Home » Info Kucing

10 Jenis Kucing Termahal di Dunia (2021)

Ternyata ada jenis kucing dengan harga fantastis, bahkan mencapai harga satu rumah mewah! Kucing-kucing ini penampilannya lucu, unik, dan punya banyak keistimewaan. Para pencinta kucing rela mengeluarkan uang puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk memiliki kucing termahal ini. Saking menariknya, beberapa artis Indonesia dan artis luar negeri juga memelihara kucing-kucing mahal ini, lho. Wah, ada jenis apa saja, ya? Berikut 10 jenis kucing termahal di dunia:

Penasaran kenapa bisa semahal itu? Yuk, mulai cari tahu.

1. Kucing Ashera – Rp1.780.000.000,00

Kucing Termahal Di Dunia Nomor 1 Kucing Ashera
Kucing Ashera.

Di urutan pertama jenis kucing termahal di dunia ada ras Ashera. Tidak main-main, harga per ekornya bisa mencapai Rp1.780.000,00, lho! Kalau dihitung-hitung, ini setara dengan harga satu rumah mewah! Ashera menjadi jenis termahal karena merupakan hasil persilangan dan cukup langka.

Kucing Ashera adalah persilangan Serval Afrika, Kucing Domestik, dan Macan Tutul Asia. Pada kompas.com disebutkan bahwa Ashera disilangkan oleh Lifestyle Pets. Lifestlye Pets adalah sebuah perusahaan di Amerika yang memang berfokus pada hewan peliharaan eksklusif. Dalam satu tahun, hasil persilangannya hanya sekitar 5-8 ekor anakan saja. Inilah yang membuat Ashera menjadi kucing yang tergolong langka dan harganya mahal.

Dari segi penampilan, pada bulu pendek Ashera dominan terlihat pola seperti macan tutul. Di beberapa bagian juga tampak garis-garis kontras. Ukuran tubuhnya besar, dengan telinga berbentuk runcing. Walaupun begitu, jangan takut! Kucing ini tidak liar dan tidak galak, kok. Dari perilakunya, Ashera ternyata sangat penyayang dan setia. Kucing ini juga terkenal sebagai kucing yang cerdas dan energik.

2. Kucing Savannah – Rp708.000.000,00

Kucing Termahal Di Dunia Kucing Savannah
Kucing Savannah.

Di urutan kedua kucing termahal di dunia, yaitu jenis Savannah. Kucing yang harganya bisa mencapai Rp708.000.000,00 ini adalah kucing yang sangat aktif, suka bertualang, dan setia pada pemiliknya. Penyanyi kelas dunia, Justin Bieber, memiliki dua ekor kucing jenis Savannah. Di Indonesia, ada artis Rachel Venya dan Muhammad Fardhan Khan yang juga memelihara kucing jenis Savannah ini. Apa sih istimewanya?

Kucing jenis Savannah merupakan hasil persilangan dari Serval Afrika dan Domestik Siam. Persilangan ini menghasilkan kucing dengan penampilan yang eksotis. Ciri fisiknya adalah leher yang panjang dan ramping, kepala berbentuk segitiga, serta telinga yang besar dan panjang. Kucing ini juga memiliki kaki yang lebih panjang dari kucing pada umumnya. Banyak yang menyebut penampilan Savannah menyerupai Cheetah liar. Pada seluruh bulunya yang pendek terdapat pola bintik-bintik hitam atau coklat tua yang menawan.

Melansir dari catster.com, kucing Savannah memiliki karakter dan perilaku yang unik. Hampir mirip anjing, Savannah sangat setia dan menyukai kebersamaan dengan pemiliknya. Kucing ini bisa dipakaikan tali untuk kemudian diajak berjalan-jalan. Selain itu, Savannah juga aktif dan gemar bermain. Bahkan, kalau diajak berenang dan bermain air, Savannah sangat senang, lho!

3. Kucing Bengal – Rp355.000.000,00

Kucing Termahal Di Dunia Kucing Bengal
Kucing Bengal.

Kucing jenis Bengal dengan silsilah dan kualitas bulu yang bagus harganya bisa mencapai Rp355.000.000,00 per ekornya. Tidak heran jika kucing Bengal masuk dalam deretan jenis kucing termahal di dunia. Kucing ini merupakan hasil persilangan antara kucing American Shorthair dan Leopard Asia. Pesona kucing Bengal berhasil membuat banyak artis jatuh cinta. Mulai dari Citra Kirana, Lucky Hakim, Irfan Hakim, hingga Kourtney Kardashian.

Penampilan kucing Bengal sangat eksotis. Di seluruh tubuhnya terdapat pola garis dan bintik yang menyerupai Leopard. Bentuk tubuhnya juga besar dan berotot. Secara karakter, kucing Bengal memiliki energi yang besar dan sangat aktif. Namun, ketika sudah bersama pemiliknya, kucing Bengal menjadi sangat penyayang dan penurut.

