15 rekomendasi snack kucing yang lezat dan menyehatkan

Tahukah kamu kalau kucing ternyata suka makan snack? Snack ini biasanya diberikan untuk selingan makan besar ataupun untuk reward setelah dilatih. Namun, kamu tidak bisa memberikan snack sembarangan. Kenapa? Karena snack yang kamu berikan akan berpengaruh pada tumbuh kembang kucing kesayangan. Kalau kamu bingung memilih snack kucing yang bergizi, saya ada rekomendasi untuk kamu. Mulai dari Greenies Feline Dental Cat Treats hingga Swallow Fish. Untuk tahu lebih lengkap apa saja snack yang bagus untuk kucing, simak info berikut ya.

1. Greenies Feline Dental Cat Treats

Rekomendasi snack kucing pertama adalah Greenies Feline Dental Cat Treats. Produk ini memiliki bentuk seperti biskuit. Snack kucing ini memiliki harga sekitar Rp70.000-Rp71.000 untuk kemasan 130 gr.

Greenies Feline Dental Cat Treats dibuat memang untuk menjaga kesehatan gigi. Jadi, gigi kucing kamu, tetap bersih dan sehat.

Tekstur yang crunchy membuat kucing menyukai Greenies Feline Dental Cat Treats. Apalagi, Greenies Feline Dental Cat Treats tidak disertai dengan perasa buatan.

Uniknya, snack yang dilengkapi dengan vitamin dan mineral ini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Dengan kadar kalori kurang dari 1 kalori per treat, kucing tetap sehat dan tidak obesitas.

Untuk rasa, Greenies Feline Dental Cat Treats memiliki berbagai macam rasa yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah rasa ayam oven.

2. Vitakraft Cat Sticks with Salmon & Trout

Vitakraft Cat Sticks with Salmon & Trout merupakan snack kucing berbentuk stick. Karena berbentuk stick, Vitakraft Cat Sticks with Salmon & Trout bisa kamu gunakan untuk melatih kucing menggigit.

Vitakraft Cat Sticks with Salmon & Trout  memiliki harga terjangkau. Harganya sekitar Rp10.000 hingga Rp22.000.

Apa kucing suka? Suka atau tidaknya kucing dengan Vitakraft Cat Sticks with Salmon & Trout, tergantung selera kucing kamu.

Namun, Vitakraft Cat Sticks with Salmon & Trout terbuat dari daging atau ikan. Kedua makanan ini tentu sangat disukai kucing. Apalagi, Vitakraft Cat Sticks with Salmon & Trout tidak diberi pemanis, pewarna buatan, jadi lebih sehat.

Vitakraft Cat Sticks with Salmon & Trout juga dilengkapi dengan asam lemak omega-3. Kandungan gizi tersebut membantu agar bulunya semakin terlihat berkilau dan sehat.

3. Temptations Classic Treats for Cats

Mencari snack yang crunchy dengan harga terjangkau? Temptations Classic Treats for Cats bisa jadi pilihan.

Temptations Classic Treats for Cats memiliki harga sekitar Rp116.000-Rp117.000 per 16 oz atau sekitar 453,592 gr. Harga ini cukup terjangkau apalagi Temptations Classic Treats for Cats memiliki kalori rendah dan gizi lengkap.

Temptations Classic Treats for Cats memiliki 3 pilihan rasa yaitu ayam, keju, catnip. Temptations Classic Treats for Cats tidak diberi perasa tambahan dan nutrisinya terjaga sehingga lebih sehat.

Untuk teksturnya, Temptations Classic Treats for Cats bertekstur renyah di luar, lembut di dalam. Renyahnya snack ini membantu menjaga kesehatan gigi kucing. Sedangkan bagian dalam yang lembut memungkinkan kucing untuk lebih mudah mengunyahnya.

 4. Inaba Ciao Churu Tuna

Mencari snack berbentuk pasta agar lebih mudah dimakan kucing kesayangan? Inaba Ciao Churu Tuna bisa jadi pilihan.

