Pertama kali pelihara kucing? Ini perlengkapan yang harus dipersiapkan

Untuk kamu yang baru pertama kali mau memelihara kucing, pasti bakal dibuat bingung dengan persiapannya. Kira-kira harus menyediakan apa saja, ya? Budget yang harus disediakan berapa banyak? Tenang! Saya juga dulu begitu, kok. Banyak hal yang tidak saya persiapkan dengan baik karena minim pengetahuan soal perlengkapan kucing untuk pemula. Nah, biar kamu tidak seperti saya, kamu perlu tahu perlengkapan apa saja yang harus dipersiapkan sebagai pemula. Ada yang wajib harus dipersiapkan di awal untuk kenyamanan si kucing. Sementara perlengkapan tambahan lainnya bisa kamu beli belakangan sesuai dengan budget yang tersedia. Yuk, simak dulu pembahasannya sampai selesai.  

Daftar perlengkapan kucing wajib untuk pemula

Perlengkapan kucing wajib ini adalah perlengkapan yang perlu kamu persiapkan di awal sebelum kucing dibawa ke rumah. Ini adalah kebutuhan dasar untuk merawat kucing dan pasti akan sangat dibutuhkan begitu si kucing tiba di rumahmu. Jadi, jangan terburu-buru membawa kucing kalau perlengkapan ini belum tersedia, ya.

1. Makanan kucing

Makanan kucing adalah perlengkapan dasar kucing yang wajib untuk pemula. Ada 3 jenis makanan kucing, yaitu makanan basah (dry food), makanan kering (wet food), dan makanan olahan sendiri (raw food). Makanan olahan sendiri biasanya dibuat dari ikan, daging ayam, maupun hati ayam yang direbus. Namun, makanan olahan ini tidak saya rekomendasikan kalau kamu termasuk tipe orang yang sangat sibuk. Sebabnya, perlu persiapan ekstra untuk membuat raw food. Nah, sebagai solusi kamu bisa sediakan makanan kering dan makanan basah saja. Saya biasanya menyediakan makanan kering dan makanan basah sekaligus. Makanan kering menjadi makanan yang rutin diberikan, sementara makanan basah hanya sebagai selingan.

Ada banyak merek dan varian makanan kucing yang dijual di petshop. Harganya mulai dari Rp20.000,00 per kilo sampai dengan ratusan ribu rupiah. Untuk rekomendasimu, saya bagikan beberapa merek dan varian yang pernah saya coba untuk kucing-kucing di rumah.

Merek & VarianHarga
Bolt (tuna) adult dry food (repack 1 Kg)Rp23.000,00
Me-O (tuna) adult dry food (freshpack 1,2 Kg)Rp57.000,00
Kitchen Flavor (grain free) adult dry food (freshpack 1,5 Kg)Rp125.000,00
Friskies (seafood sensation) adult dry food (freshpack 1,2 Kg)Rp67.500,00
Super Cat (tuna) adult wet food (kemasan pouch 85gr)Rp5.000,00
Whiskas (tuna) adult wet food (kemasan pouch 85gr)Rp5.500,00
Whiskas (tuna) adult wet food (kemasan kaleng 400gr)Rp19.000,00
Life Cat (Chicken) kitten wet food (kemasan pouch 85gr)Rp5.000,00
Me-O (tuna) adult wet food (kemasan kaleng 400gr)Rp19.000,00

Catatan penting: Makanan akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan tubuh si kucing. Jadi, saat akan membeli makanan kucing, pastikan kamu membeli yang sesuai dengan usianya. Ada perbedaan kandungan nutrisi untuk kitten, kucing dewasa (adult), dan kucing senior. Keterangan usia tersebut biasanya dicantumkan pada kemasan. Pastikan untuk mengeceknya, ya.

Bagi kamu yang belum tahu cara menyimpan makanan kucing, silakan baca panduan ini terlebih dahulu:

2. Tempat makan kucing

Kamu perlu menyediakan tempat makan tersendiri untuk kucingmu. Tempat makan kucing sudah didesain khusus supaya makanan tidak mudah tumpah atau berceceran. Sediakan minimal 2 tempat makan supaya ada cadangan saat salah satu dicuci.

