10 rekomendasi makanan kucing untuk bulu rontok [2020]

Shedding atau bulu rontok memang lazim banget dialami kucing. Sebenarnya, shedding adalah kejadian yang normal. Seperti rambutmu, bulu kucing juga bakal mengalami pertumbuhan bulu. Siklus itu ditandai dengan rontoknya bulu yang lama, lalu digantikan dengan bulu baru yang lebih halus. Tapi, kalau bulu kucingmu rontok banyak banget, itu pertanda masalah. Salah satu penyebab paling umum yang bisa bikin bulu kucing rontok adalah faktor makanan. Makanan kucing yang kamu kasih bisa jadi berkualitas rendah. Akibatnya, bulu si meong pun jadi gampang rontok, deh. Buat mengatasi bulu rontok pada kucing, ini 10 rekomendasi makanan kucing untuk bulu rontok terbaik 2020. Ada Science Hill’s sampai Me-O lho! Baca sampai selesai ya!

 

1. Science Hill’s Diet Adult Hairball Control Savory Chicken Entree

rekomendasi makanan kucing untuk bulu rontok Science Hill’s Diet Adult Hairball Control Savory Chicken Entree

Makanan wet food jadi solusi terbaik buat kucingmu yang alami rontok bulu. Makanan basah dari Hill’s Science ini terbukti banget dalam mengontrol bulu kucing yang rontok. Di dalam sekaleng Hill’s Science Adult Hairball Control, terdapat kandungan serat yang tinggi banget. Serat nggak hanya bantu jaga kesehatan pencernaan kucing, lho. Tapi, serat di dalam daging ayam juga bisa bantu memperkuat bulu si meong. Apalagi, ditambah dengan kandungan omega 3, omega 6, dan vitamin E. Kandungan asam lemak dan vitamin itu bisa bikin kulit dan bulu si meong makin sehat. Karena menggunakan daging ayam asli tanpa filler, wetfood ini kaya banget akan protein. Nggak hanya bulu yang sehat, kucingmu juga jadi lebih lincah berenergi. Rasa dan bau ayam yang sedap juga bakal bikin si meong makin bernafsu makan. Sayangnya, makanan basah ini jarang banget ditemukan di Indonesia.

Terus membaca: Kenapa makanan kucing harus grain free? >>

2. Hill’s Science Diet Adult Hairball Control Dry Food

rekomendasi makanan kucing untuk bulu rontok Hill’s Science Diet Adult Hairball Control Dry Food

Kesusahan cari varian wetfood dari Hill’s Science untuk bulu kucing rontok? Kamu bisa kok beli varian dry food dari merek Hill’s ini. Sama seperti varian makanan basah, dry food ini juga diformulasikan buat mengatasi masalah bulu rontok. Kandungan serat di dalamnya bantu jaga supaya sistem pencernaan si meong terjaga. Kucingmu jadi terhindar dari masalah pencernaan gara-gara bulu yang tertelan, atau hairball. Asam amino yang terkandung di dalamnya bantu jaga supaya bulu kucingmu kuat dan sehat. Makanan kucing ini terdiri dari 2 varian rasa: ayam dan ikan laut. Aromanya yang menggoda bikin kucingmu yang paling picky sekalipun bakal jatuh cinta. Kucingmu juga bakal lebih lahap makan. Soalnya, mereka nggak bakal bisa menolak citarasa dry food yang gurih. Dry food ini juga sudah terbukti secara klinis bisa tingkatkan daya imunitas kucing, lho.

3. Hill’s Science Diet Urinary Hairball Control

Hill’s Science Diet Urinary Hairball Control

Masalah bulu rontok sudah pasti bikin kamu khawatir. Apalagi, kalau kucingmu juga menderita gangguan kencing. Untungnya, ada Hill’s Science Diet Urinary Hairball Control. Makanan basah ini mengandung kadar magnesium yang seimbang. Jadi, kamu nggak perlu khawatir penyakit saluran kencing si meong jadi kumat. Makanan kucing ini juga terbuat dari daging ayam asli dengan aroma yang menggoda banget. Dijamin, kucingmu bakal melahapnya sampai habis. Kandungan asam amino, omega 3 dan omega 6 bantu menjaga kesehatan kulit dan bulu si meong. Selain itu, wetfood ini juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral pendukung. Nggak hanya punya bulu yang lembut dan kuat, kucingmu juga jadi lebih sehat.

