12 rekomendasi makanan kucing maine coon [2020]

Kucing maine coon memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari semua ras kucing domestik. Karena ukuran tubuhnya yang besar tersebut, kucing maine coon membutuhkan banyak nutrisi. Asupan nutrisi yang lengkap penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan menjaga kesehatannya. Pada artikel ini, saya akan membahas 12 rekomendasi makanan terbaik untuk kucing maine coon. Makanan kucing yang saya bahas mulai dari royal canin maine coon adult, happy cat junior poultry, sampai vigor and sage. Semuanya sudah teruji mampu membuat kucing tumbuh sehat, gendut, dan berbulu halus. Kira-kira mana makanan kucing yang paling cocok bagi kucing maine coon kesayanganmu? Yuk, simak pembahasannya.

1. Royal canin maine coon adult

rekomendasi makanan kucing Royal canin maine coon adult

Rekomendasi makanan kucing maine coon pertama adalah merek Royal Canin maine coon adult. Produk ini merupakan varian makanan kering kucing maine coon berusia 15 bulan ke atas. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan kucing dewasa. Diperkaya dengan formulasi eksklusif taurine, DHA, dan asam lemak omega-3 yang menjaga fungsi otot jantung agar tetap sehat. Butiran makanan (kibble) kucing maine coon dewasa dari Royal Canin ini dirancang khusus dan berukuran lebih besar. Tujuannya agar sesuai dengan bentuk rahang besar pada kucing maine coon. Waktu mengunyah menjadi lebih panjang sehingga membantu menjaga kesehatan mulut.

Royal Canin Maine Coon Adult juga dilengkapi dengan nutrisi joint support. Joint support ini berfungsi untuk mendukung kesehatan tulang dan persendian. Ada pula kandungan asam amino, vitamin, serta asam lemak untuk kesehatan kulit dan bulu. Kelebihan lainnya yaitu ada kandungan khusus untuk menjaga kesehatan sistem kemih (urinary) pada kucing dewasa. Jadi, kucing maine coon dewasa yang sudah disteril pun cocok jika diberi Royal Canin.

Kisaran harganya mulai dari Rp 79.000,00 (400 gr), Rp 314.000,00 (2 Kg), dan Rp 574.000,00 (4 Kg). Kamu dapat membeli Royal Canin maine coon adult di petshop terdekat di kotamu, atau membelinya di toko online. Daftar peritel yang menjual produk ini juga dapat kamu cek di website resmi Royal Canin.

Terus membaca: 5 makanan untuk kucing ompong agar tetap sehat >>

2. Happy cat voralpen-rind (supreme bavarian beef)

rekomendasi makanan kucing Happy cat voralpen-rind (supreme bavarian beef)

Voralpen-rind supreme bavarian beef memiliki kandungan nutrisi yang cocok untuk kebutuhan kucing maine coon. Happy Cat Indonesia dalam unggahan instagramnya merekomendasikan produk makanan kering bagi kucing maine coon dewasa.

Voralpen-rind supreme bavarian beef dibuat dari daging sapi dan unggas pilihan. Tidak mengandung ikan sama sekali. Butir-butir makanan dibuat berukuran cukup besar. Kucing dirangsang untuk berlatih mengunyah sehingga membantu kesehatan dan kebersihan mulutnya. Produk makanan ini juga memiliki kontrol PH seimbang untuk meminimalisir infeksi pada saluran kemih.

Selain itu, happy cat voralpen-rind sudah berkonsep all in one yang memberi manfaat dalam setiap butirnya. Adapun kandungan nutris baik dalam Voralpen-rind supreme bavarian beef, yaitu:

  • Protein hewani yang cukup tinggi, yaitu 81,5% dari kandungan protein normal. Formulasi ini baik untuk sistem pencernaan kucing maine coon.
  • Essential taurine yang baik untuk kesehatan otot jantung.
  • Suplemen glukosamin yang dibuat dari cangkang kerang dan bahan penunjang lainnya untuk kesehatan tulang dan sendi (joint support).
  • Tumbuhan alami kaya serat yang membantu mengoptimalkan fungsi saluran pencernaan. Bulu akan dikeluarkan melalui feses sebelum terbentuk menjadi gumpalan bulu (hairball) di dalam perut.
  • Omega 3 dan omega 6 untuk sistem imun, mengurangi resiko penyakit jantung dan sendi, kesehatan bulu, serta kecerdasan.

