Home » Rekomendasi Produk

10 rekomendasi obat jamur kucing terbaik [2021]

Saat memasuki musim penghujan, kucing mudah sekali terserang jamur. Udara yang lembab dan suhu yang dingin membuat jamur mudah tumbuh di kulit kucing. Terlebih kucing senang main keluar rumah saat hujan dan bermain ditempat kumuh. Wah, makin mudah sekali terserang jamur aspergillosis. Kucing saya, July, juga pernah jamuran parah saat musim penghujan. Tapi, saya obati dan sembuh. Maka dari itu, spesial untuk hari ini, saya akan membagikan 10 rekomendasi obat jamur kucing yang telah terbukti ampuh untuk mengobati kucing jamuran. Produk yang saya rekomendasikan mulai dari Vet Malaseb Shampoo, Ketonazol, hingga Animax Ointment. Penasaran? Ingin tahu lebih jelas tentang pengaplikasian obat jamurnya? Yuk, baca sampai selesai. Let’s dive in!

1. Dermacare-Vet Malaseb Medicated Shampoo

Rekomendasi obat jamur kucing yang akan saya bahas pertama kali adalah shampo Dermacare-Vet Malaseb. Shampoo Malaseb bisa jadi pilihan untuk mengatasi jamur, bakteri, parasit bahkan infeksi dermatophytosis pada kucing. Selain bisa digunakan untuk mengatasi jamur, sampo ini memiliki kandungan pelembab untuk membuat bulu tetap lembut dan sehat.

Shampoo Malaseb dengan netto 250ml memiliki harga sekitar Rp315.000. Harga tersebut cukup terjangkau untuk shampo yang bisa digunakan untuk mengatasi jamur dan membuat bulu kucing sehat berkilau.

Untuk menggunakannya, kamu bisa membasahi badan kucing kamu terlebih dahulu. Setelah itu, tuangkan sampo ke beberapa area badan kucing. misalnya di badan, lipatan kaki, tengkuk dan perut. Dan kasih shampo agak banyak pada area yang ditumbuhi jamur.

Jangan lupa untuk mengusap-usap shampo agak lama pada area yang berjamur. Tujuannya agar senyawa aktif dari shampo bekerja membunuh jamur dengan efektif. Hati-hati jika kamu mengaplikasikan shampo di dekat bibir atau area kepala ya. Karena kucing bisa merasa tidak nyaman dan berontak. Setelah selesai memandikan, bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk mengeringkan bulu kucing kamu ya.

2. Itraconazole

Produk rekomendasi obat jamur kucing selanjutnya adalah Itraconazole. Itraconazole biasanya digunakan untuk mengatasi jamur pada kucing. Karena tergolong obat keras, maka kamu tidak boleh memberikan Itraconazole ke kucing dengan kondisi:

  • Hamil dan menyusui.
  • Sakit ginjal.
  • Sakit lever.

Bagaimana jika tidak sengaja diberikan ke kucing hamil? Fetus kucing akan mengalami cacat. Jadi, cek kondisi kucing kamu terlebih dahulu ya sebelum memberikan Itraconazole.

Berapa harganya? Harga Itraconazole per kapsul sekitar Rp28.000. Walaupun kamu bisa membelinya secara online, kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter hewan terlebih dahulu.

Sebagai catatan, menurut Wedgewood Pharmacy, kamu butuh resep dokter hewan sebelum obat ini diberikan ke kucing. Apalagi jika obat jamur ini digunakan untuk mengatasi infeksi jamur yang sudah menjalar hingga ke tulang dan otak.

Untuk memberikan Itraconazole, kamu bisa memberikan langsung ke kucing. Bisa juga menghancurkan obat ini terlebih dahulu kemudian mencampurkannya ke makanan.

Apakah ada efek sampingnya? Ada. Beberapa efek samping yang wajib kamu tahu, yaitu:

  • Muntah.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Diare.

Jika kucing kamu mengalami efek samping tersebut, maka kamu harus segera menghubungi dokter hewan ya.

