Home » Info Kucing

10 rekomendasi breeder kucing di Indonesia

Para cat lovers semua tentu pernah mendengar istilah breeder atau pengembang biak kucing untuk menghasilkan anakan baru. Breeder ini sendiri biasanya mempunyai cattery (tempat di mana mereka memelihara kucing dan melakukan pembiakan). Menjadi breeder ini bisa sangat menyenangkan sekaligus mendatangkan keuntungan, lho. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang bekerja sebagai breeder kucing. Mereka harus benar-benar sayang terhadap kucing, serta siapa memberikan perawatan terbaik untuk si meong. Di Indonesia, ada banyak sekali cattery yang sudah terkenal karena kucing anakan yang mereka biakkan punya harapan hidup lama. Cattery ini juga sudah terdaftar di asosiasi/federasi/organisasi/klub (cat registry), yaitu FIFe (Federation Internationale Féline), CFA (Cat Fancier Association) atau ICA (Indonesian Cat Association). Berikut beberapa rekomendasi breeder kucing yang bisa kamu kepoin, ada Manggala Cat, Prabu Cattery, Tirtham Cattery, Mayaza Cattery, Buitenzorg Cattery, dan beberapa cattery lain. Untuk lebih detail terkait cattery di atas, simak dalam uraian kami berikut ini!

1. Manggala Cattery

Rekomendasi breeder kucing yang pertama adalah Manggala Cattery. Manggala merupakan cattery untuk kucing Sphynx, Exotic dan Persia. Berlokasi di Jl. Kayumanis Barat No 75, Jakarta Timur, Manggala terkenal karena sudah mengantongi izin dari tiga organisasi kucing terbesar di dunia yaitu FIFe (Federation Internationale Féline) / ICA (Indonesian Cat Association), CFA (Cat Fancier Association) serta TICA (The International Cat Association). Dalam mengembangbiakkan kucing, Manggala berupaya menghasilkan kucing dengan kriteria sesuai standard internasional yang punya ekspresi manis serta sifat yang bersahabat.

Kucing dari Manggala Cattery ini juga telah mengikuti beragam event dan show kucing. Hasilnya Manggala berhasil mendapat GIC (Grand International Champion) sebagai Best Judge, Best Female, Best Exotic dan ada yang mendapat Best High Scoring Championship Breed in Indonesia. Anakan dari Manggala cattery juga telah berhasil mendapatkan Best Scoring Kitten Breed in Indonesia, Judge Best Kitten, Best Kitten dan 2nd Best Indonesian Cat, serta 2nd Best Junior serta Judge Best Female. Saat ini mereka dipercaya untuk menjadi pengurus ICA Cabang Jakarta. Jadi, jika kamu sedang mencari kucing ras murni yang cantik, bisa ke Manggala Cattery.

2. Prabu Cattery

Breeder kucing yang kedua adalah Prabu Cattery. Berlokasi di Jakarta, bisnis breeder kucing ini dibuka pada tahun 2011 lalu. Sang pemilik, Mita, merupakan seorang pencinta kucing sejak tahun 2005. Prabu Cattery ini berdiri berkat terinspirasi kucing-kucing Bob Sadino. Prabu Cattery mengembangkan beberapa ras, di antaranya ras kucing Persia dan Exotic dari Parent Stock (indukan) import. Indukan kucing didatangkan dari USA, Perancis, Spanyol, Portugal, Belanda, Jerman, Swedia, dan Rusia. Prabu Cattery Juga mengembangkan beberapa line ternama seperti Cinema, Artemis, Boberan, Sunny Ridge, Budmar, Redfire / Blackfire, Maradan, Edenlover.

Prabu Cattery sudah terdaftar di tiga organisasi kucing terbesar dunia, CFA, FIFe, dan ICA. Penghargaan yang sudah diraih oleh breeder kucing ini juga sangat banyak, salah satunya adalah Best of Breed (Solid Persian Division), Breed Winner, Peringkat 1 di dunia untuk kelas Persia warna solid. Kucing pertama dan satu-satunya dengan gelar breed winner di Indonesia. Informasi lebih lengkap silakan lihat di website prabucattery.com.