Happy Cat Voralpen-rind Supreme Bavarian Beef biasanya dijual di petshop dan toko-toko online. Jika ingin membeli langsung dari toko online resmi Happy Cat Indonesia, kamu dapat menuju ke tokopedia dan shopee.

Tersedia kemasan mulai 300 gr hingga yang paling besar 10 Kg. Untuk gambaran kisaran harga, yaitu Rp 49.000,00 untuk kemasan 300 gr, dan Rp 979.000,00 untuk kemasan 10 Kg.

3. Hill’s science diet feline indoor

rekomendasi makanan kucing Hill’s science diet feline indoor

Beberapa kucing maine coon adalah tipe kucing aktif yang lebih sering berada di dalam ruangan. Jika kucingmu adalah salah satunya, produk makanan ini cocok dijadikan pilihan. Hill’s Science Diet Feline Indoor merupakan makanan kering untuk kucing dewasa dengan nutrisi seimbang. Dalam website resmi Hill’s Science, produk ini mendapatkan peringkat yang baik dari para konsumennya,yaitu 4,8/5 dari 198 ulasan.

Produk Hill’s Science Diet Feline Indoor mengandung serat alami yang mendukung kesehatan pencernaan. Aroma tidak sedap dari feses dapat diminimalisir. Proteinnya sudah berkualitas tinggi dengan kadar 36,1 %. Protein ini akan sangat membantu kesehatan otot kucing maine coon. Ada pula kandungan omega 3 dan omega 6 untuk kesehatan kulit dan bulu. Tidak ketinggalan kandungan taurine untuk manfaat kesehatan jantung.

Tersedia varian untuk kucing dewasa usia 1 – 7 tahun dan usia 7 tahun ke atas. Produknya dapat dibeli di petshop dan toko online. Gambaran kisaran harga yaitu mulai dari Rp 170.000,00 untuk kemasan 1,58 Kg.

4. Purina one indoor advantage

rekomendasi makanan Purina one indoor advantage

Produk premium dari produsen makanan hewan Amerika ini memiliki kandungan nutrisi yang sesuai kebutuhan kucing maine coon dewasa. Kandungan proteinnya mencapai 42 gram per 1000 kalori. Ini sangat membantu mendukung berat badan kucing, menunjang kekuatan otot, serta jantung yang sehat. Vitamin dan mineralnya juga baik untuk kekuatan tulang dan sendi yang memang sangat dibutuhkan oleh kucing maine coon. Dilengkapi antioksidan dan omega 6 yang menjaga kesehatan kulit dan bulu. Formula di dalam Purina One Indoor Advantage juga meminimalisir timbulnya gumpalan bulu (hairball) di dalam perut.

Dibandingkan beberapa produk premium lainnya, merek dan varian ini masih agak sulit ditemukan di banyak petshop. Kamu dapat membeli produk ini secara online dengan kisaran harga Rp 200.000,00 untuk kemasan 7,2 Kg.

Baca terus: Kelebihan dan kekurangan makanan kucing bolt >>

5. Frost natural super premium

rekomendasi makanan kucing Frost natural super premium

Sama seperti produk sebelumnya, Frost Natural juga merupakan produk makanan kering premium. Walaupun diproduksi di Brazil, tetapi produk ini lebih mudah ditemukan di Indonesia, terutama di toko online. Komposisi nutrisi yang terkandung di dalam frost natural cocok untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kucing maine coon.

Frost natural memiliki kandungan protein 34%, omega 3, omega 6, serta vitamin dan mineral yang lengkap. Ada pula taurine yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asam lemak esensial dan antioksidan alaminya membantu kualitas lapisan kulit dan bulu. Tidak ketinggalan serat alami yang dapat mencegah timbulnya gumpalan bulu di dalam perut.

Secara keseluruhan, formulasi frost natural menghasilkan makanan yang mudah diserap oleh sistem pencernaan kucing. Kesehatan usus menjadi terjamin dan aroma tidak sedap dari feses pun berkurang. Kelebihan lainnya, produk Forst Natural tidak mengandung kedelai (no soybean – less grain). Biasanya pada beberapa kucing, kandungan kedelai dapat menyebabkan alergi. Jadi, produk Frost natural super premium aman bagi kucing maine coon yang memiliki alergi pada kacang kedelai.