3. Itrafungol Oral Solution for Cats

Itrafungol memiliki kandungan Itraconazole yang efektif untuk membunuh jamur. Obat Itrafungol juga kerap digunakan untuk obat kucing jamuran. Obat jamur dengan netto 52 ml ini dijual dengan harga sekitar Rp720.000-Rp721.000.

Produk ini tidak boleh diberikan ke kucing hamil dan menyusui karena bisa berpengaruh buruk pada kandungan. Lalu, berapa dosisnya? Dosis harian yang disarankan adalah 5 mg/kg (0,5 ml/kg).

Pemberian Itrafungol Oral Solution for Cats dilakukan secara berselang seling. Misalnya minggu pertama diberi Itrafungol Oral Solution for Cats. Minggu kedua tidak, Minggu ketiga diberi Itrafungol lagi.

Untuk memberikan Itrafungol ke kucing, kamu bisa menggunakan suntikan atau pipet. Sesuaikan banyaknya Itrafungol dengan berat badan kucing agar tidak memberikan efek samping.

Setelah memberikan Itrafungol, cek reaksi kucing. Jika kamu mendapati kucing diare, muntah, depresi, segera bawa kucing kesayangan kamu ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

4. Ketoconazole

Ketoconazole merupakan obat generic untuk mengatasi kucing jamuran. Umumnya Ketoconazole diberikan untuk perawatan kucing yang terkena infeksi jamur.

Jenis obat ini termasuk obat keras yang tidak boleh diberikan ke kucing hamil. Jika kamu berikan, maka fetus kucing bisa cacat.

Selain itu, kamu tidak boleh memberikan Ketoconazole ke kucing yang punya masalah kesehatan pada liver, darah atau hipersensitif. Jangan pula memberikan Ketoconazole saat kucing kamu sedang depresi atau stress. Takutnya setelah kamu memberikan Ketoconazole, kucing kamu akan semakin stress dan depresi.

Ketoconazole bisa kamu dapatkan secara bebas di toko online dengan harga sekitar Rp13.000-Rp14.000 per tabletnya. Walaupun dijual bebas, tapi, kamu harus berkonsultasi dulu ke dokter hewan.

Kenapa? Karena kesalahan dosis akan berpengaruh pada kesehatan kucing kesayangan kamu. Jadi, setelah membeli Ketoconazole, segera konsultasi ke dokter hewan ya.

Agar lebih efektif, boleh tidak jika melakukan perawatan lainnya? Bisa. Kamu bisa mengkombinasikan pemberian Ketoconazole dengan sampo khusus untuk mengatasi jamur. Atau bisa juga kamu mengkombinasikan Ketonazole oral dan salep. Jadi, proses pembasmian jamur lebih cepat.

Gunakan sampo khusus anti jamur 2x seminggu. Jika kamu kesusahan memandikan kucing, jangan ragu untuk meminta bantuan ke teman atau anggota keluarga kamu ya.

5. Fluconazole

Sama halnya seperti Itraconazole dan Ketoconazole, Fluconazole juga masuk sebagai produk rekomendasi untuk mengatasi jamur pada kucing. Tapi, Fluconazole termasuk obat jamur yang diresepkan oleh dokter. Jadi, kamu tidak boleh asal memberikannya ke kucing.

Fluconazole diberikan ke kucing dengan infeksi jamur parah. Apalagi infeksi jamur sudah mempengaruhi sistem tubuh, seperti sistem syaraf pusat.

Fluconazole tidak boleh diberikan ke kucing yang sedang hamil, menyusui, ataupun mengalami masalah hati. Jadi, kamu harus mengecek kondisi kucing kamu terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak terjadi komplikasi.

Lalu, berapa harganya? Fluconazole bisa dibeli per tablet dengan harga sekitar Rp14.000.

Untuk pemberian Fluconazole, ada 3 tahapan, yaitu:

  • Pertama, berikan setiap hari.
  • Kedua, berikan setiap dua hari sekali.
  • Ketiga, berikan 1 kali dalam seminggu hingga kucing kamu sembuh.

Ingat ya, lama dari tahapan tersebut bisa berbeda untuk masing-masing kucing. Namun, agar Fluconazole bisa bekerja maksimal, berikan obat jamur ini sesuai resep dokter ya.

