Home » Nama Kucing

20 rekomendasi nama kucing hitam terbaik (2021)

Jika saat ini kamu telah mempunyai kucing, atau mungkin akan memelihara kucing, mencari nama untuk si meong adalah hal yang cukup sulit. Sebenarnya, perkara nama ini memang tidak wajib. Tetapi, penting diberikan karena nama merupakan identitas setiap individu. Nama untuk kucing haruslah sesuai dengan karakter dan sifat mereka. Nama juga membuat kucingmu bisa lebih dekat, bersahabat, bahkan merasa seperti bagian dari keluarga sendiri. Nama ini akan melekat pada kucing sepanjang hidupnya. Untuk memberikan nama pada kucing, kamu hanya perlu mencari kata dengan arti bagus, mudah diucapkan, serta  gampang diingat. Nah, kali ini kita akan memberikan beberapa nama rekomendasi untuk kucing hitam. Kucing yang punya kesan misterius dan berani ini kerap sekali dipanggil Blackie. Nah, selain kata ‘Blackie’ ada nama apa lagi ya kira-kira? Simak detailnya dalam ulasan berikut ini ya!

1. Bagheera

Nama Bagheera terdengar sangar bukan? Yap, nama ini diambil dari salah satu karakter panther hitam dari cerita The Jungle Book. Bagheera adalah sosok yang menyelamatkan Mowgli dan membantunya bertahan hidup selama berada di hutan belantara. Bagheera sendiri diambil dari bahasa India, yang artinya Macan Hitam. Bagheera berati sosok pemberani, ambisius serta mempunyai kehormatan. Memberikan nama Bagheera pada kucing hitam adalah ide bagus. Terutama apabila kucing tersebut mempunyai ekor yang panjang, tubuh yang besar, serta mata bulat tajam. Bagheera adalah nama yang sempurna untuk dia.

2. Blackie

Nama yang paling familiar, sering digunakan, serta akrab di telinga adalah Blackie. Blackie diambil dari bahasa Inggris Black yang artinya hitam. Nama Blackie ini memang simple, namun tampak menggemaskan dan lucu, bukan? Selain nama ini sudah sangat umum, memberikan nama Blackie untuk kucing hitam juga menambah keberuntungan. Fakta sejarah mencatat nama Blackie sebagai salah satu kucing paling kaya di dunia. Guinness Book of World Records mencatat seekor kucing bernama Blackie menerima warisan sebanyak 25 juta dollar. Warisan tersebut berasal dari pemiliknya, Ben Rea yang meninggal dunia pada tahun 1988. Karena hal itulah Blackie mendapat julukan Crazy Rich Animal.

3. Felix

Berikutnya ada nama Felix. Felix sendiri diambil dari bahasa banyak bahasa. Dalam bahasa Latin artinya ‘gembira, keberuntungan’. Sedangkan dalam bahasa Rumania, Felix berarti ‘kebahagiaan’. Yunani juga menggunakan kata Felix untuk mengungkapkan sesuatu yang menyenangkan. Nama ini merupakan salah satu nama yang sangat populer dan banyak digunakan di Britania Raya pada masanya. Nama Felix dianggap bisa membawakan berkah untuk keluarga di mana ia tinggal. Memberikan nama Felix pada kucing kesayanganmu adalah ide yang bagus. Ya, barangkali saja dengan diberikan nama ini, si meong bisa membawa keberuntungan yang tak terhingga untuk kamu.

4. Kuro

Kuro berasal dari bahasa Jepang yang artinya hitam atau gelap. Pemilik nama Kuro ini identik dengan karakternya yang kuat, maskulin, serius, serta punya pesona misterius tersendiri. Ada hal unik dari nama Kuro ini, dari tahun 1880 hingga 2018, ada kurang lebih 5 orang setiap tahun yang lahir dengan nama Kuro. Nama Kuro juga jarang sekali terdengar. Pemilik nama Kuro ini sudah pasti sosok yang unik dan sukses membuat banyak orang penasaran. Jika kamu mempunyai kucing dengan warna hitam yang dominan, memberikan nama Kuro akan sangat cocok untuk dia.

5. Midnight

Midnight, artinya tengah malam. Yang terbayang di benak saat mendengar kata midnight adalah suasana yang gelap dan hitam. Kata bahasa Inggris satu ini punya kesan misterius dan eksotis secara bersamaan. Midnight adalah ide bagus jika kamu ingin memberikan nama kepada hewan peliharaan (termasuk kucing) yang warnanya hitam. Apalagi jika kucing tersebut tidak banyak tingkah, berbadan mungil, tapi lincah dan senang bermain ke sana kemari. Nama Midnight juga enggak pasaran dan jarang dipakai untuk menamai hewan peliharaan.

