Home » Rekomendasi Produk

15 rekomendasi susu kucing terbaik [2021]

Pernah mengalami harus mencari susu kucing untuk kitten karena tidak ada induknya? Saya pernah. Dulu, saya pernah memelihara kucing betina tapi kucing tersebut mati karena diracun. Akhirnya, mau tidak mau saya harus mencari susu pengganti untuk anak-anak kucing saya. Lalu, saya mencari tahu, susu apa saja yang cocok untuk kitten. Saya menemukan rekomendasi susu kucing, mulai dari Beaphar Kitty Milk hingga Top Growth Kitten Milk Replacer. Kalau kamu mengalami apa yang saya alami atau sedang mencari susu untuk kitten, simak informasi berikut ya.

1. Beaphar Lactol Kitten Milk

Rekomendasi produk susu kucing pertama adalah Beaphar Lactol Kitten Milk. Beaphar Lactol Kitten Milk merupakan susu kucing khusus untuk kitten yang baru lahir hingga usia 35 hari. Susu ini juga bisa dijadikan sebagai suplemen untuk kucing yang sedang hamil, menyusui atau sakit.

Kenapa Beaphar Lactol Kitten Milk cocok untuk kitten terutama yang baru lahir?

Ini karena Beaphar Lactol Kitten Milk dilengkapi dengan formula khusus dan DHA. Kandungan Docosahexaenoic acid atau DHA ini banyak ditemukan di susu induk kucing.

Beaphar Lactol Kitten Milk juga memiliki kandungan asam amino, taurin, vitamin yang dibutuhkan oleh anak kucing.

Jika kamu baru pertama kali memberikan susu kucing Beaphar Lactol Kitten Milk, perhatikan dahulu takarannya berikut ini:

Berat kitten (gr)Maksimal volume per hari (ml)
100 gr50 ml
200 gr80 ml
400 gr135 ml
600 gr180 ml
1000 gr250 ml

Direkomendasikan untuk mencampur susu sebanyak 30 gr (12 sendok) ke 105 ml air.

Air yang digunakan haruslah air hangat atau suam-suam kuku. Kemudian campurkan Beaphar Lactol Kitten Milk sesuai takaran dan berikan ke kitten kamu.

Beaphar Lactol Kitten Milk memiliki harga sekitar Rp139.000-Rp140.000 untuk 250 gr. Sedangkan harga untuk Beaphar Lactol Kitten 500 gr memiliki harga sekitar Rp290.000-Rp300.000.

Baca terus: Apakah kucing persia boleh minum susu Dancow? »

2. PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder

Jika kamu mencari susu kucing yang memiliki nutrisi lebih komplit, saya merekomendasikan PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder. PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder bisa digunakan untuk kucing yang baru lahir hingga usia 6 minggu. Susu kucing ini dilengkapi dengan nutrisi diet yang dibutuhkan oleh kitten yang baru lahir.

Keunggulan dari PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder, yaitu:

  • Memiliki kandungan formula yang dibutuhkan oleh kitten.
  • Bisa digunakan untuk suplemen tambahan bagi kucing yang sedang sakit dan kucing senior.
  • Memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap, diantaranya adalah probiotik dan prebiotik.
  • Mudah dicerna oleh kitten.
  • Bisa dijadikan suplemen tambahan untuk kucing yang baru disapih, kucing senior, kucing hamil dan menyusui.

Lalu, berapa rasio susunya? Kamu bisa mencampurkan susu dan air dengan perbandingan 1:2. 1 untuk PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder dan 2 untuk airnya.

Apakah takarannya sama untuk setiap kucing? Tentu tidak.

Kamu bisa memberikan 2 sdm PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder cair per 4 oz atau sekitar 113,39 gr. Kamu harus memberikan susu sekitar 3 sampai 4 jam terutama untuk kitten yang sedang lemah.

Untuk kucing hamil dan menyusui, kamu bisa memberikan 2 sdt bubuk KMR per 5 pound atau sekitar 2,2667 kg. Sedangkan untuk kucing senior, kamu bisa memberikan susu per 8 jam sehari. Jika kamu bingung, konsultasikan dengan

Harga PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder cukup mahal. Untuk PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder 340 gr, harganya sekitar Rp222.000-Rp223.000.