Karena Fluconazole merupakan obat oral, kamu bisa mengkombinasikannya dengan sampo dan lotion anti jamur. Fluconazole untuk pengobatan kucing jamuran dari dalam. Dan shampo anti-jamur untuk pengobatan dari luar. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter hewan, kira-kira apakah sampo dan lotion yang cocok dikombinasikan dengan Fluconazole.

6. Lime sulfur

Sesuai informasi di laman Shelter Medecine, lime sulfur sangat efektif sebagai salah satu cara menghilangkani jamur pada kucing. Cara ini dianggap efektif untuk mensterilkan bulu kucing dari pertumbuhan jamur.

Kamu bisa memilih jenis lime sulfur yang ada di toko online ataupun di toko offline. Harga lime sulfur ini berbeda-beda untuk masing-masing produk. Kurang lebih harga lime sulfur sekitar Rp195.000 per 473 ml.

Apakah semua produk lime sulfur dipasaran bisa digunakan sebagai obat jamur kucing? Tidak.

Menurut Shelter Medecine, kamu hanya bisa menggunakan lime sulfur dengan konsentrasi 8%. Konsentrasi ini diperoleh dari 8oz (sekitar 236,588 ml) per 1 gallon (3785.41 ml). Jumlah konsentrasi tersebut, 2x lebih banyak dibandingkan konsentrasi lime sulfur yang ada di botol produk.

Jadi, untuk kondisi normal, kamu bisa mengikuti saran penggunaan sesuai yang ada di botol produk lime sulfur yang kamu pilih. Namun, jika kondisi jamur cukup parah, gunakan konsentrasi 8%.

Keunggulan dari penggunaan lime sulfur adalah:

  • Bisa digunakan untuk kucing hamil dan menyusui.
  • Bisa digunakan untuk kitten usia 2-3 minggu.

Saya menemukan 2 hal yang berbeda terkait dengan penggunaan lime sulfur. Menurut video yang dibagikan di kanal Greg Martines DVM, kucing tersebut dimandikan terlebih dahulu.

Namun, hal yang berbeda saya temukan di Shelter Medecine. Di laman ini, kamu tidak dianjurkan untuk membasahi kucing terlebih dahulu sebelum dimandikan dengan lime sulfur.

Menurut, laman University of Wisconsin-Madison Shelter Medicine, ada 2 alasan mengapa kamu tidak boleh membasahi kucing lebih dulu. Alasan tersebut, yaitu:

  • Bisa mengencerkan larutan lime sulfure. Alhasil, hasilnya kurang efektif dan kamu harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.
  • Susah untuk tahu apakah lime sulfur sudah menempel dengan baik atau belum.

Jadi, kalau kamu bingung, bagaimana cara yang tepat, kamu bisa konsultasikan ke dokter hewan kamu ya. Dengan begitu, kamu bisa lebih yakin dan maksimal mengatasi jamur pada kucing kesayangan.

7. Animax Ointment for Dogs & Cats

Untuk obat luar, kamu bisa menggunakan Animax Ointment for Dogs & Cats. Produk berbentuk salep ini memiliki harga sekitar Rp184.000.

Animax Ointment for Dogs & Cats biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit. Obat ini menggunakan 4 bahan aktif, yaitu nistatin, thiostrepton, neomycin sulfate, triamcinolone acetonide.

Kandungan aktif ini memiliki sifat anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan anti-pruritic. Maka dari itu, Animax Ointment for Dogs & Cats bisa digunakan untuk mengatasi jamur pada kucing.

Untuk penggunaannya, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter hewan. Jika selama pemakaian, kucing kamu menunjukkan gejala seperti muntah dan diare, segera bawa ke dokter hewan ya. Dengan begitu, kucing kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

8. Veterinary Formula Clinical Care Antiseptic and Antifungal Spray for Dogs and Cats

Veterinary Formula Clinical Care Antiseptic and Antifungal Spray for Dogs and Cats memiliki harga sekitar Rp121.000 per 8 oz. Obat jamur ini hanya boleh kamu gunakan ke kucing usia 12 minggu ke atas.