6. Ninja

Ninja atau dikenal juga dengan Shinobi adalah istilah dalam bahasa Jepang. Jika diartikan secara harfiah, Ninja adalah seseorang yang bergerak secara rahasia. Atau seorang mata – mata di zaman feodal Jepang yang terlatih dalam seni ninjutsu (seni pergerakan sunyi). Ninja terkenal dengan pakaian mereka yang serba hitam, dengan pedang sebagai senjata. Ninja ini juga bisa menghabisi musuh-musuhnya dalam hitungan detik. Setiap Ninja juga merupakan sosok pemberani yang tak kenal rasa takut. Kucing hitam dengan karakter yang tidak takut lawan, berbadan besar, serta bergerak secara aktif bisa kamu beri nama Ninja. Pemberian nama ini akan langsung mengacu kepada karakternya yang super duper pemberani.

7. Noir

Noir merupakan bahasa Prancis yang artinya kelam atau hitam. Noir ini digunakan juga untuk menyebut istilah sebuah film. Film Noir adalah film yang terkenal identik dengan kemisteriusan, pencahayaan kurang, serta berisi kekerasan. Film ini terlihat klasik dengan background yang hanya hitam dan putih. Memberikan nama Noir pada kucing bisa kamu pertimbangkan. Apalagi kalau kucingmu adalah kucing hitam yang tidak terlalu banyak tingkah, pendiam, tetapi berani dan melawan saat bertemu dengan musuh. Nama Noir juga terdengar sangat eksotis di telinga.

8. Puma

Puma merupakan hewan nokturnal yang berasal dari Benua Amerika. Penampilan si Puma ini tak jauh berbeda dengan kucing pada umumnya. Hanya saja, ia punya badan yang besar, gigi tajam, serta lompatan yang jauh. Bahu Puma juga lebih menonjol dibanding spesies kucing besar lain. Puma sangat cocok untuk kucing yang punya penampilan maskulin, berbadan besar, berwarna hitam, bermata tajam, serta sering ingin mencakar saat ada yang mengganggunya. Karakter yang dimiliki oleh si kucing membuat nama Puma terasa begitu cocok untuknya.

9. Shadow

Shadow adalah ‘bayangan’ dalam bahasa Inggris. Shadow identik dengan remang-remang cahaya, sehingga seseorang tidak bisa melihat dengan jelas. Nama Shadow ini cocok diberikan kepada hewan peliharaan yang berjenis kelamin laki-laki, termasuk kucing. Meski misterius, pemilik nama Shadow bisa membuat seseorang langsung jatuh hati. Daya tarik Shadow justru sifatnya yang dingin, manja dan selalu ingin diperhatikan. Shadow juga bisa kamu berikan untuk kucing berwarna dominan hitam, ada mempunyai warna lain di salah satu bagian tubuhnya.

10. Zorro

Kata Zorro tercatat berasal dari bahasa Slavic – Eropa. Nama ini menurut bahasa aslinya memiliki arti Fajar. Seperti yang kita ketahui kalau Fajar merupakan waktu di mana gelap akan perlahan menjadi terang saat matahari muncul. Nama Zorro cocok diberikan kepada sosok yang terkenal misterius di awal, namun hangat dan bersahabat bila sudah lama saling mengenal. Bila kucing kamu juga mempunyai sifat seperti di atas, maka tak ada salahnya memberikan nama Zorro kepadanya.

11. Chia

Nama Chia banyak digunakan oleh para milenial masa kini. Nama Chia juga kadang merupakan nama panggilan sayang. Chia sendiri memiliki banyak arti positif, Chia melambangkan sosok yang terampil, ulet, serta kompeten dalam berbagai macam tugas. Selain itu, Chia juga identik dengan sosok yang lembut hati dan murah hati. Berdasarkan catatan sejarah, nama Chia banyak populer pada tahun 1998 hingga sekarang. Memberikan nama Chia untuk kucing kamu juga bukan ide buruk. Terutama jika kucing itu mempunyai sifat yang manis, penyayang terhadap tuannya, serta manja.

12. Luna

Luna identik dengan sosok yang anggun tapi manja dan banyak maunya. Kucing juga bisa memiliki sifat yang anggun serta pemilih. Dalam hal makanan misalnya, dia hanya mau makan nasi jika dicampur dengan ikan. Atau kucing yang hanya mau memakan makanan kering dengan merek tertentu saja. Kucing dengan karakter seperti ini pas banget bila kamu beri nama Luna. Nama tersebut akan menyatu dengan karakter si kucing yang mau diperlakukan manis bak ratu.

13. Misty

Dari nama ini saja, sudah tentu Misty punya karakter misterius dan susah ditebak. Nama Misty sendiri diambil dari bahasa Inggris yang artinya ‘berkabut tipis’. Kucing hitam betina dengan nama Misty ini sama saja seperti kucing hitam jantan dengan nama Blackie. Keduanya punya karakter kuat yang tidak takut dengan bahaya apapun. Namun, meski pemberani, Misty merupakan sosok ‘anak baik’ saat berada di rumah. Dia juga senang menghibur dan bisa menjadi teman yang menyenangkan. Tertarik memberikan nama Misty untuk kucing kesayangan kamu?

