10 tips praktis agar makanan kucing tidak disemuti [100% ampuh]

Melihat tempat makan kucingmu menghitam gara-gara invasi semut pasti bikin jijik. Apalagi, invasi semut makin parah di musim kemarau. Ini sering terjadi saat kucingmu nggak segera menghabiskan makanannya. Apalagi kalau si meong tipe kucing yang suka mencicil makanannya. Akibatnya, makanan tersebut pun mulai disemuti. Pastinya, kucingmu pun jadi nggak berminat menghabiskan makanannya. Kamu mungkin kepikiran buat pakai semprotan penghalau semut yang ada banyak di toko-toko. Tapi, semprotan berbahan kimia itu bisa membahayakan kucingmu, apalagi kalau sampai residunya tertelan. Lalu, solusinya gimana? Tenang, saya ada 10 tips praktis agar makanan kucing tidak disemuti. Dan saya punya beberapa cara alami menghalau semut yang bisa kamu pakai. Penasaran? Let’s jump right in!

1. Bersihkan mangkuk makan kucing secara teratur

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dalam hal ini, kebersihan juga bisa bantu cegah makanan kucing disemuti. Remah-remah sisa makanan kucing biasanya jadi daya tarik tersendiri buat semut. Mereka biasanya bakal mengajak teman-temannya buat mengangkut remahan atau sisa-sisa makanan kucing yang menempel di mangkuk. Untuk mencegahnya, kamu perlu rajin-rajin mencuci bersih mangkuk makan si meong.

Idealnya, mangkuk makan kucing harus dibersihkan paling nggak satu kali sehari. Tapi, ada kalanya kamu punya rutinitas yang sibuk. Paling nggak, luangkan waktu sekali tiap dua hari buat bersihkan mangkuk makan si meong. Gunakan sabun cuci piring yang aman buat hewan peliharaan. Selain mencegah mangkuk disemuti, mangkuk makan yang bersih juga mencegah pertumbuhan bakteri. Kucingmu jadi terhindar dari resiko sakit pencernaan.

Terus membaca: Bolehkah kucing persia makan kucing telur saat hamil muda? >>

2. Bersihkan area makan kucing

Kadang-kadang, kucingmu punya kebiasaan buruk saat makan. Misalnya, dia suka membawa ikan atau irisan daging ayam keluar dari mangkuk makan. Setelah itu, dia memakannya di lantai. Apalagi, anak kucing memang punya kebiasaan makan yang berantakan. Akibatnya, sisa-sisa makanannya justru berceceran di lantai. Nah, sisa makanan itulah yang nanti bikin para semut berdatangan. Buat mencegahnya, kamu perlu pastikan area makanannya selalu bersih. Luangkan waktu buat menyapu area makan tersebut dari sisa-sisa makanan kucing yang tercecer. Selain itu, kamu juga perlu mengepel lantai dari area makan si meong. Tujuannya, supaya koloni semut nggak bisa mendeteksi jejak yang dibuat sebelumnya.

Nggak punya cairan pel khusus yang aman buat kucing? Kamu bisa kok pakai bahan-bahan alami. Salah satunya adalah dengan menambahkan perasan lemon ke dalam air pel. Aroma lemon nggak hanya bisa membuat ruangan jadi beraroma segar dan terbebas dari bakteri. Lemon juga ampuh dalam menghapus jejak yang ditinggalkan oleh semut. Dengan begitu, semut bakal kesulitan dalam menemukan letak mangkuk si meong. Selain itu, kamu juga bisa gunakan campuran air dengan tetesan cuka untuk mengepel lantai.

