Home » Rekomendasi produk » 20 shampo kucing terbaik untuk mengatasi bulu rontok

20 shampo kucing terbaik untuk mengatasi bulu rontok

| | Category

Bulu rontok memang menjadi momok bagi kucing yang memiliki bulu cantik. Pada tingkat awal bulu lebat kucing akan berkurang secara cepat. Kemudian, di setiap bagian rumah banyak bulu bececeran dan yang terakhir kucingmu akan mengalami kebotakan pada beberapa bagaian tubuhnya. Ada beberapa penyebab kerontokan bulu pada kucing, seperti: Penyakit kulit, kutu, stress, kekurangan gizi, menyiapkan sarang untuk anaknya, dan kesalahan dalam memilih produk perawatan bulu. Pada artikel ini saya akan membahas 20 shampo kucing terbaik untuk mengatasi bulu rontok. Produk shampo yang akan saya bahas mulai dari Pro Pet Works, Espree sampai D&C. Penasaran? Ingin tahu lebih jelas pembahasannya? Let’s dive in!

1. Pro Pet Works

Shampo Kucing Pro Pet Works

Produk shampo kucing untuk bulu rontok yang saya bahas pertama adalah Pro Pet Works. Produk ini merupakan shampo plusconditioner organik yang terbuat dari oatmeal. Pro Pet Works diformulasikan khusus untuk kucing yang bulunya rontok akibat gigitan kutu serta alergi makanan. Selain itu, Pro Pet Works juga mampu mengatasi kulit kucing yang gatal, kering dan sensitif. Shampo organik ini terbuat dari campuran bahan-bahan berkualitas seperti: aloe vera, minyak almond, serta vitamin A, D, dan E. Kelebihan shampo Pro Pet Works adalah tidak membuat iritasi mata atau hidung saat kucing dimandikan. Pro Pet Works juga tidak akan mengikis produksi minyak di kulit kucing, sehingga sangat aman.

Catatan: Shampo Pro Pet Works hanya boleh dipakai untuk kucing yang sudah berusia lebih dari 12 minggu.

Terus membaca: 8 penyebab bulu kucing persia rontok dan solusinya »

2. Particular Paws Oatmeal Shampoo

Shampo Kucing Particular Paws Oatmeal Shampoo

Produk shampo kucing untuk mengatasi bulu rontok berikutnya adalah Particular Paws Oatmeal Shampoo. Produk shampo ini bisa mengatasi berbagai masalah kulit dan bulu pada kucing, terutama pada kasus bulu rontok. Shampoo ini akan membuat akar bulu kucing kuat. Kelebihan lainnya adalah kucing kamu akan berbau segar dan bersih. Ekstrak oatmeal akan membuat kucing merasa tenang selama dimandikan. Particular Paws Oatmeal Shampoo unggul karena bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit kucing, meredakan infeksi, serta mencegah bulu kembali rontok. Produk ini bisa dipakai anak kucing hingga kucing dewasa. Aman bagi semua umur.

3. Espree for Kittens

Shampo Kucing Espree for Kittens

Kamu punya kitten tapi bulunya mudah rontok? Produk satu ini bisa menjadi solusinya. Espree for Kittens adalah shampo yang dikhususkan untuk anak kucing dengan kulit sensitif. Bahan utama pembuat shampoo ini adalah organic aloe vera, coconut oil, panthenol, jojoba, serta vitamin A, D, dan E. Kandungan 100% ekstrak aloe vera membuat kucing nyaman saat dimandikan. Sayangnya, produk yang dibuat di USA ini belum banyak ditemukan di Indonesia.

4. Calily Life Shampoo and Conditioner

shampo kucing Calily Life Shampoo and Conditioner

Produk dari Calily ini akan membuat proses mandi kucing menjadi lebih menyenangkan. Bahan-bahan organiknya berkhasiat membersihkan bulu kucing, mempercantik, serta melindungi kulit si meong. Calily diformulasikan dengan shea butter, oatmeal, aloe vera, serta mineral khusus dari Laut Mati. Selain merawat bulu yang rontok, shampoo ini juga bisa menghilangkan kutu pada kucing. Shampoo ini mudah dibilas karena busanya tidak terlalu melimpah. Cocok untuk berbagai tipe kulit kucing. Kamu bisa menggunakan shampo Calily pada anak kucing hingga kucing dewasa.

