17 perbedaan kucing anggora dan persia [disertai gambar]

Apakah kamu masih sulit membedakan antara kucing anggora dan kucing persia? Atau bahkan kamu pernah memelihara keduanya tapi tidak tahu mana yang anggora dan mana yang persia? Pengen tahu jawabannya? Pada artikel ini saya akan mengulas secara lengkap 17 perbedaan kucing anggora dan persia. Mulai dari bentuk muka, bentuk hidung, kepribadian kucing, panjang kaki sampai kebiasaan makan kucing. Penasaran seperti apa pembahasannya? Let’s get right in!

Tabel perbedaan kucing anggora dan persia

Untuk mempermudah kamu mengetahui perbedaan kucing anggora dan persia, saya sajikan informasi artikel dalam bentuk tabel. Dengan begitu kamu bisa langsung mengetahui perbedaan kedua jenis kucing dengan cepat. Setelah kamu paham perbedaan dasar, saya akan membahas secara detail di chapter-chapter berikutnya. Jadi, baca sampai selesai.

NoJenis perbedaanKucing anggoraKucing persia
1Tempat asal kucingBerasal dari daerah Angora. Sekarang kota Angora menjadi wilayah Ankara.Berasal dari daerah Persia. Sekarang kota Persia menjadi wilayah Iran.
2Bentuk wajahKucing anggora memiliki wajah dengan bentuk segitiga, bermata besar dan berhidung mancung.Kucing persia memiliki wajah bulat, datar dan kebanyakan berhidung pesek.
3Bentuk tubuhKucing anggora memiliki struktur rangka yang bagus sehingga memiliki bentuk tubuh ideal. Kucing anggora lebih tinggi, lebih langsing dan lebih berotot dari pada kucing persia.Kucing persia memiliki tubuh yang pendek dan cenderung terlihat gemuk. Kucing persia lebih gemuk, dan lebih pendek dari kucing anggora.
4Bentuk cakarCakar kucing anggora runcing dan panjang.Cakar kucing persia pendek dan bulat.
5BuluKucing anggora memiliki bulu yang lebat, tapi tidak selebat kucing persia. Bulu di bagian leher, badan dan ekor sangat lebat dan panjang. Akan tetapi, bulu di bagian muka tidak panjang dan tidak begitu lebat.Kucing persia sangat terkenal dengan bulu lebatnya. Hampir seluruh tubuh kucing persia memiliki bulu lebat dan panjang. Bulu kucing persia jauh lebih lebat dan lebih panjang dari kucing anggora
6KepribadianKucing anggora sangat aktif, penurut dan cukup pintar.Kucing persia lebih kalem, tidak begitu aktif, penurut dan terkadang pemalas.
7Bentuk hidungHidung kucing anggora menonjol (mancung)Hidung kucing persia datar (pesek).
8Bentuk telingaTelinga kucing anggora runcing dan menjulang dengan bentuk seperti segitiga. Telinga kucing anggora lebih panjang daripada telinga kucing persia.Telinga kucing persia lebih pendek dari pada telinga kucing anggora. Dan bentuk telinga agak bulat.
9Berat tubuhDalam kondisi ideal, kucing anggora lebih ringan dan lebih langsing daripada kucing persia.Pada kondisi ideal, kucing persia lebih gemuk daripada kucing anggora.
10Panjang kakiKaki kucing anggora lebih panjang daripada kaki kucing persia. Alhasil, kucing anggora lebih tinggi dari kucing persia.Kaki kucing persia pendek.
11Perilaku kucingSenang bermain.Senang bermalas-malasan.
12KesehatanKucing anggora sering mengalami permasalahan kesehatan seperti tuli genetik, tempurung lutut terkilir, dan ataksia.