4. Kucing Persia – Rp77.800.000,00

Kucing Termahal Di Dunia Kucing Persia
Kucing Persia.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi, kan, dengan kucing Persia? Jenis kucing Persia sangat populer di Indonesia. Untuk mengadopsi kucing Persia, kamu perlu merogoh isi dompet cukup dalam. Harga kucing Persia murni bisa mencapai Rp77.800.000,00. Walaupun mahal, kucing Persia tetap diminati oleh banyak pencinta kucing. Termasuk di antaranya artis Uya Kuya, Anisa Rahma, dan Andien Aisyah.

Kucing jenis Persia memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan kucing lokal pada umumnya. Bentuk wajahnya bulat, dengan hidung yang cenderung pendek. Bulu kucing Persia cukup panjang, tebal, dan sangat halus. Kalau dilihat-lihat, kucing Persia ini mirip seperti boneka. Lucu dan menggemaskan. Ditambah lagi kucing Persia memiliki sorot mata yang sangat ekspresif. Dibandingkan 3 kucing mahal yang saya sebutkan sebelumnya, karakter kucing Persia lebih kalem dan tenang. Ia sangat manja dan suka menempel pada pemiliknya. Wah, pantas saja kalau banyak yang jatuh cinta pada kucing yang satu ini, ya!

5. Kucing Maine Coon – Rp72.000.000,00

Kucing Termahal Di Dunia Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon || pic: fineartamerica.com.

Melansir dari tirthamcattery.com, data survey CFA menunjukkan bahwa kucing Maine Coon adalah kucing terpopuler kedua di dunia setelah jenis Persia. Begitu juga dengan harganya yang tidak kalah mahal. Untuk ras murni impor dengan sertifikat PED, harganya bisa mencapai Rp72.000.000,00 per ekor. Maine Coon yang aktif dan manja ini menjadi kucing yang mahal karena karakteristik fisiknya yang sangat khas.

Maine Coon dijuluki sebagai kucing raksasa. Badannya tinggi, berotot, dan bertulang besar. Panjang tubuh Maine Coon jantan dewasa bisa mencapai 1 meter, dengan berat sekitar 6-9 Kg. Untuk yang betina, ukuran tubuhnya lebih kecil, dengan berat sekitar 4-6 Kg. Maine Coon terlihat semakin besar karena bulu-bulunya tebal dan halus, terutama di bagian leher, perut, kaki, dan ekor. Khusus di bagian leher, bulu Maine Coon terlihat panjang seperti surai Singa. Sementara itu, bentuk dan warna ekor Maine Coon ini terlihat menyerupai Racoon.

Ciri lainnya ada pada bagian telinga. Telinga Maine Coon berukuran besar, dengan bentuk lebar di bagian bawah, dan melancip di ujung atasnya. Fero Arie, owner Maine Coon, dalam obrolan di Indonesia Morning Show NET TV mengungkapkan ciri khas telinga kucing ini. Tidak sekadar lancip, pada bagian ujung atas telinga Maine Coon juga ada bulu-bulu tipis yang tumbuh tegak menyerupai antena. Karena keistimewaannya, beberapa artis tanah air sampai rela mengeluarkan puluhan juta rupiah untuk memiliki Maine Coon! Sebut saja di antaranya adalah Uya Kuya, Lucky Hakim, dan Via Valen.

6. Kucing Scottish Fold – Rp42.500.00,00

Kucing Termahal Di Dunia Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold.

Kucing termahal di dunia yang berikutnya adalah Scottish Fold. Artis Indonesia seperti Tyas Mirasih, Nagita Slavina, dan Pevita Pearce memelihara Scottish Fold sebagai kucing kesayangan di rumah. Mereka sering memamerkan foto-foto lucu kucingnya ini di media sosial. Kucing jenis Scottish Fold memang istimewa. Harganya saja berkisar antara Rp20.000.000,00 hingga Rp42.500.000,00! Tergantung pada tampilan dan kelengkapan silsilah si kucing.

Jenis Scottish Fold berasal dari Skotlandia. Scottish Fold mudah dikenali dari tampilannya yang sangat khas. Ciri khas Scottish Fold yang paling terlihat adalah daun telinga yang terlipat ke depan. Daun telinga yang terlipat ke depan ini terjadi akibat adanya mutasi genetik yang mempengaruhi struktur tulang rawannya.

Selain itu, secara tampilan, Scottish Fold memiliki wajah bulat, mata besar, dan leher pendek. Kalau kamu perhatikan, wajah kucing ini tampak seperti kucing yang murung. Namun, jangan salah! Sebenarnya karakter dari Scottish Fold sangatlah bersahabat, mudah bersosialisasi, suka bermain, dan memiliki rasa ingin tahu yang besar.

7. Kucing Sphynx – Rp42.400.000,00

Kucing Termahal Di Dunia Kucing Sphynx
Kucing Sphynx.

Sphynx, kucing ras dari Toronto ini populer di kalangan pencinta kucing. Harga per ekornya bisa mencapai Rp42.400.000,00. Artis kenamaan seperti Raditya Dika, Jennifer Aniston, Steven Teyler, dan Carol Meir pernah memelihara Sphynx di rumahnya. Kucing mahal yang satu ini unik sekali, lho!