5. Pet Pleasant Pet Shampoo

shampo kucing Pet Pleasant Pet Shampoo

Merk shampo kucing untuk bulu rontok berikutnya adalah Lavender Pet Shampoo. Produk ini diproduksi Pet Pleasant. Lavender Pet Shampoo dirancang khusus untuk kucing dengan hipoalergenik. Sehingga akan menenangkan kulit kucing serta memerangi kulit kering.  Produk ini terbuat dari bahan alami seperti jojoba, lavender, serta minyak essensial lain. Pet Pleasant sudah teruji secara klinis bisa menghilangkan bau, merawat kulit yang iritasi, serta membuat bulu tidak lagi rontok. Sayangnya, produk ini belum tersedia di pasar Indonesia. Tapi, kamu dapat membelinya secara online.

Terus membaca: 10 rekomendasi makanan kucing untuk bulu rontok »

6. Vet’s Best Waterless Shampoo

Shampo kucing Vet’s Best Waterless Shampoo

Sesuai dengan namanya, shampo kucing Vet’s Best Waterless Shampoo bisa digunakan tanpa bilas. Meski tanpa air, produk ini tetap bisa membuat bulu kucing lebat, lembab, dan menenangkan kulit. Perpaduan aloe vera dan minyak neem membuat kucing wangi. Dan bulu kucing menjadi lebat dan sehat. Produk ini hanya boleh digunakan untuk kucing yang sudah berumur lebih dari 12 bulan. Cara penggunaannya pun mudah, tinggal kocok shampoo dan pijat lembut ke seluruh bulu kucingmu. Setelahnya, kamu tidak perlu membilas dengan air, cukup dibiarkan mengering, lalu, disikat.

7. Four Paws Magic Coat Shampoo

Shampo Kucing Four Paws Magic Coat Shampoo

Kucingmu suka memiliki bulu yang tampak kering dan mudah rontok? Four Paws Magic Coat Shampoo bisa menjadi solusinya. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh produk ini:

  • Shampoo grooming yang banyak dipakai oleh cat lovers.
  • Sudah teruji, dibuktikan, dan direkomendasikan para professional.
  • Cocok untuk semua jenis bulu kucing.

8. Oster Oatmeal Naturals Shampoo

Shampo Kucing Oster Oatmeal Naturals Shampoo

Shampoo Oster Oatmeal Naturals terkenal sebagai salah satu shampoo kucing yang complete. Shampoo ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk bulu kucing. Kandungan vitamin B5 sekaligus kondisioner akan membantu menghilangkan kusut, menambah kilau dan melembutkan bulu. Kandungan oatmeal membuat kucing lebih tenang dan si meong bisa menikmati proses mandinya. Shampoo kucing ini direkomendasikan oleh para pakar karena 100% bebas pewarna, paraben, alkohol, fostat, dan bebas flafat.

9. Adams Plus Flea and Tick Shampoo

Shampo kucing Adams Plus Flea and Tick Shampoo with Precor

Adams Plus Flea and Tick Shampoo ini merupakan produk shampo kucing dari Jerman. Produk ini digunakan untuk untuk mengatasi bulu rontok yang disebabkan oleh kutu. Shampoo ini disebut sangat efektif membasmi kutu kucing sampai telur dan larvanya, dengan jaminan proteksi selama 28 hari. Formulanya cocok untuk kulit kucing yang sensitif. Bahan utama pembuat shampoo ini adalah oatmeal, lanolin, coconut extract, dan aloe vera. Sehingga, setelah dipakaikan shampoo, bulu kucing akan lembut dan bersih mengkilap.

