Home » Info kucing » 10 rekomendasi film kucing terbaik saat liburan

10 rekomendasi film kucing terbaik saat liburan

| | Category

Bagi saya, mungkin kamu juga, kombinasi antara film dan kucing itu menjadi daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak? Kelucuan kucing dan plot cerita film yang menarik menjadi kombinasi yang unik dan sangat mengibur. Apalagi, film tersebut bukan hanya memberikan kesenangan tetapi juga memberikan pesan moral tersendiri. Apa saja rekomendasi film kucing terbaik untuk mengisi liburan? Saya merekomendasikan 10 film kucing yang menarik. Mulai dari Garfield the Movie 2, Cats and Dogs 2 hingga Kedi. Masing-masing film memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat kamu tertarik menontonnya sampai akhir. Mulai dari perjalanan dan keseharian kucing hingga pertempuran antara kucing dan anjing. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut, jangan lewatkan informasi berikut ya.

1. Garfield the Movie 2

Garfield the Movie 2 (Garfield: a Tail of Two Kitties)
SutradaraTim Hills
ProduserJohn Davis
Pengisi suara Garfield Bill Murray
Rilis16 Juni 2006
Durasi78 menit
Rating5/10 (IMDB), 3.6/10 (Rotten Tomatoes)

Ketika kamu mendengar kata Garfield, kamu akan teringat dengan kucing jantan oranye yang bertubuh gembul. Bukan tanpa sebab Garfield begitu populer dan diingat hingga sekarang. Ini karena film Garfield dan karakter Garfield yang suka penggerutu dan lucu begitu menarik. Terutama untuk cat lovers.

Film Garfield pertama kali tayang pada tahun 2004 dengan nama Garfield: The Movie. Kemudian di tahun 2006, Garfield: a Tail of Two Kitties atau Garfield 2 tayang. Film ini disutradarai oleh Tim Hill dan diproduseri oleh John Davis.

Garfield the Movie 2 meminjam plot The Prince and The Pauper milik Mark Twain. Dalam film, Garfield dan Odie (karakter anjing) pergi ke London, Inggris. Tujuannya adalah untuk menyusul dan mengejutkan Jon Arbuckle yang sedang melamar pacarnya, yaitu Dr. Elizabeth Wilson.

Garfield dan Odie menyusup ke koper John setelah kabur dari kennel. Sesampainya di London, keduanya memutuskan untuk keluar dari hotel hingga akhirnya tersesat di jalanan London.

Di sisi lain, ada sebuah kastil bernama Carlyle Castle, Inggris. Di kastil tersebut hiduplah seekor kucing bernama Prince XII yang diwarisi kastil oleh Lady Eleanor. Uniknya, Prince XII ini memiliki penampilan, baik bentuk badan atau warna, yang sama seperti Garfield.

Garfield dan Prince XII bertukar peran secara tidak sengaja. Ini karena Jon menangkap Prince yang memanjat saluran pipa dan Garfield ditangkap Smithee, pelayan Prince.

Singkat cerita, baik Garfield ataupun Prince mencoba beradaptasi dengan kehidupannya. Konflik terjadi ketika Lord Dargis ingin merubah kastil menjadi real estate. dia bahkan tidak segan melakukan percobaan kepada Garfield.

Jon yang menyadari itu bukan Garfield, segera ke kastil untuk menyelamatkan Garfield. Bahkan, Liz juga menjadi sandera. Hingga akhirnya Jon dihadapkan pada pilihan untuk menyelamatkan Liz dari ancaman Dargins.

Kenapa harus menonton Garfield the Movie 2?

Ada beberapa alasan kenapa kami memberikan rekomendasi film kucing Garfield the Movie 2, diantaranya:

  • Karakter Garfield yang khas yang mungkin sebagian dari kamu related dengan sifat kucing seperti Garfield.
  • Cocok untuk disaksikan bersama keluarga terutama anak-anak.
  • Ceritanya ringan dan menarik untuk sekedar dijadikan sebagai selingan saat kamu sedang suntuk, stress atau capek.