Keunggulan dari Veterinary Formula Clinical Care Antiseptic and Antifungal Spray for Dogs and Cats, yaitu:

  • Memiliki harga yang terjangkau.
  • Aman untuk digunakan.
  • Mudah untuk digunakan.
  • Efektif.
  • Aman digunakan.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyemprotkan obat jamur ini 2x sehari selama 1 minggu. Lakukan cara ini selama 12 minggu dan lihat hasilnya. Kucing pasti langung bebas dari jamur.

9. Douxo Chlorhexidine PS Dog & Cat Shampoo

Douxo Chlorhexidine PS Dog & Cat Shampoo bisa kamu jadikan pilihan untuk mengatasi jamur pada kucing. Namun, kamu harus bersiap membayar sekitar Rp424.000 per 500 ml shampo.

Keunggulan dari Douxo Chlorehexidine PS Dog & Cat Shampoo, diantaranya:

  • Memiliki kandungan chlorhexidine dan climbazole untuk mengontrol jamur dan bakteri.
  • Kandungan lipacid membantu untuk memulihkan kulit yang diserang jamur.
  • Memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-seboroik untuk mengatasi gatal.
  • Membantu melindungi kulit kucing dari iritasi.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Kamu hanya perlu memandikan kucing kamu dengan Douxo Chlorhexidine PS Dog & Cat Shampoo. Pijat dan biarkan sebentar selama 5-10 menit sebelum kamu membilas hingga bersih.

Mandikan 2-3 kali dalam seminggu selama 1-2 minggu. Tujuannya agar jamur bisa diatasi dan tidak berkembang dan menyebabkan masalah kulit.

10. Mal-A-Ket Wipes for Dogs & Cats

Rekomendasi produk obat jamur kucing terakhir adalah Mal-A-Ket Wipes. Mal-A-Ket Wipes for Dogs & Cats merupakan tisu untuk membersihkan jamur terutama di lipatan badan kucing. Obat jamur ini aman untuk digunakan bahkan untuk area sensitif sekalipun, seperti dekat alat kelamin.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyapukan tisu ini ke area yang berjamur. Kamu juga bisa menggunakan tisu ini untuk menyeka area kulit kucing yang iritasi. Dengan begitu, kulit kucing akan tetap lembab dan kucing kamu merasa nyaman.

Penggunaan tisu ini bisa kamu kombinasikan dengan sampo anti jamur ataupun obat yang diresepkan dokter.

Berapa harganya? Harga Mal-A-Ket Wipes for Dogs & Cats sekitar Rp195.000 per 50 tisu.

Poin penting

Mengobati kucing yang terserang jamur itu butuh waktu. Kamu perlu telaten memberikan obat pada kucing. Kedisiplinan dan pengaplikasian obat sesuai dosis adalah kunci agar kucing cepat terbebas dari jamur.

Saat ini ada obat jamur kucing dalam bentuk shampo, oral, dan salep. Dari puluhan produk obat jamur saya hanya merekomendasikan yang bagus dan terbukti ampuh. Berikut ini rangkuman 11 rekomendasi obat jamur kucing yang terbukti ampuh membasmi jamur sampai ke akarnya.

  1. Dermacare-Vet Malaseb Medicated Shampoo.
  2. Itraconazole.
  3. Itrafungol Oral Solution for Cats.
  4. Ketoconazole.
  5. Fluconazole.
  6. Lime sulfur.
  7. Animax Ointment for Dogs & Cats.
  8. Veterinary Formula Clinical Care Antiseptic and Antifungal Spray for Dogs and Cats.
  9. Douxo Chlorhexidine PS Dog & Cat Shampoo.
  10. Mal-A-Ket Wipes for Dogs & Cats.

Akhir kata, agar jamur tidak balik lagi, selalu jaga kebersihan kucing dan lingkungan rumah kamu ya. Pastikan kucing tidak banyak keluar rumah saat musim hujan.

Baca lebih lanjut: Cara mengatasi bulu kucing rontok karena jamur »