3. Gunakan minyak esensial

Minyak esensial nggak cuma cocok buat aromaterapi. Kamu juga bisa gunakan minyak alami itu untuk usir semut dari mangkuk makanan kucingmu. Salah satunya yang terbukti ampuh adalah minyak peppermint. Aroma peppermint yang segar dan wangi memang nggak disukai semut. Minyak esensial ini nggak bisa bunuh semut, sih. Tapi, paling nggak semut nggak bakalan mau dekati mangkuk makan kucingmu. Kamu bisa campurkan beberapa tetes minyak peppermint ini ke dalam air pel. Buat meningkatkan efektivitasnya, kamu juga bisa campurkan sedikit cuka. Selain mengusir semut, minyak peppermint juga ampuh banget buat menghalau kecoak dan laba-laba.

Tapi, kamu perlu berhati-hati! Soalnya, minyak peppermint murni dalam dosis besar beracun buat kucingmu. Makanya, kamu nggak disarankan pakai minyak ini buat bersihkan mangkuk makan kucing. Residu dari minyak peppermint bisa mengakibatkan keracunan kalau kucingmu menelannya. Gejala kucing yang keracunan minyak peppermint meliputi mulut yang mengeluarkan air liur, kehilangan nafsu makan, hingga demam. Kalau terlambat ditangani, keracunan minyak peppermint bisa mengakibatkan kematian. Kalau kamu lihat gejala-gejala keracunan pada si meong, segera bawa ke dokter hewan ya!

Minyak peppermint ini juga bisa menempel di kaki atau bulu si meong saat dia memasuki ruangan dipel. Kucingmu bisa menelan minyak tersebut saat sedang menjilati bulu dan kakinya. Jadi, kandangkan kucingmu terlebih dulu sebelum mengepel. Setelah lantai benar-benar kering, barulah kamu bisa mengeluarkannya.

4. Bentengi dengan wadah berisi air

Cara ini adalah yang paling gampang dan sering dilakukan. Semut memang nggak bisa berenang. Jadi, salah satu cara untuk menghalaunya dari makanan si meong adalah dengan menggunakan air. Kamu butuh nampan datar yang sedikit lebih besar daripada mangkuk makan kucingmu. Tapi, pastikan mulut nampan nggak melebih tinggi dari mangkuk makanan si meong. Setelah itu, isi nampan tersebut dengan air. Kamu juga bisa gunakan sedikit minyak esensial yang aman buat kucing di dalamnya. Tujuannya, supaya konsistensi air jadi lebih pekat. Sehingga, semut yang nekat buat berenang pun bakal mati tenggelam.

Setelah itu, letakkan mangkuk makan berisi makanan kucing di dalam nampan. Pastikan jarak antara bibir nampan dan mangkuk makan nggak terlalu sempit. Tapi, kamu juga perlu pastikan jarak itu juga nggak terlalu lebar. Soalnya, bisa jadi kucingmu mengiranya sebagai tempat minumnya. Selain itu, jarak yang terlalu lebar juga bikin si meong kesulitan buat menikmati makanannya. Kamu juga perlu hati-hati dalam mengisi air di dalam nampan. Jangan sampai airnya terlalu tinggi sampai mengakibatkannya tumpah ke dalam mangkuk makanan kucing. Bisa-bisa, kucingmu malah nggak berselera makan gara-gara tekstur makanan yang jadi lembek.

5. Beli tempat makan kucing anti semut

tempat makan kucing anti semut

Tips praktis agar makanan kucing tidak disemuti ke-5 adalah cat bowl anti ant. Kamu tinggal beli tempat makan kucing anti semut secara online atau melalui pet shop. Tempat makan ini punya bentuk yang beda dibandingkan mangkuk makan kucing biasa. Tempat makan anti semut ini biasanya punya ruang tersendiri buat menuangkan air. Tujuannya, supaya semut yang mau mengerubungi makanan kucingmu jadi mati tenggelam. Kamu bisa beli tempat makan kucing anti semut berbahankan plastik. Harga tempat makan ini terjangkau banget. Selain itu, kamu juga bisa pilih warna dan bentuk mangkuk sesuai dengan selera.