Di petshop tersedia pilihan tempat makan kucing dengan jenis, bahan, dan ukuran yang bervariasi. Mulai dari bahan plastik, keramik, dan stainless steel. Jenisnya pun ada yang single bowl, double bowl, sampai tempat makan kucing otomatis yang berteknologi canggih. Tempat makan berbahan keramik atau stainless steel lebih  saya rekomendasikan. Karena tidak mudah bau dan awet. Untuk ukuran, sesuaikan kedalaman wadah dengan ukuran kucing kamu supaya dia tidak kesulitan saat makan.

Saran saya, kalau kamu memiliki aktivitas yang sangat padat dan sering keluar kota, gunakan tempat makan otomatis (dispenser otomatis). Tempat makanan otomatis ini fungsinya untuk menyimpan makanan kucing dalam jumlah yang lebih banyak. Makanan yang disimpan bisa keluar otomatis sesuai dengan pengaturan yang sudah dibuat sebelumnya. Jadi, kamu tidak perlu bolak balik mengisi makanan.

Sebagai gambaran, kamu bisa lihat kisaran harga beberapa tempat makan kucing yang saya rekomendasikan berikut ini.

JenisMerekKisaran harga satuan
Single bow anti semut – plastikChiro Plate 11Rp7.000,00
Double bowl anti semut – plastikChiro Plate 12Rp10.000,00
Single bowl – keramikIndo keramikRp25.000,00
Single bowl keramik – with wooden framePawfectRp149.000,00
Single bowl – stainless steelOctagonRp25.000,00
Single bowl – stainless steelHagen & LoganRp41.000,00
Dispenser biasa – small sizeChiroRp20.000,00
Dispenser biasa – medium sizeM-PetsRp285.000,00
Dispenser teknologi smart wifiBardiRp1.750.000,00

3. Tempat minum kucing

Tempat minum khusus juga penting untuk dipersiapkan. Kucing tidak boleh sampai kekurangan air minum karena akan mengganggu kesehatannya. Tempat minum kucing ini bisa kamu beli di petshop. Tersedia banyak jenis dan ukuran yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Untuk kepraktisan, kamu bisa membeli tempat minum yang jadi satu dengan tempat makan (model double bowl) atau yang model otomatis (dispenser). Namun, kalau saya lebih senang tempat minum biasa yang terpisah dari tempat makan (single bowl). Tujuannya supaya makanan tidak basah kalau terkena cipratan air. Begitu juga wadah air minumnya supaya tidak cepat kotor kalau ada makanan yang tidak sengaja jatuh ke dalamnya.

Untuk gambaran, saya berikan beberapa rekomendasi produk tempat minum beserta harganya.

JenisMerekKisaran harga satuan
Single bowl – plastikChiroRp7.000,00
Double bowl – plastikChiroRp10.000,00
Single bowl – stainless steelEquilibrioRp30.000,00
Dispenser plastik 900 mlHagen & LoganRp60.000,00
Water dispenser 1,5 LM-Pets NileRp155.000,00
Smart Water Fountain (Dispenser)BardiRp525.000,00

4. Kotak pasir kucing (litter box)

Perlengkapan kucing untuk pemula berikutnya adalah litter box. Pasir kucing lebih baik diletakkan di dalam kotak pasir khusus (litter box). Ini juga akan melatih si kucing untuk tertib buang kotoran di wadah yang sudah disediakan. Saat membeli, perhatikan ukuran kotak pasirnya. Sesuaikan dengan ukuran si kucing. Kalau ukurannya terlalu kecil, kotoran akan jatuh di luar kotak. Kalau istilah saya, si kucing jadi “offside”.

Kamu bisa membeli kotak pasir di petshop. Ada banyak merek dan ukuran yang bisa dipilih. Umumnya berbahan plastik dengan bentuk persegi empat tanpa penutup. Minimal punya dua kotak pasir supaya ada cadangan kalau yang satunya sedang dibersihkan.

Info harga kotak pasir kucing bisa kamu lihat di bawah ini, ya.

JenisMerekKisaran harga satuan
Kotak pasir biasa bahan plastik (ukuran besar)Rp25.000,00
Kotak pasir dengan tutup trimModernaRp170.000,00
Kotak pasir dengan tutup anti bau (ukuran besar)Cat itRp387.000,00

5. Pasir kucing (cat litter)

Pasir kucing adalah perlengkapan yang wajib ada di rumah. Fungsinya sebagai media untuk kucing buang air kecil (pipis) dan buang air besar (poop). Ini penting supaya kebersihan di dalam maupun di luar rumah tetap terjaga.

