Home » Info Kucing

10 rekomendasi anime kucing terbaik untuk mengisi liburan

Pecinta kucing cenderung suka dengan segala sesuatu tentang kucing. Salah satunya adalah anime tentang kucing, benar tidak? Apalagi, karakter kucing di anime itu lucu-lucu dan digambarkan dengan bentuk, karakter dan kemampuan yang unik. Contohnya seperti Doraemon yang menjadi karakter utama, hingga Kirara di Inuyasha sebagai karakter pendukung. Apa hanya 2 anime itu saja yang punya karakter kucing? Tentu tidak. Setidaknya ada 8 rekomendasi anime tentang kucing lainnya yang bisa kamu tonton. Mau tahu apa saja itu? Berikut rekomendasi animasi tentang kucing khusus untuk kamu.

1. Doraemon

Rekomendasi anime kucing yang akan saya bahas pertama kali adalah Doraemon. Doraemon digambarkan sebagai robot kucing berwarna biru dengan kalung lonceng, hidung merah, berkantong dan tidak memiliki telinga. Awalnya, Doraemon merupakan manga yang diterbitkan di majalah anak-anak tahun 1969. Doraemon kemudian dijadikan anime mulai tahun 1979.

Manga dan anime karya Fujiko F. Fujio ini berkisah tentang robot kucing masa depan abad ke-22 bernama Doraemon. Tujuan Doraemon datang ke masa kini adalah membantu anak bernama Nobita Nobi. Dengan begitu, keluarga Nobita di masa depan bisa terbebas dari jeratan hutang.

Untuk membantu Nobita, Doraemon menggunakan alat canggih dari masa depan. Namun, karena penggunaan gadget yang tidak bertanggung jawab, akhirnya mengakibatkan masalah.

Dari anime Doraemon, banyak hal relate dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari sifat malasnya Nobita, sombongnya Suneo, hingga persahabatan antara Nobita dan Doraemon.

Seperti di film Doraemon, yaitu Stand By Me. Di film ini, Doraemon harus kembali ke masa depan sehingga harus berpisah dari Nobita.

Nobita yang mengetahui itu, berusaha sekeras mungkin agar Doraemon tetap tinggal. Hingga pada akhirnya Doraemon kembali karena diizinkan untuk tetap tinggal bersama Nobita.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa menonton film Doraemon yang diproduksi mulai tahun 1980 hingga 2020. Jadi, kamu bisa memilih film Doraemon mana yang ingin kamu tonton bersama keluarga kamu.

2. Hataraku Onii-san!

Hataraku Onii-san! dikenal juga dengan nama Working Buddies. Anime dengan durasi 4 menit per episode ini dibuat oleh Yoshiki Usa.

Hataraku Onii-san! ditayangkan di tahun 2018 yang terdiri dari 2 season. Season 1 terdiri dari 12 episode (6 Januari-23 Maret 2018). Sedangkan season 2 terdiri dari 11 episode (6 Juli-21 September 2018).

Hataraku Onii-san! bercerita tentang Chatorazawa Tapio dan Roshihara Kuehiko. Tapio merupakan kucing calico atau kucing domestic kembang tiga atau kucing kembang telon. Sedangkan Kuehiko merupakan kucing biru Rusia.

Tapio dan Roshihara memiliki 2 kepribadian yang berbeda. Tapio memiliki kepribadian yang ceria. Sedangkan Kuehiko memiliki kepribadian yang pendiam.

Dikisahkan dalam Hataraku Onii-san!, Tapio dan Kuehiko merupakan mahasiswa di satu universitas. Keduanya bekerja bersama di beberapa pekerjaan paruh waktu.

Di setiap episodenya, Tapio dan Kuehiko menjalani pekerjaan dan tantangan yang berbeda. Dalam setiap pekerjaannya, Tapio dan Kuehiko akan bertemu dengan berbagai macam karakter.

Jadi, kamu bisa menjadikan  Hataraku Onii-san! sebagai salah satu anime favorit atau pembelajaran. Apalagi, kamu menonton Hataraku Onii-san! bersama anak, adik, sepupu, keponakan kamu.