tips praktis agar makanan kucing tidak disemuti 01

Kamu juga bisa pilih tempat makan kucing model dispenser. Tempat makan model ini cocok banget buat kamu yang sibuk dan jarang ada di rumah. Jadi, kamu nggak perlu khawatir dry food kucingmu disemuti.

tips praktis agar makanan kucing tidak disemuti 02

Ada juga model tempat makan kucing anti semut yang dilengkapi tonggak penyangga. Mangkuk makanan jenis ini terbuat dari bahan stainless steel yang gampang banget dibersihkan. Di bagian atas terdapat ruang yang bisa kamu olesi dengan gel khusus. Gel khusus ini berfungsi sebagai perisai yang menghalangi semut dari mencapai mangkuk makanan kucing. Kamu cuma perlu mengoleskannya secara merata saja di ruang kosong itu. Daya tahan gel ini bisa sampai 1 tahun. Awet banget, kan? Kamu juga nggak perlu khawatir kalau kucingmu penasaran dan menjilatnya. Soalnya, gel ini terbuat dari bahan food grade yang aman buat si meong.

tempat makan kucing anti semut yang aman bagi kucing

Kelebihan lainnya, tonggak penyangga tempat makan ini punya tinggi yang pas. Jadi, kucingmu bisa makan dengan lebih nyaman. Postur makannya juga lebih bagus. Bagian penyangga karet menjamin mangkuk makanan nggak bakal tumpah. Tapi, kamu harus smart saat meletakkannya. Jangan letakkan tempat makan ini dengan posisi mangkuk menempel di dinding. Soalnya, itu bisa bikin akses para semut ke tempat makan si meong jadi terbuka. Jadi, berikan jarak yang cukup jauh antara tempat makan ini dengan dinding, ya.

6. Gunakan vaseline

Selain pakai air, kamu juga bisa mengoleskan Vaseline ke sekitar tempat makan kucingmu. Vaseline adalah jenis petroleum jelly dengan tekstur berminyak dan lengket. Semut nggak bakalan bisa merayap hingga sampai ke mulut mangkuk. Tapi, kamu tetap hati-hati supaya jangan sampai si meong menjilatnya. Biarpun nggak fatal, tapi kucingmu bisa kena sakit perut kalau menelan gel Vaseline ini. Supaya kucingmu nggak bisa menjilatinya, ada satu cara yang bisa kamu lakukan. Oleskan gel Vaseline di bagian dasar dari mangkuk makan si meong. Dengan begitu, semut yang mau merayap ke atas bakal terperangkap. Kucingmu juga nggak bakal penasaran dan menjilat gel tersebut. Tapi, kamu harus benar-benar rajin membersihkan bagian pantat mangkuk. Lebih baik lagi kalau kamu pakai alas kayu untuk tatakan mangkuk. Supaya, lantaimu tetap bersih dan nggak lengket terkena gel Vaseline.

7. Gunakan kontainer kedap udara yang tertutup rata

Bagaimana kalau semut-semut justru menginvasi tempat penyimpanan makanan kucingmu? Ini biasanya terjadi kalau kamu menyimpan dry food kucing di wadah yang kurang sesuai. Misalnya, wadah itu punya bagian tutup yang kurang pas atau malah kendor. Atau, kamu menempatkannya begitu saja di dalam bungkus kemasan tanpa memindahkannya ke wadah lain. Akibatnya, semut pun jadi bisa masuk dan menyerbu makanan kucingmu. Bikin bete, kan? Makanya, pastikan kamu menempatkan makanan kucing itu di wadah kontainer kedap udara. Pastikan kontainer itu bisa tertutup dengan rapat. Supaya, semut-semut nggak bisa masuk ke dalamnya. Wadah kedap udara juga mencegah dry food si meong jadi lembek gara-gara terekspos udara luar.

