17 tanda kucing sayang majikannya

Kucing biasanya identik dengan kesan cuek, masa bodo dan sombong. Kamu pasti pernah melihat video pemilik kucing yang pura-pura terkena serangan jantung di depan si meong. Eh, si kucing tetap saja santai tanpa menunjukkan ekspresi apapun. Kucing memang nggak loncat-loncat kegirangan seperti ekspresi anjing saat melihat majikannya. Tapi, itu bukan berarti mereka nggak sayang kamu. Cuma, kucing memang punya cara tersendiri buat menunjukkan rasa sayang mereka ke kamu. Misalnya, dia suka membawakan tikus mati dan meletakkannya di depan kamarmu. Atau, bisa jadi kucingmu suka banget duduk di pangkuanmu. Selain itu, ada lebih banyak lagi tanda kucing sayang majikannya. Ingin tahu lebih jelasnya? Baca sampai selesai.

1. Kucing mendengkur saat kamu mengelus bulunya

Saat kamu membelai bulu kucingmu, coba deh dengarkan baik-baik. Apakah kamu dengar suara mendengkur dari kucingmu? Kalau iya, berbahagialah! Karena itu tandanya si meong menyukaimu. Purring atau dengkuran pada kucing adalah salah satu cara kucing kesayanganmu berinteraksi dengan induknya saat dia kecil. Purring menunjukkan kalau kehadiranmu mengingatkannya akan si induk. Kucingmu menunjukkan bahwa dia merasa damai dan tenang saat bersamamu. Uh, bikin leleh ya? Tapi, kucing purring juga bisa jadi tanda kalau dia sedang sakit.

Cara bedakan antara dia purring karena merasa tenang atau kesakitan gimana? Caranya gampang banget, kok. Coba lihat sikap tubuhnya saat dia purring. Kalau dia mendengkur dengan posisi duduk santai, berarti si meong sehat-sehat saja. Tapi, kalau dia purring sendirian di pojok ruangan, itu tanda kalau kucing sedang sakit. Apalagi, kalau kamu tahu si meong nggak menyentuh makanannya sama sekali. Kucing yang sakit biasanya bakal purring buat menenangkan dirinya sendiri. Sebaiknya, segera bawa dia ke dokter hewan, ya!

2. Kucing datang menghampirimu

Kucing biasanya bakal pergi menghindari orang-orang yang membuat dia takut atau risih. Apalagi, kalau dia sempat jadi kucing liar atau pernah disiksa. Kucing yang terkena trauma biasanya bakal sulit banget percaya pada orang, termasuk majikannya. Makanya, kalau dia mau mendekatimu, itu tanda kalau dia sudah mulai percaya dengan kamu. Apalagi, kalau dia sudah berani mengajakmu berinteraksi dengan mengeong manja. Itu sinyal positif kalau dia sudah menyukaimu.

3. Kucing selalu ingin ada di pangkuanmu

Kucing adalah makhluk yang individualis. Dia biasanya lebih suka jaga jarak dari manusia yang kurang disukai. Kucing yang selalu minta pangku merasa kalau kamu memberikan dia rasa aman. Kucing yang sayang majikannya, biasanya melompat ke pangkuan saat majikan sedang bersantai. Atau, bisa juga saat kamu sedang membaca buku novel favoritmu. Apalagi, kalau dia sampai tertidur di pangkuanmu. Itu tanda kucing sangat sayang dengan majikannya. Badan yang terasa pegal gara-gara harus diam di satu posisi untuk menjaga tidur kucing tetap nyaman, rasanya sepadan banget. Soalnya, kamu jadi tahu kalau kucingmu sayang banget sama kamu.

4. Kucing selalu ada di ruangan yang sama denganmu

Hanya karena kucingmu nggak lompat ke pangkuan, bukan berarti dia nggak sayang kamu. Soalnya, cara kucing menunjukkan sayang memang tergantung banget dengan karakter si meong. Kalau kucingmu memilih buat menemanimu di ruangan yang sama, itu juga jadi tanda dia sayang kamu lho. Dengan melihatmu dari jauh, kucingmu sudah cukup merasa nyaman. Itulah kenapa dia selalu memilih buat nongkrong di ruangan yang sama denganmu.