2. Rent-a-Cat          

Rent-a-Cat (Rentaneko)
SutradaraNaoko Ogigami
ProduserKumi Kobata, Shuichi Komuro
Pemeran filmMikako Ichikawa (Sayoko) Reiko Kusamura (Toshiko Yoshioka) Ken Mitsuishi (Goro Yoshida) Maho Yamada (Megumi Yoshikawa) Kei Tanaka (Shigaru Yoshizawa)
Rilis2012 di Stockholm International Film Festival
Durasi110 menit
Rating6.9/10 (IMDB)

Rent-a-Cat merupakan film asal Jepang yang ditulis dan disutradarai langsung oleh Naoko Ogigami. Film ini pertama kali diputar di Stockholm International Film Festival (2012) dan berhasil merebut perhatian penontonnya. Rent-a-Cat bahkan diputar di 17th Busan International Film Festival.

Rent-a-Cat berkisah tentang seorang perempuan aneh yang bernama Sayoko. Sayoko sendiri sebenarnya termasuk orang yang kesepian sejak neneknya meninggal.

Hingga akhirnya ia tinggal bersama dengan kucing-kucingnya. Dari sinilah, Sayoko menyewakan kucing-kucingnya untuk orang-orang yang kesepian.

Kucing-kucing Sayoko kemudian disewa oleh orang-orang yang punya latar belakang yang bervariasi, diantaranya:

  • Wanita tua yang kehilangan suami dan kucingnya.
  • Seorang pria paruh baya yang harus berpisah dari keluarganya karena pekerjaan.
  • Perempuan yang bekerja sebagai resepsionis yang mempertahankan eksistensinya.
  • Pria yang memiliki hubungan dengan Sayoko.

Kenapa kamu harus menonton Rent-a-Cat?

Bagi kamu yang kesepian dan menganggap hanya ada kucing yang menemani kamu, film ini seakan memberi healing tersendiri. Kamu juga akan dibawa terhanyut dengan kisah dari para penyewa kucing milik Sayoko.

Selain itu, film Rent-a-Cat juga sudah diputar di 2 festival film, yaitu:

  • Stockholm International Film Festival (2012).
  • 17th Busan International Film Festival.

3. Cat a Wabb (Cat A.W.O.L) [2015]

Cat a Wabb (Cat A.W.O.L)
SutradaraPongsak Pongsuwan Nareubadee Wetchakam
PemeranPimchanok Leuvisadpaibul Arak Amornsupasiri Choosak Iamsook
Rilis4 Maret 2015 di Thailand
Durasi113 menit
Rating6.2/10 (IMDB)

Cat a Wabb (Cat A.W.O.L) menceritakan tentang Meyo, seorang gadis yang magang menjadi asisten sutradara di agency. Sosok Mo, seorang sutradara yang tampan langsung mencuri perhatian dari Meyo.

Mor kemudian mendapatkan tawaran kerjasama dari Jepang. Uniknya, model utamanya bukanlah seorang manusia melainkan seekor kucing. Kucing tersebut merupakan kucing kesayangan dari si klien.

Singkat cerita, Mor menyusun timnya dan Meyo. Selanjutnya, dia bergabung menjadi salah satu anggotanya. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan, Meyo berusaha untuk melakukan tugasnya dengan baik dan menjaga si kucing.

Hal tidak terduga terjadi kala kucingnya hilang dan hadirnya mantan kekasih Mor. Belum lagi nasib perusahaan yang diujung tanduk karena kucingnya hilang.

Kenapa kamu harus nonton Cat a Wabb (Cat A.W.O.L)?

Cat a Wabb (Cat A.W.O.L) cocok untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi film kucing yang memiliki cerita ringan, komedi dan ada romansanya. Selain itu, plot dan pengemasan cerita yang menarik akan membuat kamu terhibur saat menonton Cat a Wabb (Cat A.W.O.L). Apalagi kalau kamu penggemar Pimchanok Luevisadpaibul, Cat a Wabb tak boleh kamu lewatkan.

4. Stand By Me Doraemon 2 (2020)

Stand By Me Doraemon 2
SutradaraRyuichi Yagi Takashi Yamazaki
ProduksiShirogumi Robot Communications Shins-Ei Animation
Pengisi SuaraWasabi Mizuta Megumi Ohara Yumi kakazu Subaru Kamura
Rilis20 November 2002
Durasi96 menit
Rating5.5/10 (IMDB)

Siapa yang pernah terharu dan terbawa suasana setelah menonton Stand By Me Doraemon (2014)? Kamu tidak sendirian karena saya juga merasakannya.

Namun, ada kabar gembira karena ada Stand By Me Doraemon 2 yang rilis per tanggal 20 November 2020. Rilisnya film ini juga bertepatan dengan perayaan 50 tahun komik Doraemon. Walaupun terbilang baru, tetapi film ini cukup mendapatkan tanggapan yang baik.