Gimana kalau kamu memberikannya makanan basah? Wetfood kucing memang yang paling gampang menarik minat para semut. Supaya semut nggak menyerbu wetfood si meong, simpanlah makanan itu di dalam kulkas. Nggak hanya mencegah semut, menyimpan makanan basah di dalam kulkas juga memperlambat proses pembusukan.

Baca juga: 9 makanan penggemuk kucing yang bikin gendut dan bulu lebat >>

8. Gunakan tepung terigu

Percaya nggak percaya, tepung terigu bisa jadi salah satu cara buat mengusir semut. Cara ini bisa kamu pakai kalau kamu khawatir dengan pemakaian kapur semut. Tepung terigu terbukti ampuh dalam membunuh semut tanpa membahayakan kucingmu. Kamu bisa taburkan tepung terigu ke atas barisan semut yang mendatangi tempat makan kucingmu. Kamu juga bisa menaburkan tepung terigu di sekitar tempat makan kucing. Aroma tepung terigu yang tawar juga nggak bakal bikin kucingmu kepo buat mengendusnya. Kamu bisa kombinasikan cara ini dengan metode lain supaya lebih maksimal.

9. Buat perangkap khusus semut

Semut paling suka makanan yang manis. Kamu bisa gunakan info ini untuk buat perangkap mematikan. Caranya gampang banget, lho. Kamu cuma butuh buat campurkan 1/3 cangkir madu asli dengan 6 sdm gula pasir. Jangan lupa tambahkan senjata rahasia, yaitu bubuk ragi aktif. Letakkan perangkap ini di dalam suatu kontainer yang dilubangi. Jangan bikin lubang yang terlalu besar, ya. Kamu harus pastikan kucingmu nggak bisa menggapainya. Cukup bikin lubang yang kecil yang cuma cukup dimasuki semut. Wadah kontainer itu juga harus cukup berat. Supaya, kucingmu nggak cukup kuat buat membalikkannya. Aroma manis dari madu dan gula bakal mengundang semut. Begitu semut masuk ke dalam wadah, mereka bakal mati gara-gara menelan partikel bubuk ragi aktif tadi.

10. Pindahkan mangkuk makanan kucing

Tips terakhir untuk mencegah makanan kucing disemuti adalah memindahkan mangkuk makan kucing. Kalau semut-semut ini mengganggu saat kucing makan, kamu bisa pindahkan lokasi mangkuk. Jangan lupa ajak si meong supaya mengikutimu saat kamu memindahkan tempat makanannya. Pastikan lokasi tempat makan yang baru berada jauh dari tempat para semut berkumpul. Paling nggak, ini akan memberikan waktu supaya para semut nggak bisa ganggu kucingmu. Gunakan sapu untuk menyapu para pasukan semut supaya semakin menjauh dari spot makan kucingmu. Jangan lupa bersihkan tempat makan kucingmu setelah dia selesai makan, ya.

Poin penting terkait tips makanan kucing tidak disemuti

Invasi semut ke tempat makan kucingmu memang bikin jijik dan jengkel. Untungnya, kamu bisa pakai beberapa cara alami dan aman buat mengusir para semut. Yang paling penting, kamu wajib bersihkan ruang dan wadah makan kucing secara rutin. Selain itu, kamu juga bisa beli tempat makan kucing anti semut. Untuk solusi lain, kamu juga bisa bikin perangkap semut dari air di sekitar mangkuk makan kucing. Tepung terigu juga efektif banget bikin para semut kocar-kacir. Minyak esensial aroma peppermint boleh-boleh saja kamu pakai. Tapi, kamu harus hati-hati saat menggunakannya.

Akhir kata, apakah ada informais terkait topik “tips praktis agar makanan kucing tidak disemuti” yang saya lewatkan? Jika iya, ingatkan saya melalui kolom komentar ya. Dan jika kamu punya ide yang kreatif untuk memerangi semut, silakan bagikan pendapatmu melalui kolom komentar sekarang. Makasih.

Baca lebih lanjut: 10 makanan penambah nafsu makan kucing terbaik [2020] >>