 

Kucing persia memiliki masalah pada cairan lakrima yang menyebabkan permasalahan pada pernafasan kucing. Ini akibat dari kondisi tempurung kepala brachycephalic. Kadang kucing persia juga sering terserang penyakit kardiomiopati hipertrofik.
13Hobi makanTidak terlalu senang makan. Kucing anggora lebih senang bermain dan keluyuran.Sangat hobi makan. Kucing persia lebih gemar bermalas-malasan dan makan makanan enak.
14GroomingPerawatan kucing anggora jauh lebih mudah daripada kucing persia.Perawatan kucing persia tergolong sulit. Kamu harus menyisir bulu setiap hari, sesekali perlu mencukur bulu agar tidak terbelit. Kamu harus rajin membersihkan bulu yang rontok.
15Bentuk ekorKucing anggora memiliki ekor panjang dengan bulu yang lebat. Mirip seperti ekor tupai. Ekor kucing anggora umumnya lebih panjang dari pada ekor kucing persia.Kucing persia memiliki ekor yang lebih pendek dari kucing anggora. Akan tetapi, bulu yang terdapat pada kucing persia lebih panjang.
16HargaHarga jual kucing anggora jauh lebih mahal daripada kucing persia. Harga kucing anggora sekitar 7 jutaan.Harga jual kucing persia jauh lebih mahal daripada kucing anggora. Harga kucing persia sekitar 5 jutaan.
17Varian jenis kucingTukish angoraPersia hidung datar, persia medium, persia hidung pesek, persia himalaya, persia eksotis

 

Perbedaan kucing anggora dan persia secara fisik

Sesuai janji saya, selain menyajikan perbedaan melalui tabel saya akan mengulas juga secara mendetail. Agar kamu lebih paham perbedaan kucing anggora dan persia, saya tambahkan gambar pendukungnya. Yuk, langsung masuk kepembahasannya.

1. Kucing anggora memiliki bentuk wajah segitiga sedangkan kucing persia memiliki bentuk wajah bulat

Perbedaan bentuk muka kucing anggora dan persia

Kucing anggora

  • Kucing anggora memiliki bentuk wajah menyerupai segitiga. Di mana, dagu kucing runcing seperti membentuk huruf V.
  • Kesan bentuk segitiga semakin kuat dengan adanya telinga kucing yang panjang dan runcing.
  • Bulu di area wajah kucing anggora lebat namun pendek. Jadi, bulu di wajah kucing tidak terurai ke mana-mana. Ini membuat kucing terlihat selalu rapi dan cantik sepanjang hari.
  • Wajah kucing anggora cenderung memiliki kontur dengan moncong yang menonjol kedepan.

Kucing persia

  • Kucing persia memiliki bentuk wajah menyerupai lingkaran (bulat). Di mana, seluruh wajah kucing tertutup bulu yang lebat.
  • Kesan bulat pada wajah kucing persia membuatnya terlihat tembem dan gemesin. Terlebih ada telinga kucing yang pendek dan bulat, bikin wajah kucing makin menggemaskan.
  • Bulu di area wajah kucing persia sangat lebat dan panjang. Akibatnya, kucing seolah tidak memiliki laher.
  • Wajah kucing persia cenderung datar (flat) dan tidak memiliki moncong yang terlalu menonjol.

2. Kucing anggora memiliki perawakan tinggi dan langsing sedangkan kucing persia cenderung pendek dan gendut

Perbedaan bentuk tubuh kucing anggora dan persia

Kucing anggora

  • Tampilan fisik kucing anggora terlihat tinggi, langsing dan ideal.
  • Kucing anggora memiliki kaki yang panjang dan menawan.
  • Seluruh tubuh kucing anggora diselimuti bulu yang lebat tapi tidak panjang.
  • Ekor kucing anggora panjang dengan bulu yang mengembang seperti kemoceng. Mirip dengan ekor tupai.

Kucing persia

  • Tampilan fisik kucing persia terlihat gemuk dan pendek.
  • Kucing persia memiliki kaki yang pendek dan menggemaskan.
  • Seluruh tubuh kucing persia diselimuti bulu yang panjang dan lebat.
  • Ekor kucing persia pendek dengan bulu yang sangat lebat dan panjang.