5. Si meong selalu mengikuti kemana pun kamu pergi

Kemana pun kamu pergi, kucingmu bakal mengikuti. Alasannya, bukan karena dia merasa lapar. Coba lihat, apakah si meong mengikutimu di luar jam makan? Kalau iya, itu karena dia ingin terus ada di dekatmu. Dia nggak cuma mengikutimu ke dapur saja. Bisa jadi si meong juga membuntutimu hingga ke kamar mandi. Kucing saya juga sering mengikuti saya hingga ke kamar mandi. Bahkan, dia setia menunggu di depan pintu kamar mandi hingga saya keluar. Tentunya, setelah itu dia kembali mengikuti saya ke kamar tidur. Kalau kucingmu berperilaku seperti itu, kamu wajib bangga! Itu artinya kucingmu sayang sama kamu.

6. Mengedipkan Matanya Padamu

Biasanya, kalau kamu lagi jatuh cinta bakal melihat mata pasanganmu dalam-dalam, kan? Tapi, di bahasa kucing, hal seperti itu malah berarti kamu sedang menantang dia, lho. Kucing punya isyarat cinta yang berbeda dari manusia. Kalau kamu lihat kucingmu mengedipkan matanya perlahan ke kamu, selamat! Itu artinya dia menyukaimu. Kucing biasa mengedipkan mata pelan-pelan ke sesamanya. Itu tanda kalau dia berjiwa santai dan nggak akan menyerang kucing lain.

Kucing juga mengedipkan matanya pada hooman yang dia percaya. Kamu juga bisa lho mencoba trik ini saat merawat kucing liar yang lagi ketakutan. Coba kedipkan matamu secara perlahan padanya. Lambat laun, si meong pasti akan lebih tenang dan membalas dengan mengedipkan matanya. Seru banget, lho! Perasaan kamu seakan-akan nyambung dengannya.

7. Kucing suka tidur bersamamu

Adakah dari kamu yang selalu tidur ditemani oleh si meong saat malam? Biasanya, pemilik kucing memang punya kebiasaan tidur bareng si meong. Kucing saya pun demikian. Bahkan, dia sering menunggui saya hingga selesai bekerja di malam hari. Setelah itu, dia ikut tidur bersama saya sepanjang malam. Kucingmu bisa saja memilih spot-spot tertentu saat tidur bersamamu. Bisa jadi, dia memilih tidur di dekat kaki atau berbantalkan lenganmu. Malah, ada juga kucing yang tidur dengan menindih tubuh majikannya atau sampai menduduki wajah.

Kucing memang biasanya cari tempat yang nyaman, empuk, dan hangat buat tidur. Apalagi, saat udara sedang dingin-dinginnya. Dia bisa jadi suka tidur bersamamu karena tempat tidurmu nyaman dan hangat buat dia. Selain itu, kucingmu juga butuh tempat yang membuatnya merasa aman. Baginya, kamu adalah sosok yang memberikan perasaan aman dan nyaman. Awww! Itu tanda kucing sayang majikannya, so sweet banget, bukan?

8. Kucing suka memijatmu

Pernahkah paha atau perutmu dipijat oleh si meong saat dia sedang duduk di pangkuanmu. Gerakan memijat atau kneading adalah bagian dari naluri alami si meong. Saat kucingmu masih kecil, dia memijat perut induknya saat menyusu. Tujuannya, supaya menstimulasi produksi susu dari si induk. Kebiasaan itu terbawa hingga kucing dewasa. Buat kucing dewasa, gerakan kneading ini biasanya menunjukkan kalau kucing sedang bahagia atau merasa nyaman dan puas. Kalau si meong senang memijat-mijat bagian tubuhmu, itu tanda kucing menyukai majikannya.

9. Kucing suka ikut nimbrung saat kamu sedang bekerja

Kucing memang identik dengan kesan mandiri dan nggak butuh perhatian yang terlalu banyak. Lain halnya kalau kamu jadi manusia terfavoritnya. Si meong nggak cuma mengikutimu dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Bahkan, kucing juga ingin ikut nimbrung saat kamu sedang bekerja. Kamu pasti sering dibuat gemas dengan si meong yang minta dipangku saat kamu tengah bekerja. Seringkali, dia malah suka menduduki buku atau keyboard laptop. Karena dia menyukaimu, si meong jadi selalu ingin ada sedekat mungkin denganmu. Kucing saya juga biasanya menemani saya bekerja. Kadang-kadang, dia sampai tertidur, lho. Beda lagi kalau kucingmu duduk di atas meja kerja atau laptopmu sambil mengeong. Ini tandanya, “berikan aku makan sekarang, hooman!”.

