10 rekomendasi minyak ikan untuk kucing [2020]

Minyak ikan bisa menjadi alternatif suplemen tambahan untuk kucing-kucing kesayangan. Kandungannya kaya akan omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, memperlebat bulu, meningkatkan nafsu makan, sampai menjaga kesehatan persendian kucing. Nah, di artikel kali ini saya akan membagikan 10 rekomendasi minyak ikan terbaik untuk kucing. Mulai dari FO Booster, Squa-Oil, hingga Blackmorris. Kamu bisa pilih mana yang paling sesuai untuk diberikan pada si kucing. Saya juga akan membagikan cara memilih minyak ikan berkualitas serta saran pemakaian yang perlu kamu perhatikan. Yuk, langsung saja disimak pembahasan lengkapnya.

10 rekomendasi produk minyak ikan terbaik untuk kucing

Ada banyak merek minyak ikan yang beredar di pasaran. Supaya kamu tidak bingung, saya akan bagikan daftar 10 minyak ikan terbaik untuk kucing. Daftar ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi dan ulasan dari beberapa teman pecinta kucing.

1. FO Booster Fish Liver Oil

Rekomendasi produk minyak ikan untuk kucing yang saya ulas pertama kali adalah FO Booster Fish Oil Liver. FO Booster Fish Oil adalah minyak ikan yang memang diproduksi khusus untuk hewan. Mengandung asam lemak Omega-3, EPA, dan DHA yang baik sekali untuk menjaga kesehatan kucing. Minyak ikan ini juga bisa mengurangi peradangan di tubuh kucing, mengkilapkan dan melembutkan bulu, serta meningkatkan nafsu makan. FO Booster Fish Oil aman dicampurkan ke dalam makanan kucing dengan dosis 1-2 softgel per hari.

Produk minyak ikan FO Booster ini bisa kamu dapatkan di petshop atau marketplace. Harganya berkisar Rp30.000,00 per botol (isi 90 softgel). Sepengamatan saya, ada beberapa petshop yang menjual FO Booster secara eceran/satuan. Harganya sekitar Rp500,00 per softgel.

2. Good Fish Oil

Good Fish Oil adalah minyak ikan murni khusus untuk hewan yang diproduksi oleh Bestindo Veterinary Animal Pet Care, Bandung. Minyak ikan ini sudah terdaftar di Deptan RI.

Good Fish Oil mengandung Omega-3, Omega-6, Omega-9, EPA, DHA, dan vitamin E. Komposisi tersebut memberi banyak manfaat baik untuk kesehatan kucing, yaitu:

  • menjaga kesehatan kulit;
  • menjaga kesehatan bulu kucing sehingga lebih lebat, halus, dan mengkilap;
  • mengurangi bulu yang rontok;
  • menjaga kekebalan tubuh;
  • menyehatkan hati, ginjal, dan jantung kucing.

Untuk pemberian pertama kali, Good Fish Oil ini harus diberikan setiap hari selama 30 hari berturut-turut. Tujuannya supaya bisa mendapatkan hasil terbaik. Setelah 30 hari, kamu bisa memberikannya 2-3 hari sekali saja. Dosis pemakaian yang disarankan untuk kucing kecil sebanyak 2 softgel. Sementara kucing besar sebanyak 4 softgel.

Good Fish Oil bisa kamu temukan dengan mudah di petshop. Harganya sekitar Rp50.000,00 per botol (isi 100 softgel). Mau coba sedikit dulu? Kamu bisa membelinya secara eceran dengan harga Rp300,00 – Rp500,00 per softgelnya.

3. Raid All Fish Oil Plus

Minyak ikan Raid All Fish Oil Plus merupakan suplemen minyak ikan khusus untuk hewan. Komposisinya mengandung Omega-3 dan Omega-6 yang berasal dari squalence dan minyak ikan salmon. Raid All Fish Oil Plus diformulasikan untuk memperbaiki, menjaga, dan memperindah bulu kucing. Kamu bisa membeli Raid All Fish Oil Plus di petshop atau marketplace. Untuk satu botol isi 60 softgel harganya mulai dari Rp37.000,00.

Saya sudah pernah mencoba minyak ikan dari Raid All ini. Khasiatnya memang terbukti ampuh untuk kucing yang mengalami kerontokan bulu. Setelah pemakaian rutin sesuai dosis selama hampir 1 bulan, bulu-bulu kucing saya yang rontok mulai membaik. Nah, kalau kucingmu mengalami masalah kerontokan bulu, minyak ikan yang satu ini bisa kamu coba. Eitss, tapi Raid All Fish Oil Plus ini hanya bisa digunakan untuk kucing yang usianya sudah 6 bulan ke atas, ya.