3. Growssy Cat Milk

Kalau kamu mencari susu kucing dengan harga murah, kamu bisa memilih Growssy Cat Milk. Harga dari Growssy Cat Milk sekitar Rp36.000-Rp40.000 per boks yang berisi 10 sachet @10 gr.

Susu yang berbentuk bubuk ini diformulasikan untuk anak kucing yang baru lahir hingga usia 30 hari. Ini karena Growssy Cat Milk dilengkapi dengan vitamin C dan E, lutein, taurin, mannan oligosaccharides atau MOS.

Susu dengan kadar laktosa yang rendah ini juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh kucing kamu. Bahkan, kamu juga bisa memberikan Growssy Cat Milk untuk kucing senior sebagai suplemen. Dengan begitu, kucing kamu akan tumbuh lebih sehat.

Namun, sebelum kamu memberikan Growssy Cat Milk ke kucing kamu, perhatikan takaran di balik kemasan kardusnya ya. Dengan begitu, kucing kamu bisa memberikan nutrisi yang tepat sesuai dengan kondisi kucing kamu.

4. Zeal Lactose Free Pet Milk

Kalau kamu mencari susu kucing yang bisa diberikan ke kucing segala usia, kamu bisa memilih Zeal Lactose Free Pet Milk. Kamu bisa memperoleh Zeal Lactose Free Pet Milk 1000 ml dengan harga sekitar Rp130.000.

Berbeda dengan susu kucing lainnya, Zeal Lactose Free Pet Milk berbentuk cair. Jadi, kamu harus menyimpan Zeal Lactose Free Pet Milk di lemari es agar tidak mudah basi.

Zeal Lactose Free Pet Milk terbuat dari susu sapi yang diolah khusus sehingga minim laktosa dan aman untuk kucing. Tidak hanya itu, Zeal Lactose Free Pet Milk juga dilengkapi nutrisi penting untuk kucing kamu. Beberapa diantaranya adalah vitamin, beta karoten, asam lemak omega-3, vitamin B12, B2 dan E.

Sebelum kamu memberikan Zeal Lactose Free Pet Milk ke kitten kamu, perhatikan berat badan kucing kamu ya. Untuk kitten, takarannya sekitar 50-100 ml dan untuk kucing dewasa dan senior, takarannya 100-150 ml.

Lalu, apakah takaran tersebut sama? Di beberapa sumber seperti di Naturally for Pets dan Smartpaw, saya tidak menemukan takaran untuk berat badannya. Jadi, lebih baik kamu konsultasikan dengan dokter hewan ya agar takarannya lebih pas untuk kitten kamu.

5. Royal Canin Babycat Milk

Rekomendasi susu kucing selanjutnya adalah Royal Canin Babycat Milk. Royal Canin Babycat Milk bisa jadi alternatif untuk kitten usia 0-2 bulan yang mudah ditemukan. Harga per 300 gr di pasaran sekitar Rp272.000-Rp357.000.

Royal Canin Babycat Milk dibuat khusus dengan formula yang hampir sama seperti susu induk kucing. Dengan begitu kitten akan tetap sehat khususnya di sistem saluran pencernaannya.

Bahkan, Royal Canin Babycat Milk juga dilengkapi dengan DHA agar kitten tetap memiliki fungsi kognitif yang baik.

Lalu bagaimana cara memberikan Royal Canin Babycat Milk ke kitten? Ketahui dahulu takarannya seperti berikut:

Umur (per minggu)Jumlah susu per harinya (ml)
1 minggu14-28 ml dibagi menjadi 7 kali pemberian susu
2 minggu30-60 ml dibagi menjadi 6 kali pemberian susu
3 minggu50-75 ml dibagi menjadi 5 kali pemberian susu
4 minggu50-75 ml dibagi menjadi 5 kali pemberian susu

Setelah itu, kamu bisa mencampurkan susu dengan air dengan rasio 1:2. Caranya, kamu harus mencampurkan 10 ml susu dengan 20 ml air hangat. Campurkan hingga tidak ada gumpalan sebelum kamu berikan ke kitten kamu.

