kotorannya akan menjadi lembek dan lebih mudah dibersihkan. Pets WebMD merekomendasikan agar kotoran mata dibersihkan selalu dari sudut mata ke arah luar. Dan pastikan kamu menggunakan kapas dan tempat air hangat berbeda untuk setiap bola mata kucing. Karena bakteri atau virus penyebab mata belekan pada kucing dapat menempel di kapas. Jika kapas kamu pakai untuk membersihkan mata yang sehat, maka mata tersebut dapat ikut tertular.
  3. Kalau sudah bersih, kompres mata kucing dengan kain yang sudah dibasahi air hangat selama 10-15 menit. Cara ini bukan untuk membunuh kuman atau bakteri ya, tetapi hanya untuk mengurangi sementara gejala yang muncul. Efek samping belekan adalah mata panas, gatal, berair, kelopak mata berat dan bengkak.
  4. Ajak kucingmu ngobrol atau bermain permainan ringan. Saat sakit, kucing akan lebih mudah stres dan pastinya akan berpengaruh ke kesehatan fisiknya juga. Redakan stresnya supaya proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Cara mengobati mata kucing belekan

Saya tidak merekomendasikan kamu mengobati mata kucing belekan secara sembarang. Pastikan kamu sudah mendiagnosis penyebab mata kucing belekan dengan benar terlebih dahulu. Silakan konsultasikan penyakitnya ke praktisi kucing atau dokter hewan untuk memastikan sakit mata yang di derita kucing.

Berikut ini beberapa cara mengobati mata kucing belekan:

1. Cara mengobati mata kucing belekan karena kemasukan benda asing

Mata kucing akan mengeluarkan cairan terus-menerus sebagai upaya pertahanan diri dalam mengeluarkan benda asing dari mata. Karena mata kucing berair, maka akan ada belek di sudut mata kucing. Warna belek biasanya coklat kehitaman. Karena air mata kucing bercampur dengan benda asing yang masuk.

Solusi untuk kasus ini adalah mengambil benda asing yang masuk di mata kucing. Jika benda asing hanya berupa serangga atau debu, kamu bisa usap dengan kapas basah atau cotton bud basah. Apabila ada benda tajam yang sampai menyebabkan mata kucing luka, kamu harus mengambilnya dengan pinset.

Tapi saya takut mengambil benda asing di mata kucing dengan pinset? Kalau pinset menusuk mata kucing gimana? Kalau kamu penakut, ya minta bantuan dokter hewan saja. Nanti, kucing dapat obat bius dulu sebelum dokter melakukan tindakan medis. Jadi, kamu bisa tenang.

Okay, lanjut ya, setelah itu, kamu kasih obat tetas mata kucing untuk mencuci mata kucing. Dengan begitu, mata kucing akan bersih dan steril. Obat tetes mata kucing yang pernah saya pakai adalah Stop Eyes, Trixin, Ciprofloxacin Ophthalmic. Setelah, benda asing keluar, beberapa hari kemudian, belekan di mata kucing mereda.

2. Cara mengobati mata kucing belekan akibat luka di area mata

Kucing yang berkelahi hebat dan sampai mendapatkan luka di area mata, bisa menyebabkan belekan. Ada 2 kemungkinan penyebab belekan. Pertama, mata kucing berusaha mengeluarkan banyak air mata (berair) untuk mencegah infeksi. Kedua, mata kucing tertular infeksi melalui kuku kucing yang mencakar matanya.

Pada kasus ini, kamu perlu memeriksa secara teliti, kondisi mata kucing. Apakah luka goresan dalam? Apa muncul darah? Apakah menyebabkan bengkak di kelopak mata? Seberapa banyak belek yang keluar setiap harinya? Apa warna belek kucing yang keluar?

Saya menawarkan 3 solusi:

  • Pertama, jika hanya luka ringan (tidak ada pendarahan dan pembengkakan), kamu bisa mengobati kucingmu pakai tetes mata. Saya merekomendasikan Ciprofloxacin Ophthalmic. Di dalam tetes mata ini ada antibiotik dan zat penenang. Ciprofloxacin Ophthalmic akan mencegah infeksi terjadinya infeksi bakteri, infeksi konjungtivitis dan mempercepat penyembuhan belekan pada mata kucing.
  • Kedua, jika ada luka, bengkak dan pendarahan. Ini sudah kondisi gawat. Karena cepat atau lambat pasti terjadi infeksi serius. Kamu bisa memberikan antibiotik secara oral dan memberikan tetes mata yang mengandung zat antiinflamasi. Untuk lebih jelasnya, silakan konsultasi dengan dokter hewan terdekat. Karena kalau ada pendarahan, kamu perlu melakukan pencucian mata terlebih dahulu. baru setelah itu pengobatan mata belekan.