4. Fish O Plus

Fish O Plus adalah salah satu minyak ikan yang pernah saya beli karena direkomendasikan oleh dokter hewan. Diformulasikan khusus sebagai suplemen tambahan untuk kesehatan hewan. Minyak ikan ini mengandung Omega-3 dan Omega-6 yang bermanfaat untuk merawat kulit dan bulu kucing. Selain itu, peradangan sendi pada kucing juga bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi Fish O Plus. Ada juga kandungan vitamin A sebanyak 568 IU dan vitamin D sebanyak 57 IU di dalam komposisi Fish O Plus.

Minyak ikan ini bisa kamu beli di petshop terdekat di kotamu atau di marketplace. Harganya sekitar Rp18.000,00 per botol isi 50 softgel.

5. Squa-Oil

Rekomendasi minyak ikan untuk kucing berikutnya adalah Squa-Oil. Squa-Oil adalah minyak ikan dengan kandungan Omega-3, Omega-6, dan Omega-9. Ketiganya dibutuhkan oleh kucing dewasa maupun kucing yang sedang dalam masa pertumbuhan. Squa-Oil membantu meningkatkan imunitas kucing sehingga aman dari serangan penyakit. Minyak ikan ini juga bisa membantu mengontrol suhu tubuh dan menambah nutrisi harian kucing.

Squa-Oil dikemas dalam botol mini bentuk tetes. Kemasan seperti ini lebih praktis karena bisa langsung diteteskan ke dalam mulut kucing atau ke makanannya. Kamu tidak perlu repot lagi membuka atau melubangi kapsul. Produk Squa-Oil bisa dibeli di petshop atau marketplace. Kisaran harganya Rp21.000,00 untuk kemasan 30 ml.

6. Om3 Heart

Om3 Heart merupakan minyak ikan murni yang diambil dari ikan laut dalam. Proses pembuatannya sudah menggunakan teknologi tinggi sehingga kualitas minyak ikan tetap terjaga. Ada jaminan bebas dari rasa amis dan tidak menyebabkan rasa mual saat dikonsumsi.

Keunggulan lain dari Om3 Heart adalah softgelnya yang berukuran mini. Dari pengalaman saya, ada beberapa kucing yang sulit diberikan minyak ikan. Mau tidak mau harus dipaksa. Nah, dengan bentuk softgel yang mini, maka akan mempermudah kamu saat memberikan minyak ikan untuk si kucing.

Om3 Heart bisa kamu beli di apotek, toko obat, maupun marketplace. Harganya sekitar Rp33.000,00 (isi 30 softgel) dan Rp55.000,00 (isi 90 softgel).

7. Tung-Hai Fish Liver Oil

Tung-Hai Fish Liver Oil dibuat dari minyak hati ikan Cod Segar. Tiap softgelnya mengandung 250 mg fish liver oil. Selain Omega-3, DHA, EPA, ada juga kandungan vitamin A 620 IU dan vitamin D 62 IU.

Minyak ikan ini diproduksi oleh Shanghai Donghai Pharmaceutical Co. Ltd – China. Kemudian, diimpor secara resmi oleh PT Saras Subur Asri (SSA), Jakarta. Produk asli yang diimpor oleh PT SSA di bagian depan kemasannya terdapat stiker logo SSA. Ada juga stiker kecil dengan keterangan “cari yang dari SSA”. Kamu bisa membeli Tung-Hai Fish Liver Oil di toko online resmi milik PT SSA (Tokopedia maupun Shopee), apotek, toko obat, atau toko online lainnya.

Tung-Hai Fish Liver Oil dijual dalam kemasan plastik sachet besar isi 500 softgel. Harganya sekitar Rp49.000,00 per pack. Dari hasil penelusuran saya di marketplace, ada beberapa toko yang menjualnya dalam kemasan repack. Harganya bervariasi tergantung dari berapa banyak softgel dalam kemasan repacknya. Misalnya untuk Tung-Hai Fish Liver Oil repack isi 90 softgel dijual seharga Rp30.000,00. Ada juga repack isi 20 softgel seharga Rp3.000,00.

8. K-Max Alaska Deep Sea Fish Oil

Alaska Deep Sea Fish Oil diproduksi oleh K-Max Health Products Corp USA dan diimpor oleh PT Purusa Bhakti. K-Max Alaska Deep Sea Fish Oil bersumber dari minyak ikan salmon. Produk minyak ikan ini diklaim terbuat dari pure herbal natural tanpa bahan pengawet atau bahan sintetik lainnya. Minyak ikan ini bisa kamu manfaatkan sebagai suplemen tambahan untuk memelihara kesehatan kucing.