Pasir kucing ini ada yang jenis zeolit, pasir betonite, pasir kristal, sampai pasir organik (pelet). Kalau saya lebih suka menggunakan pasir bentonite untuk kucing-kucing di rumah. Alasannya karena pasir bentonite memiliki aroma yang wangi. Pasir ini juga mudah menggumpal ketika terkena cairan sehingga mudah dibersihkan.

Untuk referensi, kamu bisa cek daftar harga dari beberapa merek pasir kucing di bawah ini.

MerekHarga
Pasir gumpal wangi – merek Kawan (10 liter)Rp60.000,00
Pasir gumpal wangi – merek Markotops (10 liter)Rp60.000,00
Pasir zeolite – merek Kristal (25 Kg)Rp25.000,00
Pasir zeolite – merek Ecolite (30 Kg)Rp25.000,00
Pasir kristal wangi – merek Kit Cat (4 liter)Rp55.000,00
Pasir kristal – merek Silicat (5 liter)Rp105.000,00
Pasir organik – merek WootWood (10 Kg)Rp82.500,00
Pasir organik – merek Kawan (10 Kg)Rp135.000,00

6. Serokan

Kalau sudah punya kotak pasir dan pasir khusus kucing, maka serokan juga wajib disediakan. Fungsinya untuk memudahkan kamu mengangkat kotoran kucing dari pasir. Serokan ini biasanya didesain dengan lubang-lubang. Saat diangkat, pasir akan terpisah dengan sendirinya dari kotoran. Cek harganya di bawah ini.

JenisHarga
Serokan pasir plastik biasaRp7.000,00
Serokan pasir plastik merek Pakeway TomcatRp26.500,00
Serokan pasir stainless steel merek M-PetsRp85.000,00

7. Tempat menggaruk (scratcher)

Kucing memiliki naluri alami untuk mempertajam kukunya. Ini dilakukan dengan cara menggaruk benda-benda yang ada di sekitarnya. Kebiasaan menggaruk ini juga konon disebut menjadi cara kucing untuk menandai daerah kekuasaannya. Jadi, kalau kamu ingin furniture di rumah tetap aman tanpa bekas cakaran, sediakan tempat menggaruk khusus. Caranya mudah, kamu tinggal membelitkan tali tambang ke salah satu kaki meja/kursi. Kucing akan dengan sendirinya menjadikan tali tambang tersebut sebagai tempatnya menggaruk. Kamu juga bisa menggunakan papan yang dibelitkan tali tambang untuk membuat scratching post. Jika kamu bingung memilih produk garukan kucing, silakan baca tips memilih tiang garukan kucing terbaik di sini.

Nah, kalau kamu punya budget lebih, kamu bisa membeli cat condo. Cat condo ini didesain khusus bertingkat-tingkat untuk tempat kucing bermain. Di tiangnya juga dibuat lilitan tambang untuk tempat si kucing menggaruk kuku-kukunya.

ProdukHarga
Tali tambangRp4.000,00 per meter
Papan garukan kucing by PawmartIDRp68.000,00
Cat condo by Cat Craft Project (single tower)Rp99.000,00
Java cat condo tingkat 6Rp375.000,00

8. Kalung kucing

Untuk saya, kalung kucing adalah perlengkapan wajib yang harus dipersiapkan sejak awal. Kalung akan menjadi identitas bagi si kucing. Ada kemungkinan kucing belum bisa sepenuhnya beradaptasi dengan lingkungan baru di rumahmu. Kalau sudah begitu, sewaktu-waktu ia akan mencoba kabur keluar. Nah, dengan adanya kalung, ketika si kucing berada di luar, ia tidak akan dikira sebagai kucing liar. Kamu juga akan lebih mudah mencarinya. Dulu, kucing saya pernah ada yang kabur. Ketika mencari ke tetangga, saya tinggal menyebutkan ciri fisiknya. Termasuk ciri-ciri kalung yang dikenakannya.

Di petshop tersedia banyak sekali jenis dan model kalung kucing ini. Mulai dari yang model polos, gliter, berlonceng, sampai yang berliontin. Pilih saja yang paling sesuai dengan karakter kucingmu.