6. Ameri+Pro Highly Digestible Milk Replacer

Satu lagi susu kucing yang murah meriah dengan formula khusus untuk kitten baru lahir yaitu Ameri+Pro Highly Digestible Milk Replacer. Ameri+Pro Highly Digestible Milk Replacer 200 gr memiliki harga sekitar Rp42.000-45.000.

Ameri+Pro Highly Digestible Milk Replacer diformulasikan untuk kucing baru lahir hingga usia 8 minggu. Susu ini dilengkapi dengan kandungan lemak konsentrasi tinggi, protein dan kadar laktosa yang rendah. Jadi, Ameri+Pro Highly Digestible Milk Replacer tidak hanya cocok untuk kitten, namun juga indukan hamil dan menyusui.

Takaran untuk anak kucing adalah 1 sdt per 115 gr berat badan. Pemberian susu harus dilakukan selama 3-4 jam sekali. Namun, jika kitten kamu dalam kondisi lemas dan lemah, kamu bisa memberikan susu lebih sering.

7. Petlac Milk Powder for Kittens

Petlac Milk Powder for Kittens memiliki harga sekitar Rp200.000-Rp210.000. Susu bubuk untuk kucing ini diformulasikan untuk kitten baru lahir hingga usia 6 minggu.

Petlac Milk Powder for Kittens mengandung vitamin, mineral, asam amino, prebiotik dan probiotik. Adanya kandungan gizi tersebut, membuat kitten kamu akan lebih sehat terutama sistem pencernaannya.

Apa Petlac Milk Powder for Kittens hanya bagus untuk kitten saja? Tidak. Petlac Milk Powder for Kittens bisa kamu jadikan sebagai suplemen tambahan untuk kucing kamu yang hamil dan menyusui.

Agar kucing kamu tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, maka kamu harus memperhatikan takarannya.

Kamu bisa mencampurkan 1 sdm susu dengan 2 sdm air hangat. Takaran ini bisa kamu gunakan untuk menyusui kitten dengan berat 115 gr per harinya. Berikan susu setiap 3-4 jam sekali.

Bagaimana jika kitten sedang dalam kondisi lemas? Kamu bisa memberikan susu lebih sering. Dengan begitu, kucing akan lebih sehat. Sebagai catatan, semakin tua kucing kamu, maka frekuensi pemberian susu semakin menurun.

Untuk kucing yang baru disapih, berikan 2 sdt (2 gr) susu per 2,2 kg. Sedangkan untuk kucing hamil dan menyusui, berikan takaran 2 sdt per 2.2 kg. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan nutrisi dari makanannya agar kucing tetap sehat ya.

Baca juga: Apakah kucing boleh minum susu kental manis? »

8. Nutri-Vet Milk Replacement for Kittens with Probiotics

Nutri-Vet Milk Replacement for Kittens with Probiotics 340 gr memiliki harga sekitar Rp250.000. Susu pengganti untuk kitten ini cocok untuk:

  • Kitten hingga usia 3 bulan.
  • Kucing hamil dan menyusui.
  • Kucing senior.
  • Kucing yang sedang sakit.

Nutri-Vet Milk Replacement for Kittens with Probiotics memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat yang dibutuhkan oleh kucing. Selain itu, Nutri-Vet Milk Replacement for Kittens with Probiotics juga dilengkapi dengan vitamin, asam amino dan mineral.

Berapa takaran Nutri-Vet Milk Replacement for Kittens with Probiotics untuk kucing? Untuk takaran, kamu bisa memberikan 30 ml susu cair per 115 gr berat badan. Bagi takaran tersebut menjadi 3-4 bagian dan berikan ke kitten 3-4 jam sekali.

Setiap 3 hari sekali, coba timbang berat badannya dan kemudian sesuaikan lagi dengan takaran susu yang diberikan.

Untuk kucing hamil dan menyusui, berikan 2 sdt susu per 2.2 kg berat badan. Sedangkan untuk kucing sakit, disapih, kucing senior, berikan dengan takaran 1 sdt per 2,2 kg.

