11 tips agar nafsu makan kucing bertambah

Kucing termasuk hewan yang pemilih soal makanan. Apalagi saat sedang masa penyembuhan, kucing menjadi terlalu picky. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa lho mempraktikkan tips agar nafsu makan kucing bertambah. Misalnya: mengganti jenis makanan kucing, mengganti tekstur makanan kucing hingga memberikan vitamin. Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini sampai selesai.

1. Ganti makanan kucing ke jenis makanan yang lebih enak dan beraroma

Cara paling mudah untuk menambah nafsu makan adalah dengan mengganti makanannya. Sama seperti manusia, kucing juga bisa bosan makan makanan yang sama setiap harinya.

Apakah kucing bisa bosan juga makan makanan yang mahal seperti Royal Canin? Jawabannya adalah iya. Kucing pada dasarnya terbuka atau mau mencoba makanan apapun untuk mengetahui rasanya.

Dengan adanya variasi makanan yang diberikan di waktu tertentu, membuat kucing nafsu makan. Apalagi jika makanan yang kamu berikan memiliki aroma yang kuat seperti makanan basah.

Apakah ini berlaku juga jika ingin memberikan makanan basah dan makanan kering? Iya. Wetfood mempunyai palatabilitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan dry food. Akibatnya, kucing yang sudah menikmati makanan basah akan susah berganti atau bahkan menolak makanan kering.

Baik saat kamu berganti makanan dari basah ke kering atau melakukan variasi, pastikan lakukan secara bertahap ya. Jangan langsung mengganti makanan secara keseluruhan, walaupun hanya untuk variasi. Takutnya, sistem pencernaan kucing kurang cocok dan kaget dengan pergantian makanan tersebut yang menyebabkan diare.

Untuk variasi makanannya, kamu bisa memilih makanan dengan protein yang tinggi dan mencampur makanannya. Misalnya, kamu memberi makanan basah Royal Canin di pagi hari dan di malam harinya diberi Me-O Creamy Treats.

Kenapa harus berprotein? Karena kucing lebih menikmati makanan yang mengandung protein dan asam amino. Di sisi lain, kandungan protein bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan kucing. Karena itu, pilih makanan variasi yang mengandung protein ya.

2. Beri makanan hangat ke kucing

Ternyata, kucing juga suka makanan yang hangat lho. Ingat ya, makanan hangat itu bukan makanan panas. Kalau kamu memberi kucing makanan panas, maka kucing akan menolak. Lidah kucing sangat sensitif terhadap suhu panas.

Kamu bisa coba menghangatkan makanan basah. Bagaimana cara menghangatkan makanan basah? Caranya cukup simple, kamu tinggal masukkan kaleng wetfood ke microwave agar hangat. Atur suhu pemanasan dan tunggu beberapa menit. Pastikan makanan hangat-hangat kuku ya. Kemudian, sajikan langsung untuk kucing kesayangan kamu.

Kenapa harus makanan basah? Karena makanan basah memiliki aroma yang lebih kuat untuk menggugah selera makan kucing. Dan faktanya kucing lebih suka makanan basah dibandingkan makanan kering. Aroma yang tajam tersebut akan menstimulasi kucing untuk makan dengan lebih lahap.

3. Tambahkan sedikit keju ke makanan kucing

Keju yang biasa kamu nikmati juga bisa digunakan untuk menambah nafsu makan kucing lho. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memarut keju dan mencampurkannya ke makanan kucing.

Kenapa keju bisa menambah nafsu makan? Ini karena keju memiliki vitamin dan rasa gurih yang lebih membuat kucing tertarik untuk makan. Akan lebih baik jika kamu kasih goat cheese karena lebih mudah dicerna.

Pastikan untuk memberi keju cheddar ya. Ini karena cheddar tidak terlalu banyak mengandung laktosa sehingga lebih aman. Sebagai catatan, kamu hanya boleh memberikan keju dalam porsi sedikit, yaitu 8-10% kebutuhan kalori harian kucing. Dengan begitu, kucing tidak akan mengalami masalah diare.

