Home » Rekomendasi produk » 10 rekomendasi obat mata kucing ampuh [cepat sembuh]

10 rekomendasi obat mata kucing ampuh [cepat sembuh]

| | Category

Selama saya merawat kucing, saya pernah mengobati kucing belekan, mata kucing tertutup selaput putih hingga infeksi mata kontungtivitis. Pengobatannya tidak mudah dan butuh kedisiplinan. Tapi, dengan penanganan yang tepat, si meong akhirnya sembuh. Pada artikel ini, saya akan membagikan 10 rekomendasi obat mata kucing yang ampuh mengatasi berbagai penyakit mata kucing. Mulai dari belekan, infeksi dan iritasi. Merek obat mata kucing yang akan saya bahas mulai dari Gentamicin, Trixin Cat, Erlamicetyn hingga salep Teramycin. Penasaran? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan sampai selesai.

1. PetAlive Eye-Heal Drops

Rekomendasi obat mata kucing yang akan saya bahas pertama kali adalah PetAlive Eye-Heal Drops. Obat mata satu ini bisa kamu gunakan saat gejala sakit mata pada kucing mulai terlihat. Eye-heal ini sangat aman karena terbuat dari bahan-bahan herbal alami. Fungsinya untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di mata kucing serta membuat penglihatan si meong kembali jernih. Adapun formula bahan yang ditemukan adalah burdock organik, calendine organik, meadowsweet, dan rosemary. Obat mata ini juga sudah teruji secara klinis sesuai cGMP serta terdaftar FDA. Obat mata ini benar-benar bebas dari bahan yang tidak diinginkan seperti bahan pengisi, GMO, pewarna dan perasa buatan, serta pengawet. Keunggulan PetAlive adalah sebagai berikut:

  • Terbuat dari campuran bahan-bahan terapeutik alami.
  • Bebas dari fillers.
  • Bebas GMO.

2. Dr. Goodpet Natural Vitamin C & Zinc Eye Drops

Rekomendasi obat mata kucing selanjutnya adalah Goodpet Natural Vitamin C & Zinc Eye Drops. Obat ini bisa mengatasi sakit mata pada kucing karena disebabkan oleh alergi, dengan ciri mata cenderung merah, kering, gatal, perih, atau berair. Seperti namanya, vitamin C dan Zinc dapat meningkatkan kesehatan mata dan membuat mata kucing Anda kembali rileks. Vitamin C bisa menunjang kesehatan pembuluh darah pada mata. Sedangkan Zinc dapat mencegah degenerasi makula, penyakit yang biasanya menyerang kucing yang berusia tua. Namun, untuk mendapatkan tetes mata kucing ini cukup sulit. Obat ini hanya bisa diperoleh di e-commerce Amazon dengan harga yang juga cukup mahal. Dibandingkan dengan obat lain, Dr. Goodpet mempunyai keunggulan sebagai berikut:

  • Aman digunakan setiap hari.
  • Tekstur yang menenangkan untuk mata kucing.
  • Formula bahan-bahan alami.

3. Salep Gentamicin

Kucing merupakan hewan yang aktif bermain dan berburu di luar ruangan. Sehingga, hal tersebut membuat kucing berpotensi mengalami luka di bagian tubuhnya, tak terkecuali mata. Nah, untuk mencegah infeksi lebih buruk, kamu bisa memberikan obat dalam bentuk salep, Gentamicin namanya. Salep ini direkomendasikan oleh dokter hewan agar luka kucing cepat kering, tidak terkena infeksi serta sembuh lebih cepat. Bahan utama salep ini adalah Gentamisin sulfat. Adapun cara penggunaannya cukup dengan dioleskan ke area yang terluka, digunakan 2 kali dalam sehari. Salep ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai e-commerce yang ada di Indonesia. Harganya pun sangat terjangkau.

4. Trixin Cat

Salah satu obat yang paling umum dan bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tokoh online adalah Trixin Cat. Obat dalam bentuk tetes ini bisa mengatasi peradangan serta infeksi pada mata dan juga hidung kucing. Meski bentuknya kecil, Trixin bisa mengatasi gejala sakit berupa mata merah, mata berair, belekan, infeksi dan hidung meler. Komposisi utama dari obat ini adalah Gentamycin Sulphate dan Dexamethasone. Obat ini tidak hanya dipakai oleh kucing dewasa saja, loh. Kitten yang menderita sakit mata juga bisa kamu sembuhkan dengan Trixin. Caranya, teteskan 2 tetes (2 kali sehari) ke mata yang bermasalah secara rutin. Penggunaan rutin akan membuat kucing kembali sehat.