Stand By Me Doraemon 2 (2020) menceritakan Nobita yang memiliki hidup lebih baik. Ia kemudian kembali ke masa lampau untuk bertemu dengan neneknya yang meninggal saat ia masih TK. Sang nenek juga ikut merasakan kesenangan dan ingin bertemu dengan Shizuka.

Nobita kemudian pergi ke masa depan untuk melihat pernikahannya. Sayangnya, Nobita dari masa depan panik, kabur dan kembali untuk menemui Doraemon. Nobita cemas dan takut bahwa dia bukanlah jodoh yang tepat untuk Shizuka.

Jika kamu mengikuti film Doraemon, plot Stand By Me Doraemon 2 berdasarkan pada film Doraemon yang sudah ada. Film tersebut adalah Doraemon: Obacan no Omoide (Doraemon: a Grandmother’s Recollections).

Kenapa harus menonton Stand By Me Doraemon 2 (2020)?

Tidak dapat dipungkiri jika Doraemon menjadi salah satu ikon kucing yang paling terkenal. Baik manga, anime, hingga filmnya sangat popular di seluruh dunia.

Stand By Me Doraemon 2 (2020) membawa kembali cerita dari film 20 tahun lalu. Jadi, kamu akan diajak untuk bernostalgia.

Di sisi lain, kalau kamu pernah menonton Stand By Me Doraemon yang rilis tahun 2014, film ini seakan jadi pelengkap. Khususnya untuk kamu yang ingin melihat bagaimana Nobita menikah di masa depan dengan Shizuka. 

5. Pets United (2019)

Pets United (2019)
SutradaraReinhard Klooss
ProduserHua SHen Reinhard Klooss Yan Xun
Pengisi suara Patrick Roche Natalie Dormer Eddie Marsan Jeff Burrell
Rilis8 November 2019
Durasi92 menit
Rating3.8/10 (IMDB), 3.2/10 Filmaffinity

Pets United (2019) merupakan film yang diproduksi di German. Film ini bercerita mengenai Roger, seekor anjing liar dan Belle, seekor kucing yang elegan. Keduanya berpetualang dan menghadapi para robot polisi.

Roger dan Belle harus menghadapi pengejaran, perkelahian dengan robot polisi. Dalam petualangannya tersebut, keduanya bertemu dengan hewan lain seperti pudel, rubah dan hewan yang lainnya.

Kenapa perlu menonton Pets United (2019)?

Rekomendasi film kucing bagus lainnya adalah Pets United. Pets United (2019) menggunakan animasi 3 dimensi sehingga terlihat nyata. Di sisi lain, ceritanya yang ringan dan sarat akan pesan bisa ditonton saat bersantai dengan keluarga. Pesan yang bisa Anda dapatkan, diantaranya:

  • Perlunya hormat menghormati.
  • Bahayanya kecerdasan buatan jika tidak digunakan dengan baik.

Namun, kamu perlu mendampingi anak saat menonton Pet United ya. Ini karena ada kata sumpah serapah yang akan kerap kamu temui.

6. Pet Sematary (2019)

Pet Sematary (2019)
SutradaraKevin Kolsch Dennis Widmyer
ProduserLorenzo di Bonaventura Mark Vahradian Steven Schneider
Pemeran Jason Clarke Amy Simetz John Lithgow
Rilis16 Maret 2019
Durasi101 menit
Rating5.7/10 (IMDB), 5.9/10 Rotten Tomatoes

Pet Sematary (2019) merupakan film remake dari Pet Sematary (1989). Film ini juga merupakan adaptasi dari novel Pet Sematary karya Stephen King. Film ini berkisah tentang Dr. Louis Creed dan Rachel, istrinya yang pindah dari Boston ke Maine bersama dengan 2 anaknya.

Pasangan suami istri ini menyadari ada kuburan misterius di hutan dekat rumahnya. Konon, pemakaman hewan masal tersebut mampu membangkitkan kematian. Kemudian, rentetan kejadian tidak mengenakkan terjadi.

Kenapa perlu menonton Pet Sematary (2019)?

Film bergenre horror ini memberikan jumpscare yang cukup mengejutkan. Bahkan, sinematik, suara dan emosi dari karakter pemainnya terasa kuat di film ini.

Jika kamu bandingkan dengan versi sebelumnya, bisa dikatakan film Pet Sematary (2019) sedikit lebih baik. Kenapa? Karena mood yang dibangun sejak awal film kurang terasa di bagian endingnya.