Snack dengan harga sekitar Rp28.000 ini memiliki kandungan air yang tinggi. Karena hal tersebut, Inaba Ciao Churu Tuna bisa kamu berikan ke kucing kamu yang sedang sakit. Misalnya:

  • Sembelit.
  • Masalah saluran kencing.

Inaba Ciao Churu Tuna memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Diantaranya adalah:

  • Ekstrak tuna.
  • protein hydrolysate.
  • Gula.
  • Asam amino.
  • Vitamin E.
  • Ekstrak green tea.

Untuk memberikan Inaba Ciao Churu Tuna, kamu bisa memberikan langsung ke kucing kesayangan. Bisa juga kamu tuang ke mangkuk agar kucing kamu makan sendiri.

5. Eureka Holistic Cat Snack

Rekomendasi snack kucing berikutnya adalah Eureka Holistic Cat Snack. Snack kucing ini berbentuk stick dan memiliki 3 cita rasa, yaitu tuna, seafood dan salmon. Uniknya, varian rasa tersebut bisa kamu dapatkan dalam 1 kemasan. Jadi, kamu tidak perlu membeli banyak snack dengan rasa yang berbeda-beda.

Eureka Holistic Cat Snack terbuat dari bahan premium. Selain itu Eureka Holistic Cat Snack juga sudah dilengkapi dengan prebiotic untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Kalau kamu ingin mencoba memberi Eureka Holistic Cat Snack ke kucing kesayangan, kamu tidak perlu khawatir. Selain sehat, harga Eureka Holistic Cat Snack sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp30.000-Rp50.000.

6. Petz Route Kitty’s Cream Tuna & Codfish

Petz Route Kitty’s Cream Tuna & Codfish cocok untuk kucing kamu yang lebih suka dengan snack berbentuk krim. Petz Route Kitty’s Cream Tuna & Codfish memiliki tekstur kental dan lembut.

Snack berbentuk krim ini terbuat dari bahan ikan salmon, tuna, ayam dan susu kambing. Dengan bahan baku premium tersebut, kucing kamu pasti suka dan sistem pencernaan tetap terjaga kesehatannya.

Apalagi, Petz Route Kitty’s Cream Tuna & Codfish dilengkapi dengan kandungan yang disebut chondroitin dan glucosamine. Kedua kandungan gizi ini membantu menjaga sendi kucing agar tetap sehat. Jadi, Petz Route Kitty’s Cream Tuna & Codfish sangat cocok untuk kucing senior.

Kalau kamu ingin mencoba, kamu bisa membeli di pet shop atau online shop. Cukup dengan harga sekitar Rp48.000, kamu sudah bisa mendapatkan Petz Route Kitty’s Cream Tuna & Codfish.

7. Blue Buffalo Wilderness Chicken & Turkey Grain-Free Cat Treats

Kamu mau mencoba memberikan snack kucing dengan cita rasa baru seperti rasa ayam dan kalkun? Coba deh Blue Buffalo Wilderness Chicken & Turkey Grain-Free Cat Treats.

Snack dengan harga sekitar Rp35.000-Rp36.000 ini memiliki tekstur yang lembut dan lembut. Jadi, kucing kamu akan suka dengan Blue Buffalo Wilderness Chicken & Turkey Grain-Free Cat Treats.

Blue Buffalo Wilderness Chicken & Turkey Grain-Free Cat Treats memiliki bentuk balok sehingga mudah untuk dimakan.

Bagaimana dengan komposisinya? Blue Buffalo Wilderness Chicken & Turkey Grain-Free Cat Treats terbuat dari bahan dasar ayam dan kalkun.

Blue Buffalo Wilderness Chicken & Turkey Grain-Free Cat Treats tidak menggunakan bahan dasar seperti beras dan gluten. Jadi, snack balok ini aman untuk kucing kamu yang memiliki sistem pencernaan cukup sensitive.

8. Kit Kat Kitty Crunch

Kit Kat Kitty Crunch cocok untuk kucing kamu yang mengalami masalah pada giginya. Lho kenapa? ini karena Kit Kat Kitty Crunch memiliki tekstur yang renyah.