Sementara ini Frost Natural yang masuk ke Indonesia hanya tersedia kemasan 1 Kg freshpack dan 7,5 Kg freshpack. Harganya berada di kisaran Rp 68.000,00 per 1 Kg.

6. Royal canin maine coon kitten

rekomendasi makanan kucing Royal canin maine coon kitten

Kalau kamu mencari rekomendasi makanan kucing maine coon kitten, rekomendasi produk terbaik adalah keluaran dari Royal Canin. Produk ini memang khusus dibuat untuk jenis kitten maine coon usia sampai dengan 15 bulan. Kandungan nutrisinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan kitten maine coon. Kitten maine coon butuh waktu lebih lama untuk beralih usia menjadi kucing dewasa. Hingga usia 15 bulan barulah kucing maine coon dapat disebut dewasa.

Kitten maine coon memerlukan protein berkualitas tinggi untuk mendukung dan menjaga pencernaannya agar tetap sehat. Produk dari Royal Canin ini mengandung 36 % low indigestible protein (L.I.P), yaitu protein yang mudah dicerna. Ada juga kandungan prebiotik yang membantu kerja flora usus pada kitten. Vitamin dan antioksidan pada Royal Canin maine coon kitten juga membantu tumbuh kembang kitten, terutama untuk pertahanan alami tubuhnya.

Royal Canin Maine Coon Kitten banyak dijual di petshop di berbagai kota dan toko online. Kisaran harganya Rp 80.000,00 untuk kemasan 400 gr.

7. Happy cat junior poultry

rekomendasi makanan kucing Happy cat junior poultry

Produk Happy Cat Junior Poultry memiliki kandungan yang sangat cocok untuk kitten maine coon usia 4 bulan – 12 bulan. Keunggulan dari produk ini adalah butirannya (kibble) yang mudah dikunyah dan dicerna. Komposisi resepnya juga baik untuk pertumbuhan yang optimal. Seperti yang diketahui, kitten memerlukan asupan protein yang tinggi. Pada produk ini, proteinnya mencapai 34%. 91% dari total keseluruhan protein tersebut adalah protein hewani. Protein hewani didapatkan dari daging unggas, daging sapi, dan salmon.

Produk ini juga masuk dalam jejeran produk Happy Cat yang sudah berkonsep all in one. Terdapat 9 keunggulan sekaligus di tiap produknya, yaitu:

  • Protein hewani tinggi;
  • mengandung taurine untuk kesehatan hati dan jantung;
  • rasa dijamin enak;
  • natural life concept (makanan kering diproses secara natural dan menggunakan bahan alami);
  • kandungan nutrisinya membantu mengurangi risiko timbulnya gumpalan bulu di perut;
  • menjaga persendian (joint support);
  • menjaga kesehatan gigi dan mulut;
  • terdapat omega 3 dan omega 6 dengan komposisi sempurna;
  • adanya urinary tract untuk menjaga kesehatan saluran kemih kitten.

Happy Cat Junior Poultry dibuat tanpa ada pewarna dan perasa buatan sehingga lebih aman. Tidak ada kandungan gula dan kedelai. Produk ini aman untuk kitten yang memiliki alergi pada kacang kedelai.

Produk Happy Cat Junior Poultry dapat ditemukan dengan mudah di berbagai petshop di seluruh Indonesia. Tersedia dalam kemasan 300 gr, 1,4 Kg, 4 Kg, dan 10 Kg. Gambaran kisaran harganya yaitu Rp 49.000,00 (300 gr), Rp 195.000,00 (1,4 Kg), Rp 439.000,00 (4 Kg), dan Rp 989.000,00 (10 Kg).

Baca terus: 4397 nama kucing lucu dari berbagai negara di dunia, seperti Jepang, China, Perancis, Amerika, Korea dan Indonesia >>

8. Purina pro plan kitten with optistart

rekomendasi makanan kucing Purina pro plan kitten with optistart

Produsen makanan hewan Purina sudah terpercaya dalam inovasi produk makanan kucing. Salah satu yang terbaik adalah pro plan kitten with optistart. Produk ini dikhususkan untuk anak kucing usia 6 minggu sampai 1 tahun. Purina pro plan kitten mengandung bahan kaya nutrisi untuk memaksimalkan pertumbuhan. Protein yang terkandung mencapai angka 40%. Ini sangat cocok untuk anak kucing maine coon yang memang memerlukan protein tinggi di masa pertumbuhannya. Ada pula kandungan serat dan kolostrum yang membantu memperkuat imunitas serta kesehatan pencernaan. Kandungan ini penting bagi anak kucing sebab sistem pencernaannya lebih sensitif.