4. Beri makanan kucing yang memiliki tekstur lembut

Trik ini dapat menjadi pilihan tepat saat kucing sedang masa recovery atau sedang sakit gigi. Makanan kucing dengan tekstur yang halus akan mempermudah kucing untuk mengunyah, menelan dan mencerna. Dengan begitu, gizi dan nutrisi pada makanan bisa terserap dengan baik oleh kucing. Alhasil, kucing cepat sembuh.

Semakin cepat sembuhnya, maka akan membuat kucing semakin sehat dan nafsu makan meningkat kembali. Namun, pastikan bahwa makanan tersebut tepat sesuai kondisi kucing kamu ya.

Catatan: Saya pernah dikasih tips agar nafsu makan kucing bertambah oleh dokter hewan langganan saya. Dokter menyarankan untuk memberikan Royal Canin Recovery. Mahal sih harganya. Tapi, kualitas makanan kucing ini sangat bagus. Hanya dalam beberapa hari, nafsu makan kucing bertambah. Akibatnya, proses pemulihan berjalan jauh lebih cepat.

5. Selalu ganti air minum kucing setiap hari

Cara ini sering terlewatkan oleh banyak pemilik kucing. Mungkin kamu salah satunya. Biarpun hanya ‘sekedar’ air, tapi itu sangat berpengaruh pada kucing. Tahukah kamu kalau rutin mengganti air minum kucing dapat membuat nafsu makan kucing bertambah?

Kok bisa? Tentu, air minum yang bersih memiliki rasa yang istimewa bagi kucing. Dan apabila kucing mengkonsumsi air bersih dalam porsi yang cukup, kucing akan terhindar dari dehidrasi. Dengan begitu, kucing akan selalu sehat dan suka makan.

Apabila setelah makan kucing mendapatkan air yang bersih dan segar, kucing akan sangat senang. Akibatnya, nafsu makan kucing bertambah.

Menurut pengalaman saya, kucing sangat suka wadah wadah air minum yang lebar dan tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, kucing lebih mudah untuk minum.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengganti air minum kucing?

Kamu bisa mengganti air minum kucing setiap 24 jam sekali atau saat minuman kucing sudah kotor. Kucing yang makannya belopotan selalu membuat tempat minum cepat kotor. Jadi, kamu harus rutin mengecek tempat minum kucing.

Tetap pastikan bahwa air minum kucing kamu tercukupi agar kucing terhidrasi. Jangan sampai kucing kamu mencari sumber air lain seperti minum di WC, bak cuci piring atau di got. Air minum yang tercemar dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Catatan: Jangan lupa untuk mencuci wadah minum kucing dengan bersih setiap kali membersihkan. Pastikan tidak ada sisa sabun di tempat minum kucing. Karena lidah kucing sangat peka sekali dengan rasa pahit. Ada rasa pahit sabun sedikit saja, kucing tidak akan mau minum dari tempat minum tersebut.

7. Belikan makanan kesukaan kucingmu

Kucing memiliki selera yang berbeda-beda. Ada kucing yang suka Whiskas dan ada kucing yang suka dengan Felibite. Karena itu, agar nafsu makannya meningkat, berikan makanan favorit kesukaan kucingmu.

Apakah bisa memberikan snack favoritnya? Tentu bisa. Kamu bisa memberikan snack favorit kucing kesayangan seperti Vitakraft Liquid-Snack. Aroma pet treats yang kuat tentu akan menggoda penciuman dan selera makan si kucing.

Jika kamu juga ingin melatih dan merangsang insting berburu kucing, kamu bisa lho memberi snack sambil bermain. Caranya adalah dengan menyembunyikan snack dan membiarkan si kucing menemukan snack tersebut.

Tapi ingat ya, jangan berlebihan saat memberikan snack. Takutnya, kucing akan lebih suka snack dibandingkan makanannya. Hal ini dapat menimbulkan obesitas. Dari pengalaman saya, snack kucing Me-O Creamy Treats sangat menggugah selera kucing. Kucing saya sangat senang makan Me-O Creamy Treats rasa salmon. Apabila Me-O ini dicampur dengan makanan lain, kucing akan tetap lahap memakannya.