9. Top Milk Balanced Nutrition Highly Digestible

Top Milk Balanced Nutrition Highly Digestible memiliki harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp35.000 per 500.

Keunggulan dari Top Milk Balanced Nutrition Highly Digestible, yaitu:

  • Bisa diberikan ke semua usia kucing.
  • Bebas laktosa sehingga pencernaan kucing lebih aman dan sehat.
  • Memiliki kandungan DHA, EPA yang bagus untuk perkembangan otak kucing.

Dengan kandungan tersebut, Top Milk Balanced Nutrition Highly Digestible pas untuk pengganti susu induk kucing.

10. Bioline Goat Milk for Dogs and Cats

Jika kucing kamu memiliki sistem pencernaan sensitif, maka Bioline Goat Milk for Dogs and Cats bisa jadi pilihan. Susu untuk semua usia kucing ini memiliki harga sekitar Rp210.000 per 200 gr.

Salah satu keunikan dari Bioline Goat Milk for Dogs and Cats adalah bahan baku yang digunakan. Bioline Goat Milk for Dogs and Cats menggunakan susu kambing sebagai bahan utama.

Seperti yang kamu tahu, susu kambing memiliki kadar laktosa yang rendah. Jadi, lebih aman untuk kucing agar sistem pencernaannya terjaga dengan baik.

Bioline Goat Milk for Dogs and Cats dibuat dengan formula khusus untuk pengganti susu induk kucing. Jadi, Bioline Goat Milk for Dogs and Cats aman untuk kitten sekalipun.

Kandungan Bioline Goat Milk for Dogs and Cats, yaitu whey protein, kalsium, vitamin dan fruktooligosakarida. Dengan adanya kandungan gizi tersebut, membuat susu ini bisa juga diberikan ke kucing yang kekurangan gizi.

11. Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula

Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula 312 gr memiliki harga sekitar Rp167.000. Produk susu ini diformulasikan khusus untuk kitten baru lahir hingga usia 6 minggu. Dengan begitu, Hartz Kitten masuk dalam daftar rekomendasi susu kucing terbaik 2020.

Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula mengandung protein untuk membantu pertumbuhan tulang kitten. Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula juga dilengkapi dengan kandungan gizi seperti:

  • Magnesium.
  • Taurin plus.
  • Kalsium.
  • Vitamin.
  • Antioksidan.

Karena kandungan gizi tersebut, Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula bisa dijadikan suplemen untuk kucing senior. Bahkan, kamu juga bisa memberikannya ke kucing yang sedang menyusui.

TakaranHartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula, yaitu:

Berat badan (oz)Campuran
SusuAir
4 oz (113,28 gr)2 sdt4 sdt
8 oz (226,796 gr)4 sdt8 sdt
16 oz (453,592 gr)8 sdt16 sdt

Lalu, berapa kali harus diberikan? Kamu harus memberikan susu dengan frekuensi pemberian:

  • 0-2 minggu: setiap 2 jam sekali.
  • 3-5 minggu: setiap 3-4 jam sekali.
  • Lebih dari 5 minggu: kurangi jumlah susu formula dan naikkan takaran makanan padat.

12. Howlymilk Organic Goat Milk

Mencari rekomendasi susu kucing formula dari bahan susu kambing? Howlymilk Organic Goat Milk bisa kamu pertimbangkan. Susu dalam bentuk cair ini berukuran 350 ml dan memiliki kisaran harga Rp28.500.

Howlymilk Organic Goat Milk dilengkapi dengan kandungan vitamin dan probiotik yang dibutuhkan oleh anak kucing dan induk. Jadi, kamu tidak perlu cemas kalau memberi Howlymilk Organic Goat Milk ke kucing kamu ya.

Howlymilk Organic Goat Milk merupakan susu organic yang dibuat tanpa pengawet. Jadi, susu ini hanya bisa bertahan sekitar 5-6 hari saja di dalam freezer.

Walaupun begitu, susu dari kambing yang minim laktosa ini bisa disajikan dengan beberapa cara lho. Kamu bisa menyajikannya dengan mencampurkan ke dry food atau diberikan langsung. Namun, untuk kitten, pastikan Howlymilk Organic Goat Milk disajikan dalam kondisi hangat ya.