10. Kucing menyambut majikan yang baru pulang kerja dengan ekor terangkat ke atas

Selain lewat suara meong-meong, kucing juga berkomunikasi dengan majikan melalui ekornya. Kalau kamu melihat si meong menghampirimu dengan ekor terangkat ke atas, itu tanda bahwa kucing senang melihatmu. Apalagi, kalau ekornya yang terangkat itu terlihat bergetar. Tandanya, dia sudah menantikan kedatanganmu. Rasa capekmu setelah seharian berada di tempat kerja pasti akan langsung hilang saat disambut kucing kesayanganmu. Buat lebih jelasnya, kamu bisa lihat tabel bahasa kucing melalui gambar di bawah ini:

tanda kucing saya majikannya bisa terlihat dari gerakan ekor si kucing

11. Kucing suka memamerkan perutnya

Sebagai predator, kucing terbiasa untuk selalu waspada. Soalnya, di alam liar dia harus selalu siap terhadap berbagai kemungkinan bahaya. Buat kucing, bagian perut adalah area tubuh yang paling fatal. Jadi, kalau dia memamerkan perutnya kepadamu, itu tanda si kucing mempercayaimu. Tapi, bukan berarti kamu boleh menyentuhnya, lho! Kebanyakan kucing memang nggak suka saat kamu membelai perutnya. Kalau nekat, siap-siap saja tanganmu babak belur dihajarnya. Tapi, beberapa kucing memang terkesan lebih santai dan membiarkan kamu mengelus perutnya. Kucing-kucing saya termasuk ke dalam tipe kedua. Sehingga, saya bisa dengan bebas mengelus perut mereka. Tapi, saya juga pernah punya kucing yang langsung lari menghindar saat saya berusaha mengelus perutnya. Mengelus perut si meong memang menggoda banget. Tapi, kamu wajib kenali dulu karakter kucing kesayanganmu, ya.

12. Kucing gemar memberikanmu “hadiah”

Kalau kucingmu membawakan tikus atau hewan-hewan lainnya untukmu, jangan keburu kamu omeli, ya. Soalnya, itu tanda kucing sayang majikannya. Kucingmu sebenarnya sedang mempraktekkan kebiasaan induk kucing yang membawakan makanan buat anak-anaknya. Biasanya, si induk membawakan mangsa sebagai cara buat mengasah kemampuan berburu si kitten. Saat kucingmu sudah besar, bisa jadi dia juga membawa kejutan berdarah buat kamu. Dia sebenarnya menganggap kamu sebagai bagian dari keluarganya. Membawakan tikus atau burung mati adalah cara si meong menunjukkan perhatiannya. Kucing saya pun sudah berkali-kali membawakan saya berbagai macam “hadiah”. Mulai dari cicak, tikus, tokek, hingga kelelawar. Walaupun bikin geli, tapi paling tidak saya tahu bahwa dia menyayangi saya. Bagaimana dengan kucingmu? Apa hadiah spesial yang sering si meong bawakan khusus buat kamu? Tulis pengalamanmu di kolom komentar ya!

13. Kucing senang menggosokkan badannya ke kakimu

Salah satu cara klasik bagi kucing dalam menunjukkan sayang ke hooman favoritnya adalah dengan menggosokkan tubuhnya. Kucing sebenarnya sedang menandaimu dengan baunya. Singkatnya, dia sedang mengklaim dirimu sebagai miliknya. Ini pastinya jadi kebanggaan tersendiri buat kamu. Kamu juga bisa mencoba mengepalkan tangan dan mengarahkannya pada kucingmu. Kalau si meong menggosokkan pipinya ke tanganmu, dia berarti menyukaimu! Awww, so sweet!

14. Kucing sering menyundulkan kepalanya pada wajah, tangan atau kaki majikannya

Kucingmu suka menyundulkan kepalanya pada wajahmu? Itu tanda kalau dia sayang sama kamu, lho. Sama seperti saat dia menggosokkan pipinya pada kakimu, kucingmu sebenarnya sedang menandaimu. Kucing punya kelenjar yang menghasilkan feromon pada beberapa bagian tubuhnya. Salah satunya, adalah di bagian kepala. Dengan menggosokkan kepalanya pada wajahmu, feromon itu pun akan menempel pada wajahmu. Bagi kucing, itu salah satu cara untuk memperkuat ikatannya dengan majikannya.