Komposisinya mengandung pure fish oil 1000 mg, EPA 360 mg, DHA 240 mg, dan vitamin E 2 IU. Ada juga kandungan lain seperti gelatin (bovine), glycerin (palm oil), dan USP Water. K-Max Alaska Deep Sea Fish Oil dijual dalam kemasan botol dengan isi 100 softgel. Kamu bisa membelinya di apotek, toko obat, dan marketplace. Kisaran harga mulai dari Rp130.000,00 per botolnya.

9. Fish-Qua

Fish-Qua merupakan minyak ikan untuk manusia. Namun, saya pernah memberikannya juga pada kucing-kucing di rumah. Waktu itu saya sedang tidak ada stok minyak ikan yang biasa saya berikan untuk kucing. Padahal, salah satu kucing saya sedang sangat bermasalah dengan bulunya. Maka, saya coba untuk memberikan Fish-Qua milik adik saya. Kebetulan hanya itu stok minyak ikan yang tersedia di rumah. Kurang lebih pemakaian rutin selama 2 minggu, bulu si kucing sudah terlihat membaik.

Minyak ikan produksi Avanced Nutritional Technology Inc – USA ini diekstrak dari hati ikan hiu pilihan, yaitu jenis Alzame Spiny Dog Fish. Ikan hiu jenis ini memiliki kadar squalene yang sangat besar. Di dalam Fish-Qua sendiri, squalene dikomposisikan sebanyak 500 mg. Ada juga kandungan vitamin E sebanyak 5 IU yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan kulitnya.

Minyak ikan Fish-Qua ini bisa kamu dapatkan di apotek, toko obat, atau marketplace. Harganya berkisar Rp80.000,00 – Rp90.000,00 untuk kemasan isi 30 kapsul lunak.

10. Blackmorris Odourless Fish Oil

Produk rekomendasi minyak ikan untuk kucing terakhir adalah Blackmorris Odourless Fish Oil. Blackmorris Odourless Fish Oil memang bukan produk minyak ikan yang dikhususkan untuk kucing. Namun, kamu juga bisa memberikannya untuk kucing kesayanganmu di rumah. Aman, kok. Minyak ikan dari Blackmorris ini mengusung konsep “Odourless” sebagai keunggulan utama produknya. Minyak ikan dijamin tidak memiliki rasa maupun aroma amis. Keunggulan lain yaitu minyak ikannya tidak mengandung merkuri. Proses pembuatannya juga dikembangkan tanpa menggunakan polisorbat atau surfaktan.

Blackmorris Odourless Fish Oil menjadi sumber alami Omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, fungsi mata, dan fungsi otak. Selain itu, proses penyembuhan radang dan bengkak sendi pada kucing juga bisa didukung dengan pemberian Blackmorris fish Oil secara rutin.

Produk Blackmorris Odourless Fish Oil bisa kamu dapatkan di apotek, toko obat, atau marketplace. Kisaran harganya yaitu Rp190.000,00 (kemasan 90 kapsul), Rp350.000,00 (kemasan 200 kapsul), dan Rp562.000,00 (kemasan 400 kapsul).

Cara memilih minyak ikan berkualitas

Minyak ikan memang memberi banyak manfaat untuk kesehatan kucing. Namun, kalau salah pilih justru bisa berdampak buruk. Tidak semua minyak ikan yang beredar di pasaran memiliki kualitas yang baik. Itulah sebabnya mengapa kamu perlu berhati-hati saat akan membeli minyak ikan. Memangnya bagaimana sih cara memilih minyak ikan yang berkualitas? Berikut beberapa cara yang bisa kamu jadikan panduan.

1. Cek label pada kemasan

Penting bagi kamu untuk selalu mengecek keterangan pada label kemasan. Tujuannya untuk mengetahui informasi nilai gizi dan nutrisi yang terkandung dalam produk minyak ikan tersebut. Kalau perlu, kamu bisa mengecek certificate of analysis (CoA) dari minyak ikan yang akan kamu beli. CoA ini merupakan dokumen kelayakan sebuah produk. Dengan adanya CoA, minyak ikan bisa lebih mudah kamu ketahui kualitasnya.

2. Warna bening

Pastikan minyak ikan yang akan kamu beli tidak terlihat keruh. Minyak ikan berkualitas baik pasti memiliki warna yang bening, tidak pucat, dan tembus cahaya.