3. Tirtham Cattery

Tirtham Cattery adalah breeder yang khusus bergerak mengembangbiakkan kucing jenis Maine Coon. Cattery ini terletak di Jl. Palem Hijau 3 No 28, Taman Beverly Lippo Cikarang, Bekasi. Indukan Tirtham Cattery ini merupakan kucing impor yang telah diuji. Kucing-kucing tersebut sudah melewati HD & PL screened, MYBPC3, PKD, FIP, FELV, serta DNA untuk HCM, ditambah uji klinis untuk HCM dari cattery asal mereka. Semua hasilnya negatif.

Cattery ini juga melayani adopsi anak kucing. Setiap pelanggan yang akan membeli atau mengadopsi diharuskan mengisi form yang kemudian dikirim melalui email. Informasi lengkap terkait breeder ini bisa kamu cek di laman website tirthamcattery.com atau whatsapp di +62818919146 dan +6282282222328.

4. Mockingjay Cattery

Mungkin inilah yang dinamakan dari hobi menjadi pekerjaan yang kemudian menjadi ladang uang. Adalah Anggita Elok Maharani, pemilik Mockingjay Cattery yang merupakan salah satu breeder sukses asal Kota Malang. Saat ini, Mockingjay Cattery memiliki berbagai macam jenis kucing, mulai dari Persia medium, Persia peaknose long hair, kucing ras exotic atau Persia short hair hingga Sphynx. Sama seperti para breeder lain, Mockingjay Cattery sudah terdaftar di FIFe (Federration International Feline)/ICA (Indonesian Cat Association), serta CFA (Cat Fancier Association).

Harga kucing di sini juga beragam, untuk anakan yang berumur 4-5 bulan, hewan imut ini bisa mencapai Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000. Sedangkan kitten yang sudah pernah ikut kompetisi, setidaknya dihargai Rp10 juta hingga Rp18 juta. Salah satu keunggulan membeli atau adopsi kucing di Mockingjay Cattery ini adalah monitoring perawatan oleh pihak cattery. Pemilik Mockingjay memberikan buku panduan perawatan hingga memberikan rekomendasi makanan serta berbagai perawatan yang cocok untuk si meong. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak, bisa berkunjung ke laman Instagramnya di @anggitaelokmaharani.

5. Dentine Cattery

Ada rekomendasi breeder kucing bagus di Surabaya, yaitu Dentine Cattery. Bagi kamu yang berada di Surabaya, kamu bisa banget berkunjung ke Dentine Cattery yang berlokasi di Jl. Gubeng Kertajaya 6C/16 Jawa Timur. Dentine adalah breeder kucing Maine Coon yang sudah mendapatkan sertifikat ganda (double pedigree) CFA & ICA dan kucing ras Persia long hair bersertifikat / pedigree ICA (Indonesian Cat Association).

Breeder kucing ini sudah berpengalaman dalam merawat dan mengembang biakkan kucing. Pemiliknya bahkan menjalin komunikasi dengan para breeder dari pulau Jawa dan luar Jawa. Tak heran kalau kemudian pelanggan yang datang ke Dentine Cattery berasal dari berbagai daerah. Nah, jika kamu ingin tau lebih banyak tentang breeder ini, kamu bisa berkunjung ke laman Instagramnya @dentinecattery atau ke website dentinecattery.com.

6. Buitenzorg Cattery

Kecintaan kepada kucing sejak kecil telah mengantarkan pemilik kucing ini mendirikan Buitenzorg Cattery. Berlokasi di Komplek Mina Bhakti No. 16, Kota Bogor, kucing yang dikembang biakkan adalah jenis ras British Shorthair (BSH). Breeder kucing ini juga sudah terdaftar di bawah naungan ICA (Indonesian Cat Association) yang berafiliasi dengan FiFe (Federation Internationale Feline).

Breeder kucing ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang baru memulai ingin punya kucing. Karena, Buitenzorg Cattery sangat mempertimbangkan kualitas kitten, termasuk bloodline dan kesehatannya. Layaknya cattery kebanyakan, di Buitenzorg kucing dewasa dan kitten sudah mendapatkan vaksin rutin. Kesehatan mereka benar-benar menjadi prioritas utama. Untuk informasi yang berkenaan adopsi atau pembelian, kamu bisa langsung menghubungi 0811112485 atau menghubungi akun Instagramnya di @buitenzorg_cattery.