Kenapa? Ada beberapa alasan kenapa rekomendasi anime kucing ini menarik, diantaranya:

  • Grafisnya sederhana.
  • Jalan cerita yang mudah dimengerti.
  • Karakter yang digunakan adalah karakter hewan. Misalnya kambing, kelelawar, rubah.

3. Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue

Rekomendasi anime kucing berikutnya adalah Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue atau dikenal dengan nama Hizaue. Anime ini memiliki judul lain yaitu My Roommate is a Cat.  Jika diartikan, Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue berarti My Roommate is on My Lap, but Sometiems, on My Head.

Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue dibuat oleh Minatsuki dan Asu Futatsuya sejak Juni 2015. Kemudian diadaptasi menjadi anime pada tanggal 9 Januari-27 Maret 2019. Setiap episodenya berdurasi sekitar 23 menit.

Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue menceritakan tentang seorang novelis misteri introvert bernama Mikazu Subaru. Hidup Subaru terlihat monoton dan ia menganggap bahwa orang lain adalah gangguan ketika dia berimajinasi.

Subaru kemudian berziarah dan diserang oleh kucing liar kelaparan. Kucing tersebut terlihat hendak memakan sajian persembahan yang ada di makam.

Uniknya, kejadian tersebut justru menjadi inspirasi menulis untuk Subaru. Subaru kemudian memutuskan memelihara kucing dengan motif bulu seperti tuxedo tersebut dan menamainya dengan nama Haru.

Lalu, kenapa harus menonton Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue? Karena Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue menceritakan tentang persahabatan antara kucing dan manusia. Kamu dan kucing kamu yang sama-sama saling membutuhkan dan mengerti akan related dengan ceritanya.

Apalagi nih, dalam 1 episode Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue ada 2 segmen dari 2 sudut pandang yang berbeda. Segmen 1 dari sudut pandang Subaru. Sedangkan segmen 2 dari sudut pandang Haru.

Adanya 2 segmen ini tentu akan membantu kamu memahami tindakan/perilaku yang dilakukan oleh keduanya. Jadi, lewat anime ini, kamu bisa mencoba lebih memahami perilaku kucing yang sering kali tidak dimengerti oleh pemiliknya.

4. My Neighbor Totoro

Kalau kamu pecinta animasi Studio Ghibli, My Neighbor Totoro adalah salah satu anime yang wajib ditonton. Animasi yang memiliki nama lain Tonari no Totoro ini ditulis dan disutradari oleh Hayao Miyazaki. Bahkan Totoro menjadi icon tersendiri dan digandrungi hingga saat ini.

My Neighbor Totoro bercerita tentang Satsuke dan adiknya Mei yang tinggal di rumah tua bersama ibunya yang sakit. Satsuke dan Mei kemudian menjelajahi rumah dan lingkungan sekitarnya. Mereka kemudian bertemu dengan berbagai roh dan salah satunya adalah Totoro.

Lalu, mana karakter kucingnya?

Di anime yang tayang tahun 1988, kamu bisa melihat beberapa karakter unik salah satunya adalah Nekobus atau Catbus. Karakter ini memiliki bentuk kucing dengan senyum lebar dan berperan sebagai bus.

Catbus memiliki warna orange dengan bulu yang cukup lebat dengan 12 kaki. Di My Neighbor Totoro, Totoro, Mei dan Satsuke menggunakan Catbus sebagai alat transportasi. Catbus sendiri mengeluarkan sinar seperti lampu dari matanya untuk penerangan jalan.

Walaupun bukan menjadi pemeran utama, namun Nekobus cukup menarik perhatian dengan bentuknya yang unik. Sekilas, Catbus terlihat sama dengan Cheshire Cat yang ada di Alice in Wonderland. Apalagi senyum Catbus yang lebar.

Jadi, tidak heran kalau kamu menemukan banyak mainan atau boneka berbentuk Nekobus. Bahkan, Catbus dan karakter yang dibuat Miyazaki, diparodikan dalam The Simpsons episode Married to the Blob.

5. Inuyasha

Inuyasha: A Feudal Fairy Tale Isekai atau Sengoku Otogizoshi Inuyasha adalah manga buatan 13 November 1996-18 Juni 2008. Manga yang dikenal dengan nama Inuyasha ini kemudian diadaptasi menjadi anime dan terbagi dalam 2 seri, yaitu:

  • Seri pertama: 16 Oktober 2000-13 September 2004.
  • Seri kedua, Inuyasha dengan 26 episode: The Final Act: 3 Oktober 2009-29 Maret 2010.