5. Ark Naturals Eyes So Bright Gentle Eye Wash Cleanser

Berbeda dari obat lainnya, obat mata satu ini merupakan cleanser atau tetes mata yang membutuhkan pembilasan secara teratur. Hal ini akan sangat berguna agar mata bersih dari kotoran dan juga bebas iritasi. Bahan utama pembuat tetes mata ini adalah aloe vera, witch hazel, serta ekstrak echinacea. Adapun cara menggunakannya sangat mudah. Teteskan cairan sedikit kapas lalu usapkan dengan lembut di sekitar mata kucing kesayanganmu sampai bebas kotoran. Produk ini sendiri sudah mendapatkan rating 4.5/5 dari para pelanggan tetapnya. Keunggulan Ark Natural Eye Wash Cleanser adalah:

  • Kaya akan kandungan lidah buaya.
  • Dibuat dengan teknologi modern di USA.
  • Bebas dari pewarna dan pengawet buatan.

6. Salep Terramycin

Rekomendasi obat mata kucing yang bisa kamu beli di apotik ya salep Terramycin. Terramycin merupakan salah satu merek salep khusus untuk mengobati mata kucing. Kegunaan utama salep ini adalah mengobati mata kering, bengkak, kemerahan, dan gatal. Selain itu, jika mata kucingmu terinfeksi bakteri Chlamydia, maka penggunaan salep bisa menghambat dan membunuh bakteri. Sehingga infeksi akan berkurang dan tidak lagi berkembang. Meski kecil, khasiat dari salep ini luar biasa. Infeksi dan penyakit mata bisa sembuh setelah dilakukan pemakaian teratur. Adapun cara pemakaian salep ini sederhana, cukup oleskan pada kelopak mata si meong 2 kali sehari. Salep ini bisa didapatkan di toko online Indonesia. Hanya saja, harganya memang sedikit lebih mahal dari salep-salep lain. Namun, jika hal itu bisa membuat kucing kesayanganmu kembali sehat dan ceria, kenapa tidak?

7. Calm Coat Calm Eyes

Merek selanjutnya adalah Calm Coat Calm Eyes. Tetes mata ini termasuk dalam jenis pembersih untuk menenangkan mata kucing yang gatal, kemerahan, serta infeksi. Seperti namanya, obat tetes ini mempunyai formula lembut untuk menghilangkan kotoran di dalam mata kucing. Cara pemakaiannya hampir sama dengan obat mata lain. Cukup dengan diteteskan 1 hingga 2 tetes pada mata kucing. Ingat, mata si meong harus dibersihkan terlebih dahulu ya. Nah, obat ini dibuat di Amerika, dibanderol dengan harga sekitar Rp130.000. Lumayan mahal memang, namun untuk kucing tersayang tidak ada salahnya kalau mencoba.

8. Salep Erlamycetin

Berikutnya ada salep Erlamycetin. Salep ini berkhasiat untuk mengobati mata kucing yang terkena infeksi bakteri. Kandungan Chloromphenicol membantu kucing kembali rileks dan bisa melihat objek dengan jelas. Adapun penggunaan salep mata ini bisa menumpas bakteri jenis Chlamydia, Salmonellaspp, Haemofilusinfluenza, Salmonelathypi, Neisseriaspp. Salep Erlamycetin juga sangat ampuh membunuh bakteri Streptococcus serta spesies Rickettsia dan Lymphogranulomapsittacosis. Penggunaan salep ini tidak hanya aman untuk kucing dewasa saja, loh. Sakit mata pada kitten (anak kucing) juga bisa disembuhkan dengan menggunakan Erlamycetin. Lagi, sebelum menggunakan obat, pastikan mata kucing sudah dalam keadaan bersih. Sehingga tidak akan ada bakteri yang menempel di mata dan berbaur bersama salep. Obat ini tergolong mudah didapatkan di toko online, tentu dengan harga yang bersahabat.