7. Chelzmainecoon Cattery

Untuk para pecinta kucing yang ada di Bandung, kamu bisa banget ngepoin Chelz Maine Coon Cattery yang berlokasi di Jl. Katalina 1 No 8 Komplek Cendrawasih Cibereum Bandung. Berdiri pada 27 Oktober 2010, cattery ini sudah resmi terdaftar di Cat Fancier Association (CFA). Kucing yang berada di cattery ini dirawat dengan baik, diberikan vaksin rutin, obat cacing, serta berbagai perawatan lain.

Berdirinya cattery ini sendiri berawal dari kucing Persia flat nose pemberian Cathy Sharon dan Julie Estelle. Dari sana, sang pemilik berinisaitif membuka breeder sendiri. Ada berbagai warna kucing Maine Coon yang bisa diadopsi di cattery ini, mulai dari kucing dewasa hingga kitten. Bila ingin mengetahui lebih banyak tentang Maine Coon, kamu bisa langsung mengunjungi website chelzmainecoon.com, di sini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru tentang kucing yang siap adopsi.

8. Comba Cattery

Para pecinta kucing yang berada di Sumatera Selatan, kamu pasti tahu banget dengan Comba Cattery. Comba Cattery ini merupakan salah satu rumah breeder, surganya kucing Persia long hair yang cukup dikenal di Palembang. Kucing-kucing yang berada di cattery ini semua terawat dengan baik, bulunya lebat dan cantik, serta tingkahnya juga menggemaskan.

Beralamat di Jl. Cinde Welan No.40, 24 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, di Comba Cattery, kucing juga betah karena adalah cat room yang penuh dengan berbagai permainan. Seperti kebanyakan cattery lain, Comba Cattery sudah mengantongi izin resmi dari FiFe (Federation Internationale Feline) serta ICA (Indonesian Cat Association). Tempat ini bahkan pernah disinggahi oleh Bapak Bupati, bahkan juga terkenal di kalangan artis ibu kota. Informasi lengkap tentang Comba Cattery bisa kamu lihat di akun Instagramnya @combacattery.

9. Marsmeow Cattery Indonesia

Marsmeow merupakan salah satu cattery untuk berbagai jenis kucing, mulai dari British long hair, Maine Coon, Persian, dan juga Himalayan. Breeder ini beralamat di Villagio Cluster, Ciakar, Kec. Panongan, Tangerang, Banten. Cattery ini buka setiap hari (sesuai dengan janji temu dengan pelanggan). Cattery ini sudah mendapatkan sertifikat ICA (Indonesian Cat Association).

Melalui akun media sosial mereka, cattery ini sering berbagi informasi terkait dunia kucing. Sangat direkomendasikan bagi kamu yang mau belajar lebih banyak tentang kucing ras tertentu. Di akun sosial media mereka, kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak tentang adopsi, cara mengurus kucing yang masih anakan, serta cara merawat anak kucing, kamu bisa banget kepoin Instagram @marsmeow.id.

10. Giwarf Cattery

Rekomendasi breeder kucing yang terakhir adalah Giwarf Cattery. Giwarf Cattery berlokasi di Komplek Pesona Khayangan Blok CV 5, Jl. Margonda Raya, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Di cattery ini, mereka fokus membiakkan kucing ras British short hair, Scottish, dan Exotic short hair. Soal kualitas cattery, enggak usah ditanya lagi deh. Rumah breeder ini sudah teregistrasi di FiFe (Federation Internationale Feline) and Indonesian Cat Association (ICA), dan CFA sejak tahun 2017 lalu.

Kucing yang berada di cattery ini juga sudah rutin diberikan vaksin, obat cacing, serta dibawa ke vet secara rutin. Sehingga, sangat aman untuk diadopsi. Bagi kamu yang tertarik mengetahui lebih banyak tentang kucing-kucing di Giwarf Cattery ini bisa berkunjung ke akun Instagram @giwarfcattery, atau cari tahu lebih di website resminya giwarfcattery.weebly.com.

Nah, itulah beberapa rekomendasi breeder kucing terpercaya dan sudah mendapatkan sertifikat resmi dari FIFE, ICA, dan CFA. Kucing-kucing tersebut juga sudah terjamin kesehatannya. Mereka sudah divaksin secara rutin, dirawat dengan sepenuh hati, dan disediakan tempat yang layak. Jika kamu tertarik ingin mengadopsi atau membeli kucing, kamu bisa melihat informasi lengkapnya di website yang sudah disediakan. Semoga membantu ya!

Baca lebih lanjut: 17 rekomendasi makanan kucing grain free terbaik [2020] »