Rekomendasi anime kucing ini bercerita tentang Higurashi Kagome dari masa depan terjatuh ke sumur keramat di rumahnya. Ia kemudian masuk ke masa Sengoku.

Kagome bertemu dengan banyak siluman dan diserang karena memiliki Bola Empat Arwah atau Shiko no Tama. Kagome kemudian bertemu dengan Inuyasha yang tersegel.

Petualangan dimulai saat Shiko no Tama ditelan siluman Shibugarasu. Siluman tersebut dipanah oleh Kagome sehingga menyebabkan Shiko no Tama terpecah dan terpencar.

Dalam petualangannya, Kagome dan Inuyasha bertemu dengan Sango dan kucing peliharaannya bernama Kirara. Kirara memiliki bentuk yang imut dengan 2 ekor. Walaupun terlihat imut, Kirara mampu merubah penampilannya menjadi besar.

Kirara dalam bentuk yang besar tetap memiliki mata merah dengan gigi taring yang panjang. Dalam bentuk ini, Kirara dijadikan sebagai kendaraan oleh Sango dan partner bertarung.

Dalam cerita Inuyasha, Kirara memiliki kemampuan seperti:

  • Berubah dari kecil ke besar.
  • Memiliki kemampuan terbang.
  • Bisa menggunakan dan tahan terhadap api.
  • Kemampuan bertarung yang hebat.
  • Kecepatan tinggi.

Namun, dibalik kemampuan bertarungnya, saat di wujud kecilnya, Kirara sama seperti anak kucing pada umumnya. Kirara suka makan makanan kucing, bermain, tidak suka air. Jadi, tidak heran kalau para pecinta Inuyasha, termasuk saya, sangat menyukai Kirara.

6. Sailor Moon

Bishojo Senshi Sera Mun atau Pretty Soldier Sailor Moon atau Sailor Moon bercerita tentang 5 gadis berkekuatan super. Kekuatan tersebut berasal dari elemen alam dan tata surya untuk melawan musuh, mencari Putri Bulan dan Kristal Perak.

Sailor Moon pertama kali tayang tahun 1992 dan memiliki 5 season, yaitu:

  • Sailor Moon (1992-1993).
  • Sailor Moon R (1993-1994).
  • Sailor Moon S (1994-1995).
  • Sailor Moon SuperS (1995-1996).
  • Sailor Moon Sailor Star (1996-1997).

Dalam anime Sailor Moon, ada 3 kucing imut nan menggemaskan bernama Luna, Artemis dan Diana. Faktanya, dalam cerita, ketiga kucing tersebut adalah alien.

Luna adalah kucing hitam yang menjadi mentor dan penjaga Sailor Moon. Artemis si kucing putih adalah mentor Sailor Venus. Sedangkan Diana adalah anak dari Luna dan Artemis dan mentor dari Chibiusa Tsukino.

Artemis dan Luna berasal dari planet Mau. Dalam bahasa Mesir, Mau berarti Kucing. Dalam dunia nyata, Luna dan Artemis merupakan Egyptian Mau yang merupakan kucing domestic dengan bulu yang pendek.

Uniknya, author Sailor Moon yaitu Naoko Takeuchi menggunakan latar belakang Mesir Kuno untuk membuat Planet Mau. Menurut Sejarah, orang Mesir Kuno menyembah Bastet yang merupakan dewi kucing. Bastet akan menjatuhi hukuman bagi orang yang melukai dan membunuh kucing.

Bukan hanya latar belakang, Naoko Takeuchi juga memilih nama secara hati-hati untuk karakter kucing di Sailor Moon. Buktinya, Luna, Artemis dan Diana memiliki arti yang sama, yaitu bulan. Walaupun begitu, Luna, Artemis dan Diana memiliki karakter dan peran yang berbeda.

Luna

Luna merupakan kucing betina berwarna hitam yang dimiliki oleh Usagi Tsukino (Sailor Moon). Luna memiliki mata biru. Namun, di anime, Luna digambarkan memiliki mata merah.