3. Kucing anggora memiliki hidung yang mancung sedangkan kucing persia memiliki hidung pesek

Bentuk hidung kucing anggora dan persia beda, satu mancung satunya pesek

Kucing anggora

  • Kucing anggora memiliki bentuk hidung yang mancung dan menjulang ke Hal ini disebabkan oleh bentuk tulang rahang dan tulang hidung yang menjorok ke depan.
  • Kucing anggora jarang mengalami permasalahan di pernafasan.

Kucing persia

  • Kucing persia memiliki bentuk hidung yang cenderung datar (pesek). Kalau dilihat dari samping, hidung kucing persia rata dengan dahi. Hal ini disebabkan oleh bentuk tengkorak kepala brachycephalic.
  • Kondisi hidung yang menjorok ke dalam sering membuat kucing persia mengalami masalah pernafasan. Jadi, pemilik kucing setiap hari harus rutin membersihkan kotoran di hidung dan mata kucing.

4. Kucing anggora memiliki ekor yang panjang dan mekar sedangkan kucing persia memiliki ekor pendek dengan bulu panjang

Ekornya beda

Kucing anggora

  • Kucing anggora memiliki ekor yang lebih panjang daripada kucing persia.
  • Bulu pada bagian ekor lebat dan mekar, bentuknya menyerupai kemoceng.
  • Bulu di ekor kucing anggora tidak sepanjang bulu kucing persia.

Kucing persia

  • Kucing persia memiliki ekor yang lebih pendek daripada kucing anggora.
  • Bulu pada bagian ekor sangat lebat dan panjang.
  • Ekor kucing persia memiliki bulu di bagian ekor yang lebat dan menggumpal.

5. Kucing anggora dapat bergerak lincah sedangkan kucing persia cenderung tidak lindah dan lambat

Kucing anggora

  • Kucing anggora memiliki kepribadian yang riang, sangat ingin tahu hal baru dan aktif.
  • Kucing anggora memiliki kaki yang panjang sehingga kucing dapat bergerak dengan lincah. Kucing anggora senang bertengger di rooftop, cat condo ataupun atap rumah.

Kucing persia

  • Kucing persia memiliki kepribadian yang kalem, penurut dan tidak terlalu aktif (cenderung pemalas).
  • Kucing persia memiliki kaki yang pendek sehingga kucing tidak dapat bergerak dengan lincah. Kucing persia senang bermalas-malasan di sofa, jendela dan lantai. Hobi kucing persia adalah makan makanan yang enak dan tidur siang.

Kesimpulan

Begitulah 17 perbedaan kucing anggora dan persia. Saya harap setelah membaca artikel ini, kamu dapat membedakan kucing anggora dan persia dengan benar. Agar kamu tidak lupa, saya akan merangkum sedikit perbedaan fisik antara kucing anggora dan persia.

  • Kucing anggora memiliki bentuk wajah segitiga sedangkan kucing persia memiliki bentuk wajah bulat.
  • Kucing anggora memiliki perawakan tinggi dan langsing sedangkan kucing persia cenderung pendek dan gendut.
  • Kucing anggora memiliki hidung yang mancung sedangkan kucing persia memiliki hidung pesek.
  • Kucing anggora memiliki ekor yang panjang dan mekar sedangkan kucing persia memiliki ekor pendek dengan bulu panjang.
  • Kucing anggora dapat bergerak lincah sedangkan kucing persia cenderung tidak lindah dan lambat.

Kesimpulannya, kucing anggora dan kucing persia itu adalah dua ras yang berbeda. Berbeda secara fisik dan kepribadian. Jadi, jangan sampai salah pilih saat membeli kucing ya. Hehe.

Baca lebih lanjut: Jangan mulai pelihara kucing persia sampai kamu membaca ini »