Secara keseluruhan, dengan komposisi nutrisinya yang cukup lengkap, produk ini memiliki keunggulan manfaat untuk:

  • menjaga kesehatan mata dan mendukung perkembangan otak;
  • mendukung perkembangan otot dan tulang yang sehat;
  • mencegah plak dan penumpukan karang pada gigi;
  • memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Purina pro plan kitten juga dapat digunakan untuk induk kucing yang sedang dalam masa kehamilan maupun menyusui. Nutrisinya baik untuk menjaga kondisi tubuh induk kucing tetap ideal dan sehat.

Kamu dapat membeli pro plan kitten with optistart di petshop atau toko online. Harganya sekitar Rp 270.000,00 untuk kemasan freshpack 2,5 Kg.

9. Orijen cat and kitten

makanan kucing Orijen cat and kitten

Orijen merupakan produk dari produsen makanan hewan terbesar di Canada, yaitu Champion Petfoods. Varian cat and kitten dapat diberikan untuk kucing maine coon di semua tahapan usia. Keunggulan produk ini ada pada kandungan proteinnya yang tinggi (44 %). Sumber protein tersebut sebagian besar berasal dari ayam, kalkun, ikan tangkapan liar, dan telur. Sisanya berasal dari buah dan sayuran. Komposisinya masih pula dilengkapi dengan vitamin, taurine, omega 3, omega 6, dan DHA.

Istimewanya lagi, orijen cat and kitten masuk dalam jajaran rekomendasi makanan kucing maine coon grade holistic. Produk berlabel makanan kucing grain free kualitasnya lebih baik sebab rendah karbohidrat. Kucing maine coon yang alergi pada biji-bijian akan cocok diberikan produk ini. Orijen cat and kitten berbasis daging rendah lemak, kaya protein, dan kandungan karbohidratnya rendah.

Orijen cat and kitten tersedia dalam kemasan freshpack dan repack. Kamu bisa dapatkan di petshop atau toko online. Sayangnya, harga produk ini tergolong mahal. Untuk kemasan 5,4 Kg saja harganya sudah mencapai Rp 1.300.000,00.

10. Nature bridge balance adult

makanan kucing Nature bridge balance adult

Nature bridge balance adult ditujukan untuk kucing usia lebih dari 1 tahun. Diklaim sebagai produk makanan kucing maine coon terbaik, nature bridge balance adult mengandung protein hewani tinggi dan aman untuk pencernaan. Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan segar dan alami. Ada juga kandungan herbal yang bermanfaat untuk kucing.

Keunggulan produk ini terdapat pada bahan baku khususnya, yaitu walnut kernel, daging ayam, ikan bonito, dan bayam. Semua bahan tersebut kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh, tinggi protein, dan memiliki antioksidan. Dengan kandungan nutrisi premiumnya, nature bridge balance adult memberi manfaat untuk:

  • mendukung proses pertumbuhan;
  • mudah dicerna oleh tubuh;
  • menyehatkan sistem urinasi dengan cara mengontrol kestabilan pH urine;
  • membuat bentuk tubuh yang ideal;
  • menyehatkan organ pencernaan;
  • membuat bulu lebih lembut dan berkilau.

Produk ini mudah ditemukan di petshop terdekat di kotamu. Kamu juga dapat membeli langsung di toko online resmi distributor CPPetindo yang ada di tokopedia dan shopee. Untuk kemasan freshpack 10 Kg, harganya sekitar Rp 900.000,00.

Baca juga: 15 penyakit kucing berbahaya yang menular pada manusia [dilengkapi dengan cara pencegahannya] >>

11. Wellness core indoor formula

makanan kucing Wellness core indoor formula

Wellness core indoor formula cocok untuk kucing maine coon yang beraktivitas di dalam ruangan. Kandungan nutrisinya membantu mempertahankan otot tanpa lemak. Jadi, walaupun tidak banyak bergerak, kucing maine coon kamu aman dari risiko obesitas.