Luna memiliki lambang bulan sabit berwarna kuning di dahinya. Tanda tersebut melambangkan bahwa Luna termasuk ke dalam Silver Millenium.

Sebelum menjadi mentor Usagi, Luna adalah pelayan dari Putri Serenity. Ketika kerajaan jatuh, Luna dan Artemis ditidurkan dan dikirim ke bumi. Luna kemudian bangun dan menemukan Usagi kemudian mengajari Usagi untuk menjadi Sailor Moon.

Fakta uniknya, Luna memiliki cerita special yang disebut dengan The Lover of Princess Kaguya. Dalam cerita ini, Luna bisa berubah menjadi manusia dan jatuh cinta dengan pria yang bernama Kakeru. Cerita tersebut kemudian diadaptasi menjadi Sailor Moon S: The Movie.

Artemis

Artemis adalah kucing jantan berwarna putih dengan mata biru. Artemis memiliki lambang bulan sabit kuning di dahinya. Artemis memiliki sifat yang sedikit malas sehingga terkadang mendapatkan masalah bersama Luna.

Artemis pertama kali muncul di anime saat Sailor Venus muncul menolong Sailor Senshi. Di video games, Artemis muncul pertama kali lewat Sailor V.

Diana

Dalam cerita Sailor Moon, Diana datang dari abad ke-30. Diana muncul pertama kali di Sailor Moon Super S.

Diana merupakan anak dari Luna dan Artemis. Diana memiliki bulu berwarna abu dan bermata merah.

Diana memiliki lambang bulan sabit seperti Luna dan Artemis. Bahkan Diana juga memiliki kemampuan untuk bertransformasi menjadi manusia.

7. Fairy Tail

Fairy Tail termasuk manga shonen karya Hiro Mashima yang diterbitkan sejak Agustus 2006-2017. Fairy Tail kemudian diadaptasi menjadi anime sejak tanggal 12 Oktober 2009. Anime ini dibagi menjadi 3 season, yaitu:

  • Season 1: 12 Oktober 2009-30 Maret 2013.
  • Season 2: 5 April 2016-26 Maret 2016.
  • Season 3: 7 Oktober 2018-29 September 2019 dengan 51 episode.

Fairy Tail berkisah mengenai Natsu Dragneel, anggota guide penyihir dan berpetualang di Earth-Land mencari nama bernama Igneel. Di awal petualangan, Natsu hanya ditemani dengan Lucy Heartfilia dan Happy yang merupakan kucing Exceed dari Extalia.

Happy digambarkan sebagai kucing imut berwarna biru dan bermata hitam besar. Happy bisa mengeluarkan sayapnya dan menggunakannya untuk terbang.

Happy memiliki ekor panjang dengan ujung berwarna putih. Ekor ini bisa digunakan happy untuk memegang sesuatu.

Happy terlihat selalu membawa kantong berwarna hijau yang diikatkan di lehernya. Di kantong inilah, Happy menyimpan barang-barangnya seperti ikan yang sangat ia sukai.

Happy memiliki sifat yang loyal terutama dengan Natsu yang sudah bersama sejak Happy lahir. Walaupun terlihat lucu, Happy memiliki sifat yang cerdas dan kurang ajar terutama ke Lucy.

Happy memiliki kebiasaan yaitu mengatakan, “Aye!” atau “Aye Sir!”. Karena itulah karakter yang tidak suka dengan anjing ini begitu disukai oleh pecinta anime Fairy Tail.

8. Pokemon

Pocket Monsters atau Pokemon awalnya merupakan sebuah video games. Kemudian Pokemon diadaptasi menjadi animasi. Hingga sekarang,Pokemon menjadi salah satu animasi terpopuler di Jepang bahkan hingga saat ini.

Animasi ini bercerita tentang Ash Ketchum bersama dengan Pikachu untuk mencari pokemon, berlatih dan bertarung. Dalam perjalanannya, Ash atau Satoshi, bertemu dengan teman baru, berlatih, bertarung dan melawan tim Rocket.

Team Rocket adalah tokoh antagonis di Pokemon. Salah satu ikon Team Rocket adalah si kucing Meowth yang merupakan pokemon berbentuk kucing.