Secara penampilan fisik, Sphynx terlihat sangat berbeda dengan kucing pada umumnya. Sphynx memiliki bentuk wajah yang lebar, dengan telinga yang juga lebar dan besar. Kucing ini masuk dalam golongan shorthair cat. Saking pendek dan halus bulunya, banyak orang yang mengira kucing ini tidak berbulu. Padahal, kalau diamati atau dipegang, di seluruh tubuhnya terdapat bulu-bulu halus yang teksturnya menyerupai bahan Suede.

Kucing Sphynx memiliki beberapa variasi warna. Ada kucing Sphynx berwana hitam, putih, coklat, dan gabungan dari beberapa pola warna tersebut. Kucing Sphynx memiliki energi yang tinggi dan sangat lincah. Mereka senang bermain, memanjat, dan bermanja-manja dengan pemiliknya.

8. Kucing Russian Blue – Rp40.000.000,00

Kucing Termahal Di Dunia Kucing Russian Blue
Kucing Russian Blue.

Jenis kucing termahal berikutnya adalah Russian Blue. Kucing yang berasal dari Arkhangelsk Rusia ini memiliki penampilan fisik yang elegan. Bulunya pendek, tetapi sangat tebal dan lembut. Sesuai namanya, kucing ini memiliki warna bulu abu-abu kebiruan.

Russian Blue memiliki bentuk wajah segitiga dengan mata bulat yang berwarna kehijauan. Warna hijau ini akan semakin terang ketika si kucing bertumbuh dewasa. Dari bentuk badan, Russian Blue memiliki tubuh yang panjang, ramping, dan atletis. Berat rata-ratanya bisa mencapai antara 3,5-7 Kg. Dengan bentuk tubuhnya tersebut, Russian Blue sangat lincah dalam hal melompat.

Dari segi perilaku, Russian Blue sangat cerdas dan lucu. Mereka setia pada pemiliknya dan bisa menjadi teman yang sangat menyenangkan. Namun, pada orang baru kucing ini cenderung pemalu dan butuh waktu untuk beradaptasi. Harga kucing jenis Russian Blue bisa mencapai Rp40.000.000,00. Tentunya ini ras asli dengan garis keturunan yang jelas dan memiliki PED resmi, ya.

9. Kucing British Shorthair – Rp21.200.000,00

Kucing Termahal Di Dunia Kucing British Shorthair
Kucing British Shorthair.

Kucing jenis British Shorthair tidak ketinggalan masuk dalam daftar jenis kucing termahal di dunia. Karakter kucing ini mudah beradaptasi, penurut, dan tidak rewel. Deretan artis dan penyanyi ternama seperti Tyas Mirasih, Ayudia Bing Slamet, Adele, dan Sam Smith memelihara kucing ini. Kucing British Shorthair ras murni harganya bisa mencapai Rp21.200.000,00 per ekornya, lho. Harga yang wajar untuk jenis kucing yang memiliki penampilan menawan seperti ini.

Kalau dilihat sekilas, jenis British Shorthair hampir mirip dengan Russian Blue. Secara warna bulu memang mirip, yaitu abu-abu kebiruan. Namun, jenis British Shorthair juga ada dalam variasi warna lain seperti lilac, hitam, putih, dan tabby. British Shorthair memiliki bentuk wajah yang lebih bulat dan warna kuning pada matanya. Untuk bentuk tubuh, kucing ini terlihat cenderung bulat, gemuk, dan kakinya pendek. Menggemaskan sekali, ‘kan?!   

10. Kucing Ragdoll – Rp15.000.000,00

Kucing Termahal Di Dunia Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll.

Kucing jenis Ragdoll adalah salah satu kucing termahal di dunia. Ragdoll berasal dari California, Amerika Serikat, yang pertama kali ditemukan pada 1960. Harga satu ekor ras murni bisa mencapai Rp15.000.000,00. Hampir sama seperti Maine Coon, kucing Ragdoll memiliki ukuran tubuh yang besar. Dilansir dari ragdollcatsworld.com, berat badan Ragdoll jantan dewasa bisa mencapai 5,5-9 Kg. Untuk Ragdoll betina dewasa beratnya mencapai 3,5-6 Kg. Ciri khas lain dari Ragdoll adalah matanya yang berwarna biru dan bulu panjang yang lembut seperti sutra.

Kucing Ragdoll memiliki sifat yang santai dan ramah. Mereka menyukai waktu bermain bersama pemiliknya. Tidak heran jika artis kenamaan dunia seperti Taylor Swift, Sylvester Stallone, dan Lisa Blackpink jatuh cinta pada kucing ini. Mereka bahkan memiliki lebih dari satu ekor kucing Ragdoll sebagai peliharaan kesayangan di rumah!

Itulah 10 jenis kucing termahal di dunia yang berhasil membuat banyak orang jatuh cinta. Pasti ada kebanggaan tersendiri kalau bisa memiliki kucing lucu yang masuk dalam deretan kucing termahal di dunia ini. Nah, apakah kamu juga tertarik memiliki salah satunya? Jenis mana yang paling menarik perhatianmu? Beritahukan kepada saya melalui kolom komentar, ya.

Baca lebih lanjut: 5 makanan kucing termahal di Indonesia »