4. Snappy Tom – Salmon with Chicken

Snappy Tom – Salmon with Chicken

Snappy Tom bisa jadi pilihan makanan kucing yang cocok jika kamu lagi minim biaya. Walaupun harganya lumayan murah, kucingmu tetap bisa dapatkan khasiat penuh. Snappy Tom memakai bahan daging ikan dan ayam asli yang menggugah selera. Kandungan omega 3 dan omega 6 dari makanan kucing ini bisa bikin bulu kucingmu lebih sehat. Selain itu, kandungan asam lemak itu juga bisa bikin bulu si meong lebih lembut dan berkilau. Ditambah lagi, kandungan taurine yang bisa jaga kesehatan mata si meong. Kamu juga nggak perlu khawatir, karena makanan kucing ini aman dari bahan pengawet. Snappy Tom banyak dijual di toko-toko hewan peliharaan. Kamu juga bisa beli secara online, lho.

5. Royal Canin Hair and Skin Care

Royal Canin Hair and Skin Care

Punya kucing dengan kecenderungan kulit sensitif memang bikin pusing kepala. Salah kasih makan saja, bisa-bisa bulu kucingmu langsung rontok. Nah, coba deh beri makan dia dengan Royal Canin Hair and Skin Care. Makanan kucing jenis dry food ini punya semua kandungan nutrisi yang dibutuhkan si meong. Kandungan omega 3 dan omega 6 bisa bantu menjaga kesehatan kulit kucing. Bulu kucingmu juga bakal jadi lebih berkilau. Selain itu, kandungan asam amino bisa bikin bulu kucingmu tumbuh lebat dan sehat. Ditambah dengan adanya campuran minyak ikan. Dijamin kucingmu jadi punya bulu yang lebih sehat, tebal, dan nggak gampang rontok. Khasiat makanan kucing ini sudah terbukti dengan pemberian makan selama 21 hari, lho.

Baca juga: 10 makanan penambah nafsu makan kucing terbaik [2020] >>

6. Hill’s Science Diet Adult Hairball Control Light

Hill’s Science Diet Adult Hairball Control Light

Nggak hanya punya masalah bulu rontok, kucingmu juga terkena obesitas? Kamu jadi menghadapi double trouble, deh. Untungnya, kamu bisa berikan si meong Hill’s Science Diet Adult Hairball Control Light. Makanan kering ini punya kandungan omega 3 dan 6 yang melimpah. Kedua jenis asam lemak ini memang dibutuhkan banget supaya kucingmu terhindar dari penyakit kulit. Nggak hanya itu, bulu si meong juga bisa jadi lebih kuat dan nggak gampang rontok. Makanan kucing ini terbuat daging ayam asli yang kaya banget akan protein.

Protein punya peranan yang penting banget dalam memperkuat otot dan kucing. Kucingmu juga jadi lebih berenergi. Biarpun kaya akan nutrisi, kamu nggak perlu khawatir dengan kandungan kalorinya. Soalnya, dry food ini punya kandungan kalori yang 13% lebih rendah dibandingkan varian Hairball Control Adult. Jadi, makanan kucing ini bagus banget buat kamu yang ingin mengontrol berat badan si meong.

7. Instinct Original Grain-Free Pate Real Chicken Recipe

Instinct Original Grain-Free Pate Real Chicken Recipe

Ingin beri si meong makanan berkualitas premium? Varian Instinct Original ini dijamin bakal membuatnya ketagihan. Keunggulan utama dari makanan basah ini adalah, nggak adanya campuran biji-bijian di dalamnya. Alias, makanan ini termasuk ke dalam jenis grain-free. Nggak heran, harga wetfood ini lumayan mahal. Tapi, harga yang mahal juga sepadan banget dengan kualitasnya.