Pokemon Meowth memiliki kecepatan yang tinggi. Namun, Meowth Team Rocket berbeda dengan Meowth yang lainnya.

Meowth Team Rocket lebih sering menunjukkan kemampuan mencakarnya dibandingkan kemampuan bertarung. Bahkan, Meowth Team Rocket memiliki kemampuan lain yang tidak dimiliki pokemon lain yaitu berbicara dengan bahasa manusia. Bagaimana? Masih penasaran dengan rekomendasi anime kucing yang lain?

9. A Whisker Away

Jika kamu pernah berandai-andai untuk menjadi kucing, cobalah tonton A Whisker Away! Animasi dari Netflix yang tayang tanggal 18 Juni 2020 ini memiliki durasi 104 menit.

A Whisker Away bercerita mengenai Miyo Sasaki yang ingin meninggalkan kehidupannya sebagai manusia. Ia kemudian menemukan topeng yang merubahnya menjadi kucing. Ketika Miyo atau Muge menggunakan topeng, ia akan berubah menjadi Taro, kucing imut berwarna putih bermata biru.

Akhirnya, Muge memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melarikan diri dan mendekati orang yang disukai yaitu Kento Hinode.

Muge merasakan bahwa enak menjadi kucing. Ia bisa makan gratis, jalan-ajal tengah malam, dielus-elus, tidak memikirkan beban hidup. Ia bahkan merasakan dipedulikan oleh orang yang ada disekitarnya. Karena inilah, Muge tidak ingin menjadi manusia lagi.

Sebagai gantinya, wajahnya sebagai manusia berubah menjadi topeng. Kemudian, penjual topeng muncul dan mengatakan akan menjual topeng tersebut ke kucing yang ingin berubah menjadi manusia.

Hinode mengatakan pada Taro bahwa dia tidak membenci Miyo. Di saat bersamaan, keluarga dan teman Miyo mulai mencari Miyo yang terperangkap dalam tubuh kucing.

Miyo kemudian menyesal dan mencari cara untuk kembali lagi menjadi manusia. Miyo pergi ke sebuah pulau agar tidak menjadi kucing secara permanen.

Apakah Miyo berhasil? Ya dan pada akhirnya Miyo sadar kalau dia harus menghargai proses dan lebih mengendalikan emosi.

Uniknya, di akhir film terdapat kutipan neko wo kaburu yang artinya berpura-pura menjadi kucing. Secara tersirat, ungkapan tersebut bisa berarti membohongi diri atau lari dari masalah dan menjadi seekor kucing.

10. Chi’s Sweet Home

Rekomendasi anime kucing yang terakhir adalah Chi’s Sweet Home. Kalau kamu ingin anime yang bercerita tentang kehidupan kucing, Chi’s Sweet Home bisa jadi pilihan. Chi’s Sweet Home dibuat oleh Kanata Konami tahun 2004. Chi’s Sweet Home kemudian diadaptasi menjadi anime tanggal 31 Maret-26 September 2008 dengan 104 episode.

Anime ini berkisah tentang kehidupan seekor kucing yang bernama Chi. Chi memiliki warna abu-abu putih dengan garis hitam.

Karakter Chi merupakan kucing liar yang ditinggal mati induknya karena kecelakaan. Chi mencoba mencari keluarga baru. Hingga pada akhirnya Chi ditemukan oleh Youhei dan ibunya untuk dipelihara.

Setelah itu, Chi hidup bersama dengan Youhei dan orangtuanya. Chi mempelajari hal baru dan mendapatkan cinta dari keluarga barunya.

Poin penting

Setidaknya, ada 10 rekomendasi anime tentang kucing yang wajib kamu tonton saat luang, diantaranya:

  1. Doraemon
  2. Hataraku Onii-san
  3. Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue
  4. My Neighbor Totoro
  5. Inuyasha
  6. Sailor Moon
  7. Fairy Tail
  8. Pokemon
  9. A Whisker Away
  10. Chi’s Sweet Home

Jadi, dari rekomendasi tersebut, mana yang sekiranya paling ingin kamu tonton atau kamu sukai? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya. Dan jelaskan juga adegan paling berkesan yang masih kamu ingat. Hehe.

Baca lebih lanjut: 10 rekomendasi film kucing terbaik saat liburan »