JenisMerekKisaran harga satuan
Kalung polos biasa berloncengRp6.000,00
Kalung kucing nilon model slopHagenRp20.000,00
Kalung kucing model slop motif stripesM-PetsRp38.000,00
Kalung kucing kulit model slop & liontin grafir namaLood.idRp75.000,00

9. Shampo kucing

Supaya bulu kucing tetap bersih, halus, dan bebas dari kutu, maka kamu perlu memandikannya. Apalagi kalau kucing yang akan kamu pelihara adalah kucing stray hasil rescue. Di petshop tersedia banyak pilihan shampo untuk kucing dari berbagai merek. Manfaatnya juga bermacam-macam. Mulai dari shampo kucing untuk bulu rontok, shampo anti kutu, shampo anti jamur, sampai shampo untuk melembutkan bulu. Kamu tinggal pilih yang sesuai kebutuhan.

Gambaran harganya bisa kamu lihat di bawah ini, ya. Beberapa di antaranya sudah pernah saya gunakan juga untuk kucing-kucing kesayangan di rumah.

MerekHarga
Rainbow natural shampo (250 ml)Rp15.000,00
M-Pets disinsecttization shampo (250 ml)Rp70.000,00
EcoPet flea & tick (100 ml)Rp20.000,00
PureVet Shampo + conditioner (250 ml)Rp65.000,00

10. Mainan kucing

Perlengkapan kucing untuk pemula yang terakhir adalah mainan kucing. Mainan kucing bisa membantu meredakan stres pada kucing. Terutama saat dia baru beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sibukkan si kucing dengan mainan sehingga ia bisa lebih santai dan gembira. Nah, kalau kamu juga mau membangun kedekatan dengan si kucing, mainan ini bisa menjadi media yang tepat, lho. Ajak dia bermain dan berinteraksi denganmu. Coba kamu beli beberapa mainan ini, dijamin seru, deh.

Jika kamu belum mahir dalam memilih mainan kucing, silakan baca dulu tips memilih mainan kucing di sini. Dan untuk kamu yang belum tahu seperti apa wujud mainan kucing, silakan baca terlebih dahulu 20 contoh mainan yang disukai kucing persia. Terakhir, bagi kamu yang penasaran tentang harga mainan kucing, silakan lihat tabel di bawah ini:

JenisHarga
Mainan bentuk tikus berbunyiRp6.000,00
Mainan stik bulu dan berloncengRp15.000,00
Mainan interaktif bola pelangiRp3.500,00
Mainan kucing catnip bentuk ikanRp30.000,00
Mainan kucing lampu laser pointerRp25.000,00
Mainan per tikus dan berloncengRp13.500,00
Mainan kucing circuit ball dan catnip massageRp168.000,00

Daftar perlengkapan kucing tambahan khusus untuk pemula

Perlengkapan kucing tambahan ini tidak perlu sekaligus kamu beli. Cicil saja satu per satu sesuai dengan budget yang tersedia. Sesuaikan juga dengan kondisi si kucing, apakah memang membutuhkan beberapa perlengkapan ini.

1. Kandang kucing

Kandang bisa jadi solusi kalau kamu tidak mau si kucing berkeliaran di luar rumah. Belilah kandang yang berukuran lebar dan tinggi. Jangan sampai kucingmu tidak bisa bergerak bebas di dalamnya. Selain ukuran kucing, kamu juga perlu mempertimbangkan space untuk meletakkan kotak pasir dan tempat makan dan minum si kucing. Alokasikan dana yang cukup untuk membeli kandang besar daripada kucingmu malah stres karena ditempatkan di kandang yang sempit.

Ke depannya, kandang ini juga bisa bermanfaat kalau ternyata si kucing sedang sakit. Kucing-kucing di rumah saya hampir semuanya tidak menggunakan kandang. Mereka bebas saja bermain di dalam rumah. Namun, saya tetap membeli kandang sebagai persediaan. Saya membeli kandang kucing alumunium. Kandang kucing ini terlihat modern dan mewah. Dan yang fitur yang paling saya suka adalah praktis untuk dibersihkan dan dibongkar pasang. Jadi, kalau mau pindahan kontrakan, tinggal bongkar dan rakit lagi. Hehe. Saat ada yang sakit dan membutuhkan perawatan ekstra, kandang pasti terpakai. Untuk persiapan dana, kamu bisa lihat kisaran harga kandang kucing di bawah ini.