3. Aromanya tidak tengik

Kamu perlu berhati-hati kalau produk minyak ikan yang akan kamu beli sudah berbau kurang sedap. Walaupun berasal dari ikan, tetapi minyak ikan berkualitas pasti aromanya tidak tengik. Minyak ikan yang baik aromanya amis segar, serta ada sedikit perpaduan aroma gurih dan manis.

4. Kandungan nutrisi lengkap

Kamu perlu membaca komposisi nutrisi dari produk minyak ikan yang kamu beli. Pastikan mengandung senyawa essensial yang sangat dibutuhkan tubuh kucing. Misalnya: Omega-3, asam amino essensial, vitamin, mineral, dll. Karena setiap produk minyak ikan memiliki harga dan nutrisi yang kompetitif, kamu harus jeli dalam memilih produk yang cocok untuk kucingmu. Jika kamu bingung, kamu bisa memilih berdasarkan 10 rekomendasi produk minyak ikan untuk kucing yang saya ulas.

Saran pemakaian minyak ikan yang perlu diperhatikan

Minyak ikan harus diberikan dengan dosis yang tepat pada si kucing. Pemberian minyak ikan yang berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang buruk untuk kesehatannya. Yang paling sering terjadi adalah diare dan menurunnya nafsu makan. Jadi, kamu perlu berhati-hati sekali. Pastikan kamu selalu mengecek label saran pemakaian atau anjuran dosis yang tertera di kemasan produk.

Bagaimana kalau minyak ikan yang digunakan bukan khusus untuk hewan? Dari 10 minyak ikan yang saya rekomendasikan tadi, beberapa di antaranya adalah minyak ikan yang juga dikonsumsi oleh manusia. Tentunya dosis pemakaian minyak ikan antara manusia dengan kucing akan berbeda. Jangan menggunakan takaran manusia untuk kucingmu karena dosisnya lebih besar. Pemakaian minyak ikan yang berlebihan bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan pada si kucing.

Dosis pemakaian minyak ikan

Lalu, dosis yang tepat untuk kucing seberapa banyak? Sebagai gambaran, kamu bisa lihat tabel dari PetCareRX berikut ini.

WeightEPADHATotal Omega-3
2-4 pounds35 mg21 mg71 mg
5-9 pounds69 mg41 mg143 mg
10-14 pounds104 mg62 mg214 mg
15-20 pounds138 mg83 mg285 mg
20+ pounds173 mg104 mg356 mg

*1 pounds = 0,45 Kg

Panduan lainnya saya ambil dari website NomNom:

CATSMetabolic Dose EPA+DHA (mg/kg of body weight 0,67)5 Kg

Actual Dose (mg)

7,5 Kg

Actual Dose (mg)

10 Kg

Actual Dose (mg)

Reasonable Dose30-50 mg/kg body weight150 – 250225 – 375300 – 500

Nah, dari 2 tabel tersebut kamu bisa mengetahui seberapa banyak total Omega-3 yang dibutuhkan oleh kucing. Seandainya minyak ikan yang akan kamu berikan memiliki kandungan Omega-3 yang lebih besar dari kebutuhan dosis si kucing, maka jangan diberikan sekaligus. Untuk minyak ikan yang memiliki Omega-3 tinggi, saya biasanya menggunakan 1 softgel untuk beberapa kucing. Cara ini lebih mudah digunakan kalau minyak ikannya diberikan dengan cara dicampurkan ke makanan si kucing.

Masih ragu? Saran saya, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter hewan mengenai dosis minyak ikan yang tepat. Apalagi kalau kucingmu memiliki riwayat penyakit tertentu.

Kesimpulan

Minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kucing. Namun, kamu perlu memastikan bahwa minyak ikan yang kamu berikan adalah produk yang aman dan berkualitas. Saya telah menuliskan berbagai rekomendasi produk minyak ikan terbaik untuk kucing. Mulai dari FO Booster, Raid All, Squa-Oil, hingga Blackmorris. Produk tersebut bisa menjadi pilihan minyak ikan terbaik untuk kucing-kucing kesayanganmu di rumah. Saran pemakaiannya juga sudah saya tuliskan dengan detail. Pastikan dosis pemberian minyak ikan harus sesuai dengan takaran dan kebutuhan si kucing. Jangan sampai maksud baik memberikan suplemen tambahan, malah berujung bikin kucingmu menjadi sakit.

Akhir kata, apa produk minyak ikan favorit kamu? Tuliskan pengalamanmu dalam mencari produk rekomendasi minyak ikan untuk kucing di kolom komentar. Saya tunggu sharing pengalamannya. Makasih.

Baca lebih lanjut: 3 cara memberikan minyak ikan pada kucing [2020]  »