8. Memberikan Kasih Sayang

Bukan hanya makanan yang akan berpengaruh pada nafsu makan kucing, kasih sayang pemilik kucing juga mempengaruhi nafsu makan kucing. Kucing yang mendapatkan perhatian dan kasih sayang akan sangat senang dan ingin selalu mencari perhatian majikannya.

Apabila majikan kucing sering mengungkapkan rasa senangnya saat kucing makan, maka kucing akan rajin makan agar majikannya bahagia. Dengan kasih sayang yang cukup, kamu dapat meningkatkan nafsu makan kucing. Aneh ya? Tapi, ya begitulah, kucing itu memang hewan yang unik.

Untuk menunjukkan kasih sayang tersebut, kamu bisa mengelus kucing saat kucing sedang makan. Bisa juga memberikan pujian, misalnya: “Uhhh, si Miskha cantik deh. Makan yang banyak ya biar cepat sembuh. Iya, begitu, makan yang lahap biar sehat”.

Catatan: Kamu boleh mengelus kepala dan punggung kucing saat kucing makan. Tapi jangan lama-lama. Nanti kucing merasa risih dan tidak jadi makan. Atau kamu boleh juga mengelus kucing saat kucing sudah selesai makan.

Bagaimana jika kucingnya lebih dari satu? Untuk kamu yang memiliki kucing lebih dari 1, perhatikan dengan baik kucing tersebut. Jangan sampai si kucing kabur ya saat makan karena kalah dengan kucing lainnya.

Kamu bisa memisahkan kucing tersebut dari kucing kamu yang lainnya. Setelah itu, bisa kamu elus dan tunggu hingga si kucing selesai makan. Dengan begitu, kucing kamu akan merasa lebih diperhatikan dan aman dari kucing yang lainnya sehingga nafsu makan meningkat.

Selain elusan, sebagai bentuk kasih sayang, kamu bisa juga menjaga agar kucing terhindar dari stres. Kucing yang stres akan lebih mudah marah, agresif, dan bulunya rontok. Kucing yang stres selalu mengalami penurunan nafsu makan. Jadi, selalu jaga kucing kamu agar tidak stres ya.

Untuk mengurangi stres, kamu bisa melakukan hal berikut:

  • Membuatkan lingkungan bermain yang kondusif.
  • Memberikan pujian.
  • Memberikan elusan ataupun menggendong kucing.
  • Mengajak kucing bermain.
  • Memberikan pet treats.

9. Kasih makanan kucing dalam porsi kecil

Siapa bilang kalau menaikkan nafsu makan harus menggunakan porsi makan yang besar? Kamu bisa lho memberikan porsi kecil. Kuncinya adalah menyesuaikan dengan tingkat kelaparan kucing. Jadi, kamu harus menandai berapa lama kucing mencerna makanan. Apabila kamu sudah yakin makanan kucing yang kamu habis sudah dicerna dengan baik, kucing pasti lapar lagi. Kasih aja makanan kucing dalam porsi kecil lagi. Lakukan trik ini secara berulang-ulang. Nanti, nafsu makan kucing akan bertambah dengan sendirinya.

Pemberian makan dengan porsi kecil ini bertujuan untuk:

  • Membuat nafsu makan kucing bertambah.
  • Mengenalkan makanan baru pada kucing agar terbiasa.
  • Mengurangi sisa makanan yang terbuang percuma.
  • Mengurangi resiko makanan yang terkontaminasi debu, semut, kecoak, dll.

Bagaimana cara memberikannya? Untuk meningkatkan nafsu makan, kamu bisa memberikan porsi makan kecil per 1-3 jam sekali. Jadi, kamu harus rutin mempersiapkan makanan untuk kucing kesayangan kamu ya.

10. Seka cairan di hidung kucing

Kucing akan memproduksi cairan di dalam hidung saat sedang sakit. Akibatnya, kucing kamu akan susah untuk mencium aroma makanan sehingga susah makan. Karena itu, sebelum kucing makan, seka bagian hidung kucing.

Bersihkan hidung kucing kamu dari cairan ataupun kotoran. Pastikan rongga hidung kucing bersih, dengan begitu kucing dapat membaui makanan enak dengan baik. Alhasil, nafsu makan kucing bertambah.