ModelMerekHarga
Kandang kucing ukuran LOctagonRp300.000,00
Kandang tingkat 3 dan beroda (bisa dilipat)KryptonRp520.000,00
Kandang tingkat 4 dan berodaOctagon C-220Rp1.450.000,00

2. Keranjang kucing / pet cargo

Keranjang kucing menjadi perlengkapan berikutnya yang bisa kamu beli bertahap. Pet cargo ini nantinya bisa kamu gunakan saat akan membawanya bepergian. Misalnya kalau mau ke dokter hewan. Ada banyak pilihan keranjang kucing, tapi saran saya, pilih yang bahannya kuat. Tidak semua kucing suka dimasukkan ke dalam keranjang. Biasanya si kucing akan berontak bahkan mengamuk. Beberapa keranjang bisa dijebol dengan mudah. Jadi, bisa dibayangkan seandainya keranjang yang kamu beli bahannya kurang bagus. Cek rekomendasi keranjang / pet cargo berikut ini.

MerekHarga
Keranjang kucing merek Rio (ukuran besar)Rp70.000,00
Keranjang kucing merek Rio premiumRp65.000,00
Pet cargo merek Sweet (ukuran sedang)Rp135.000,00
Pet cargo merek Octagon DeluxeRp160.000,00

3. Grooming kit

Untuk lebih menghemat biaya grooming ke salon hewan, ada baiknya kamu memiliki perlengkapan grooming sendiri. Apalagi kalau kucingmu adalah jenis berbulu panjang. Perlengkapan grooming ini biasanya minimal berisi sisir khusus kucing, gunting kuku, alat kikir, dan sikat. Berikut referensi harga grooming kit.

MerekHarga
Alat grooming – Pet combRp65.000,00
Grooming Kit – Care SetRp105.000,00
Grooming kit for shorthair cat – merek CatitRp550.000,00
Grooming kit for longhair cat – merek CatitRp650.000,00

Kamu baru pertama kali grooming kucing? Untuk pemula, silakan baca panduan ini terlebih dahulu:

Siapkan obat dan vitamin di kotak P3K khusus kucing untuk keadaan darurat

Kucing bisa sakit sewaktu-waktu. Kamu perlu punya persediaan kotak P3K khusus kucing. Saat ada kondisi darurat, kamu bisa segera memberi pertolongan pertama sebelum membawanya ke dokter hewan. Selama ini, saya selalu sedia kotak P3K untuk kucing-kucing di rumah. Isinya ada 5 hal ini dan sudah terbukti menolong sekali tiap ada kucing yang mendadak sakit.

1. Virgin Coconut Oil (VCO)

VCO ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kucing. Mulai dari membantu memulihkan luka, anti jamur, sampai memulihkan energi. Untuk lebih jelasnya, silakan baca 17 manfaat minyak VCO untuk kucing di sini. Kamu bisa membelinya VCO di apotek terdekat. Harganya mulai dari Rp20.000,00an.

2. Norit

Norit bisa difungsikan sebagai penyerap racun dan obat anti diare. Obat berwarna hitam legam ini merupakan karbon aktif yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan. Kamu bisa membelinya di minimarket, toko obat, atau apotek. Harganya lumayan murah, yaitu sekitar Rp16.000,00 saja. Oh iya, setelah mengonsumsi norit, warna feses kucing memang akan berubah jadi hitam. Jadi, tidak perlu khawatir dengan warna feses yang berubah, ya.

3. Antiseptik & perlengkapan untuk luka

Berkelahi dengan sesama kucing, ditabrak, atau garukan yang terlalu keras bisa mengakibatkan luka pada kucing. Kamu bisa memberi pertolongan pertama dengan antiseptik dan perlengkapan untuk luka ini. Belilah rivanol, betadine, perban, dan kain kassa potong untuk disimpan dalam kotak P3K khusus.

4. Spuit atau pipet

Saat sakit, kucing menjadi kehilangan selera untuk makan dan minum. Kalau kondisinya sudah seperti ini maka kamu perlu membantu menyuapinya dengan menggunakan spuit (alat suntik tanpa jarum) atau pipet. Bagi pemula yang belum pernah menyuapi kucing sakit, silakan baca panduan cara memberi makan kucing sakit terlebih dahulu. Di sana, saya sudah menjelaskan step by step cara ampuh memberi makan kucing sakit.