3. Cara mengobati mata kucing belekan karena infeksi Thelazia Califoniensis

Kasus mata kucing belekan karena infeksi Thelazia Califoniensis sangat jarang terjadi di Indonesia. Kebanyakan kasus Thelazia Califoniensis terjadi di Amerika. Mata kucing yang terserang cacing Thelazia Califoniensis bengkak. Kelopak mata kucing akan merah dan menonjol. Jika kamu periksa dengan senter di area putih pada bola mata kucing, ada benang putih yang bergerak. Itu 100%, infeksi Thelazia Califoniensis.

Menurut drh. David G. Baker (2013), penyakit mata kucing belekan akibat cacing Thelazia Califoniensis bisa disembuhkan. Obat yang dia sarankan adalah lakukan anestesi lokal. Dan lakukan penghilangan parasit Thelazia Califoniensis dengan metode forsep. Untuk pengobatan, drh. David memberikan menyarankan untuk pemberian obat:

  • Ivermectin SC pada 0,2 mg / kg berat badan kucing.
  • Milbemycin oxime PO pada dosis minimum 0,5 mg / kg berat badan kucing.
  • Dua pengobatan terpisah selama 1 minggu untuk mempercepat kesembuhan.

Apakah ada pengobatan lain? Ada. pengobatan dengan moksidektin 2,5%. Larutan mata (1% moksidektin atau 2% levamisol) atau salep (1% levamisol atau 4% morantel). Pengobatan itu juga sangat efektif untuk melawan infeksi cacing Thelazia Califoniensis.

4. Cara mengobati mata kucing belekan yang disebabkan oleh bakteri Chlamydophila felis

bakteri Chlamydophila felis menyebabkan mata kucing belekan

Kasus mata kucing belekan karena infeksi bakteri sering terjadi di Indonesia. Ciri-cirinya:

  • Kelopak mata kucing bengkak dan berwarna pink.
  • Bola mata kucing membesar.
  • Keluar belek/cairan berwarna kucing kehijauan yang lengket saat mengering.
  • Mata kucing tertutup dan sulit terbuka.

Banyak pemilik kucing yang meremehkan infeksi bakteri Chlamydophila felis. Padahal bakteri ini sangat berbahaya. Karena bakteri Chlamydophila felis dapat merusak jaringan saraf mata, membuat bola mata kucing pecah dan belekan bisa menular ke kucing lain. Pada kasus infeksi parah, bola mata kucing harus di angkat. Ini keputusan pahit, tapi itulah satu-satunya cara untuk menyelamatkan kucing dari infeksi Chlamydophila felis.

Tapi, kamu tidak perlu panik, selama infeksi masih ringan, kamu dapat mengobati belekan pada mata kucing. Fokusnya adalah mencari obat anti bakteri untuk melawan Chlamydophila felis. Kucing saya pernah terserang belekan juga, dan setelah saya telusuri penyebabnya adalah bakteri Chlamydophila. Waktu itu saya kasih obat salep mata anti bakteri Terramycin Ophthalmic. Obat salep Terramycin mengandung senyawa antibakteri Oxytetracycline 1%. Oxytetracycline sangat efektif untuk membunuh bakteri Chlamyophila. Jadi, belekan kucing saya cepat sembuh. Beberapa hari pemakaian, bengkak di mata kucing kempes dan kucing sudah tidak belekan. Selain Terramycin, kamu dapat melawan bakteri Chlamydophila dengan salep Erlamycetin dan Gentacimin. Untuk detailnya, silakan baca artikel rekomendasi obat mata kucing ini

5. Cara mengobati mata kucing belekan karena virus feline herpes

Kalau penyebab mata kucing belekan karena virus feline herpes, kamu perlu wajib konsultasi dengan dokter hewan. Karena infeksi virus feline herpes lebih rumit dari pada bakteri Chlamydophila. Dengan demikian, perlu resep dan perawatan khusus. Karena saya belum pernah merawat kucing yang terserang feline herpes, jadi saya tidak bisa bercerita banyak untuk cara pengobatannya. Saran saya, sebelum mata kucing buta dan cacat permanen, sebaiknya kamu segera bawa kucing ke dokter hewan saja. Dokter hewan tahu pengobatan dan perawatan penyakit feline herpes.

Catatan: Sebelum melakukan pengobatan, selalu lakukan diagnosis yang tepat terlebih dahulu. Dengan begitu, kucing akan mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Kesimpulan

Mata kucing belekan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari masuknya benda asing, luka pada mata, hingga infeksi virus atau bakteri. Jangan disepelekan kalau mata kucingmu belekan, ya. Daripada nanti semakin parah dan berujung pada kebutaan permanen. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan diagnosa dan saran penanganan yang lebih akurat. Perawatan di rumah dengan membersihkan kotoran di mata si kucing juga bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama. Jika pengobatan di rumah belum kunjung sembuh, segera bawa ke dokter hewan terdekat.

Baca lebih lanjut: 8 penyebab mata kucing tertutup selaput putih »