7. The Secret Life of Pets 2 (2019)

The Secret Life of Pets 2 (2019)
SutradaraChris Renaud
ProduserChris Meledandri Janet Healy
Pengisi suaraPatton Oswalt Kevin Hart Eric Stonestreet Jenny Slate  
Rilis7 Juni 2019
Durasi86 menit
Rating6.5/10 (IMDB), 5.8/10 Rotten Tomatoes

The Secret Life of Pets 2 (2019) merupakan lanjutan dari film The Secret Life of Pets yang rilis di tahun 2016. Film ini bercerita mengenai Max dan teman-temannya saat majikannya pergi kerja atau sekolah setiap harinya.

Di The Secret Life of Pets 2 (2019), Max merasa tersaingi dengan adanya Duke. Kegelisahan berlanjut saat Katie menikah dan memiliki bayi. Max takut jika adanya bayi bernama Liam ini menjauhkan Max dari Katie atau menyakiti Max.

Kegelisahan Max berbanding terbalik dengan kenyataannya. Max justru ingin melindungi Liam agar ia tidak disakiti.

Saat berlibur ke peternakan, Max bertemu dengan anjing gembala bernama Rooster. Pertemuannya ini membuat Max keluar dari zona nyaman dan melawan ketakutannya.

Kenapa harus menonton The Secret Life of Pets 2 (2019)?

Di film ini, Max bertemu dengan berbagai jenis binatang. Mulai dari jenis anjing lainnya seperti anjing gembala bernama Rooster, kucing bernama Chloe dan kelinci pemarah.

Kamu akan diajak untuk mengintip bagaimana kehidupan dari para hewan peliharaan jika bertemu dengan hewan lainnya. Kamu juga akan diperlihatkan kalau ternyata hewan seperti anjing juga memiliki rasa takut, gelisah dan cemburu.

Pesan tersirat, animasi dengan karakter hewan yang menarik membuat The Secret Life of Pets 2 cocok untuk anak-anak. Jadi, kamu bisa menonton The Secret Life of Pets 2 (2019) saat berkumpul bersama keluarga saat waktu senggang.

8. Cats and Dogs 2

Cats and Dogs 2 (Cats & Dogs: The Revenge of Kitty Galore)
SutradaraBrad Peyton
ProduserPolly Johnsen Andrew Lazar
Pengisi suaraJames Marsden Nick Nolte Christina Applegate Katt Williams Bette Midler Neil Patrick Harris  
Rilis7 Juli 2010 (AS), 30 Juli 2010 (global)
Durasi82 menit
Rating4.3/10 (IMDB), 3.8/10 Rotten Tomatoes

Mau tahu bagaimana kucing dan anjing yang menjadi mata-mata? Coba tonton saja Cats and Dogs 2. Film ini merupakan sekuel dari Cats and Dogs yang tayang tahun 2001.

Di film Cats and Dogs 2, kamu akan menemui bagaimana anjing dan kucing bercakap-cakap dan bertugas melindungi dunia.

Dalam cerita, Rex yang merupakan anjing pelacak menemukan puppy cocker spaniel mencuri kode rahasia. Puppy tersebut mengaku sebagai kucing Sphynx yang menyamar bernama Kitty Galore.

Walaupun tertangkap, Kitty bisa lolos dan akhirnya Rex menghubungi rekannya. Setelah ditelusuri, Kitty adalah mantan dari agen M.E.O.W.S bernama Ivana Clawyu. Setelah jatuh ke gel penghilang bulu, Kitty kerap diejek dan dipermalukan.

Akhirnya, Kitty keluar dari M.E.O.W.S dan bersumpah akan membalas dendam. Untuk menggagalkan aksinya, para kucing dan anjing bersatu. Mereka juga menggunakan bantuan unggas untuk menghancurkan rencana Kitty.

Kenapa harus menonton Cats and Dogs 2?

Kamu akan diajak menyusuri bagaimana pikiran anjing dan kucing jika benar-benar menjadi mata-mata. Selain itu, plot cerita yang menarik dan ringan untuk anak-anak, memungkinkan Cats and Dogs 2 bisa ditonton siapa saja.