9. Vetericyn Plus Antimicrobial Ophthalmic Pet Gel Eye Drops

Obat mata dalam bentuk gel ini merupakan solusi tepat untuk berbagai masalah mata umum yang dihadapi kucing. Diformulasikan untuk membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan mata yang terbakar, perih, gatal, polutan, serta infeksi. Kandungan antibiotik yang ada di dalamnya merupakan telah direkomendasikan oleh dokter hewan. Tekstur obat ini lembut, bebas rasa sakit, dan tidak beracun bagi kucing. Bahkan bisa digunakan pada hewan peliharaan lainnya. Untuk hasil yang maksimal, gunakan 2 hingga 3 kali dalam sehari. Sebelum dioles pada mata si meong kesayangan, bersihkan matanya terlebih dahulu. Gunakan kain lap lembut yang sudah dibasahi dan usap pelan pada mata kucing. Setelahnya, barus oleskan obat mata secukupnya. Keunggulan Vetericyn ini adalah:

  • Direkomendasikan oleh dokter hewan.
  • Dibuat di fasilitas terdaftar FDA.
  • Solusi bebas rasa sakit.

10. Terra Septic Dog & Cat Eye & Ear Drops

Rekomendasi obat mata kucing terakhir adalah Terra Septic Cat Eye dari Thomas Labs. Produk yang diproduksi oleh Thomas Labs ini merupakan salah satu merek yang sangat terkenal karena kemampuannya mengatasi alergi dan berbagai penyakit mata pada kucing. Misalnya, gatal, mata berair, kotoran mata menumpuk, serta alergi. Tekstur TerraSeptic ini sangat lembut dan tidak membuat kucing merasa tak nyaman. Produk ini memang diformulasikan untuk mendukung proses penyembuhan pada mata kucing tanpa merusak jaringan apa pun. Keunggulan lain dari produk ini adalah dapat membantu menjaga kesehatan mata kucing kesayanganmu. Selain itu, obat mata ini juga bisa digunakan sebagai obat telinga. Penggunaan secara rutin akan menjauhkan bau yang berhubungan dengan telinga, mengobati luka bakar, luka sayat, kurap, dan iritasi lainnya. Keunggulan TerraSeptic bila mau dibandingkan dengan produk lain:

  • Larutan netral pH.
  • Selain mata, salep ini juga membantu meningkatkan kesehatan telinga.
  • Dapat digunakan untuk mengobati luka, luka bakar, sayatan, kurap, dan iritasi.

Tata cara pemberian salep dan obat tetes mata untuk kucing

Selain kondisi mata kucing yang harus bersih dari kotoran, ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan saat memberikan salep ataupun obat tetes mata untuk kucing. Di antaranya:

  • Pastikan posisi kucing benar-benar sudah mantap, pengolesan salep harus dengan tangan aplikator salep mata.
  • Pemberiannya harus di kelopak mata kucing bagian dalam.
  • Setelah salep masuk, pijat lembut kelopak mata dalam keadaan tertutup. Hal tersebut agar obat menyebar secara merata.
  • Lakukan teknik yang sama untuk pemakaian obat tetes.

Pemberian obat mata kucing ini harus dilakukan dengan telaten dan sabar. Kucing pasti akan melakukan perlawanan sesaat setelah obat masuk ke dalam mata. Karena boleh jadi meninggalkan rasa sedikit perih di mata. Oleh karena itu, sebelum memberikan obat, pastikan kalau posisi kucing nyaman dan tidak memungkinkan dia untuk meronta-ronta.

Kesimpulan

Beberapa rekomendasi obat mata kucing di atas mempunyai kemampuan untuk mengatasi beberapa masalah sekaligus. Salep-salep dan obat tetes di atas dibuat dengan bahan-bahan alami yang dirancang agar kucing merasa nyaman dan rileks selama proses pengobatan. Adapun penyakit mata umum yang sering diderita oleh kucing adalah mata gatal, mata kemerahan, mata berair, infeksi karena bakteri, belekan, serta luka di bagian mata.

Sebelum memakaikan obat untuk kucing kesayanganmu, pastikan matanya sudah bersih. Kamu bisa mengusap pelan mata kucing dengan handuk basah atau kain yang lembut. Setelahnya, oles atau teteskan obat 2 hingga 3 kali dalam sehari. Jika dalam jangka waktu tertentu mata kucing tak kunjung membaik, maka bawalah ke dokter hewan. Hal itu agar kucing mendapatkan perawatan yang lebih intensif dari dokter.

Baca lebih lanjut: Apakah sakit mata kucing bisa menular ke manusia? »