Di mana saya bisa membeli spuit? Kamu bisa membeli spuit di toko obat atau apotek. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp1.500,00 – Rp3.500,00 saja.

Catatan: selain untuk kucing sakit, spuit sangat berguna bagi pemilik kucing yang sedang memelihara anakan kucing umur kurang dari 2 bulan. Karena bayi kucing tersebut belum bisa makan sendiri. Kamu perlu menyuapi anak kucing dengan spuit.

Jadi, berapa budget yang harus disiapkan untuk membeli perlengkapan kucing untuk pemula?

Berdasarkan daftar tadi, kamu perlu menyiapkan budget yang tidak sedikit, lho. Yuk, coba saya kasih hitungannya.

Perkiraan budget untuk perlengkapan wajib

Daftar perlengkapanJumlah beliTotal harga
Makanan kering Bolt 1 Kg2 KgRp46.000,00
Makanan basah Whiskas kaleng2 kalengRp38.000,00
Tempat makan single bowl2 pcsRp14.000,00
Tempat minum double bowl2 pcsRp20.000,00
Kotak pasir biasa2 pcsRp50.000,00
Pasir kucing wangi merek Kawan10 LRp60.000,00
Serokan biasa1 pcsRp7.000,00
Tali tambang untuk garukan kucing5 meterRp20.000,00
Kalung kucing model biasa1 pcsRp6.000,00
Shampo rainbow natural1 botolRp 15.000,00
Mainan stik1 pcsRp15.000,00
Mainan tikus berbunyi1 pcsRp6.000,00
TotalRp297.000,00

Perkiraan budget untuk perlengkapan tambahan

Daftar perlengkapan wajibJumlah beliTotal harga
Kandang kucing ukuran L Octagon1 pcsRp300.000,00
Keranjang kucing Rio ukuran besar1 pcsRp70.000,00
Alat grooming pet comb1 paketRp65.000,00
TotalRp435.000,00

Perkiraan budget untuk perlengkapan P3K

Daftar perlengkapan wajibJumlah beliTotal harga
Virgin Coconut Oil1 botolRp29.000,00
Norit1 pcsRp16.000,00
Antiseptik (rivanol, betadine, perban, kassa)1 paketRp55.000,00
Spuit 3cc2 pcsRp7.000,00
TotalRp107.000,00

Perlengkapan yang saya pilih untuk masuk di hitungan budget tersebut sudah saya pilihkan yang jenis dan modelnya standar. Berdasarkan pengalaman saya, perlengkapan model standar tersebut sudah cukup untuk permulaan memelihara kucing. Makanan dan pasir kucing yang saya masukkan tersebut juga cukup untuk persediaan antara 2 – 3 minggu awal. Kalau budget belum mencukupi, kamu bisa membelinya secara bertahap supaya tidak membebani. Namun, pastikan kamu mendahulukan perlengkapan wajib dan perlengkapan P3K, ya.

Catatan penting! Perkiraan harga ini bisa saja menjadi lebih mahal karena pasti ada perbedaan harga di setiap toko. Belum lagi kalau kamu tertarik dengan produk dari merek lain yang ternyata harganya lebih mahal. Jadi, penting untuk kamu mengecek ulang harga semua item yang akan dibeli.

Nah, sekarang tinggal bersiap jemput si meong

Itulah daftar perlengkapan kucing untuk pemula yang perlu dipersiapkan saat kamu akan mengadopsi kucing untuk pertama kalinya. Total biaya untuk membeli perlengkapan kucing tersebut memang lumayan menguras isi dompet karena mencapai ratusan ribu rupiah. Namun, kalau budgetmu belum mencukupi, kamu bisa membelinya secara bertahap. Dimulai dari perlengkapan wajib dulu, ya. Kalau sudah mulai lengkap, maka kamu bisa segera membawa si meong ke rumah.

Akhir kata, apakah ada perlengkapan kucing untuk pemula yang saya lewatkan? Ingatkan saya melalui kolom komentar sekarang. Dengan begitu, kritik dan saran kamu dapat membantu saya memperbaiki artikel ini. Saya tunggu ya. Makasih.

Baca lebih lanjut: Cara merawat anak kucing umur 2 bulan tanpa induk »