10. D&C Shampoo

Shampo Kucing DC Shampoo

Sama seperti Adams shampoo, D&C shampoo ini merupakan shampoo yang digunakan untuk mengurangi bulu rontok karena kutu. Selain itu, kucing yang rutin dirawat dengan D&C akan punya bulu lebat dan sehat. Kandungan utama yang ada di dalam shampoo ini adalah aloe vera, asam salisilat, gliserin, dan sulfur. Tekstur shampoo kental seperti konsentrat, kualitasnya premium, dan tentunya punya wangi yang akan menenangkan kucing.

Baca juga: Berapa kali kucing persia harus dimandikan dalam sebulan? >>

11. Shampoo Miconazole Shampoo

Shampo Kucing Miconazole Shampoo

Selain masalah kutu, bulu kucing rontok juga dapat disebabkan oleh jamur. Nah, kalau kucing kesayanganmu terus garuk-garuk karena terserang jamur, maka Miconazole shampoo ini solusinya. Miconazole memang sudah terbukti ampuh mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh jamur. Merk ini bisa membantu mengurangi iritasi kulit pada kucing. Bahkan, bulu kucing bisa tumbuh lebat dengan pemakaian rutin. Adapun komposisi utamnya adalah mikonazol nitrat, asam salisilat, dan belerang. Salah satu wangi yang banyak dipilih oleh cat lovers adalah Pappermint.

12. Pipapet Medicated Shampoo

Shampo Kucing Pipapet Medicated Shampoo

Shampo kucing Pipapet memiliki isi 300 ml, Pipapet Medicated Shampoo bisa didapatkan dengan mudah di berbagai e-commerce Indonesia. Shampoo ini sangat ampuh untuk merawat kulit kucing kesayangan yang gatal-gatal, ruam merah, bahkan berjamur. Jika semua penyebab bulu rontok tersebut telah dibasmi, bulu kucing akan sehat berkilau. Pipapet Medicated bisa dipakai saat si meong sudah berusia di atas 2 bulan. Yuk, berikan perawatan terbaikmu pada kucing kesayangan!

13. Shampoo Kucing Armani Cat Flea

Shampoo Kucing Armani Cat Flea

Selanjutnya, ada Shampoo Kucing Armani Cat Flea. Harganya ekonomis, tapi bisa membuat kucing sehat dan berbulu tebal. Shampoo Kucing Armani Cat Flea sudah mengantongi izin dokter hewan melalui uji klinis. Shampoo ini ampuh mengatasi parasit, caplak, serta kutu sehingga bulu kucing menjadi sehat sampai ke intinya. Aroma floral blue membuat kucing rileks saat dimandikan. Nah, wanginya pun bisa tahan lama.

14. Shampoo Kucing Messy Pet

Shampoo Kucing Messy Pet

Harga memang tidak akan membohongi kualitas. Messy Pet merupakan merk shampoo yang dijual dengan cukup mahal, yaitu: Rp200.000. Ukurannya hanya 250 ml. Akan tetapi, shampoo ini sangat ampuh untuk mengatasi bulu kucing yang rontok karena berbagai masalah. Mulai dari kutu, jamur, parasit, semua bisa diatasi dengan shampoo ini. Aroma Messy Pet juga memberikan perasaan tenang dan nyaman pada kucing.

15. Pet MD Antiseptic and Antifungal Medicated Shampoo

Pet MD Antiseptic and Antifungal Medicated Shampoo

Kamu cukup membeli satu shampoo ini, dan berbagai masalah bulu kucing dapat teratasi. Ya, Pet MD Antiseptic and Antifungal memang dirancang untuk menghilangkan bakteri dan jamur penyebab infeksi di kulit. Shampoo ini sudah direkomendasikan oleh dokter hewan, sehingga sangat aman digunakan untuk kucing kesayanganmu. Dengan pemakaian rutin, kucing kamu akan sembuh dari permasalahan kulit rontok.