Bahan utama yang digunakan pada wellness core indoor formula adalah daging ayam, kalkun, tomato pomace, dan biji rami. Dari kandungan tersebut, kucing akan mendapatkan serat, antioksidan, protein, asam lemak, prebiotik, dan omega 3. Semuanya baik untuk menjaga imunitas, merawat kulit dan bulu, serta sistem pencernaan.

Pada kemasannya tertera label joint support. Joint support memberikan jaminan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Kandungan ini penting bagi kucing maine coon yang rentan terkena penyakit displasia pinggul karena tubuh besarnya. Wellness core indoor diklaim sebagai produk rekomendasi makanan kucing maine coon terbaik dengan label bebas kandungan biji-bijian.

Komposisi bahan-bahan Wellness Core Indoor Formula mengandung protein tinggi dan bebas dari biji-bijian. Dengan begitu, makanan kucing ini sangat aman untuk pencernaan kucing maine coon dan tidak menyebabkan alergi.

Tertarik membelinya? Kamu bisa mencari di petshop terdekat atau banyak juga tersedia di toko online. Harganya sekitar Rp 281.000,00 untuk kemasan 0,9 Kg.

12. Vigor and sage ginseng well-being adult

makanan kucing Vigor and sage ginseng well-being adult

Rekomendasi makanan kucing maine coon terakhir adalah Vigor and sage ginseng well-being adult. Produk yang satu ini merupakan pakan ultra premium khusus untuk kucing usia lebih dari 12 bulan. Herlina, Country Manager dari Bridge Pet Care, menjabarkan 3 keunggulan utama dari produk Vigor and Sage. Pertama, Vigor and sage ginseng well-being adult bebas dari biji-bijian dan kandungan protein hewaninya tinggi. Ini baik untuk kucing yang merupakan hewan karnivora sejati. Kedua, produk ini menggunakan sumber protein hewani tunggal. Artinya, hanya menggunakan satu jenis daging saja sebagai sumber protein. Produk ini menjadi solusi bagi kucing yang pencernaannya sensitif atau alergi pada jenis daging tertentu. Seperti pada produk vigor and sage ginseng, sumber proteinnya hanya berasal dari daging ayam saja. Jadi tidak ada campuran ikan atau sapi seperti pada varian makanan kucing lainnya. Ketiga, terdapat tambahan kandungan herbal premium yang bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh, serta kesehatan kulit dan bulu.

Untuk varian vigor and sage ginseng ini sendiri, keunggulan manfaat untuk kucing maine coon kamu yaitu:

  • Kandungan ginsengnya dapat meningkatkan sistem imun dan menurunkan radikal bebas;
  • Ada juga proria yang menutrisi kulit dan membantu pencernaan.
  • Chrysanthemum yang kaya akan minyak alami, tinggi vitamin, dan mineral;
  • terdapat butiran rumput laut dengan asam amino esensial yang membantu menutrisi kulit.

Komposisi nutrisi lengkapnya terdiri dari:

  • Protein (30%)
  • Lemak (16%)
  • Serat (4,5%)
  • Kalsium (1,5 %)
  • Taurine (0,12 %)
  • Fosfor (1,2%)
  • Kadar air (8,0%)
  • Vitamin A (18.000 IU)
  • Vitamin D3 (1.8000 IU)

Di pasaran, harga produk vigor and sage ginseng berkisar Rp 700.000 untuk kemasan freshpack 4 Kg. Kamu dapat menemukannya di beberapa petshop yang menjual pakan hewan premium.

Tepat memilih makanan adalah kunci kesehatan kucing maine coon

Nah, kamu bisa mencoba salah satu dari 12 rekomendasi makanan kucing maine coon tersebut. Jangan sampai salah pilih karena akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan usia kucingmu. Untuk informasi lengkap kandungan nutrisi, kamu bisa cek di balik kemasannya. Tiap produsen makanan hewan memiliki kewajiban dari AAFCO untuk mencantumkan label komposisi resep di kemasannya. Jadi, tidak perlu khawatir salah memilih makanan untuk kucing maine coon kesayangan kamu.

Akhir kata, apa rekomendasi makanan kucing maine coon yang akan kamu coba pertama kali? Tulis pengalamanmu di kolom komentar sekarang. Thanks.

Baca lebih lanjut: 9 makanan penggemuk kucing yang bikin gendut dan bulu bagus >>