14. Nebula

Nebula artinya kabut. Dalam ilmu Astronomi, Nebula ini merupakan sebutan untuk partikel berkilau yang mengelilingi bintang. Kamu juga tentu mengenal sosok Nebula dalam serial ‘Guardian of The Galaxy’. Meski penampilannya terlihat menyeramkan, Nebula merupakan sosok pelindung yang menyayangi keluarganya. Nama Nebula juga cocok diberikan kepada si hitam yang kerap menjadi pusat perhatian kamu. Nebula cocok untuk kucing dengan karakter dengan sifat sayang tuan, manja dan selalu ingin diperhatikan.

15. Oreo

Hitam, manis, dan menjadi idola banyak orang, apalagi kalau bukan Oreo. Kata Oreo ini diambil dari bahasa Yunani “oros” yang berarti “gunung” atau “bukit”, karena awalnya Oreo berbentuk gundukan. Dalam bahasa Prancis, Oreo bisa berarti emas. Sedangkan yang kita kenal selama ini, Oreo adalah nama biskuit yang berwarna hitam, yang terkenal dengan rasanya yang nikmat. Nah, Oreo ini bisa kamu pakai untuk memberikan nama pada kucing hitam kamu. Terutama jika kucingmu mudah akrab dengan orang lain. Nama ini akan sangat cocok untuk si meong.

16. Pandora

Kata Pandora diambil dari bahasa Yunani, artinya ‘pemberian yang terbaik’. Di Indonesia, nama Pandora paling banyak ditemukan di Klaten. Pandora juga kerap dikaitkan dengan kotak misterius yang berisi sesuatu yang tidak bisa ditebak. Nama Pandora ini juga cocok untuk diberikan kepada kucing yang berwarna hitam. Dengan memberikan nama Pandora kepada kucing kesayangan, kamu bisa menyelipkan harapan semoga kucing tersebut bisa menjadi sumber kebahagiaan dan juga menghibur saat kamu sedang sedih.

17. Shady

Shady merupakan nama bunga melati. Dalam bahasa Arab, ada kata Asad atau Asadi yang artinya hitam. Shady merupakan kata yang lebih keren dan unik untuk kucing hitam betina. Nama Shady cocok kamu berikan kepada kitten yang baru saja lahir dan tidak berhenti ‘berbicara’ mengeong agar dipenuhi kebutuhannya. Nama Shady juga identik dengan kesan feminin, serta punya penampilan menyihir siapa saja yang melihat mereka.

18. Shiva

Shiva punya makna yang sangat dalam, yakni ‘menguntungkan’. Kehadiran sosok bernama Shiva akan membawa keberuntungan dalam hidup kamu. Nama Shiva ini juga sangat ‘cewek banget’ sehingga cocok diberikan untuk kucing hitam kesayangan kamu. Shiva punya sifat feminin, manja, dan selalu ingin diperhatikan. Namun, Shiva juga bisa menjelma menjadi kucing yang sayang dengan rumah dan sayang tuan.

19. Stella

Stella adalah nama kekinian yang banyak dipakai oleh generasi milenial. Secara arti, Stella sangat perhatian, dinamis, penuh kesibukan. Nama Stella cocok untuk kucing yang berwarna hitam (dengan sedikit putih), berbulu lebat, dan anggun. Nama tersebut sangat cocok diberikan kepada kucing jenis longhair.

20. Twilight

Kamu tentu tahu dengan serial Twilight yang sangat populer pada masanya. Twilight berkisah tentang kehidupan Bella dan Edward yang penuh misteri. Nama Twilight cocok kamu berikan kepada kucing hitam yang punya kesan misterius tapi manis. Kucing yang awalnya tidak mau akrab dengan orang lain, namun bisa bersahabat saat sudah saling kenal. Twilight sendiri artinya ‘senja’. Untuk kamu para pecinta senja, nama ini bisa kamu berikan kepada kucing kesayanganmu.

Bonus

Cara membiasakan kucing dengan nama barunya.

Nama kucing sebaiknya diberikan saat mereka masih bayi atau kitten. Dengan begitu, kucing akan tumbuh dengan nama yang sudah kamu berikan. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memberi nama pada kucing hitam kamu.

  • Nama hanya boleh maksimal dua suku kata pendek.
  • Jangan serupa dengan kata lain, misalnya “kopi”. Hal ini bisa membuat kucing bingung saat kamu menyebutkan ‘kopi’ untuk minuman.
  • Setelah selesai memberikan nama, panggil kucingmu dengan nama itu selama 7-10 hari. Kucing juga membutuhkan waktu untuk mengenali nama mereka sendiri.

Itulah 20 rekomendasi nama yang bisa kamu berikan kepada kucing hitam (jantan dan betina). Nama-nama tersebut sesuai dengan image kucing hitam yang biasanya dikenal misterius dan tidak mudah akrab dengan orang yang belum mereka kenal. Nama-nama rekomendasi ini juga pendek, bermakna, serta mudah diingat. Apakah sekarang kamu sudah punya ide akan memberikan nama yang mana kepada si meong kesayangan?

Baca lebih lanjut: 4817 nama kucing paling lucu dan mudah diingat »