Mungkin kamu penasaran tentang bagaimana cara membersihkan hidung kucing yang tepat.

Kalau saya, biasanya melakukan cara seperti ini:

  • Siapkan dahulu kapas atau tisu dan air. Lalu basahi kapas.
  • Posisikan kucing kamu dengan nyaman. Misalnya menghadap ke atas atau ke arah kamu agar lebih mudah dibersihkan.
  • Usap hidung kucing sebersih
  • Pastikan hidung kucing sudah bersih baik dari cairan ataupun kotoran terutama kotoran di bagian dalam hidung.
  • Keringkan hidung dengan mengusapkan tisu kering ke hidung.
  • Jika sudah selesai, berikan snack untuk hadiah untuk kucing kamu.

11. Berikan minyak ikan dan vitamin penambah nafsu makan kucing

Jika 10 cara sebelumnya kurang memberikan efek yang maksimal, kamu bisa lho memberikan suplemen ataupun minyak ikan. Yups, ini adalah tips terakhir agar nafsu makan kucing bertambah. Kamu cukup membeli minyak ikan atau suplemen makanan kucing.

Catatan: Bagi yang belum tahu, minyak ikan memiliki manfaat yang baik sebagai makanan penambah nafsu makan kucing.

Ini dikarenakan minyak ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kucing. Kamu bisa memberikan 1-2 kapsul minyak ikan per harinya. Caranya adalah dengan meneteskan langsung ke mulut kucing atau mencampurkan ke makanan. Jika kamu memilih mencampur minyak ikan ke makanan kucing, pastikan porsi makanannya sedikit ya. Tujuannya sederhana, supaya makanan bisa dimakan semua dan tidak terbuang percuma.

Dengan pemberian minyak ikan yang teratur, kamu akan mendapatkan manfaat berikut:

  • Menambah nafsu makan kucing.
  • Menjaga agar tubuh kucing tetap sehat.
  • Membuat bulu kucing tetap halus dan indah.
  • Membantu proses penyembuhan pada kucing.

Selain minyak ikan, kamu juga bisa memberikan vitamin dan suplemen untuk menambah nafsu makan. Beberapa diantaranya adalah:

  • VITA-GEL: Produk ini memiliki kandungan vitamin A, B, D, E, K. Manfaatnya adalah untuk menambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan dan menggemukkan badan.
  • The Missing Link: Vitamin ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang bagus untuk daya tahan tubuh. Vitamin dengan bentuk bubuk ini bisa dicampurkan ke makanan dan untuk semua jenis kucing. Sayangnya, cukup susah untuk mencari The Missing Link. Dan harga vitamin ini tergolong cukup mahal.
  • Exotic-M: Multivitamin ini tidak hanya untuk menambah nafsu makan pada kucing namun juga kucing. Multivitamin berbentuk cair ini cocok untuk semua jenis kucing kecuali yang memiliki alergi.
  • Kitzyme: Vitamin kucing ini memiliki kandungan vitamin B kompleks yang bagus untuk meningkatkan nafsu makan kucing. Selain itu, vitamin ini juga bisa membantu mengatasi kerontokan bulu dan membuat kucing gemuk.

Jadi, manakah tips agar nafsu makan kucing bertambah favorit kamu?

Kamu dapat mencoba satu per satu 11 tips agar nafsu makan kucing bertambah di atas. Bagaimana kalau saya menggabungkan 2-3 tips? Boleh, silakan. Akan tetapi, sesuaikan dengan kondisi kucing milikmu ya, apalagi jika masih recovery. Jika kamu bingung dan kurang yakin misalnya karena kucing memiliki alergi, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa mengaplikasikan cara untuk meningkatkan nafsu makan kucing yang tepat agar tetap sehat.

Akhir kata, yang mana “tips agar nafsu makan kucing bertambah” yang ingin kamu coba terlebih dahulu? Tulis pendapatmu di kolom komentar sekarang.

Baca lebih lanjut: 10 penyebab kucing makan banyak tapi tetap kurus »