Makanan kucing ini terdiri dari 95% daging ayam, campuran daging kalkun dan hati ayam yang kaya akan taurine. Taurine berperan penting dalam merawat organ mata si meong. Dia jadi terhindar dari penyakit dan rabun mata. Protein dibutuhkan kucingmu sebagai sumber energi. Zat protein juga dibutuhkan banget supaya kucingmu punya massa otot yang padat dan kuat. Yang paling penting, kandungan asam amino dan asam lemak di dalamnya bisa bikin bulu kucingmu makin sehat. Resiko bulu rontok dan kucing muntah akibat hairball jadi makin minim.

8. Purina Pro Plan Savor Adult Chicken & Rice Entree Gravy

Purina Pro Plan Savor Adult Chicken & Rice Entree Gravy

Wetfood dari Purina ini cocok banget buat kucingmu yang terkena masalah bulu rontok. Makanan kucing ini terdiri dari potongan-potongan daging ayam segar yang diguyur dengan saus gravy. Supaya kucingmu makin kenyang, makanan kucing ini juga mengandung butiran-butiran nasi yang tercampur di dalam kuah gravy. Kucingmu bakal dapatkan kandungan protein tingkat tinggi supaya dia tetap lincah. Selain itu, makanan kucing ini juga punya kandungan Omega 6 buat pertumbuhan bulu si meong. Bulu kucingmu dijamin jadi terasa lebih halus dan lebat. Bulu kucingmu juga jadi lebih kuat dan nggak gampang rontok.

9. Me-O Persian

Me-O Persian

Ras kucing persia memang populer banget, karena mereka punya bulu yang tebal dan halus. Tapi, mereka butuh perawatan yang khusus supaya bulu mereka nggak gampang rontok. Me-O Persian adalah makanan kucing yang bisa kamu berikan untuk si meong. Makanan kucing ini memang diformulasikan khusus supaya bulu kucingmu tetap kuat. Dry food ini mengandung omega 3 dan omega 6 supaya kesehatan kulit dan bulu si meong terjaga. Kucing persia juga sering banget terkena masalah pencernaan gara-gara nggak sengaja menelan bulunya saat grooming. Nah, masalah itu bisa diatasi berkat formula anti-grooming yang terkandung di dalam Me-O Persian. Kamu bisa pilih varian Me-O Persian buat kitten atau kucing dewasa.

10. Blackwood Everyday Diet Adult Cat Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe

Blackwood Everyday Diet Adult Cat Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe

Makanan kucing berkualitas nggak harus mahal. Kamu bisa beli produk Blackwood buat atasi masalah bulu rontok pada kucingmu. Kandungan serat yang tinggi bantu cegah masalah pencernaan pada si meong gara-gara hairball. Nggak hanya itu, dry food ini juga mengandung omega 3 dan omega 6 yang baik buat kesehatan bulu si meong. Bulu kucingmu juga jadi lebih halus dan nyaman buat dibelai. Makanan kucing Blackwood juga mengandung nutrisi yang seimbang. Kucingmu dijamin jadi lebih sehat dan lincah. Kucingmu nggak akan bisa menolak aroma dan rasa ayam yang gurih!

Selain ganti makanan, lakukan ini untuk atasi bulu rontok pada kucing

Makanan kucing yang berkualitas memang bisa bantu atasi masalah bulu kucing rontok. Kamu perlu pastikan makanan kucing itu kaya akan asam amino, omega 3, dan omega 6. Nggak hanya itu, kamu juga perlu lakukan ini supaya bulu si kucing nggak gampang rontok.

Sisir bulu kucing dengan rutin

Punya kucing bulu panjang memang terdengar menyenangkan. Tapi, kamu harus punya ketelatenan tingkat tinggi kalau ingin pelihara kucing bulu gondrong. Kucing bulu panjang memang lebih rawan terkena masalah bulu rontok dan hairball. Buat mengatasi itu, kamu perlu buat menyisir bulu si meong secara rutin. Kamu bisa beli sikat atau sisir khusus buat kucing di petshop terdekat. Menyisir bulu kucing bisa bantu atasi akumulasi hairball saat kucing kesayanganmu grooming. Nggak hanya itu, menyisir bulu kucing juga bisa bantu cegah bulu yang kusut.