15. Kucing minta dielus atau digendong

Semua kucing saya suka dibelai. Tapi, hanya ada satu kucing yang tahu cara supaya saya terus membelainya. Dia biasanya akan menggigit jari saya saat sedang mengetik untuk merebut perhatian saya. Si meong baru akan berhenti menggigit kalau saya mengelus kepalanya. Dari ekspresinya saja, saya sudah tahu kalau dia memang sedang ingin dielus-elus. Nah, kucingmu juga bisa jadi melakukan hal yang sama. Itu bisa jadi tanda kalau kucing sangat menyayangimu. Sehingga, dia ingin kamu buat membelainya terus-menerus. Kucingmu juga bisa menaikkan kedua kaki depannya ke atas saat kamu melintas. Itu tandanya, dia sedang minta untuk digendong. Si kucing cuma melakukan itu pada manusia yang mereka sayangi, yaitu kamu.

16. Kucing suka menjilati majikannya

Satu persamaan antara kucing dan anjing adalah mereka suka menjilati manusia favoritnya. Di dunia kucing, biasanya mereka saling menjilati buat mempererat ikatan. Hal yang sama juga dilakukan padamu selaku manusia kesayangannya. Dia bisa jadi menjilati telapak atau punggung tanganmu. Kucingmu juga bisa saja menjilati rambut atau pipimu. Kalau dia melakukan itu, nikmati saja! Itu tanda kucing sangat sayang dengan majikannya. Kamu juga bisa membalas ekspresi kasih sayang si meong dengan membelai kepalanya.

17. Menyapa atau mengajakmu ngobrol

Sesama kucing biasanya nggak mengeong sebagai bentuk komunikasi. Kucingmu cuma mengeong padamu. Dia mengeong buat meminta makan, minum, atau bahkan perhatianmu. Selain itu, kucing bisa juga mengeong untuk menyapamu. Biasanya, ini cuma dilakukan kalau dia merasa dekat dan nyaman denganmu. Kalau kucingmu tipe cerewet, dia juga bisa mengeong buat mengobrol denganmu. Coba deh, balas meongannya dengan mengeong balik. Mengajak kucingmu ngobrol bisa jadi cara memperkuat ikatan denganmu, lho.

Hal yang perlu banget kamu perhatikan

Setiap kucing punya keunikan karakter masing-masing. Kalau kucingmu tipe yang ramah, bisa saja dia dengan mudah mengekspresikan rasa sayangnya padamu. Tapi, ada juga kucing dengan sifat pemalu. Jadi, kucing butuh waktu yang lebih lama buat nyaman terhadap majikannya. Siapa tahu kucingmu juga punya bahasa cinta tersendiri. Apalagi, kalau kucingmu mantan kucing jalanan atau mengalami trauma. Biasanya, dia butuh waktu yang lebih lama supaya bisa mempercayaimu. Makanya, jangan gampang menyerah dan terus berusaha buat merebut hati si meong, ya.

Kesimpulan

Kucing ternyata nggak secuek anggapan banyak orang. Dia punya cara tersendiri buat menunjukkan rasa sayangnya ke kamu. Mulai dari mengikutimu kemana pun kamu pergi, atau tidur di pangkuanmu. Dengkuran kucing juga menunjukkan kalau dia merasa nyaman di dekatmu. Kucingmu juga suka menemanimu saat tidur. Bukan hanya karena dia butuh kehangatan, lho. Tapi, dia juga merasa cukup aman saat berada di dekatmu. Dan ini hal unik lainnya, biarpun kamu jijik, tikus mati yang dibawa kucingmu itu juga tanda kucing sayang majikannya.

Akhir kata, apakah kucing kesayanganmu memiliki ungkapan cinta yang lain? Tuliskan tanda kucing sayang majikannya selain 17 penjelasan di atas. Tuliskan pengalamanmu melalui kolom komentar sekarang.

Baca lebih lanjut: 11 cara menjinakkan kucing yang penakut, agresif dan galak »