Tekstur renyah tersebut membantu untuk membersihkan gigi kucing. Alhasil, gigi kucing kamu, terutama kitten lebih terjaga dan sehat.

Kit Kat Kitty Crunch memiliki 6 cita rasa yang bisa kamu pilih sesuai kesukaan kucing kamu. 6 rasa dari snack seharga Rp15.000-Rp16.000, yaitu:

  • Ayam.
  • Tuna.
  • Salmon.
  • Sapi.
  • Kambing.
  • Seafood.

9. Meow Mix Irresistibles, Soft White Meat Chicken

Meow Mix Irresistibles, Soft White Meat Chicken merupakan snack kucing dengan bentuk seperti biskuit. Snack kucing ini terbuat dari daging tanpa ada campuran rasa tambahan. Maka dari itu, Meow Mix Irresistibles, Soft White Meat Chicken lebih sehat.

Per biskuitnya, Meow Mix Irresistibles, Soft White Meat Chicken memiliki kandungan 2 kalori. Agar kucing kamu tetap sehat, perhatikan jumlah snack yang kamu berikan.

Meow Mix Irresistibles, Soft White Meat Chicken memiliki takaran pemberian snack yang dianjurkan, yaitu:

Berat kucing (kg)Jumlah snack per hari
2,2-4.08 kg8-14 buah
4,5-6,35 kg16-22 buah

Untuk harganya, Meow Mix Irresistibles, Soft White Meat Chicken memiliki harga cukup terjangkau. Meow Mix Irresistibles, Soft White Meat Chicken 68 ounce (1,92 kg) dibanderol dengan harga sekitar Rp424.000-Rp425.000.

10. Me-O Creamy Treats

Rekomendasi snack kucing selanjutnya adalah salah satu snack kucing popular di Indonenesia, yaitu: Me-O Creamy Treats. Me-O memiliki kemasan 60 gr. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp14.000-Rp18.000. Dengan harga yang terjangkau tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan yang dilengkapi dengan kandungan gizi seperti:

  • Prebiotik: membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan.
  • Taurin: menjaga kesehatan mata.
  • Asam lemak omega-6, zinc, dl-methionine : menjaga kesehatan bulu dan kucing.

Untuk pilihan rasa, kamu  bisa memilih lebih banyak varian karena Me-O Creamy Treats memiliki 7 rasa, yaitu:

  • Hati ayam.
  • Kepiting.
  • Salmon.
  • Bonito.
  • Maguro.
  • Katsuo.
  • Tuna dengan scallop.

11. Bok Bok Pet Munchies for Cat

Kalau kucing kamu sedang berdiet, kamu bisa memilih Bok Bok Pet Munchies for Cat. Ini karena snack dengan harga sekitar Rp21.000, memiliki kadar lemak dan sodium yang rendah.

Snack asal Thailand ini terbuat dari daging asli. Jadi, dalam snack berbentuk biskuit ini memiliki kandungan kolagen, asam lemak omega-3 dan 6.

Untuk rasanya, kamu bisa memilih varian rasanya, diantaranya:

  • Ikan kering.
  • Cat powdey.
  • Soft jerky.
  • Liver.
  • Tuna.
  • Original.
  • Ekstra catnip.

12. Vitakraft Malt-Paste

Sekilas, Vitakraft Malt-Paste terlihat seperti pasta gigi karena kemasannya yang unik. Namun, jangan tertipu karena Vitakraft Malt-Paste menjadi salah satu snack yang digemari. Kemasan seperti pasta gigi ini justru memungkinkan Anda membawa snack ini kemana-mana.

Snack dengan harga sekitar Rp130.000-Rp168.000 ini memiliki kandungan malt yang tinggi untuk mengatasi hairball. Jadi, kucing kamu akan tetap sehat terutama saluran pencernaannya.