13. GNC Pets Ultra Mega Premium Milk Replacer Kitten Powder Formula

GNC Pets Ultra Mega Premium Milk Replacer Kitten Powder Formula 12 oz (340 gr) memiliki harga sekitar Rp230.000. Susu ini diformulasikan untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta meningkatkan sistem imun.

GNC Pets Ultra Mega Premium Milk Replacer Kitten Powder Formula bisa diberikan untuk kucing semua usia. Namun, takaran penyajiannya berbeda-beda ya. Lalu, berapa takarannya?

Takaran susu GNC Pets Ultra Mega Premium Milk Replacer Kitten Powder Formula, yaitu:

Berat kitten (gr)Jumlah susu bubukJumlah air
85 gr1 sdt (15 gr)2sdt (30 ml)
170 gr2 sdt (30 gr)4 sdt (60 ml)
240 gr4 sdt (60 gr)8 sdt  (120 ml)
453,5 gr5 sdt (75 gr)10 sdt (150 ml)

14. PetAg KMR 2nd Step Kitten Weaning Food

PetAg KMR 2nd Step Kitten Weaning Food 400gr memiliki harga sekitar Rp235.000. Susu bubuk ini cocok diberikan untuk kitten usia 4-8 minggu yang memasuki masa transisi atau sapih.

PetAg KMR 2nd Step Kitten Weaning Food dilengkapi dengan kandungan vitamin, mineral dan taurin. Karena kandungan tersebutlah, kucing kamu bisa menjadi lebih sehat.

PetAg KMR 2nd Step Kitten Weaning Food memiliki tekstur yang creamy karena terbuat dari daging sapi. Jadi, PetAg KMR 2nd Step Kitten Weaning Food cocok untuk pengenalan makanan padat ke kitten kamu.

Perlu diperhatikan, PetAg KMR 2nd Step Kitten Weaning Food hanya cocok untuk masa sapih ya. Jadi, untuk pengganti air susu kucing, pilih produk yang bisa digunakan untuk kitten baru lahir.

15. Top Growth Kitten Milk Replacer

Rekomendasi susu kucing yang terakhir adalah Top Growth Kitten Milk Replacer. Top Growth Kitten Milk Replacer bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mencari susu kucing murah meriah. Ini karena Top Growth Kitten Milk Replacer 250 gr memiliki harga sekitar Rp40.000.

Bagaimana dengan kandungan gizinya? Top Growth Kitten Milk Replacer dilengkapi dengan kandungan gizi yang cukup lengkap, diantaranya:

  • Vitamin.
  • Lutein.
  • Taurin.
  • Antioksidan kompleks.
  • Mannan-oligosakarida.

Susu Top Growth Kitten Milk Replacer rendah laktosa jadi aman kok untuk kitten.

Poin penting

Setidaknya, ada 15 rekomendasi susu kucing yang bagus untuk si meong, diantaranya:

  1. Beaphar Lactol Kitten Milk.
  2. PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder.
  3. Growssy Cat Milk.
  4. Zeal Lactose Free Pet Milk.
  5. Royal Canin Babycat Milk.
  6. Ameri+Pro Highly Digestible Milk Replacer.
  7. Petlac Milk Powder for Kittens.
  8. Nutri-Vet Milk Replacement for Kittens with Probiotics.
  9. Top Milk Balanced Nutrition Highly Digestible.
  10. Bioline Goat Milk for Dogs and Cats.
  11. Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula.
  12. Howlymilk Organic Goat Milk.
  13. GNC Pets Ultra Mega Premium Milk Replacer Kitten Powder Formula.
  14. PetAg KMR 2nd Step Kitten Weaning Food.
  15. Top Growth Kitten Milk Replacer .

Saat mencoba susu kucing, pastikan selalu perhatikan pup kucing. Karena kadang, ada kucing yang alergi susu.

Akhir kata, dari rekomendasi di atas, apa susu favorit kucing kamu? Kenapa si meong suka susu tersebut? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya.

Baca lebih lanjut: Cara merawat anak kucing baru lahir agar tidak mati »