Mandikan si meong sekali sebulan

Bisa ditebak, kucingmu pun nggak bakal suka dengan rutinitas satu ini. Secara naluriah, kucing memang nggak suka dengan air. Kalau soal mandi, kucing bisa melakukannya sendiri. Tapi, memandikan kucing bisa bantu menghilangkan bulu yang rontok. Kamu bisa mandikan kucingmu dengan sampo khusus buat memperkuat bulu. Nggak hanya terhindar dari bulu rontok, kucingmu juga pasti jadi terlihat lebih bersih dan wangi. Kamu pun pasti jadi lebih betah buat uyel-uyel dia.

Baca juga: 20 shampo kucing terbaik untuk mengatasi bulu rontok >>

Jaga asupan air

Nah, ini yang paling sering terlupakan oleh para cat owner. Kucingmu memang bisa jadi nggak terlalu suka minum air putih. Tapi, akses ke air bersih juga tetap harus ada. Apalagi, kalau kamu kasih dia dry food setiap saat. Nggak heran, kucingmu jadi rawan terkena dehidrasi. Kucing yang terkena dehidrasi biasanya mengalami kulit yang kering. Karena kulit nggak dapat nutrisi yang dibutuhkan, otomatis bulu kucing juga jadi gampang rontok. Makanya, pastikan kamu selalu menyediakan akses air bersih buat si meong. Memberikannya wetfood juga bisa jadi salah satu cara supaya kebutuhan air kucingmu tetap terpenuhi.

Hindarkan si meong dari stres

Sama sepertimu, kucingmu juga bisa terkena stres, lho. Kucing yang stres biasanya bakal mengalami kerontokan bulu yang banyak banget. Penyebab stres pada si meong ada banyak banget. Bisa jadi, dia merasa nggak nyaman dengan lingkungan rumah yang baru. Atau, bisa juga dia merasa terintimidasi dengan anggota keluarga yang baru. Kamu bisa bantu dia supaya lebih rileks. Kalau ada perubahan di rumahmu, beri waktu pada kucingmu buat menyesuaikan diri. Kalau kamu punya kucing baru, kenalkan kucing itu dengan kucingmu secara perlahan.

Beri obat kutu secara rutin

Penyebab bulu kucing rontok bisa disebabkan gara-gara invasi kutu. Gigitan kutu bisa picu reaksi alergi pada kucing. Kulit kucing pun jadi gatal dan bikin dia jadi makin sering menggaruk. Akibatnya, bulu kucingmu jadi gampang banget rontok. Kamu bisa beli obat kutu di petshop dan mengoleskannya pada permukaan kulit si meong. Kalau kamu nggak bisa, boleh banget pakai jasa grooming.

Kesimpulan

Shedding atau kerontokan bulu sering jadi masalah yang dihadapi pemilik kucing. Salah satu penyebabnya adalah pemberian makanan yang minim akan nutrisi. Supaya bulu kucingmu terjaga, kamu perlu ganti makanan kucing kaya nutrisi. Makanan kucing buat atasi kerontokan bulu adalah yang mengandung asam amino, omega 3, dan omega 6. Kombinasi nutrisi tersebut dibutuhkan buat menjaga supaya bulu kucingmu kuat dan nggak gampang rontok. Selain itu, kesehatan kulit si meong juga terjaga. Kucingmu pun terbebas dari resiko penyakit kulit yang bikin bulu rontok.

Akhir kata, apa rekomendasi makanan kucing untuk bulu rontok yang akan kamu coba untuk pertama kali? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya. Jika kamu suka artikel ini, bagikan ke teman-temanmu sekarang juga. Dengan begitu, mereka akan mengetahui informasi berharga seperti yang kamu dapatkan.

Baca lebih lanjut: 9 makanan penggemuk kucing yang bikin gendut dan bulu bagus >>