Bagaimana dengan rasanya? Vitakraft Malt-Paste memiliki rasa keju. Dengan bau dan rasa yang kuat, kucing kamu tentu akan tertarik menikmati Vitakraft Malt-Paste.

13. JerHigh Jinny Snack

JerHigh Jinny Snack bisa jadi pilihan untuk kamu yang mencari snack dengan harga terjangkau. JerHigh Jinny Snack dibanderol dengan harga sekitar Rp16.000-Rp20.000.

Apakah JerHigh Jinny Snack aman untuk kucing? Tentu. Ini karena JerHigh Jinny Snack sudah lolos standar British Retail Consortium Standard Retailers (BRC).

JerHigh Jinny Snack memiliki 5 pilihan rasa, yaitu:

  • Ayam.
  • Seafood.
  • Gourmet.
  • Salmon.
  • Tuna.

Banyaknya pilihan rasa membuat kamu bisa memilih, kira-kira mana rasa yang paling disukai oleh kucing kesayangan.

14. Sayang Indopet Mi Miaw Chicken Jerky

Mencari snack yang 100% daging ayam? Sayang Indopet Mi Miaw Chicken Jerky bisa jadi pilihan.

Sayang Indopet Mi Miaw Chicken Jerky terbuat dari 100% daging ayam bagian dada. Jadi, snack kucing ini memiliki kadar lemak yang rendah.

Sayang Indopet Mi Miaw Chicken Jerky terbilang sangat sehat. Selain penggunaan 100% daging ayam, snack ini tidak menggunakan zat lain seperti gula dan garam.

Apalagi, Sayang Indopet Mi Miaw Chicken Jerky memiliki bentuk seperti irisan daging. Ketika kucing kamu memakan snack ini, secara langsung gigi kucing akan lebih terlatih. Dengan begitu, gigi kucing kesayangan, akan lebih sehat.

Untuk harganya, Sayang Indopet Mi Miaw Chicken Jerky memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp55.000.

15. Bioline Swallow Fish

Rekomendasi snack kucing terakhir adalah Bioline Swallow Fish. Produk ini memiliki harga sekitar Rp33.000. Harga tersebut cukup murah mengingat snack ini terbuat dari 100% ikan asli.

Bioline Swallow Fish memiliki bentuk ikan yang sudah dimasak dan dikeringkan tanpa campuran bahan kimia. Alhasil, snack kucing ini tidak hanya gurih tetapi juga kandungan seperti berikut tetap terjaga:

  • Kalsium.
  • Zinc.
  • Protein.
  • Asam lemak omega-3 dan omega-6.

Dengan kandungan nutrisi dan gizi tersebut, kucing kamu tetap sehat. Bahkan bulunya tetap terlihat indah dan halus.

Poin penting

Setidaknya, ada 15 snack untuk kucing yang bisa kamu pilih sesuai kesukaan kucing, yaitu:

  1. Greenies Feline Dental Cat Treats.
  2. Vitakraft Cat Sticks with Salmon & Trout.
  3. Temptations Classic Treats for Cats.
  4. Inaba Ciao Churu Tuna
  5. Eureka Holistic Cat Snack.
  6. Petz Route Kitty’s Cream Tuna & Codfish.
  7. Blue Buffalo Wildness Chicken & Turkey Grain-Free Cat Treats.
  8. Kit Kat Kitty Crunch.
  9. Meow Mix Irresistibles, Soft White Meat Chicken.
  10. Me-O Creamy Treats.
  11. BokBok Pet Munchies for Cats.
  12. Vitakraft Malt-Paste.
  13. JerHigh Jinny Snack.
  14. Sayang Indopet Mi Miaw Chicken Jerky.
  15. Bioline Swallow Fish.

Silakan kamu coba satu persatu rekomendasi snack kucing yang telah saya ulas. Dan setelah itu, cari snack mana yang paling disukai kucingmu. Jangan lupa bagikan cerita singkat snack favorit kucing kamu di kolom komentar ya. Siapa tahu, samaan. Hehe.

Baca lebih lanjut: 11 tips agar nafsu makan kucing bertambah »