9. Nine Lives (2016)

Nine Lives (2016)
SutradaraBarry Sonnenfeld
ProduserLisa Ellzey
Pengisi suara dan pemeranKevin Spacey Jennifer Gamer Robbie AMell Cheryl Hines Malina Weissman Christopher Walken  
Rilis5 Agustus 2016
Durasi89 menit
Rating5.3/10 (IMDB), 3.2/10 Rotten Tomatoes

Nine Lives (2016) bercerita mengenai seorang pebisnis, Tom Brand, yang terjebak dalam tubuh kucing peliharaannya. Kucing ini awalnya dibeli di pet shop misterius untuk hadiah ulang tahun putrinya, Rebecca yang ke-11.

Tiba-tiba, Tom Brand, terperangkap dalam tubuh kucingnya. Pemilik toko mengatakan bahwa Tom hanya punya 1 minggu untuk memperbaiki hubungan dengan keluarganya. Setelah itu, perjalanan Tom sebagai Mr. Fuzzypants dimulai.

Sementara itu, tubuh Tom yang asli sedang dalam kondisi koma. Setelah itu, bukan hanya tubuhnya yang dalam kondisi krisis tetapi juga perusahaannya. Akhirnya, Rebecca yang sadar bahwa Mr. Fuzzypants adalah ayahnya meminta bahwa ia adalah ayahnya.

Kenapa perlu menonton Nine Lives (2016)?

Kamu akan diajak untuk menghargai apa itu keluarga, kasih sayang, waktu yang terbuang. Jadi, rekomendasi film kucing Nine Lives ini cocok tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga orang tua. Khususnya orang tua yang lebih mementingkan pekerjaan dibandingkan keluarga.

10. Kedi (2016)

Kedi (2016)
SutradaraCeyda Torun
ProduserCeyda Torun Charlie Wuppermann
PemeranBulent Ustun  
Rilis21 Februari 2016 di Istanbul Independent Film Festival
Durasi79 menit
Rating7.7/10 (IMDB), 7.8/10 Rotten Tomatoes

Rekomendasi film kucing terakhir dari saya adalah Kedi. Kedi dalam bahasa Turki berarti kucing. Film Kedi (2016) sebenarnya adalah film dokumenter buatan Ceyda Torun. Jadi, tokoh utamanya adalah kucing liar yang ada di Istanbul.

Dikisahkan, banyak kucing liar di Istanbul, Turki yang hidup liar dengan mencari makannya sendiri. Di sisi lain, ada pula kucing di Istanbul yang disayang dan memiliki rumah.

Film Kedi (2016) ini hanya fokus pada 7 kucing saja. Kucing tersebut adalah Sari, Duman, Aslan Parcasi, Bengu, Gamsiz, Psikopat, Deniz.

Uniknya, di film ini Ceyda tidak hanya mendokumentasikan kucing saja tetapi juga interview orang yang berinteraksi dengan kucing.

Kenapa perlu menonton Kedi (2016)?

Kamu akan diajak untuk melihat bagaimana kehidupan kucing di Istanbul dengan segala hiruk pikuknya. Banyak sisi lain yang tidak akan kamu duga. Senang, sedih dan segala perasaan yang campur aduk akan kamu rasakan.

Ceyda juga berhasil mendokumentasikan kehidupan para kucing dengan apik. Tidak dilebih-lebihkan dan tidak hanya sekedar cat video yang hanya menampilkan kelucuan. Tidak heran jika akhirnya Kedi (2016) mendapatkan penilaian yang tinggi.

Bahkan di Critics Choice Documentary Awards (2017), Kedi (2016) memenangkan 2 penghargaan, yaitu:

  • Most Compelling Living Subject of a Documentary untuk para kucing di Istanbul.
  • Best first Documentary untuk Ceyda Torun.

Demikian pembahasan dari 10 rekomendasi film tentang kucing terbaik untuk mengisi liburan. Agar kamu tidak lupa, berikut ini daftar filmnya.

  1. Garfield the Movie 2.
  2. Rent-a-Cat.
  3. Cat a Wabb (Cat A.W.O.L) (2015).
  4. Stand By Me Doraemon 2 (2020).
  5. Pets United (2019).
  6. Pet Sematary (2019 film).
  7. The Secret Life of Pets 2 (2019).
  8. Cats and Dogs 2.
  9. Nine Lives (2016).
  10. Kedi (2016).

Akhir kata, semoga liburanmu lebih menyenangkan dengan menonton rekomendasi film tentang kucing dari artikel ini. Have a nice day!

Baca lebih lanjut: 10 rekomendasi anime kucing terbaik untuk mengisi liburan »