16. Bioline Cat Shampoo Especially Mild Care

Bioline Cat Shampoo Especially Mild Care

Bioline merupakan shampoo yang diproses dengan teknologi tinggi di Jerman. Shampoo ini bisa melindungi bulu kucing hingga 1 bulan. Produk ini sudah masuk rekomendasi dokter hewan, sehingga sangat aman digunakan. Formula utama shampo Bioline berasal dari ekstrak chamomile. Senyawa ini dapat membuat kucing rileks dan tenang. Jadi, kucing jadi lebih tenang saat dimandikan.

17. Raid-All Medicated Cat Shampoo

Raid All Medicated Cat Shampoo

Merk Raid-All sudah tak asing lagi di telinga para pencinta kucing. Shampoo ini tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis. Perusahaan pembuat shampoo ini sudah melakukan penelitian secara mendalam selama lebih dari 10 tahun. Dan akhirnya, muncul produk shampo untuk mengatasi bulu rontok Raid-All. Raid-All juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit kucing, mulai dari jamur, iritasi, bakteri, serta kutu. Wangi tea tree oil-nya akan membuatmu nyaman berada di dekat kucing. Ditambah lagi, formula salicylid acid dan triclosan sudah diklaim dokter hewan mampu mengatasi berbagai masalah kulit.

18. Bio-Derm Bio-Groom Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo

Bio Derm Bio Groom Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo

Untuk tumbuh kembang si kitten, coba deh gunakan produk satu ini. Bio-Groom telah dikenal oleh groomer dan top breeder dari seluruh dunia karena soap-free. Deodorant yang terdapat di dalam shampoo ini bisa mengontrol bau kucing. Namun, shampoo ini tidak menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kucing. Jadi, bulu kucing dapat tetap wangi dan memiliki kilap alami. Tersedia dalam ukuran 230 ml, harga shampoo ini juga terjangkau.

19. Espree Bright White Cat Shampoo

Espree Bright White Cat Shampoo

Produk shampo untuk bulu rontok kucing yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang punya kucing berwarna putih. Sesuai dengan namanya, Natural Bright White Cat ini juga dapat membantu mengembalikan warna bulu kucing. Sehingga, tampilan kusam kembali putih dengan teknologi optical brighteners. Bahan alaminya terdiri dari aloe vera, jojoba, coconut oil, serta panthenol. Shampoo ini cocok untuk kucing segala usia, baik kucing dewasa maupun kitten.

20. Dermcare-vet Malaseb Medicated Shampoo

Dermcare vet Malaseb Medicated Shampoo

Merk shampo kucing untuk mengatasi bulu rontok terakhir yang saya rekomendasikan adalah Dermcare-vet Malaseb. Shampoo ini manjur banget untuk mengobati kucing yang terinfeksi jamur Staphylococcis intermedius. Selain jamur, masalah bulu yang berminyak dan berbau juga bisa teratasi. Setelah rutin memakai shampoo ini, bulu kucingmu akan lebih lembut, bersinar, dan sehat. Keunggulan lainnya, shampoo kucing satu ini tidak mengandung parfum sintetik dan pewarna.

Kesimpulan

Kucing yang mengalami kerontokan bulu dapat disebabkan oleh jamur, penyakit kulit, kutu dan kekurangan nutrisi bulu. Untuk menangani hal tersebut kamu harus memilih shampo perawatan kucing yang cocok untuk kucing. Pastikan membeli shampo yang dapat membunuh jamur, kutu, dan melawan penyakit kulit. Ada banyak sekali merk shampoo kucing dengan berbagai varian dan harga.

Shampoo kucing ini tidak hanya berfungsi untuk bulu rontok dan menghilangkan bakteri/jamur saja, tetapi juga membuat kucing wangi. Kucing yang diberikan perawatan rutin akan mempunyai bulu yang lebat, terlihat sehat, dan bersih. Saat kulit dan bulunya sehat, kucing tentu akan lincah dan aktif bermain. Jadi, mulai sekarang pilihlah shampoo yang paling tepat dan sesuai kebutuhan kucing kesayanganmu.

Baca lebih lanjut: Cara memandikan kucing dengan benar agar tidak berontak >>